Sebagai Prosedur Pengunduran Diri, Yuk Ketahui Contoh Surat Resign dan Fungsi Pentingnya

thumbnail contoh surat resign - contoh surat resign

Contoh surat resign penting untuk Anda ketahui sebagai salah satu akses untuk memudahkan dalam hal prosedur pengunduran diri. Apabila Anda hendak untuk keluar dan berniat berhenti dari suatu pekerjaan maka otomatis membutuhkan surat pengunduran diri.

Akan tetapi dalam penulisan pengunduran diri tersebut tentunya bukanlah hal gampang dibuat secara sembarangan. Ada beberapa cara dan prosedur penulisan khusus yang penting untuk Anda ketahui secara seksama sehingga proses pengunduran diri Anda sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Proses pengunduran diri memang sering terjadi dalam lingkup dunia kerja. Alasan pengunduran diri tersebut bisa karena sudah tidak sesuai dengan perjanjian awal atau suasana kerja yang tidak sesuai dengan fungsi untuk mengembangkan diri.

Akan tetapi segala alasan untuk mengundurkan diri tersebut tidak serta merta membuat keputusan berhenti kerja bisa dilakukan secara sepihak. Semua alasan yang mendasari untuk melakukan pengunduran tersebut harus tetap mematuhi segala prosedur penting, khususnya memberikan surat untuk resign.

Ada banyak sekali Contoh surat resign yang tersedia secara gratis pada laman internet. Akan tetapi penting juga untuk Anda ketahui ada berbagai perbedaan mendasar pada setiap surat tersebut, hal ini dikarenakan semua instansi terkait memiliki perbedaan karakter dan nilai fungsinya.

Misalnya untuk memberikan surat pengunduran diri dalam pekerjaan yang berbasis pendidikan tentunya akan berbeda bentuk dan formatnya dengan surat resign pada pekerja bidang kesehatan ataupun industry. Sehingga Anda penting untuk mengetahui segala jenis format sesuai dengan kebijakan setiap lembaga.

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai beberapa Contoh surat resign maka penting untuk Anda ketahui alasan untuk memberikan surat pengunduran diri tersebut ketika hendak melakukan pemberhentian kontrak kerja.

Alasan Mengapa Harus Memberikan Surat Resign

Ketika Anda hendak keluar tempat Anda bekerja dengan beberapa alasan pentingnya, maka besar kemungkinan Anda wajib untuk mengajukan terlebih dahulu surat pengunduran diri. Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa Anda harus melakukan dan memberikan surat pengunduran diri dari lembaga tempat Anda bekerja.

Baca Juga : Cara Mengendalikan Stres Termudah untuk Pekerja Kantoran

1. Sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan.

Perlu Anda tahu prosedur untuk mengundurkan diri dengan menyerahkan surat resign sebenarnya telah diatur secara penuh dan menyeluruh dalam undang-undang ketenagakerjaan. Tepatnya pada UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 pasal 162 ayat 3.

Sehingga dengan adanya undang-undang tersebut memberikan pembuktina bahwa sangat penting untuk memberikan pengertian terlebih dahulu mengenai kewajiban pekerja apabila ingin berhenti. UU tersebut juga membuktikan bahwa semua element baik masuk pekerjaan dan berhenti telah diatur sebaik mungkin oleh pemerintah.

2. Norma pekerja dan penyedia lapangan pekerjaaan

Alasan selanjutnya adalah penggunaan kewajiban untuk memberikan surat pengunduran diri tersebut ternyata juga berkaitan dengan norma pekerja dan penyedia lapangan pekerjaan. Sehingga tidak ada satu pihak yang akan merasa dirugikan maupun diuntungkan.

Sebab apabila salah satu karyawan melakukan pemberhentian secara sepihak serta tanpa menyerahkan surat resign maka besar kemungkinan pihak penyedia lapangan pekerjaan akan mendapatkan kerugian. Sebab semua akan terkendala apabila satu pemegang kendali penting harus berhenti secara mendadak.

Oleh sebab itulah maka penting bagi pekerja untuk memberikan surat tersebut satu bulan sebelumnya. Dengan adanya surat pengunduran diri sebelumnya maka besar kemungkinan ada laporan terlebih dahulu, sehingga tugas yang diambil oleh pekerja sebelumnya bisa disiasati dengan baik.

Selanjutnya mengingat sangat pentingnya surat tersebut maka cukup penting juga bagi Anda untuk mengetahui Contoh surat resign dengan prosedur yang baik dan benar. Sehingga semua proses pemberhentian adan bisa terlaksana dengan aman.

Format Surat Pengunduran Diri Secara Umum

Ketika Anda hendak untuk melakukan pengunduran diri maka penting bagi pekerja untuk memahami format umum terlebih dahulu. Semua format tersebut umum digunakan dalam beberapa tujuan instansi dan lembaga yang berbeda-beda.

Contoh surat resign dengan isi umum dapat meliputi beberapa element penting. Hal tersebut dapat meliputi salam pembuka, pengantar, isi dan maksud tujuan, hinga penutup, semua format tersebut dapat dilakukan dengan mempertimbangkan tujuan terhadap lembaga yang Anda tuju.

Berikut ini adalah beberapa format umum yang bisa digunakan dan dipertimbangkan kualitasnya.

  1. Keterangan tempat tinggal dan domisili, terletak di pokok kanan atas
  2. Nama lengkap tujuan, umumnya diisi oleh nama atasandan jabatan yang dituju.
  3. Salam pembuka berupa salam hormat
  4. Isi dan maksud tujuan mengenai perihal dengan pemaparan alasan pengunduran diri.
  5. Salam penutup yang diisi dengan permohonan untuk disetujuinya proses resign tersebut.
  6. Tanda tangan diatas materai di bawah pojok kanan.

Beberapa aturan tersebut umum digunakan serta mencakup isi yang formal dengan beberapa format terbaik sesuai kebutuhan dan profesionalitas kerja. Sehingga proses untuk mengundurkan diri bisa sepenuhnya disetujui oleh pihak lembaga maupun instansi yang dituju.

Contoh Surat Resign untuk Kepentingan Kerja

Berikut ini adalah contoh yang bisa Anda jadikan pertimbangan ketika hendak mengajukan pengunduran diri dari tempat kerja. Contoh surat resign dalam lembaga ketenagakerjaan adalah sebagai berikut.

Surabaya, 14 Juni 2021

Yth. Pimpinan

PT. DIKA DATA SECURINDO

Yang bertanda tangan dibawah ini

Nama    : Dedi Santoso

Alamat  : Jln. Raya Gapura desa Baban, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep

Jabatan : Staff Marketing

Dengan adanya surat ini maka saya sebagai karyawan perusahaan berniat untuk mengajukan pengunduran diri dari posisi yang selama ini saya tempati. Hal ini terhitung sejak tanggal surat pengunduran ini disampaikan.

Alasan pengunduran diri saya kali ini adalah dengan pertimbangan untuk kembali ke daerah asal. Sehingga tidak akan memungkinkan untuk lebih maksimal dalam melanjutkan pekerjaan yang selama ini saya pegang.

Sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih terhadap pihak perusahaan yang telah memberikan kesematan besar kepada saa untuk belajar dan berkembang secara berkualitas dalam beberapa tahun terakhir. Apa yang saya dapatkan dilingkungan kerja selama ini sangat bermanfaat untuk perkembangan dan pengalaman kerja saya di masa yang akan datang.

Tidak lupa juga saya mengucapkan permintaan maaf apabila selama saya aktif bekerja menjadi karyawan pernah melakukan kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Oleh sebab itu saya mohon untuk diberikan kesempatan maaf yang seluas luasnya.

Demikian surat ini saya sampaikan, atas pengertian dan kerja samanya saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya. Akhir kata semoga terus sukses untuk PT. Dika Data Securindo.

Salam Hormat

Dedi Santoso

Contoh surat resign diatas cukup mewakili semua instrument yang dibutuhkan. Baik dari segi isi, kesopanan hingga tujuan berhenti. Dengan menggunakan format seperti diatas maka proses untuk resign Anda akan cepat di proses oleh pihak penyedia.

Contoh Surat Resign Sementara

Apabila contoh sebelumnya adalah surat pengunduran diri yang bersifat permanent maka penting untuk Anda ketahui juga ada beberapa surat yang memang ditujukan untuk berhenti sementara, dengan berbegai alasan penunjangnya.

Baca Juga : Penat Dengan Pekerjaan? Simak Yuk Tips Traveling Keliling Indonesia Agar Tidak Stress

Contoh surat resign sementara ini tentu berbeda dalam segi isi dan penyampaian maksud dan tujuannya. Berikut ini adalah contoh konkritnya.

Surabaya, 14 Juni 2021

Yth. Pimpinan

PT. DIKA DATA SECURINDO

Yang bertanda tangan dibawah ini

Nama    : Dewi Sri

Alamat  : Jln. Raya Gapura desa Baban, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep

Jabatan : Staff Marketing

Dengan adanya surat ini maka saya sebagai karyawan perusahaan berniat untuk mengajukan pengunduran diri sementara dari posisi yang selama ini saya tempati. Hal ini terhitung sejak tanggal surat pengunduran ini disampaikan hingga tanggal 14 agustus 2021.

Alasan pengunduran diri saya kali ini adalah dengan pertimbangan untuk mengurus anak pertama saya yang sedang menderita sakit. Sehingga tidak akan memungkinkan untuk lebih maksimal dalam melanjutkan pekerjaan yang selama ini saya pegang.

Sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih terhadap pihak perusahaan yang telah memberikan kesematan besar kepada saya untuk apabila mengizinkan dan menyetujui pemintaan pengunduran diri sementara tersebut.

Setelah semua proses penyembuhan anak saya selesai saya berkomitmen untuk kembali dalam perusahaan dengan baik serta menyelesaikan semua proses pekerjaan dan target.

Demikian surat ini saya sampaikan, atas pengertian dan kerja samanya saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya. Akhir kata semoga terus sukses untuk PT. Dika Data Securindo.

Salam Hormat

Dewi Sri

Dua contoh diatas penting untuk dibedakan dari segi tujuan dan alasan kuat untuk disetujui. Contoh surat resign tersebut dengan perbedaan permanent dan sementara perlu Anda pahami secara utuh.

Total
8
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts