Ketahui Cara Mengatur Waktu Belajar Dengan Efektif Bagi Pelajar Masa Kini 

Adakah yang tahu bagaimana cara mengatur waktu belajar yang baik dan benar? Mengatur waktu belajar menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Apalagi saat ini kegiatan belajar banyak dilakukan secara online. Apabila waktu belajar tidak diterapkan dengan baik. Bukan tidak mungkin Anda pun akan tertinggal dalam proses belajar. Selain merugikan diri sendiri, hal ini juga dapat mempengaruhi proses belajar teman-teman di sekitar Anda. 

Bagi Anda yang merasa sulit untuk mengatur waktu belajar dengan lebih baik. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjadikan proses belajar menjadi lebih efektif. Dengan demikian, pengaturan jadwal belajar pun dapat dilakukan dengan lebih mudah. 

Mengatur Waktu Belajar dengan Efektif 

Meskipun terdengar sederhana. Faktanya mengatur waktu belajar dan juga melakukan cara belajar dengan efektif bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan trik khusus, perencanaan hingga kedisiplinan untuk melakukannya.  Berikut ini adalah beberapa trik atau cara mengatur waktu belajar yang dapat coba Anda lakukan, di antaranya : 

  • Penyusunan Agenda Belajar 

cara mengatur waktu belajar - Penyusunan agenda belajar

Cara mengatur waktu belajar yang pertama adalah dengan menyusun agenda belajar. Menyusun agenda harian adalah hal pertama yang dapat Anda lakukan. Dengan adanya agenda harian, Anda dapat mengatur waktu belajar dan bermain dengan lebih seimbang. Tidak hanya itu, Anda pun dapat mengatur waktu untuk melakukan berbagai hal lainnya. Seperti halnya kegiatan membantu orang tua, kemudian mengerjakan tugas harian yang biasa Anda kerjakan di rumah dan lainnya. 

  • Pembuatan Target Belajar 

cara mengatur waktu belajar - Pembuatan target belajar

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah pembuatan target belajar. Cara mengatur waktu belajar yang satu ini dikenal sebagai strategi tepat, utamanya untuk lebih fokus dalam mempelajari materi tertentu. Dengan lebih fokus, tentunya penguasaan materi pun dapat dilakukan dengan lebih mudah. Untuk pembuatan target belajar sendiri ada dia cara yang dapat Anda gunakan. Cara pertama dilakukan dengan pembuatan gambaran secara umum, utamanya mengenai materi pelajaran yang ingin dikuasai. Setelah itu tentukan batas waktu untuk mempelajarinya, misalkan satu minggu, 2 minggu dan lainnya

Sementara itu, untuk cara kedua dapat dilakukan dengan membuat peta pemahaman konsep. Cara ini terbilang mudah untuk dilakukan, karena proses pembelajaran akan diukur dari segi pemahaman. Apabila Anda telah paham dengan konsep materi pelajaran yang susah dipelajari, maka pelajaran pun telah selesai dilakukan. 

(Baca Juga: Simak Yuk, Usaha yang Bisa Menghasilkan Uang Untuk Pelajar)

  • Penentuan Waktu Luang 

cara mengatur waktu belajar - Penentuan waktu luang

Dalam proses belajar, menentukan waktu luang untuk beristirahat juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Karena jika kegiatan belajar dilakukan secara terus menerus. Tentunya hal tersebut pun tidak baik bagi kesehatan. Proses belajar yang dilakukan tanpa henti dapat mengakibatkan stress dan mudah lelah. Karena itulah istirahat menjadi solusi tepat untuk mengatasinya. Ketika beristirahat Anda dapat membuat suasana tenang dan lebih menyenangkan, seperti mendengarkan musik, menonton film kesukaan dan lainnya. 

Menikmati waktu istirahat dengan melakukan hal yang disukai tentunya dapat menjadikan pikiran terasa lebih segar. Tidak hanya itu, ketika kembali melakukan tugas pun, tentunya Anda pun dapat melakukannya dengan lebih fokus. 

  • Pemilihan Metode Belajar yang Sesuai 

cara mengatur waktu belajar - Metode belajar

Apabila target belajar telah ditetapkan, maka metode balajar pun dapat Anda tentukan dengan lebih mudah. Namun untuk menjadikan cara mengatur waktu belajar lebih efektif. Pastikan untuk menggunakan metode yang paling sesuai dengan cara belajar yang Anda sukai. 

Ada beberapa metode belajar yang dapat coba Anda terapkan. Seperti halnya metode belajar Podomoro atau bahkan Mind Mapping. Akan tetapi, jika Anda memiliki metode belajar yang berbeda dan lebih sesuai dengan cara belajar Anda. Tentunya Anda pun dapat menggunakan metode tersebut, agar kegiatan belajar pun dapat dilakukan dengan lebih efektif.

  • Selesaikan Tugas Sekolah lebih Awal 

cara mengatur waktu belajar - Menyelesaikan tugas sekolah

Menyelesaikan tugas sekolah lebih awal menjadi salah satu cara tepat untuk mengatur jadwal belajar. Hal ini berkaitan dengan waktu luang yang bisa Anda dapatkan dengan lebih mudah. Sehingga proses belajar pun nantinya dapat dilakukan dengan lebih mudah pula. 

Dengan menyelesaikan tugas di awal waktu. Tentunya Anda pun bisa mendapatkan waktu untuk bermain atau bahkan beristirahat dengan lebih baik. Selain menjernihkan pikiran, cara tersebut juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan kondisi tubuh yang lebih fresh kembali. 

Cara Mengatur Waktu Belajar Lainnya

  • Melakukan Isolasi Diri 

Apabila Anda sedikit kesulitan dalam mengerjakan berbagai macam jenis pekerjaan termasuk di antaranya belajar. Tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan isolasi diri. Maksud dari isolasi diri ini adalah menghindari diri dari berbagai macam potensi distraksi. 

Hal tersebut tentunya dapat Anda lakukan dengan mudah. Seperti halnya menutup pintu kamar ketika hendak belajar, mematikan televisi, tidak berinteraksi dengan media sosial dan lainnya. Dengan menghindari beragam distraksi tersebut, tentunya kegiatan belajar pun dapat dimulai dengan lebih mudah. Bahkan tidak jarang Anda pun dapat menyelesaikannya dengan lebih cepat. 

(Baca Juga: 10 Bisnis yang bisa Dilakukan Sambil Bekerja Sebagai Pekerjaan Sampingan)

  • Hindari Menunda Pekerjaan 

Dengan adanya agenda belajar yang telah dibuat sebelumnya. Tentunya Anda pun ingin melakukan kegiatan belajar dengan lebih tepat waktu bukan? Karena itulah pastikan untuk menghindari menunda waktu pengerjaan. 

Selain menjadikan agenda yang telah dibuat menjadi tidak teratur. Menunda kegiatan juga akan menumpuk banyak pekerjaan yang seharusnya telah Anda selesaikan. Karena itulah, pastikan untuk menuntaskan pekerjaan dengan mudah setiap waktunya, sehingga Anda pun tidak akan direpotkan dengan pekerjaan yang belum terselesaikan. 

  • Disiplin juga Konsisten 

Cara mengatur waktu belajar lainnya dapat Anda lakukan dengan mengikuti setiap jadwal yang telah ditentukan dengan konsisten. Namun bukan hanya konsisten saja, pastikan pula untuk mengikutinya dengan lebih disiplin. Karena keberhasilan itu sendiri umumnya bisa didapatkan dengan lebih mudah, jika Anda melakukannya dengan disiplin. 

Selain itu, kegiatan belajar yang dilakukan dengan konsisten dan disiplin juga akan membuat Anda menjadi terbiasa. Artinya Anda tidak akan lagi menganggap proses atau kegiatan belajar sebagai beban. Karena hal tersebut telah terbiasa Anda lakukan dan terasa lebih mudah untuk dijalani. 

  • Lakukan Evaluasi

Bagian paling akhir yang tidak boleh Anda lewatkan dari cara mengatur waktu belajar adalah melakukan kegiatan evaluasi. Kegiatan evaluasi ini dapat Anda lakukan dengan mengecek tugas balajar harian, mingguan dan lainnya. Selain itu, pastikan pula setiap jadwal atau agenda yang telah dibuat diselesaikan dengan baik. 

Tidak hanya itu, pastikan pula untuk mengecek apakah cara belajar yang dilakukan telah tepat dan sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Kemudian cek pula apakah target pembelajaran telah terpenuhi dengan baik. Apabila semua hal telah selesai dengan baik dan tepat sasaran, tentunya Anda pun dapat dinyatakan telah berhasil melakukannya. 

Patut untuk Anda katahui, bahwa mengikuti setiap langkah di bagian atas tadi bukanlah perkara mudah. Namun jika Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh. Tentu hasil yang didapatkan pun akan lebih memuaskan. 

 

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai cara mengatur waktu belajar yang dapat penulis jelaskan kali ini. Semoga dapat membantu Anda untuk melakukan kegiatan belajar dengan lebih baik lagi. 

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts