Kisah Inspiratif Wanita Indonesia yang Perlu Diketahui

Memasuki tahun 2021 membuat zaman semakin berkembang. Kisah inspiratif wanita Indonesia menunjukkan bahwa kesetaraan gender kini mulai diterapkan untuk membuat keseimbangan peran antara laki-laki dan perempuan. 

Kodratnya, perempuan memiliki tugas untuk mengurus suami, anak, dan rumah. Sebagai perempuan, Anda cenderung harus berada di rumah dan menunggu suami pulang dari kerja. Hal tersebut tidak lagi berlaku.

Anda memiliki hak untuk terus berkarya mewujudkan cita-cita. Kini, perempuan Indonesia membuktikan dengan beragam profesi yang dijalankan, mulai dari bidang entertainment, broadcasting, bisnis, hingga pemerintahan. 

Sejak zaman kemerdekaan, tidak sedikit perempuan Indonesia yang memiliki pengaruh besar untuk bangsa ini. Oleh sebab itu, perlu disampaikan bahwa wanita juga berhak untuk menaiki tangga karir sesuai dengan kemauannya. 

Wanita Karir Indonesia di Bidang Entertainment

Menjadi terkenal bisa jadi adalah impian dari sebagian besar orang. Jalan menjadi terkenal bisa dicapai dengan masuk ke dunia entertainment. Namun, hal itu sangat tidak mudah untuk dicapai. 

Dian Sastro, salah satu artis terkenal lewat filmnya Ada Apa Dengan Cinta membagikan kisah inspiratif wanita Indonesia. Selain cantik, Dian Sastro berhasil membangun talenta sejak kecil.

Perjuangan yang dilakukannya, sukses membuat Dian Sastro menjadi wanita yang inspiratif. Dibalik semua itu ada banyak jalan yang tidak mudah untuk ditempuhnya, hingga sempat menyebabkan ia hampir bunuh diri. 

Karirnya dimulai ketika ia memutuskan untuk ikut dalam ajang Gadis Sampul. Tidak berhenti sampai disana, kegigihan seorang Dian Sastro akhirnya membawa ia menjadi aktris populer dengan kemampuan akting luar biasa. 

(Baca Juga: Yuk Simak, 5 Kisah Sukses Tokoh Difabel Dunia Inspiratif)

Kisah lain juga dimiliki oleh seorang gadis muda bernama Maudy Ayunda. Populer sebagai seorang aktris dan penyanyi, Maudy berhasil menempuh pendidikan di Oxford University, sebuah kampus terkenal di dunia.

Prestasinya bukan main-main, membuat kisah inspiratif wanita Indonesia dari seorang Maudy Ayunda kerap menarik banyak perhatian, sehingga menjadikannya sebagai pembicara aktif di berbagai acara televisi.

Sukses di usia muda, Maudy memiliki segudang prestasi dalam bidang seni, menulis buku, serta memainkan alat musik. Hingga saat ini, ia terus mengembangkan bakat tersebut sambil menyelesaikan pendidikannya dengan baik. 

Pembawa Acara Wanita Terhebat di Indonesia

Masih berkaitan dengan sektor publik. Kisah inspiratif wanita Indonesia ini dimiliki oleh beberapa pembawa acara yang menjalankan hari-hari sebagai ibu rumah tangga. Apakah kedua peran tersebut bisa dijalankan dengan baik?

Menikah dengan seorang dokter, pembawa acara cantik ini juga berprofesi sebagai seorang pelawak. Namanya Vega Darwanti yang menikah sejak tahun 2009 dan dikaruniai dua orang anak. 

Meski sedang mempertahankan karir sebagai seorang pembawa acara dan pelawak, Vega Darwanti tetap menjalankan perannya sebagai seorang ibu rumah tangga dengan sangat baik. Hal ini membuktikan kehebatan seorang perempuan Indonesia.

Tidak hanya Vega Darwanti, Anda tentu tau Astrid Tiar, perempuan cantik yang sering muncul di layar televisi. Sama seperti Vega, Astrid memiliki seorang suami yang berprofesi sebagai dokter.

Telah dikaruniai dua anak, Astrid Tiar masih mempertahankan karirnya sebagai seorang pembawa acara. Dengan tetap mengimbangi kedua peran, Astrid melakukan yang terbaik bagi karir dan keluarganya,

Perempuan hebat yang berprofesi sebagai pembawa acara ketiga ini selalu dikagumi oleh kebanyakan orang karena pemikirannya sangat kritis. Ia muncul di beberapa program televisi dan sempat mewawancarai pejabat penting. 

Namanya Najwa Shihab, siapapun yang diwawancarainya akan mendapatkan pertanyaan-pertanyaan tajam. Pemikirannya tersebut menjadikan dirinya sebagai sosok perempuan Indonesia yang hebat dan tidak dapat diremehkan lagi kemampuannya.

Malang melintang sejak tahun 2001 sebagai seorang jurnalistik, Najwa Shihab kini berkembang menjadi pembawa acara hebat di televisi. Sukses menjajaki tangga karir, kini berbagai penghargaan telah diraihnya.

Kisah inspiratif wanita di Indonesia dari Najwa Shihab begitu memotivasi perempuan Indonesia untuk lebih berani dan berpikir kritis dalam berbagai bidang, seperti Najwa Shihab yang sukses di bidang jurnalistik.

Pejabat Wanita Paling Berpengaruh di Indonesia

Kisah inspiratif wanita Indonesia datang di bidang pemerintahan. Meski Presiden Indonesia sebagian besar merupakan laki-laki, namun tidak sedikit perempuan yang menjabat sebagai menteri dan berhasil membawa banyak pengaruh bagi negara. Berikut 5 menteri paling berpengaruh di Indonesia :

Sri Mulyani

Prestasinya sebagai menteri keuangan Indonesia, sempat membuat beliau menaiki tangga karir dengan masuk di Bank Dunia. Kemampuan luar biasa membuat beliau mendapatkan Penghargaan Menteri Terbaik di dunia. 

Penghargaan tersebut diperoleh beliau di World Government Summit, Dubai, Uni Arab. Bukan hanya penghargaan besar tersebut, beliau juga masuk dalam daftar 100 perempuan paling berpengaruh tingkat dunia versi Forbes. 

Ida Fauziyah

kisah inspiratif wanita indonesia - Ida Fauziyah

Tidak mudah untuk meraih tangga kesuksesan, khususnya di bidang pemerintahan. Hal tersebut dialami oleh Ida Fauziyah, seorang menteri tenaga kerja yang sempat menduduki jabatan sebagai Fraksi PKB di DPR.

Siapa sangka, kesuksesan tersebut berasal dari profesi sebagai seorang guru di SMU Khadijah Surabaya pada tahun 1997 dan guru MPAK di Kabupaten Jombang tahun 1994-1999.

Gusti Ayu Bintang Puspayoga

kisah inspiratif wanita indonesia - Gusti Ayu Bintang Puspayoga

Lahir di Pulau Dewata pada tahun 1968, Gusti Ayu Bintang Puspayoga mendapatkan kepercayaan dari Presiden Jokowi untuk menduduki jabatan sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Beliau sebelumnya bekerja di Sekretariat Daerah Kota Denpasar sebagai ASN. Kemudian beliau berhasil dipilih menjadi menteri pada Kabinet Indonesia Maju. Menaiki tangga karir, beliau bisa sampai mendapatkan kepercayaan seorang presiden.

Siti Nurbaya

kisah inspiratif wanita indonesia - Siti Nurbaya

Menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup, kisah inspiratif wanita Indonesia milik Siti Nurbaya dimulai setelah pensiun dari PNS. Kinerja yang luar biasa, membuat beliau mendapatkan amanah sebagai DPP di Partai NasDem. 

Pekerja Keras, Inilah Wanita Karir yang Sukses di di Bidang Bisnis

Berpenghasilan secara mandiri adalah kewajiban dari setiap manusia. Akan tetapi, lain halnya ketika sudah menikah, perempuan harus mengurus rumah sedangkan suami pergi mencari nafkah di luar.

Kisah inspiratif wanita Indonesia mematahkan argumen tersebut, perempuan Indonesia juga bisa berkarir bahkan berbisnis. Bisnis adalah pekerjaan yang cukup luas karena bisa mencakup berbagai bidang.

Salah satu bidang bisnis yang banyak digemari kaum hawa adalah fashion. Hal ini dibuktikan oleh kedua wanita Indonesia yang meraih kesuksesan, yaitu Dinda Dwi Wahyuni dan Mutiara Kamila.

Berwiraswasta dengan membuka lini pakaian atau bahasa populernya adalah clothing line. Mereka memanfaatkan teknologi SIRCLO, sebuah sarana yang memudahkan siapa saja membuat toko online sendiri. 

Kisah Dinda Dwi Wahyuni dimulai ketika ia memiliki keputusan untuk berhenti dari pekerjaan part time agar dapat mengurus anaknya. Kemampuan berbisnisnya kemudian didukung oleh sang suami dengan mendirikan Pulchra gallery.

Ketika itu ia berdagang pakaian secara grosir di Tanah Abang, usaha kerasnya membuat ia berhasil membangun Pulchra gallery dengan jumlah konsumen yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Sempat mengalami krisis dan kerugian, namun ia berhasil bangkit dan menyelesaikan tantangan tersebut. Hingga kini, usaha Dinda terus berjalan dan siap untuk berkembang menjadi lebih besar lagi.

kisah inspiratif wanita Indonesia beralih ke Mutiara Kamila, kemampuan berbisnis telah tertanam sejak ia duduk di bangku SD. Berbagai kendala seringkali ditemuinya, seperti membagi waktu antara sekolah dan bisnis. 

Mutiara tidak menyerah, ia terus belajar untuk bisa mengimbangi perannya, hingga THENBLANK akhirnya berhasil dikenal oleh masyarakat luas dan mendapatkan omset cukup besar. THENBLANK juga menghasilkan sebuah penghargaan. 

(Baca Juga: Orang Terkaya Di Dunia Yang Hidup Sederhana, Ini Dia Sosoknya)

Tips Menjadi Wanita Karir Sukses di Indonesia

Kisah inspiratif wanita Indonesia yang telah disebutkan sebelumnya berhasil memotivasi sebagian besar perempuan. Harapannya, Anda tentu telah memetik pelajaran dari berbagai kisah tersebut agar bisa terus meraih kesuksesan.

Tidak perlu khawatir, Anda bisa menjalankan tips-tips jika memiliki dua peran, sebagai ibu rumah tangga dan wanita karir. Kedua peran tersebut bisa diimbangi, apabila Anda bisa mengatur waktu dengan baik.

Mengatur waktu berkaitan dengan prioritas, Anda harus tau mana kebutuhan yang lebih urgent untuk dikerjakan. Selesai mengurus rumah, Anda tetap bisa bekerja sesuai dengan passion. 

Kesibukan yang padat akan membuat Anda cenderung lebih mudah emosi. Maka, ibu rumah tangga harus menjaga pola hidup agar emosi bisa tetap stabil. Meski memikul beban berat, tetaplah untuk rileks.

Percayalah pada diri Anda bahwa bisa melalui semua beban tersebut, yakinkan bahwa pekerjaan tersebut akan di-handle dengan baik. Untuk menstabilkan emosi, Anda harus memiliki waktu bersama diri sendiri.

Perempuan Indonesia sangat hebat, selalu berusaha menjadi yang terbaik ketika menjalankan kedua perannya. Anda bisa mengambil kisah inspiratif wanita Indonesia untuk tidak mudah menyerah menghadapi tantangan meraih impian.

Total
4
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts