Ini Dia Ikan Cupang Termahal di Dunia, Jangan Kaget!

thumbnail ikan cupang termahal - ikan cupang termahal

Beberapa jenis ikan cupang termahal sering membuat orang merasa kaget. Untuk ukuran ikan 2 hingga 5 centimeter, bagaimana mungkin harganya setinggi itu. Sering juga orang mengira ikan aduan ini harganya murahan.

Memang beberapa varietas memiliki harga dari dua ribu hingga lima ribu saja. Biasanya jenis itu mudah ditemukan di sungai atau sudah banyak dibiakkan. Bagi orang kelahiran 90an, ikan ini tidak lepas dari stigma alat aduan.

Awal ketenarannya di Indonesia memang cupang menjadi hewan aduan. Hewan ini bersifat teritorial dan sangat agresif ketika didekati oleh sejenisnya. Oleh karena itu banyak orang menggunakannya sebagai barang aduan.

Sekarang cupang lebih terkenal sebagai spesies penghias aquarium. Beberapa persilangan membuatnya memiliki sirip cantik dan pas dijadikan hiasan. Bentuk sirip dan warnanya sekarang cukup bervariasi.

Ikan cupang memiliki beberapa kombinasi warna yang menjadi daya tarik utamanya. Memang perlu diakui, stigma aduan mulai hilang berganti dengan ikan hias. Oleh karena itu harga pasarannya juga ikut melonjak.

Selain dari sisi estetik, faktor kelangkaan juga menjadi pemicu mahalnya harga cupang. Ada beberapa jenis yang hanya bisa diperoleh dari persilangan varietas luar negeri. Jadi wajar jika harganya selangit.

Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis lokal yang memiliki harga mahal. Daerah seperti kalimantan dan jawa menjadi penghasil cupang tercantik dalam negeri. Berikut ini adalah beberapa varietas termahal di pasaran.

Big Ear Ikan Cupang Termahal di Indonesia

Big ear adalah salah satu jenis betta splendens dengan ciri khas paling mencolok. Sirip bagian depan memiliki ukuran ekstra sehingga terlihat seperti telinga gajah. Di Indonesia sendiri namanya lebih dikenal sebagai cupang dumbo.

Baca Juga : Beberapa Makanan Ikan Cupang yang Banyak Manfaatnya

Big ear memiliki harga mahal karena sudah sulit dicari di habitat aslinya. Untung saja sudah banyak peternak yang mengembangbiakkannya sehingga mudah ditemukan dipasaran. Sayangnya kebanyakan big ear sudah tidak murni lagi.

Namun impurity tersebut juga termasuk salah satu alasan mengapa dia menjadi ikan cupang termahal. Coraknya yang semakin bervariasi membuat para kolektor memiliki banyak pilihan sesuai dengan selera,

Harga anakan big ear di pasaran saat ini menginjak harga 60 ribu rupiah. Sedangkan untuk big ear dewasa dihargai dengan banderol hingga 400 ribu ekor. Harga ini masih relatif melihat banyaknya faktor lain.

Salah satu yang berpengaruh besar adalah coraknya. Semakin langka corak dari sisik big ear maka harganya juga ikut melambung. Corak paling simpel dimiliki oleh halfmoon big ear yang memiliki harga pasaran paling murah.

Sekarang Anda sudah tidak perlu melakukan impor agar bisa mendapatkan jenis ini. Indonesia sudah memiliki banyak peternak sendiri yang bisa memudahkan Anda mencarinya. Inilah salah satu alasan harga big ear sekarang turun.

Giant Bettas Ikan Cupang Termahal di Indonesia

Betta splendens giant adalah salah satu varietas dengan harga yang lumayan mahal. Jika bukan karena ukurannya, jenis ini cukup sulit dibedakan dengan ikan biasa. Jadi Anda perlu lebih teliti saat memilih.

Memang betta splendens biasa mampu memiliki ukuran sebesar giant. Namun perbedaan paling mencolok terletak pada bagian sirip belakang. Jika cupang biasa memiliki sirip berbentuk segitiga, varietas ini bersirip bundar.

Dari aspek warna sendiri giant bettas memiliki warna yang cukup relatif, tergantung tempat pembiakan dan persilangannya. Di asia tenggara, bettas giant paling bagus dihasilkan oleh Filipina.

Harga bayi bettas giant memang cukup mahal karena proses pembiakannya yang sulit. Namun banderol untuk ukuran dewasa masih masuk dalam kategori biasa. Giant bettas juga masuk deretan ikan cupang termahal.

Harga minimal untuk giant bettas premium adalah 4000 ribu. Apabila bentuknya sempurna dapat mencapai harga 600 hingga 800 ribu rupiah. Harga tersebut tentu masuk akal karena pembiakan dan perawatannya sangat sulit.

Pemilik harus rajin memberi makan agar nutrisi terpenuhi. Malnutrisi pada giant bettas akan berdampak cukup buruk. Apabila ikan kekurangan gizi dan ukuran badannya turun akan cepat terkena stress.

Dalam waktu singkat giant bettas stress akan menemui ajalnya. Jadi bagi pemilik harus lebih perhatian dalam pemberian makanan. Air untuk jenis ini juga perlu diperhatikan karena memiliki kesehatan sensitif.

Selalu gunakan air yang dimasak, atau kemasan botol untuk mengisi aquarium. Hal tersebut dilakukan agar kandungan metal dan bakteri dalam air dapat diminimalisasi. Sehingga bettas giant dapat hidup lebih sehat.

Double Tail Ikan Cupang Termahal di Indonesia

Sama seperti namanya, bettas splendens satu ini memiliki dua buah sirip belakang. Potongan siripnya juga menyerupai gunting sehingga paling mudah dibedakan dari varietas lainnya. Sayangnya double tail cukup sulit ditemukan dalam negeri.

Belum banyak peternak lokal memilih varietas ini. Alasannya adalah perbedaan iklim yang membuat corak warna double tail lokal kurang diminati. Jadi para peternak bettas menghindari jenis ini.

Bagi kolektor yang ingin mendapatkan double tail harus mendatangkan dari luar negeri. Filipina dan Vietnam adalah dua negara yang memiliki double tail paling bagus. Memang Asia Tenggara termasuk penghasil bettas splendens terbaik dunia.

Untuk mendapatkan ikan cupang termahal ini Anda harus mempersiapkan budget 1.2 hingga 1.5 juta rupiah per ekor belum termasuk ongkos kirim. Cukup mahal bukan jika dibandingkan jenis sebelumnya.

Namun ada solusi mudah apabila Anda menginginkan harga lebih murah. Anakan double tail cukup mudah dibesarkan sendiri, harganya juga terjangkau yaitu 120 ribu rupiah saja. Jadi Anda dapat membesarkannya di rumah.

Berbeda dengan bettas giant, double tail lebih tahan terhadap penyakit setelah menetas dari telurnya. Meskipun secara alami penetasan di Indonesia tidak memberikan hasil optimal namun pengembangannya dapat dilakukan.

Jadi pemilik bisa lebih leluasa dalam merawat jika dibandingkan dengan bettas giant. Tidak perlu ada perawatan khusus agar double tail tetap sehat. Cukup beri makan dan ganti air secara teratur maka ikan sudah senang.

Double tail juga tidak mudah stress meskipun kadar garam dari aquarium sedikit meningkat. Jadi telat mengganti air tidak akan berbuntut pada kematian peliharaan. Ini tentu semakin memudahkan pemilik.

Ikan Cupang Termahal di Dunia Halfmoon

Perlu dibedakan antara halfmoon big ear dan halfmoon biasa. Halfmoon big ear memiliki satu macam warna saja, biasanya putih kekuningan dan memiliki sirip depan besar seperti telinga gajah.

Sedangkan halfmoon biasa memiliki corak warna bervariasi tergantung persilangan. Kemudian halfmoon ini memiliki bentuk sirip yang dapat mengembang penuh seperti bentuk bulan.

Ini adalah varietas halfmoon dengan harga cukup fantastis. Di Indonesia juga ada halfmoon namun corak warnanya masih kurang bagus. Varietas terbaik di dunia ini dihasilkan oleh perairan Thailand.

Halfmoon thailand masuk dalam deretan ikan cupang termahal dengan harga lelang minimal 3 juta rupiah. Sedangkan harga tertinggi yang pernah tercatat dalam pelelangan Thailand sekitar 8 juta rupiah.

Memang perlu diakui, warna sisik dari halfmoon Thailand cukup unik dibandingkan negara lain. Warnanya lebih berkilau dan siripnya juga lebih sempurna ketika mekar. Inilah mengapa harganya bisa sangat mahal.

Anda hanya bisa memperoleh halfmoon Thailand dari pelelangan resmi negara tersebut. Tentu kolektor harus bersaing satu sama lain agar dapat membawanya pulang. Jadi selalu siapkan uang lebih agar berhasil melakukan bidding.

Dari segi perawatan cukup mudah, halfmoon Thailand terbilang ikan yang bandel. Karena varietas ini mampu bertahan dalam kondisi air kurang ideal. Bahkan air PAM dapat digunakan untuk memeliharanya.

Selama didiamkan semalaman terlebih dahulu agar kandungan besi dan zat kimia lain mengendap. Jika kondisi terdesak tidak masalah Anda tidak mengendapkannya, namun jangan terlalu sering melakukan hal ini.

Baca Juga : Jenis Ikan Cupang Termahal Seharga Puluhan Juta

Dalam jangka panjang kebiasaan tersebut dapat membuat warna sisik menjadi memudar. Kemudian sirip juga menjadi lebih kaku sehingga mempengaruhi estetika ikan saat berenang di air.

Ikan Cupang Termahal Nomor 1 Dunia Kachen Worachai

Kachen worachai adalah salah satu varietas bettas splendens unik di dunia. Ini adalah varietas asli Thailand dan menduduki peringkat pertama termahal dunia. Warna sisik dari kachen worachai adalah merah, putih, dan biru.

Untuk mendapatkan seekor kachen worachai sekali lagi Anda hanya bisa melalui pelelangan khusus. Jadi kolektor wajib bersabar jika ingin mendapatkan ikan paling sempurna. Perlu diketahui kachen worachai cacat warna tidak boleh dijual.

Harga kachen worachai paling rendah di pelelangan sekitar 20 juta rupiah. Beberapa kali harganya sering menembus angka 25 juta rupiah. Semakin sempurna ikan maka harganya juga akan naik.

Banyak orang yang beranggapan bahwa kachen worachai dapat mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya. Ini salah satu faktor mengapa kachen worachai memiliki harga tinggi.

Harga tinggi juga disebabkan oleh coraknya yang menyerupai bendera Thailand. Pernah ada salah satu ikan dengan corak unik hampir sama seperti bendera Thailand dan tidak dilelang karena dijadikan sebagai ikon.

Memang ikan kecil ini tidak boleh diremehkan. Meskipun bentuknya mungil namun harganya bisa membuat Anda menelan ludah. Bayangkan saja 25 juta rupiah hanya untuk ikan berukuran 3 hingga 5 centimeter.

Memang bagi kolektor harga adalah sebuah cerminan dari barang bernilai seni tinggi. Oleh karena itu tidak boleh diremehkan jika ikan cupang termahal di dunia bisa menguras habis dompet Anda.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts