Simak, 9 Kebiasaan Hidup yang Bikin Bahagia

Kebiasaan Hidup yang Bikin Bahagia

Hidup bahagia adalah aspek penting yang diinginkan oleh hampir semua orang. Setiap individu kerap mengatakan, bahwa bahagia bukan berarti uang banyak. Namun, tidak bisa dimungkiri jika salah satu detail bahagia adalah uang dan kekayaan. Nah, untuk mengatasi persoalan tersebut banyak orang bertanya mengenai kebiasaan hidup yang bikin bahagia. Mereka seakan masih bingung dengan konteks bahagia itu sendiri. Bahkan beberapa riset menunjukan, bahwa kebanyakan orang mengalami kesulitan hidup karena merasa tidak bahagia. 

Terkadang, manusia lupa apa itu bahagia dan bagaimana mendapatkannya? Mengapa hal ini penting penting? Diakui atau tidak, bahagia adalah kunci utama untuk menjaga kesehatan. Para ahli menjelaskan, suasana hati yang nyaman serta pikiran jernih membuat orang lebih sehat. Hormon dalam tubuh bekerja dengan baik, sehingga tingkat stres mulai turun. Efek lain dari bahagia diperlukan bagi pasien yang menderita penyakit serius. Misalnya saja, penderita diabetes yang disarankan untuk melakukan tahap konseling dengan psikiater. 

Hal serupa juga diperlukan oleh mereka yang mengidap penyakit kritis lainnya. Tujuan dari aspek ini tidak ada yang lain selain, menciptakan suasana hati bahagia. Setelah memahami pentingnya bahagia dalam menjalani hidup, sekarang poin yang mesti Anda ketahui adalah memahami langkah pembentukan rasa bahagia. Seperti kesedihan, bahagia juga muncul karena berbagai faktor pendukung. 

9 Hal Sederhana untuk Ciptakan Kebahagiaan Hidup

Beberapa ahli psikolog pernah berkata, bahwa hidup adalah pilihan. Setiap pilihan berada ditangan Anda, sehingga individu mempunyai kemampuan memilih setiap harinya. Bahagia dan sedih juga menjadi pilihan yang mesti Anda ambil untuk hari ini. Pada dasarnya, bahagia itu tidak bisa muncul begitu saja. Pasti terdapat stimulus dari luar yang membuat Anda merasa senang dan bersyukur. Keadaan damai semacam ini yang mesti Anda jaga dengan baik. 

(Baca Juga: Ikutin Yuk, Cara Memulai Pola Hidup Sehat Dimasa Pandemi)

Anda tidak mampu mengontrol orang lain untuk terus membahagiakan, tetapi setiap orang memiliki kendali untuk menjaga diri sendiri. Langkah ini tentu saja tidak mudah, sehingga Anda perlu melakukannya secara perlahan. Tidak perlu menggebu-gebu, cukup ikuti alur yang telah disedia. Nah, bagi Anda yang sudah penasaran dengan 9 kebiasaan hidup yang bikin bahagia. Berikut penjelasan detailnya:

Tuliskan hal yang membuat Anda bahagia

Kebiasaan Hidup yang Bikin Bahagia - Tuliskan hal yang membuat anda bahagia

Setiap dari Anda memiliki tugas harian untuk menuliskan kebahagiaan yang didapatkan. Rutinitas ini perlu dilakukan tiap hari. Para ahli menyarankan untuk menulis 3 hal yang Anda syukuri, namun kalau itu terlalu berat. Cukup tuliskan 1 kejadian yang disyukuri hari ini. Tulisannya bisa berbentuk apa saja, bahkan bukan hal yang dilarang saat Anda menulis kejadian-kejadian sepele. Misalnya, terimakasih hari ini saya merasakan kelezatan mie goreng. Kebiasaan menulis ini akan berdampak pada pengiriman energi positif pada diri Anda. Jadi, jangan lupa untuk menuliskan rasa syukur Anda hari ini. 

Memaafkan seseorang

Kebiasaan Hidup yang Bikin Bahagia - Memaafkan Seseorang

Mungkin hal yang paling menyebalkan adalah memaafkan. Tetapi disadari atau tidak, membenci orang bukan hal benar untuk menciptakan kebahagiaan. Bukannya happy, Anda malah akan banyak menerima energi negatif dari lingkungan. Sebelum keadaan ini semakin memperburuk, ubahlah pola pikir Anda menjadi lebih sederhana. Setidaknya, Anda mesti berpikir bahwa memberi maaf adalah bagian dari Anda mencintai diri sendiri. Percayalah, keputusan itu akan menciptakan kedamaian dalam hati. Jadi, bukan satu hal aneh jika memaafkan menjadi bagian dari kebiasaan hidup yang bikin bahagia. 

Mempersilakan diri untuk menangis

Kebiasaan Hidup yang Bikin Bahagia - Mempersilakan Diri Untuk Menangis

Berbagai riset kesehatan menyatakan, bahwa menangis adalah bentuk terapi yang paling baik. Banyak dari orang menahan rasa sakit dan kecewa dengan harapan semua itu bisa hilang dengan sendirinya. Padahal, rasa sakit yang ditimbun terlalu lama akan menyerang diri sendiri. Izinkan diri Anda untuk meluapkan emosi yang ada. Menangis dan mengajak orang lain berbicara adalah solusi paling mudah untuk menghilangkan amarah yang tersimpan. Bukankah Anda setuju, manusia tidak seharusnya menjadi malaikat tanpa dosa? Jadi, menangislah saat Anda merasa tersakiti. 

(Baca Juga: 9 Keuntungan Bangun Dipagi Hari Yang Perlu Kamu Tahu)

Buang pikiran negatif

Kebiasaan Hidup yang Bikin Bahagia - Buang Pikiran Negatif

Kebiasaan hidup yang bikin bahagia lainnya adalah membuang pikiran negatif. Racun terberat dalam tubuh adalah pikiran negatif. Overthinking kills menjadi ungkapan yang tepat untuk menggambarkan keganasan pikiran tersebut. Ketika Anda membiarkan diri masuk dalam pikiran negatif, maka harapan untuk bahagia akan menjauh. Hal itu yang secara perlahan membuat tubuh Anda stres dan sakit. Nah, sebelum semua memburuk akan lebih baik jika Anda memulai untuk menjauhi semua pikiran tersebut. 

 Berjalan di pagi hari

Kebiasaan Hidup yang Bikin Bahagia - Berjalan Di Pagi Hari

Kebiasaan hidup yang bikin bahagia yang selanjutnya adalah menyempatkan diri untuk berjalan di pagi hari. Rutinitas ini akan memberi dampak signifikan, terutama bagi Anda yang dituntut untuk bekerja di ruangan seharian penuh. Tidak perlu lama, mulai saja dengan berjalan di halaman rumah setiap pagi. Selain itu, Anda bisa meluangkan waktu bagi diri sendiri. Misalnya saja, merasakan sensasi coklat hangat pada hari minggu. 

Berolahraga

Kebiasaan Hidup yang Bikin Bahagia - Berolahraga

Anda tentu setuju, bahwa olahraga adalah cara termudah untuk meningkatkan kebahagiaan. Aktivitas ini tidak hanya membuat Anda lebih sehat, tetapi berdampak langsung pada perubahan nuansa hati. Kebiasaan hidup yang bikin bahagia ini, bisa Anda lakukan 3 hari dalam seminggu ataupun setiap pagi sebelum berangkat bekerja. Sekali lagi, Anda hanya perlu konsisten untuk menjalankan olahraga tersebut. 

Belajar untuk menolak

Kebiasaan Hidup yang Bikin Bahagia - Belajar Untuk Menolak

Setiap orang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Salah satu karakter yang mudah tersiksa adalah mereka yang tidak berani mengatakan “tidak”. Apakah Anda pernah mengiyakan ajakan teman karena tak enak hati, padahal Anda masih mempunyai pekerjaan yang lebih penting? Jika iya, mulai sekarang belajarlah untuk menolak ajakan tersebut. Kebiasaan ini tentu saja tidak mudah, namun bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya. Berpikirlah bahwa sekarang, waktunya Anda untuk bekerja dan memprioritaskan diri untuk lebih bahagia. Pada akhir, Anda akan dipandang sebagai individu yang memiliki pendirian. 

Bersikap baik kepada orang lain

Kebiasaan Hidup yang Bikin Bahagia - Bersikap Baik Kepada Orang Lain

Kebiasaan hidup yang bikin bahagia tidak harus dilakukan melalui aspek besar. Anda dapat memulainya dengan hal-hal kecil. Misalnya saja, memberi senyuman kepada orang lain. Energi positif yang diberikan, pasti akan memunculkan kebahagiaan untuk diri sendiri. Tidak heran jika ajaran mengajarkan, bahwa perbuatan baik yang Anda lakukan sebenarnya akan berbalik kepada diri. Jadi, berbuatlah baik dimana saja. 

Mencintai diri sendiri

Kebiasaan Hidup yang Bikin Bahagia - Mencintai Diri Sendiri

Kebiasaan hidup yang bikin bahagia terakhir adalah dengan mencintai diri sendiri. hal paling penting dilakukan adalah mencintai diri sendiri. Jangan lagi mengkritik diri sendiri atas kejadian yang terjadi dalam hidup. Pasalnya, Anda perlu menyemangati diri, peluang waktu untuk berbicara dengan diri sendiri, serta membiasakan diri lebih terbuka. Kenyataan ini semakin akurat, sebab berbagai riset menyatakan bahwa menerima diri sendiri adalah kunci dasar untuk membuka pintu kebahagiaan hidup. Pada akhirnya, Anda mesti tahu semua detail mengenai diri sendiri karena disitulah letak bahagia yang dicari selama ini.

 

Itulah beberapa kebiasaan hidup yang bikin bahagia yang bisa menjadi referensi untuk menjalani hidup lebih baik lagi. Semoga bermanfaat

Total
5
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts