Cara Memisahkan Halaman PDF Offline & Online Paling Mudah

Belum tahu cara memisahkan halaman PDF per halaman? PDF memang menjadi format file paling sering digunakan karena ketika diakses melalui berbagai perangkat tidak mempengaruhi isinya. 

Isi file atau data di PDF bersifat tetap dan tidak akan berubah tanpa adanya bantuan dari tools/ program lain. Sehingga ketika Anda ingin mengambil bagian halaman tertentu di file PDF maka membutuhkan media online atau suatu aplikasi. 

Di Google sendiri Anda bisa menemukan banyak sekali media online yang menyediakan layanan memisahkan file format PDF jadi per halaman. Seperti SmallPDF, ilovePDF, Sejda dan lainnya yang bisa digunakan secara gratis.

Ada juga beberapa program aplikasi yang menyediakan layanan pemrosesan file, seperti PDF Nitro, ApowerPDF, Preview dan sebagainya. Biasanya untuk mendapatkan fitur lebih lengkap pengguna diharuskan mendaftar sebagai member premium.

Apakah anda sedang mencari cara split halaman di file pdf? Kesempatan kali ini kami akan mengulas tutorial memisahkan halaman PDF paling mudah secara online dan offline. Simak selengkapnya berikut ini beserta tahapan-tahapannya. 

Cara Memisahkan Halaman PDF Melalui Situs SmallPDF

 Cara Memisahkan Halaman PDF - Small PDF

SmallPDF adalah aplikasi pengolah file format PDF terbaik yang menyediakan banyak fitur, termasuk memisahkan per halaman di file. Cara menggunakan SmallPDF dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka situs SmallPDF yang bisa diakses melalui smartphone maupun laptop/PC
  • Setelah masuk ke tampilan utama, scroll ke bawah di bagian opsi Most Popular PDF Tools klik button di bawahnya yang bertuliskan See All PDF Tools. Kemudian klik opsi SplitPDF. 
  • Cara memisahkan halaman PDF selanjutnya Anda akan diarahkan ke tampilan baru, klik pada button Choose File untuk mengambil file yang ingin dipisah per halamannya. Di sini Anda juga bisa drag langsung filenya ke kolom tersebut. Jika mengambil data dari penyimpanan di perangkat, klik Open untuk mengimport/mengunggah.
  • Tunggu beberapa saat sampai dokumen selesai diunggah. Kemudian Anda akan melihat ada dua pilihan tindakan, yakni Ekstrak Setiap Halaman dan Pilih Halaman yang Diinginkan. Tentukan salah satu sesuai kebutuhan Anda. Lalu klik Pilih Opsi.
  • Berikutnya klik button Unduh File Sekarang untuk mendownload file yang halaman-halaman di dalamnya sudah dipisahkan. 
  • Selesai. Cek hasil download-an di penyimpanan yang sudah Anda tentukan sebelumnya. 

Nantinya hasil download dalam format ZIP. Untuk mengekstrak, klik kanan dan pilih Extract Files atau Extract Here. Mudah sekali bukan? Tanpa perlu instal software apapun Anda dapat split halaman di PDF dengan beberapa klik saja. 

SmallPDF ini sangat lengkap fiturnya. Anda bisa cek di bagian See All PDF Tools untuk mengetahui ada alat pengolah apa saja yang bisa digunakan. Termasuk memotong, menggabungkan, kompres, konversi dan lainnya.

(Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Lemot, Coba Perhatikan Bagian Berikut)

Cara Memisahkan Halaman PDF Melalui Situs iLovePDF

 Cara Memisahkan Halaman PDF - IlovePDF

Situs lainnya yang juga menyediakan layanan untuk split halaman yakni iLovePDF. Tampilannya sangat clean dan user friendly sehingga tidak sulit memakai media online ini untuk mengotak-atik file format PDF.

Agar lebih jelas, Anda dapat mengikuti cara memisahkan halaman PDF dengan mudah melalui situs iLovePDF berikut ini:

  • Siapkan file yang akan dipisahkan halamannya dan kunjungi situs iLovePDF melalui perangkat Anda.
  • Setelah masuk di tampilan beranda iLovePDF, terlihat kotak-kotak opsi dengan berbagai perintah. Klik pada kotak Split PDF.
  • Pada tampilan berikutnya, klik button Select PDF Files untuk mengambil file atau Anda bisa langsung drag ke kolom. 
  • Di situs ini juga memungkinkan Anda untuk mengambil file dari Google Drive dan Dropbox, klik saja bagian iconnya yang ada disamping button  Select PDF Files.
  • Tunggu beberapa saat sampai dokumen selesai diunggah, lalu klik button Extract all pages jika ingin memisahkan per hal. Atau pilih Split by ranges untuk mengatur halaman tertentu saja yang ingin dipisahkan. 
  • Jika sudah, klik tombol Split PDF untuk melanjutkan proses. Tunggu sampai muncul tombol Download PDF split, klik untuk mengunduh hasil pemisahan halaman. 
  • Setelah itu selesai.
  • Sama seperti media online SmallPDF, situs iLovePDF ini juga menghasilkan file dalam format ZIP. Jadi Anda harus mengekstraknya terlebih dahulu untuk melihat file-file yang sudah dipisahkan sebelumnya. 

iLovePDF ini adalah layanan online yang lengkap. Seperti yang tampak pada halaman berandanya, Anda bisa menggunakan fitur pengolah dokumen termasuk ketika ingin mengkonversi antar format file. Gampang bukan?

Cara Memisahkan Halaman PDF Melalui Situs PDF Candy

 Cara Memisahkan Halaman PDF - PDF Candy

Media online yang dikembangkan oleh tim Apps Icecream ini juga menjadi tools terbaik untuk melakukan pemrosesan file PDF. Sudah terbukti kehandalannya dalam melakukan berbagai pekerjaan, termasuk bisa Anda gunakan untuk split halaman di dokumen.

Fyi, PDF Candy ini juga bisa digunakan untuk mengkonversi file ke format lain seperti PPT, JPG, Excel dan Word, maupun sebaliknya. Berikut Kami berikan tutorial cara memisahkan halaman PDF melalui PDF Candy:

  • Buka situs PDF Candy melalui web browser di perangkat Anda. Sesuai dengan nama situsnya, tampilan PDF Candy ini cukup unik dan lucu dibandingkan dua media online sebelumnya.
  • Setelah masuk ke halaman beranda, klik opsi Split PDF di antara banyaknya pilihan yang ada. 
  • Selanjutnya klik tombol + Add File yang berwarna hijau untuk menambahkan dokumen. Atau bisa juga mengambil dokumen dari Google Drive dan Dropbox dengan cara klik icon yang ada disampingnya. 
  • Tunggu proses pemuatan dokumen hingga 100%, kemudian.
  • Langkah berikutnya tentukan opsi yang diinginkan. Ada empat pilihan, yaitu Split into single page files, Split by page ranges, Merge selected pages dan Delete selected pages. Klik salah satunya.
  • Terakhir tinggal menunggu proses split halaman dokumen selesai. Setelah muncul tombol download, klik untuk mendapatkan hasil pemisahannya. 
  • Selesai.

Dilihat dari fitur splinya, PDF Candy ini lebih lengkap. Berikut penjelasan dari masing-masing opsi langkah 5 di atas:

  • Single page files: untuk memisahkan setiap halaman file
  • Split by page ranges: untuk split halaman berdasarkan range tertentu
  • Merge selected pages: untuk mengambil bagian-bagian halaman tertentu dan menggabungkannya menjadi satu file
  • Delete selected pages: untuk menghapus halaman tertentu

(Baca Juga: Simak Yuk, Cara Menghapus Cache di Laptop dengan Mudah)

Cara Memisahkan Halaman PDF Offline

Cara di atas dilakukan secara online yang artinya Anda harus terhubung dengan jaringan internet. Jika membutuhkan cara offline, berikut Kami berikan beberapa rekomendasi program terbaik yang bisa Anda gunakan:

1. Nitro PDF Professional 

Di kalangan professional pasti sudah tidak asing dengan aplikasi ini. Nitro PDF Profesional adalah pilihan terbaik sebagai program pengolah dokumen yang menyajikan fitur lengkap, termasuk untuk split files. 

Untuk menggunakan aplikasi ini Anda harus mendownload dan menginstal terlebih dahulu programnya. Tidak perlu khawatir, tampilan aplikasi Nitro PDF Professional cukup ramah pengguna, sehingga tidak sulit untuk menggunakannya. 

2. BA power PDF

Rekomendasi cara memisahkan halaman PDF offline lainnya, Anda bisa menginstal aplikasi ApowerPDF ini. Aplikasi buatan dari APOWERSOFT Limited tersebut juga dirancang untuk mengolah dokumen format PDF. 

Dengan menginstal aplikasi ini Anda bisa menemukan berbagai alat editing seperti mengekstrak, memotong, menggabungkan, menghapus dan lain-lainnya. Bahkan ApowerPDF ini sudah didukung dengan teknologi OCR (pembacaan text). 

Cara menggunakannya tidak jauh berbeda dengan tutorial-tutorial yang sudah Kami bahas di atas. Hal itu karena tampilan ApowerPDF mirip seperti media online pada umumnya. Tinggal menjalankan aplikasinya lalu ambil file yang ingin dipisahkan. 

3. PDFCandy

PDF Candy memang lebih dikenal sebagai media online untuk mengedit file dengan format PDF. Namun pengembang situs ini juga menyediakan versi aplikasi yang bisa Anda instal di PC Windows maupun MacOS. 

Dapatkan aplikasinya secara gratis dengan mengunduh lewat situs resmi PDF Candy. Sementara untuk cara penggunaannya sama saja, karena tampilan di aplikasi PDF Candy tidak jauh beda dengan versi situsnya.

Selain itu, aplikasi PDF Candy juga menyediakan fitur edit yang lengkap meskipun program ini masih dalam tahap penyempurnaan. Namun untuk memudahkan pekerjaan Anda sehari-hari, tidak ada salahnya menginstal aplikasi ini.

4. Preview (Mac)

Bagi Anda yang menggunakan Mac OS maka bisa memanfaatkan aplikasi Preview untuk Cara memisahkan halaman PDF dengan mudah. Berikut langkah-langkah menggunakannya:

  • Buka aplikasi Preview dan impor/ambil file yang akan diedit.
  • Kemudian klik menu View di bagian bar atas, lalu klik opsi Thumbnails.
  • Selanjutnya tentukan halaman yang ingin diambil, lalu seret atau drag ke arah desktop layar. Secara otomatis halaman tersebut akan menjadi file baru yang sudah terpisah dari halaman-halaman lainnya.

Selain media online maupun aplikasi yang sudah Kami sebutkan di atas, tentunya masih banyak program-program pemrosesan file yang bisa digunakan. Selamat mencoba beberapa cara memisahkan halaman PDF offline dan online di atas. 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts