Manfaat Menabung dan Tipsnya Agar Lebih Mudah

manfaat menabung

Manfaat menabung sebenarnya begitu besar. Setiap orang, tentu saja memerlukan uang untuk hidup. Agar dapat melakukan berbagai macam hal, Anda pasti harus membayarnya. Contohnya saja, sekarang ini Anda memiliki kewajiban untuk membayar pajak.

Uang memang memiliki sebuah pernah sangat penting di dalam hidup. Oleh sebab itu, kita sangat dihimbau untuk menabung, bahkan bank-bank saja sudah memberikan fasilitas tabungan untuk anak kecil agar gemar menabung dimulai dari kecil.

Hal ini terjadi karena kesadaran masyarakat mengenai pentingnya uang serta bahaya tidak mempunyai uang ketika sangat dibutuhkan. Walaupun, banyak pihak yang menekankan begitu pentingnya menabung, ternyata tidak sedikit orang yang menganggap kurang pentingnya tabungan.

Manfaat Menabung Ternyata Juga untuk Kesehatan Mental

Apakah sekarang ini Anda belum mulai membiasakan diri untuk menabung. Ternyata, menabung dapat meningkatkan kesehatan mental. Berikut akibat dari rajin menabung yang bisa dijadikan sebagai semangat Anda:

Semakin menumbuhkan kedisiplinan

manfaat menabung - disiplin

Bertambahnya tabungan di bank setiap bulannya tentu saja tidak bisa terjadi begitu saja tanpa rencana yang matang. Anda harus terus waspada karena berbagai aspek kehidupan yang memiliki sifat konsumtif. Contohnya ketika menggunakan kartu kredit.

Ketika menggunakan kartu kredit, Anda menjadi tergoda membeli apapun yang diingini. Namun, dengan kebiasaan menabung, Anda bisa menolak kemudahan menggunakan kartu kredit dan membuat hidup menjadi disiplin.

(Baca Juga: Yuk Ikutin, 8 Cara Menabung Walaupun Gaji Kamu Pas-Pasan)

Pikiran menjadi lebih tenang

manfaat menabung - pikiran menjadi lebih tenang

Anda bisa membayangkan jika sekarang berada dalam kondisi berhutang. Seperti apa perasaan Anda saat itu. Pasti tidak enak, contoh lainnya ketika tiba-tiba kehabisan uang di tengah bulan. Pasti Anda akan stress dan selalu kepikiran bukan.

Tetapi, hal ini tidak akan terjadi ketika Anda memiliki tabungan. Anda tidak akan mengalami masa-masa stress dan masa sulit, karena keuangan kurang sehat. 

Selain itu pikiran juga akan menjadi semakin tenang karena kebutuhan hidup dalam beberapa waktu mendatang menjadi terjamin. Inilah manfaat menabung yang kurang disadari. 

Meningkatnya rasa percaya diri

manfaat menabung - percaya diri

Jika Anda berhasil menabung, Anda bisa menjadi lebih percaya diri. Anda bisa lebih yakin jika sudah dapat mencapai tujuan keuangan di masa mendatang karena kondisi keuangan saat ini lebih sehat.

Selain itu uang yang Anda kumpulkan juga dapat digunakan untuk mencapai cita-cita di masa mendatang seperti menikahi pasangan atau bersekolah dan mendapatkan gelar lebih tinggi lagi. 

Manfaat Menabung untuk Finansial yang Harus Diketahui

Jika Anda merupakan salah satu orang yang menganggap memiliki tabungan adalah hal yang kurang penting. Berikut beberapa manfaat memiliki tabungan yang harus diketahui:

Dapat mengatasi hilangnya pekerjaan

manfaat menabung - mengatasi hilangnya pekerjaan

Bila Anda merupakan seorang pekerja, Anda harus siap dalam berbagai macam keadaan contohnya seperti ketika perusahaan tempat Anda bekerja mengalami kebangkrutan dan Anda terpaksa kehilangan pekerjaan.

Ketika masa tersebut terjadi, tentu pendapatan Anda langsung terhenti, dan tidak ada uang yang masuk. Namun pengeluaran sehari-hari tetap harus dipenuhi. Jika hal ini terjadi, apa yang harus dilakukan.

Inilah alasan mengapa Anda membutuhkan tabungan, agar Anda memiliki uang simpanan dan bisa menjaga kelangsungan hidup walaupun tidak memiliki sumber penghasilan. Namun paling tidak Anda mempunyai uang yang digunakan untuk hidup.

Untuk persiapan liburan

manfaat menabung - liburan

Pergi liburan tentu menjadi hal menyenangkan karena di sini kita bisa melepas penat. Manfaat menabung juga bisa digunakan untuk melakukan persiapan liburan. Agar momen bahagia pergi berlibur bisa terwujud dengan baik, Anda tentu membutuhkan uang.

Anda harus membayar sejumlah biaya agar dapat berlibur dengan tenang. Sehingga, agar keuangan tidak keteteran karena biaya liburan, Anda harus bersiap dengan menabung setiap bulannya untuk kebutuhan tersebut.

Siap menghadapi hal yang tidak diinginkan

manfaat menabung - siap menghadapi hal yang tidah diinginkan

Hal yang tidak diinginkan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Inilah hal yang harus diketahui. Contohnya saja seperti kecelakaan. Anda tidak dapat memiliki persiapan agar bisa menghindari kecelakaan tersebut.

Hal yang dapat dilakukan adalah menyiapkan dana yang digunakan untuk menyelesaikan akibat kecelakaan. Uang menjadi hal yang diperlukan ketika tertimpa kecelakaan. 

Manfaat Menabung Menggunakan Tabungan Berjangka 

Tabungan berjangka sekarang ini lebih sering dijadikan sebagai pilihan. Dengan menabung pada tabungan berjangka, setiap bulannya Anda akan dituntut untuk memasukkan sejumlah uang dengan pasti. Berikut manfaat menggunakan tabungan berjangka:

Memiliki suku bunga tinggi

Tabungan berjangka memberikan suku bunga cukup tinggi jika kita membandingkannya dengan tabungan biasa. Besarnya suku bunga ini, uang yang diperoleh tentu saja nantinya akan lebih banyak. 

Tabungan berjangka juga mempunyai keuntungan deposito karena memiliki prinsip tabungan setiap bulan. Biasanya, suku bunga yang diperoleh berdasarkan pada suku bunga paling tinggi di masa tersebut.

Bila semakin lama waktu yang Anda tentukan untuk menabung, tentu saja suku bunga yang diterima juga menjadi semakin besar.

Memperoleh asuransi dari bank

Manfaat menabung menggunakan tabungan berjangka lainnya adalah memperoleh asuransi. Dengan adanya asuransi tersebut, tabungan akan ditanggung bank hingga masa jatuh tempo. 

Contohnya saja Anda membuka tabungan berjangka selama 5 tahun, tetapi baru 2 tahun Anda terkena musibah, nantinya 3 tahun sisanya akan diselesaikan oleh pihak bank hingga jatuh tempo berakhir kemudian diberikan pada ahli waris Anda. 

Dana tabungan lebih terjamin

Layaknya deposito dan tabungan, dana di dalam tabungan berjangka juga terjamin oleh LPS. Jika Anda mengalami kebangkrutan, Anda tidak perlu khawatir, uang yang dimiliki tidak menghilang begitu saja dan akan dikembalikan oleh LPS.

(Baca Juga: Cara Menabung yang Benar untuk Kepentingan di Masa Depan)

Tips Agar Mencintai Kebiasaan Menabung

Setelah mengetahui manfaat menabung, tentu Anda ingin merasakan manfaatnya bukan. Berikut cara untuk mengubah mindset agar Anda menjadi gemar menabung:

Tentukan tujuan dari awal

Saat ingin lebih mencintai menabung, dan membuat perubahan bagi gaya hidup, Anda harus memulai dengan menentukan target. Tidak sedikit orang yang gagal merealisasikan resolusi karena berbagai macam hal, salah satunya karena tujuan.

Banyak yang beranggapan jika meskipun tidak memiliki tujuan yang jelas, menabung tetap mudah dilakukan. Padahal tidak demikian, agar lebih mudah menjalaninya, Anda harus menentukan apa yang menjadi tujuan. 

Contohnya saja tahun depan Anda ingin menikah atau membeli mobil. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda harus menentukan target kecil, contohnya dalam 6 bulan, 50% dari tujuan tersebut bisa dipenuhi. Anda juga bisa membayangkan tujuan manfaat menabung yang ingin dicapai. 

Ingat selalu hutang 

Tidak sedikit orang yang enggan melakukan perencanaan keuangan tertulis setiap bulan, namun dapat mengelola keuangannya dengan maksimal. Mengapa bisa demikian, hal ini disebabkan karena mereka sudah mengetahui mana alokasi anggaran utama.

Anda bisa menghitung berapa persen pendapatan kemudian membayar tagihan. Segera bayar tagihan listrik, apartemen, cicilan, pajak dan berbagai kebutuhan yang lain. Agar dapat memenuhi kebutuhan tersebut, Anda juga bisa memulai bekerja sampingan.

Cari pekerjaan sampingan yang menyenangkan untuk menambah tabungan

Ketika hari-hari Anda sudah sibuk di kantor, Anda bisa melakukan hal lain agar bisa memperoleh pemasukan tambahan. Contohnya, Anda dapat menulis cerita jika memang menyukai dunia tulis menulis, atau mendesain ketika menyukai dunia tersebut. 

Tips Mengumpulkan Uang Agar Memperoleh Manfaat Menabung

Setelah mengetahui besarnya manfaat memiliki tabungan, tentu Anda ingin langsung mengumpulkan tabungan tersebut bukan. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar bisa menabung:

Hindari kebiasaan kurang baik

Hindari aktivitas dunia maya yang bisa membuat Anda mempunyai perilaku konsumtif secara berlebihan. Begitu juga ketika sedang berbelanja kebutuhan bulanan. Anda harus fokus pada apa yang Anda butuhkan, bukan yang diinginkan.

Hindari membeli suatu hal hanya karena terpengaruh influencer instagram. Padahal, Anda sendiri kurang membutuhkannya. Biasanya, membeli hal-hal kecillah yang menjadi penyebab utama pemborosan. 

Tentukan nilai tabungan yang akan dimasukkan setiap bulannya

Jika Anda sudah memperoleh gaji bulanan, hindari langsung menggunakannya untuk berbelanja. Lebih baik sisihkan dan tentukan berapa jumlah uang yang akan ditabung.

Anda dapat menyisihkan uang untuk tabungan 30% persen dari gaji. Agar lebih mudah, Anda bisa menabung dengan menggunakan rekening terpisah. 

Gunakan fitur perbankan

Sekarang ini, kita bisa dengan mudah menemukan berbagai macam aplikasi yang bisa mengontrol keuangan, bahkan banyak aplikasi perbankan untuk mengendalikan keuangan. Anda bisa menggunakan aplikasi perbankan tersebut ketika ingin menabung. 

Rencanakan kebiasaan menabung ini dengan matang. Apalagi setelah melihat ada begitu banyak manfaat menabung yang berada di depan mata dan sayang untuk dilewatkan begitu saja, tentu semua manfaat bisa tercapai saat kita memiliki niat yang teguh.

Total
158
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts