Yuk Ajarkan Anak Cara Berteman yang Baik di Sekolah

Usia anak-anak menjadi waktu yang pas untuk menanamkan berbagai kebiasaan baik, kebiasaan di sekolah ataupun di rumah. Salah satu hal dalam menanamkan kebaikan di sekolah adalah mengajarkan anak-anak untuk berteman dengan siapa saja. Ajarkan juga mereka bagaimana cara berteman yang baik di sekolah sehingga mereka bisa memiliki banyak teman. Anak yang berteman baik dengan teman-temannya akan memiliki sikap empati, menghargai serta menyayangi orang lain.

Tumbuhkan sikap-sikap itu pada anak sejak dini, caranya dengan mengajarkan mereka bersosialisasi dengan teman sebayanya dengan cara-cara yang baik. Bagi anak-anak, berteman adalah aktivitas dan juga kebutuhan yang penting. Dengan memiliki teman, pertumbuhan serta perkembangan mereka akan menjadi lebih baik lagi. Itulah sebabnya, penting juga sebagai orang tua untuk mengajarkan cara berteman yang baik di sekolah.

Tips dan Cara Berteman yang Baik di Sekolah untuk Anak-anak

Anak harus bisa memilih teman yang baik untuk dirinya, atau teman yang membawa pengaruh baik bagi diri dan lingkungannya. Berikut ini beberapa tips dan cara berteman yang baik di sekolah yang bisa diikuti oleh anak-anak:

1. Berteman dengan Tulus

cara berteman yang baik di sekolah - berteman dengan tulus

Ajarilah anak-anak tentang sebuah ketulusan, salah satunya dalam hal berteman dengan teman sebayanya. Artinya ia tak mengharapkan apapun dari temannya dan melakukan kebaikan bersama-sama. Karena pertemanan tak akan terjalin apabila ia mengharapkan sesuatu dari temannya, yang menguntungkan bagi dirinya.

Misalnya, jangan hanya berteman dengan anak-anak yang pintar saja karena bisa memanfaatkan mereka ketika ada tugas sekolah. Beri pengertian pada anak, bahwa jikapun ia berteman dengan anak yang pintar di sekolah maka tirulah cara temannya itu belajar.

(Baca Juga: Ketahui Cara Mengatur Waktu Belajar Dengan Efektif Bagi Pelajar Masa Kini)

2. Melakukan Hal Positif Bersama-sama

cara berteman yang baik di sekolah - melakukan hal positif bersama-sama

Mengajarkan anak dalam cara berteman yang baik di sekolah, bukan berarti dia bebas memilih teman mana saja bahkan teman yang tak baik sekalipun. Beri pengertian juga pada mereka, bahwa berteman yang baik adalah melakukan kegiatan positif dengan teman-teman. Contohnya belajar bersama, membaca buku-buku, atau bermain bersama di waktu yang tepat dan pulang ke rumah tepat waktu.

Ketika mereka sudah terbiasa melakukan hal baik dengan teman-temannya, maka hal itu akan menjadi kebiasaan anak-anak di sekolah. Anak juga akan lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas dengan teman-temannya.

3. Selalu Tersenyum pada Teman-temannya

cara berteman yang baik di sekolah - senyum kepada teman

Sebagai orang tua Anda juga harus selalu memantau pergaulan anak-anak. Terutama bagi anak yang sudah beranjak besar, yang dimana mereka akan menghadapi berbagai konflik dengan teman-temannya tetapi cara berpikir mereka belum matang sehingga belum tahu bagaimana cara menghadapinya.

Ajak anak-anak untuk selalu tersenyum pada teman-temannya dalam hal apapun. Senyum yang tulus darinya akan menimbulkan suasana yang positif dan bisa menjadi interaksi yang baik, antara ia dan temannya. Hal ini juga akan menghindarkan anak dari sikap permusuhan.

4. Berkomunikasi dengan Cara yang Sopan

cara berteman yang baik di sekolah - berteman dengan cara yang sopan

Walaupun usianya masih sangat belia, anak-anak juga harus diajari bagaimana cara berkomunikasi yang baik. Hal itu juga menjadi salah satu cara berteman yang baik di sekolah dengan teman-temannya. Bicara sopan ini bukan hanya pada orang yang lebih tua tapi juga pada teman yang usianya masih sebaya dengannya.

Beri nasihat pada anak Anda bahwa ia juga harus bisa menjadi pendengar baik bagi teman-temannya. Supaya anak tak memiliki sifat egois ketika sedang berinteraksi atau bermain dengan teman. Beri tahu juga bahwa kata-kata yang kasar akan memicu pertengkaran antara ia dengan temannya.

5. Hindari Perundungan atau Bullying

cara berteman yang baik di sekolah - hindari perundungan atau bullying

Perundungan menjadi masalah yang sering terjadi pada anak-anak saat ini. Banyak anak yang menjadi korban bullying di sekolah mereka. Dalam cara berteman yang baik di sekolah, tekankan pada anak agar mereka tidak menjadi orang yang terlibat dalam perundungan pada temannya yang lain.

Biasanya perundungan disebabkan oleh tak ada perhatian dari orang tua, sering melihat kekerasan, dan sikap atau naluri dalam dirinya yang ingin berkuasa. Hindari hal itu sedini mungkin, dan ajarkan juga sikap tegas pada anak agar ia bisa bersikap tegas ketika ada teman yang membuatnya tidak nyaman.

6. Semangat Belajar di Sekolah

cara berteman yang baik di sekolah - semangat belajar di sekolah

Anak-anak akan bertemu dengan teman-temannya di sekolah setiap hari. Maka beri saran pada anak untuk memilih teman yang memiliki sikap semangat belajar. Supaya anak mendapat pengaruh baik dari semangat belajar tersebut. Semangat belajar yang tinggi pada anak-anak, akan memberi efek yang positif pada mereka dan prestasinya di sekolah.

7. Pilih Teman-teman yang Bisa Menerima Apa Adanya

cara berteman yang baik di sekolah - teman yang bisa menerima apa adanya

Beri tahu anak Anda bahwa seorang teman yang baik adalah teman yang bisa menerima diri kita apa adanya. Bagaimanapun kondisi anak, tentu tidak akan menjadi masalah bagi teman-temannya jika ia bisa memilih teman yang tepat. Sama halnya dengan anak Anda sendiri, ajarkan juga sikap menerima teman-teman di sekolahnya apa adanya. 

8. Miliki Minat serta Aktivitas Positif

cara berteman yang baik di sekolah - mempunyai minat atau kegaitan postif

Pilihlah teman yang memiliki kegiatan atau aktivitas positif setiap harinya. Berteman dengan seseorang yang memiliki minat tertentu akan sesuatu yang baik, tentu akan berpengaruh baik juga pada anak Anda. Apalagi jika anak Anda bisa memiliki minat yang sama dengan teman-temannya. Beri tahu anak-anak bahwa teman yang selalu melakukan kegiatan positif, akan memiliki masa depan yang lebih baik.

(Baca Juga: Simak Yuk, 8 Dampak Menonton Televisi Bagi Remaja)

9. Pilih Teman Setia dan Bisa Menjadi Tempat Berbagi

cara berteman yang baik di sekolah - pilih teman yang ingin berbagi

Ketika anak-anak berteman dan bermain di sekolah, tentu yang dibicarakan tak hanya kegiatan atau pelajaran sekolah saja. Ada banyak hal yang bisa dibicarakan, misalnya minat atau hobi masing-masing. Maka beri tahu anak Anda, bahwa memilih teman yang setia dan bisa diajak berbagi adalah hal yang penting.

Dengan sikap setia dan bisa saling menjadi tempat berbagai, akan menimbulkan sikap empati, mendengarkan dan juga melihat segala sesuatu dari segala sudut pandang yang tepat.

10. Mendorong ke Arah Perkembangan Diri

cara berteman yang baik di sekolah - mendorong kearah perkembangan diri

Cara berteman yang baik di sekolah lainnya yang bisa diterapkan pada anak-anak adalah, memilih teman yang bisa menjadi motivasi supaya anak-anak tersebut juga bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Memiliki teman seperti itu juga akan menimbulkan keuntungan tersendiri, karena mereka bisa menjadi motivator yang berharga bagi anak Anda.

Teman yang baik tak akan membuat temannya cepat berpuas diri, mereka juga tak akan meninggalkan temannya saat temannya itu sedang mendapat musibah atau masalah. 

11. Tanamkan Sikap Jujur

cara berteman yang baik di sekolah - bersikap jujur

Tanamkan sikap jujur pada anak-anak, supaya ia dan teman-temannya bisa saling bersikap jujur saat berteman. Pilih teman yang juga mampu bersikap jujur karena kejujuran dari seseorang tak akan bisa dinilai dengan apapun. Biasakan anak Anda untuk bersikap jujur juga dalam segala hal di hidupnya, termasuk jujur pada temannya dalam hal kebaikan.

Itulah tips dan cara berteman yang baik di sekolah, yang bisa Anda terapkan pada anak Anda di rumah agar anak-anak bisa memiliki teman dan lingkungan yang baik.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts