Inspiratif, Ini Dia Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga

Menjadi ibu rumah tangga memang tidak mudah apalagi jika sudah memiliki si kecil. Namun, bukan berarti seorang ibu lantas menghentikan semua aktivitasnya. Ibu rumah tangga juga bisa menjalankan bisnis rumah tangga namun tetap bisa melakukan pekerjaan sebagai ibu rumah tangga seperti biasanya. Ada bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga sehingga tak perlu kerepotan mengurus rumah sekaligus berbisnis.

Bisnis Rumahan Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Berikut beberapa bisnis rumahan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Hasilnya juga lumayan menggiurkan. Saatnya menjadi ibu sekaligus mengelola bisnis yang sukses.

Jualan tanaman hias

 Bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga - Tanaman Hias

Tanaman selalu digemari oleh banyak orang. Selain dapat membuat rumah menjadi lebih segar, tanaman juga dapat membantu hunian tampak lebih indah dan asri. Jika kamu memiliki hobi pada tanaman, ini saat yang tepat untuk mengubahnya sebagai bisnis rumahan yang menjanjikan.

bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga ini juga menjanjikan karena tanaman semakin populer dan semakin dibutuhkan. Jual tanaman beraneka jenis dalam berbagai ukuran. Letakan pada berbagai pot. Pastikan tanaman dan wadahnya tampak bersih sehingga pembeli akan lebih tertarik. Cara pemasarannya juga bisa dilakukan melalui internet sehingga lebih banyak orang yang mengetahuinya dan pemesanan pun dapat lebih banyak.

Usaha ini bisa dilakukan saat waktu sudah senggang. Misalnya, saat suami sudah berangkat bekerja, anak sudah bersekolah, tidur atau sedang bermain.

(Baca Juga: 8 Bisnis Online Untuk Pemula Tanpa Modal 2021)

Jualan pulsa

 Bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga - Jualan Pulsa

Kebutuhan pulsa dan internet semakin penting, ini sebabnya menjadi penjual pulsa bisa menambah penghasilan yang lumayan. Daripada hanya berdiam diri, waktu senggang bisa diisi dengan jualan pulsa. Bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga yang satu ini juga memiliki waktu yang fleksibel. Caranya juga gak ribet dan tidak memakan banyak waktu.

Jualan kue kering

 Bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga - Kue Kering

Bisnis pada bidang kuliner memang selalu menghasilkan, apalagi untuk bisnis kue yang banyak digemari orang. Dari mulai roti, kue kering, hingga cemilan begitu digemari karena rasanya yang manis dan bikin nagih. Jika kamu berbakat memasak dan membuat kue apalagi semua peralatan juga tersedia ini tandanya kamu harus memulai berbisnis.

Manfaatkan semua peralatan yang kamu miliki untuk mengubahnya sebagai sesuatu yang menghasilkan. Jangan sampai peralatan tersebut didiamkan dan hanya dipakai sesekali saja. Cobalah untuk secara serius menekuni hobi dan keahlianmu dalam membuat kue.

Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti jika hendak melakoni bisnis yang satu ini:

Mengutamakan rasa: rasa yang enak adalah kunci kesuksesan saat menjalankan bisnis di bidang kuliner. Menjaga kualitas rasa adalah hal terpenting yang perlu dilakukan. Orang tak segan untuk repeat order jika memang rasanya memuaskan. Selain itu, pastikan rasa tersebut juga cukup unik sehingga memiliki nilai lebih dibanding dengan produk kompetitor.

Inovasi: jangan berpuas diri dengan produk itu-itu saja. Perlu inovasi supaya pelanggan juga tidak bosan. Kreasikan berbagai kue menjadi lebih menarik, adanya hal baru akan membantu bisnis lebih berkembang.

Jangan lupa soal kemasan: bentuk adalah wajah dari sebuah makanan. Orang akan tertarik untuk mencicipi ketika bentuk dan kemasannya meyakinkan. Kemasan juga merupakan kesan pertama yang penting bagi konsumen. Jangan ragu untuk membuat desain khusus untuk produkmu.

Tempat kos

 Bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga - Tempat Kost

Bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga selanjutnya adalah tempat kos. Bisnis ini cocok untuk yang memiliki rumah di sekitar kampus maupun perkantoran. Kamu bisa membuka kost khusus wanita jika ingin lebih leluasa.

Jangan lupa soal fasilitas yang perlu disediakan. Dengan begitu, akan lebih banyak orang tertarik untuk tinggal di kost tersebut. Bisnis yang satu ini selain nyantai juga sangat menjanjikan. Tak perlu bekerja susah payah, uang datang setiap bulan.

Bisnis kerajinan tangan

 Bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga - Kerajinan tangan

Punya waktu senggang dan punya keahlian kerajinan tangan? Kamu bisa mulai bisnis dengan dua hal tersebut. Melakoni bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga ini juga cukup membawa penghasilan yang menggiurkan. Cobalah untuk membuat pernak pernik yang banyak digemari kaum wanita dari segala usia, misalnya gelang, kalung, maupun jepit rambut. Sekarang juga sedang trend kaitan masker. Kamu bisa membuatnya dengan berbagai desain yang cantik dan menarik. Lihat peluang usaha sejeli mungkin dengan begitu penghasilan tambahan pun akan didapatkan.

Apalagi, sekarang menjual hasil kerajinan tangan juga semakin mudah berkat adanya berbagai e commerce. Jualan online tidak membutuhkan kios untuk berjualan. Sehingga, akan lebih menghemat modal awal. Ini sebabnya mengapa usaha kerajinan tangan juga cocok dilakoni oleh ibu rumah tangga.

Bimbingan belajar

 Bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga - Bimbingan belajar

Jika kemampuan akademik baik apalagi diiringi dengan kemampuan mengajar, kamu bisa mencoba membuka bimbel atau bimbingan belajar. Coba buka untuk anak-anak sekolah yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal.

Yang perlu disiapkan adalah kursi, meja, papan tulis dan persiapan materi pembelajaran. Setelah itu, kamu bisa mulai membuka tempat kursus. Apalagi, jamnya pun bisa disesuaikan dengan waktu senggangmu.

(Baca Juga: Simak Yuk, Usaha yang Bisa Menghasilkan Uang Untuk Pelajar)

Laundry

 Bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga - Laundry

Sebagai ibu rumah tangga, mencuci menjadi hal biasa yang akrab dengan kegiatan sehari-hari. Oleh sebab itu bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga adalah laundry. Peluang bisnis ini juga sangat menjanjikan.

Tidak butuh keahlian tertentu, cukup cuci baju dengan mesin cuci seperti biasanya. Kamu juga tetap bisa merawat anak di rumah ketika sedang mengerjakan pekerjaan tersebut. Hal yang perlu disiapkan untuk memulai bisnis ini adalah, mesin cuci, alat setrika, pewangi, deterjen serta air bersih.

Usaha ini begitu ideal karena mahasiswa yang tinggal di kost tidak mempunyai mesin cuci sehingga akan lebih efisien untuk laundry. Selain itu, pasangan suami istri yang sama-sama bekerja juga tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian, alhasil mereka akan beralih pada laundry yang lebih praktis.

Jualan baju

Bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga - Jualan Baju

Hadirnya sistem belanja online membuat semua orang lebih mudah untuk berbisnis, termasuk ibu rumah tangga. Sebagai ibu rumah tangga yang kenal dengan banyak orang di lingkungan tempat tinggal akan memudahkan usaha jualan bajumu. Tawarkan produk pada tetangga sekitar. bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga ini juga bisa diperluas dengan jualan baju secara online. Pelanggan akan jauh lebih banyak. Jangan lupa untuk pasarakan pula di media sosial. Pelayanan adalah hal penting yang perlu diperhatikan. Jadi bersikaplah ramah dengan pembeli agar mereka lebih puas saat belanja di toko baju online tersebut.

Menjadi penulis freelance

Bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga - Penulis

Siapa bilang pekerjaan menulis hanya diperuntukan untuk anak muda saja? Ibu rumah tangga juga bisa melakukannya. Yang dibutuhkan hanya kemampuan untuk menulis. Apalagi, pekerjaan ini juga tidak menguras waktu. Kamu bisa memilih job yang akan dikerjakan beserta dengan waktunya.

Beberapa hal penting yang diperlukan untuk memulai pekerjaan ini adalah kedisiplinan, konsisten, serta kemampuan untuk mengolah kata. Semakin bagus dan berkualitas sebuah tulisan, maka semakin besar pula bayaran yang akan diterima.

 

Itulah beberapa bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga yang bisa menjadi inspirasi untuk mencari penghasilan tambahan.

Total
103
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts