Cara Menyiapkan Pernikahan Anti Ribet, Tips Low Budget!

cara menyiapkan pernikahan

Untuk mewujudkan momen sakral dan bahagia antara sepasang kekasih dalam menuju mahligai rumah tangga, tentu harus tahu cara menyiapkan pernikahan yang tepat. Pesta pernikahan tidak harus mewah, Anda bisa membuat sesuatu yang sederhana tampak elegan.

Apalagi biaya yang dibutuhkan untuk menggelar pesta juga tidak sedikit. Bahkan dengan tamu sekitar 300-500 orang biasanya memerlukan budget hingga 100 jutaan. Itu bukan dana kecil, padahal inti dari suatu pernikahan bukan dari besar atau mewahnya acara.

Tidak sedikit juga pasangan kekasih yang rela meminjam dana hanya untuk membuat acara resepsi besar-besaran. Yakin mau memulai rumah tangga dengan hutang besar? Itulah mengapa Anda harus menggunakan cara dalam menyiapkan pernikahan sederhana hemat budget. 

10 Cara Menyiapkan Pernikahan Sederhana & Hemat Dana

Kenyataannya memang tidak semua orang dibekali dengan kemampuan finansial mumpuni hingga bisa menggelar acara hajatan mewah dan mengundang banyak orang. Toh inti dari acara ini bukan dari besarnya acara, melainkan maknanya.

Alih-alih harus menghabiskan dana ratusan juta rupiah hanya untuk membuat resepsi besar-besaran, ketahui cara menyiapkan pernikahan sederhana serta lebih hemat dana berikut ini:

1. Menyusun Acara Pernikahan, Resepsi atau Tidak

cara menyiapkan pernikahan - Menyusun acara hingga resepsi

Langkah pertama tentukan terlebih dahulu apakah ingin menggelar acara resepsi atau tidak. Resepsi sebenarnya bukan keharusan, tapi sebagian besar pasangan pasti ingin membuat acara pernikahan impian dengan membuat pesta. 

Jika memang berencana membuat resepsi, maka buat susunan acaranya secara detail di awal. Mulai dari jumlah tamu undangan, pernikahan adat atau biasa, apakah ingin menggunakan wedding organizer (WO) dan detail lainnya.

Cara menyiapkan pernikahan, Anda perlu mengkomunikasikan hal tersebut dengan orang tua dan calon mertua. Jangan lupa tentukan juga apakah ingin resepsi di rumah atau dengan menyewa gedung. 

Kabar baiknya, bagi yang ingin resepsi dengan menggunakan jasa WO sekarang banyak paket hematnya loh. Biasanya untuk undangan sekitar 100 orang dikenakan budget mulai dari Rp 20 jutaan saja. 

Namun di tengah pandemi seperti sekarang, lebih banyak pasangan memilih menikah tanpa resepsi karena selain menjaga protokol kesehatan juga agar menghemat dana. 

2. Memastikan Jumlah Tamu Undangan

cara menyiapkan pernikahan - Memastikan jumlah tamu undangan

Cara menyiapkan pernikahan selanjutnya, pastikan terlebih dahulu jumlah orang yang akan diundang ke resepsi. Salah satu tips menghemat anggaran dana nikah yakni dengan membatasi tamu undangan.

Makin sedikit tamu undangan maka anggaran dana untuk catering semakin bisa diminimalis. Normalnya, Anda bisa mengundang 100 hingga 150 tamu saja dari kalangan kerabat dan teman dekat.

(Baca Juga: Tips Pengantin Baru Agar Langgeng untuk Hubungan Awet)

3. Menghitung Rincian Anggaran Dana Semua Keperluan

cara menyiapkan pernikahan - Menghitung rincian anggaran dan pengeluaran

Setelah menentukan acara dan jumlah tamu undangan, Anda bisa mulai mencatat serta menghitung estimasi anggaran dana semua kebutuhan acara. Adapun berikut ini beberapa hal yang harus diperhitungkan untuk acara pernikahan sederhana:

  • Seserahan atau hantaran
  • KUA
  • Sewa gedung jika resepsi tidak di rumah
  • Catering
  • Dekorasi
  • Riasan pengantin
  • Sewa busana 
  • Cincin perkawinan dan mahar
  • Dokumentasi 

Biaya yang dibutuhkan dari setiap poin tersebut berbeda-beda tergantung dari jenis acaranya. Biasanya untuk acara adat membutuhkan dana lebih besar. Estimasi untuk 150 tamu undangan diperlukan dana sekitar Rp 40 jutaan.

Semakin rinci membuat perhitungan budget acara maka akan makin mudah meminimalisir yang tidak penting. Untuk baju pengantin dan keluarga, Anda bisa menyewa karena biaya untuk membuat busana baru lumayan mahal.

4. Membuat Undangan Digital 

cara menyiapkan pernikahan - Undangan Digital

Pandemi seperti sekarang, orang-orang makin jarang yang membuat undangan fisik. Anda bisa membuat undangan digital dimana dapat meminimalisir pengeluaran untuk membuat versi cetaknya.

Namun, apakah masih perlu membuat undangan fisik? Mengingat budaya Indonesia dimana sangat menghargai orang-orang yang mau datang memberikan undangan acaranya, maka Anda bisa mencetak untuk beberapa tamu. 

5. Rencanakan Pesta Pernikahan di Rumah

cara menyiapkan pernikahan - pesta pernikahan di rumah

Cara menyiapkan pernikahan hemat budget selanjutnya, pilihlah resepsi pernikahan di rumah. Biaya untuk sewa gedung biasanya mahal, jadi poin ini bisa di-skip. Kendati harus membayar dekorasi, tapi tidak semahal sewa gedung.

Anda juga dapat melangsungkan akad nikah di kantor KUA agar tidak dikenakan biaya administrasi loh. Setelah selesai akad, mempelai menuju ke rumah untuk melanjutkan ke acara resepsi. 

6. Membuat Masakan Sendiri, Jangan Prasmanan

cara menyiapkan pernikahan - Membuat masakan sendiri

Cara menyiapkan pernikahan selanjutnya, lebih baik membuat masakan sendiri alih-alih menggunakan jasa catering. Terlebih bagi yang hanya mengundang 50-100 tamu saja, maka lebih baik masak di rumah.

Anda dapat meminta bantuan kerabat dan tetangga untuk menyiapkan catering. Budaya gotong royong seperti ini memang masih sangat sering ditemukan di berbagai tempat di Indonesia. Dengan memasak sendiri juga lebih leluasa menentukan jenis makanannya. 

Akan tetapi jika Anda tinggal di lingkungan yang memang tidak bisa melakukan kebiasaan tersebut, maka bisa menggunakan layanan catering dengan harga terjangkau. Konsultasikan dengan jasa catering, biasanya jika tamunya sedikit akan lebih hemat.

Apabila Anda menggunakan layanan catering, sebaiknya tidak memilih layanan prasmanan. Hidangan prasmanan cukup menguras biaya, karena tamu diberikan kebebasan mengambil makanan sendiri sehingga mau tidak mau harus menyediakan porsi lebih banyak.

Belum lagi jika ternyata makanannya tidak cukup, harus segera tambah pesanan ke jasa catering sekaligus menanggung malu. Oleh karena itu, lebih disarankan memilih piring terbang, bagus kalau masak sendiri. 

(Baca Juga: Penting! Cara Menjaga Vitalitas, Agar Aktivitas Jalan Terus dan Ibadah Tak Terganggu)

7. Adakan Resepsi Non Adat

cara menyiapkan pernikahan - Resepsi tanpa adat

Butuh banyak biaya jika ingin menggunakan acara pernikahan adat. Mulai dari hiasan, dekorasi dan jenis makanannya biasanya ada aturan tertentu. Belum lagi dengan rangkaian acaranya yang biasanya lebih lama.

Tidak menggunakan pernikahan adat bukan berarti tidak menghormati warisan leluhur. Karena inti dari sebuah pernikahan yakni sah tanpa harus memberatkan pasangan pengantin. Mengenai hal ini bisa Anda diskusikan dengan pihak keluarga. 

Dengan acara tanpa adat juga akan menghemat biaya riasan, karena bisa lebih sederhana. Seperti pada kebanyakan jasa MUA (make up arti) untuk dandanan adat biasanya dibanderol mulai dari 5 jutaan, sementara riasan modern sederhana lebih terjangkau mulai dari 3 jutaan. 

Meskipun menggunakan riasan sederhana bukan berarti buruk, justru akan memberikan kesan natural. Hanya untuk acara 2-3 jam saja di pelaminan, Anda tidak harus menghabiskan banyak uang bukan?

Ingat bahwa makna sebenarnya dari pernikahan adalah nanti setelah acaranya selesai. Jadi, pertimbangkan dengan bijak cara menyiapkan pernikahan Anda agar tidak salah esensi hanya karena gengsi. Buat apa nikah hingga ratusan juta tapi rumah dengan pasangan nanti masih ngontrak?

8. Memilih Souvenir Ramah Lingkungan dan Sederhana

cara menyiapkan pernikahan - Souvenir ramah lingkungan

Tidak lupa mempertimbangkan souvenir dalam rencana pernikahan sederhana. Souvenir diberikan kepada para tamu, sebaiknya pemilihannya juga tidak asal-asalan karena menjadi kenang-kenangan.

Cara menyiapkan pernikahan dengan memilih souvenir sendiri sekarang makin bervariasi dan unik. Anda bahkan bisa melakukan pemesanan secara online, misalnya gelas kecil, talenan mini, kipas, dompet, totebag dan lain sebagainya.

Lebih disarankan memilih souvenir berupa barang berguna, bukan pajangan. Sehingga nantinya barang tersebut bisa digunakan oleh para tamu. Budget untuk memesan souvenir sendiri mulai dari Rp 5 ribu Rp 10 ribu per bijinya. 

9. Hiburan Sederhana Tanpa Sewa Sound System

cara menyiapkan pernikahan - Hiburan sederhana tanpa sound system

Pada kebanyakan cara menyiapkan pernikahan, pasti setiap pasangan ingin acaranya meriah dengan menyewa organ tunggal lengkap dengan segala sound system-nya. Namun sebenarnya ini tidak perlu karena biaya sewanya juga mahal.

Alternatifnya, cukup hiburan sederhana dengan musik tanpa perlu menyewa jasa seorang penyanyi organ tunggal. Sehingga hanya perlu menyewa speaker saja dan mic kalau-kalau ada tamu yang ingin menyumbang suara.

10. Tidak Perlu Menggunakan Seragam atau Bridesmaid

cara menyiapkan pernikahan - Seragam Bridesmaid

Kebanyakan orang mungkin ingin pesta pernikahan berkesan dengan membuat busana seragam keluarga besar. Tidak sedikit juga yang membuat busana khusus bridesmaid, biasanya untuk teman-teman dekat mempelai wanita.

Namun, biaya yang dibutuhkan dalam membuat seragam tersebut sudah pasti besar. Mulai dari kain hingga ongkos jahitnya, apalagi jika jumlahnya banyak. Jadi sebaiknya busana seragam hanya dibutuhkan untuk kedua orang tua mempelai saja.

Jika ingin menggunakan seragam, alternatifnya bisa menyewa dari salon agar lebih hemat anggaran. Harganya sendiri bervariasi, tergantung dari modelnya. Kalau mau yang murah, pilih model busana seragam acara nikahan tanpa payet. 

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa finansial tidak seharusnya menjadi kendala dua sejoli yang ingin naik ke pelaminan. Apalagi esensi pernikahan bukan dari megahnya suatu acara, melainkan kesakralannya. 

Daripada menghabiskan uang banyak hanya untuk menggelar pesta beberapa jam saja, lebih baik ditabung untuk modal membangun rumah tangga bukan? Oleh karena itu, Anda bisa mempertimbangkan beberapa tips cara menyiapkan pernikahan di atas.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts