Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja, Yuk Simak Baik-Baik

cara mengatasi ngantuk saat kerja

Berapa orang membutuhkan cara mengatasi ngantuk saat kerja. Mengantuk ketika kerja merupakan hal yang sangat wajar. Apalagi jika bekerja di tempat yang dingin dan juga hening.

Sebenarnya terdapat berbagai alasan mengapa seseorang mengantuk ketika bekerja. Mengantuk ketika bekerja tentunya sangat tidak diharapkan, karena dapat membuat pekerjaan terbengkalai atau tidak maksimal.

Jika Anda bekerja dengan menggunakan deadline, bisa-bisa dimarahi oleh atasan. Jika sampai dipecat akibat mengantuk ketika bekerja tentunya akan menjadi pengalaman buruk yang sulit untuk dilupakan.

Bagi sebagian orang menahan kantuk ketika bekerja merupakan sesuatu hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Biasanya seiring dengan bertambahnya usia, membuat semakin sulit untuk menahan kantuk ketika bekerja.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang sering mengantuk ketika bekerja tentunya sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasi ngantuk saat kerja dengan efektif.

Bekerja dalam keadaan mengantuk tentunya hasilnya tidak akan maksimal. Karena ketika sedang mengantuk tidak dapat fokus 100 persen. Biasanya, orang yang mengantuk di tempat kerja juga disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya saja sering begadang.

Apalagi bagi para pecinta sepakbola, biasanya sangat sering begadang untuk menonton pertandingan bola. Apapun alasannya mengantuk ketika bekerja tentunya tidak dibenarkan. Mengantuk ketika bekerja bisa terjadi kepada siapa saja baik itu pria atau wanita. 

Pengertian Kantuk yang Perlu Dipahami

Kantuk atau mengantuk merupakan kondisi dimana seseorang merasa ingin tidur. Mengantuk merupakan sesuatu hal yang sangat wajar bagi manusia. Pada umumnya mengantuk terjadi pada malam hari, akan tetapi pada siang hari pun banyak orang yang merasa mengantuk.

Ketika merasa mengantuk seseorang biasanya bisa terlelap dengan sendirinya. Jika terjadi ketika sedang tidak melakukan aktifitas tentunya tidak akan menjadi masalah. Akan tetapi jika sedang bekerja dan kemudian terlelap secara tiba-tiba tentunya akan menjadi masalah. 

Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengatasi ngantuk saat kerja. Apalagi jika ngantuk yang Terjadi berjalan secara tidak normal. Hal tersebut tentunya dapat mengakibatkan aktivitas sehari-hari terganggu.

Pada umumnya, mengantuk biasanya terjadi akibat kekurangan tidur pada malam hari. Akan tetapi mengantuk yang tidak wajar juga dapat diakibatkan oleh penyakit.

Untuk itu ketika mengalami rasa kantuk yang tidak wajar perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Hal tersebut sangat berguna untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada kemudian hari. 

(Baca Juga: Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar, Mudah Dipraktekkan)

Seseorang yang mengalami gejala ngantuk secara tidak normal dalam waktu yang lama dan tanpa sebab pasti sebaiknya periksa ke dokter dengan segera. 

Ngantuk yang tidak normal dapat mengakibatkan produktivitas menurun, susah berkonsentrasi, dan juga tentunya mudah terlelap di saat-saat penting.

Jika terjadi secara terus-menerus tentunya Hal ini dapat membuat hidup Anda menjadi berantakan. Oleh sebab itu Jangan meremehkan rasa kantuk yang tidak normal.

 Penyebab Ngantuk Saat Melakukan Pekerjaan

cara mengatasi ngantuk saat kerja - penyebab ngantuk

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi ngantuk saat kerja, sebaiknya mengetahui penyebab mengapa Anda mengantuk. Mengantuk Sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam malam. Salah satunya yaitu adalah pola hidup.

Misalnya saja seperti kurang tidur pada malam hari. Menurut beberapa sumber, orang dewasa setidaknya tidur selama 8 jam sehari. Akan tetapi, karena berbagai alasan terkadang seseorang tidak punya waktu tidur yang cukup.

Selanjutnya yaitu adalah mengenai pola makan. Jika terlalu mengkonsumsi kopi dapat mengganggu aktivitas tidur pada malam hari. Selain itu mengkonsumsi makanan pedas juga dapat mengakibatkan masalah pencernaan yang membuat tidur menjadi tidak maksimal.

 Melakukan olahraga mendekati waktu tidur juga dapat menghilangkan rasa kantuk. Sehingga kesulitan untuk tidur pada malam hari. Banyak Orang beranggapan ketika mengkonsumsi alkohol maka akan membuat kualitas tidur menjadi maksimal. 

Padahal sebenarnya mengkonsumsi alkohol justru mengakibatkan kualitas tidur tidak maksimal karena sering terbangun dan juga merasa gelisah. Salah satu penyebab seseorang merasa ngantuk ketika bekerja adalah gangguan mental. 

Perasaan stress, depresi, dan juga tekanan pekerjaan bisa membuat seseorang mudah merasa ngantuk pada siang hari. Cara mengatasi ngantuk saat kerja akibat adanya gangguan mental cenderung lebih mudah untuk diobati. 

Karena biasanya dengan melakukan refreshing, dan membuat pikiran menjadi merasa enjoy maka bisa bekerja seperti normal kembali. Oleh karena itu jika merasa stress akibat pekerjaan atau aktivitas lain sebaiknya jangan ragu untuk mengambil libur atau cuti terlebih dahulu. 

Pergilah untuk mencari ketenangan sehingga otak kembali fresh dan Siap bekerja kembali. Penyakit kronis juga bisa menjadi salah satu penyebab seseorang sering merasa ngantuk ketika bekerja. 

Misalnya saja penyakit yang dapat menyebabkan rasa kantuk yaitu kanker, atau gangguan metabolisme, seperti diabetes atau hipotiroidisme. Selain itu rasa kantuk juga dapat diakibatkan karena efek samping mengkonsumsi obat-obatan tertentu. 

Beberapa obat memberi efek samping berupa rasa kantuk. Jika Anda bekerja sebagai seorang sopir tentunya harus menghindari obat-obat yang memiliki efek samping rasa kantuk ketika akan berangkat bekerja.

Cara Memperbaiki Kualitas Tidur Supaya Tidak Ngantuk Saat Kerja

cara mengatasi ngantuk saat kerja - cara memperbaiki kualitas tidur

Salah satu penyebab seseorang merasa ngantuk adalah kurangnya waktu tidur di malam hari. Meningkatkan kualitas tidur pada malam hari merupakan cara mengatasi ngantuk saat kerja yang cukup efektif.

Karena tidur merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting, maka Tidurlah dengan waktu yang cukup. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur.

Pertama yaitu adalah menciptakan suasana kamar yang nyaman sehingga bisa tidur dengan mudah. Jangan menyalakan tv ketika akan tidur. Menonton televisi ketika menjelang waktu tidur akan membuat proses terlelap semakin lama. 

Hal ini dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Selanjutnya yaitu adalah berikan waktu jeda antara olahraga dan tidur. Agar mata mudah terlelap sebaiknya Jangan melakukan olahraga ketika menjelang tidur.

Setidaknya melakukan olahraga dengan jarak 3 jam sebelum tidur. Dengan begitu aktivitas olahraga tidak akan mengganggu kualitas tidur pada malam hari.

Untuk Meningkatkan kualitas tidur pada malam hari sebaiknya Anda jangan mengkonsumsi minuman berkafein ketika menjelang tidur. Hal ini juga cukup efektif sebagai cara mengatasi ngantuk saat kerja. Minuman berkafein dapat membuat mata Anda terjaga dan sulit tidur. 

Efeknya adalah waktu tidur menjadi tidak maksimal. Itu artinya, kemungkinan untuk merasa ngantuk pada siang hari menjadi lebih besar. Sebelum tidur sebaiknya Tenangkan pikiran terlebih dahulu. Hal tersebut sangat berguna untuk membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Kantung Mata Alami Tanpa Perawatan Mahal)

Beberapa Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja

cara mengatasi ngantuk saat kerja

Mengantuk saat bekerja tentunya menjadi hal yang wajib dihindari oleh siapa saja. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari rasa kantuk saat bekerja.

Tetap aktif ketika bekerja

Ketika bekerja di dalam ruangan Tidak ada salahnya Anda untuk melakukan peregangan untuk membuat otot menjadi lebih lemas. Melakukan peregangan dapat membuat Anda tidak merasa mengantuk.

 ika Anda bekerja dengan tim, Tidak ada salahnya untuk sedikit berinteraksi sekedar untuk mengobrol. Hal tersebut juga membuat terhindar dari rasa kantuk.

Tidak Menatap layar secara terus-menerus

Cara mengatasi ngantuk saat kerja selanjutnya yaitu adalah dengan tidak Menatap layar secara terus-menerus. Jika Anda merupakan seorang yang bekerja di depan komputer, usahakan istirahatkan mata setiap 1 jam sekali. 

Menataplah ke arah lain, untuk membuat mata menjadi fresh kembali. Menatap secara terus-menerus dapat meningkatkan rasa kantuk. Oleh sebab itu sebaiknya dihindari.

Mengatur pernafasan

Salah Satu cara untuk menghilangkan rasa kantuk adalah dengan membuat oksigen di otak tercukupi. Anda Bisa melakukan dengan cara menarik nafas dalam-dalam, tahan sejenak kemudian hembuskan melalui mulut. Terlihat sederhana tapi manfaatnya cukup besar.

Konsumsi air putih yang cukup 

Perlu Anda ketahui mengonsumsi air putih dapat digunakan sebagai cara mengatasi ngantuk saat kerja. Ketika tubuh kekurangan cairan tentunya akan menjadi cepat lelah. Ketika merasa lelah disitulah biasanya rasa kantuk mulai menghampiri.

Dengan mengonsumsi air putih yang cukup tentunya tubuh akan tetap terhidrasi, sehingga akan tetap fresh walaupun bekerja seharian.

Mengkonsumsi minuman berkafein

Ketika bekerja Anda bisa sa menghindari rasa kantuk dengan cara meminum minuman berkafein. Akan tetapi, ketika malam hari sebaiknya hindari minuman berkafein. Karena dapat membuat mata menjadi sulit terlelap.

Jika rasa kantuk terjadi secara terus-menerus dan tidak normal sebaiknya periksa ke dokter. Karena mengalami Ngantuk saat kerja tentunya akan sangat mengganggu. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk berusaha mencari cara mengatasi ngantuk saat kerja.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts