10 Manfaat Pohon Bambu bagi Lingkungan, Manusia, dan Kesehatan

Manfaat Pohon Bambu

Ada banyak sekali manfaat pohon bambu bagi lingkungan, manusia, dan kesehatan. Sayangnya masih belum banyak orang menyadarinya karena menganggap tanaman ini sebagai pengganggu.

Baca Juga : Ragam Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Pohon bambu sendiri merupakan tanaman berbunga menahun hijau abadi dari subfamili Bambusoideae. Tanaman yang terkadang disebut sebagai buluh atau air ini, sangat mudah ditemukan di Indonesia dan merupakan salah satu tumbuhan dengan pertumbuhan tercepat karena memiliki sistem rhizoma-dependen.

Dalam sehari, buluh bisa tumbuh hingga 60 cm bahkan lebih. Semua tergantung dari habitat dimana tanaman ini tumbuh. Semakin lembab tempatnya, maka semakin cepat pertumbuhannya.

Berbagai Manfaat Pohon Bambu bagi Lingkungan, Manusia, dan Kesehatan

Manfaat Pohon Bambu
Manfaat Pohon Bambu

Bambu memiliki nama latin Bambusoideae dan termasuk ke dalam famili Poaceae dan ordo Poales. Secara umum, ada dua jenis air di dunia ini yaitu air berkayu dan air rerumputan.

Tanaman ini tidak hanya ada di Indonesia saja, tetapi juga hidup di sepanjang Asia Timur mulai dari 500 Lintang Utara di Sakhalin hingga ke Australia bagian utara dan di bagian barat India sampai Himalaya.

Di seluruh dunia, diperkirakan bambu memiliki 1250-1350 spesies. Khusus di Indonesia, ada 157 jenis bambu atau sekitar 10% spesies dunia. Berikut ini berbagai manfaat pohon bambu bagi lingkungan, manusia, dan kesehatan:

Bahan Pembuatan Peralatan Rumah Tangga

Peralatan rumah tangga yang kalian miliki sebagian berasal dari pohon air. Terutama bagian batangnya yang dijadikan bahan pembuatan barang-barang seperti sumpit, centong dan spatula.

Tidak hanya itu saja, sebagian orang terutama masyarakat desa menggunakan kursi dan meja yang terbuat dari barang pohon yang satu ini. Pemanfaatannya lebih mudah dan murah jika dibandingkan menggunakan kayu jati.

Konstruksi Bangunan

Buluh juga masih dijadikan bahan konstruksi bangunan di beberapa tempat. Manfaat pohon bambu bagi lingkungan, manusia, dan kesehatan ini banyak digunakan karena batangnya kuat, lurus, mudah dibentuk, dan ringan saat diangkut.

Umumnya masyarakat desa yang membuat bangunan dengan konstruksi dari bahan batang buluh. Lebih suka dengan tampilan rumah sederhana, yang terpenting nyaman untuk ditempati.

Jika kalian berencana membangun rumah sederhana dan memiliki dana tidak terlalu banyak, penggunaan bahan ini bisa menjadi pilihan bagus. Selain mudah dibangun, konstruksi dari bahan bambu juga lebih mudah untuk diperbaiki.

Sebagai Konstruksi Jembatan

Selain dijadikan sebagai bahan konstruksi bangunan rumah, batangnya juga kerap dijadikan konstruksi jembatan di pedesaan. Hanya saja, bambu yang digunakan haruslah tebal dan kuat.

Hal ini semata-semata demi alasan safety (keamanan) bersama. Jembatan harus dibuat kuat supaya bisa dilewati oleh banyak orang ketika berjalan melewatinya.

Pembuatan Arang

Salah satu manfaat pohon bambu bagi lingkungan, manusia, dan kesehatan adalah bisa dijadikan arang atau yang lebih dikenal dengan sebutan arang bambu. Umumnya arang ini digunakan untuk berbagai keperluan.

Contohnya yaitu sebagai media tanaman bunga, penjernih air, perawatan kulit, penambah aroma dan mineral dalam memasak nasi, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Adapun cara pembuatannya sangatlah mudah. Kalian cukup memotong bambu yang masih segar lalu dibakar hingga menjadi arang.

Bahan Pembuatan Alat Musik

Bambu di Indonesia juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan alat musik. Contohnya seperti angklung dan seruling. Sebagian alat musik tradisional Indonesia menggunakan bambu sebagai bahan dasar.

Selain seruling dan angklung, manfaat pohon bambu bagi lingkungan, manusia, dan kesehatan bisa untuk alat musik lain seperti sasando, rindik, celempung, gamolan dan besek juga terbuat dari bambu.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Dari segi kesehatan, salah satu bagian bambu yaitu daunnya bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka. Pada bagian daunnya terdapat zat bernama isoorientin yang dapat membantu mempercepat penutupan luka sehingga bisa cepat sembuh.

Cara penggunaannya yaitu dengan menghaluskan daun buluh yang masih segar. Dalam waktu kurang lebih 29 jam, luka di kulit bisa tertutup tanpa meninggalkan infeksi.

Mencegah Erosi

Salah satu manfaat pohon bambu bagi lingkungan, manusia, dan kesehatan adalah dapat mencegah erosi. Hal ini disebabkan karena tanaman ini menjaga sistem hidrologis air dan tanah.

Tumbuhan satu ini berumpun rampat sehingga dapat mengikat tanah pada daerah lereng. Alhasil, potensi erosi pun semakin berkurang. Tidak hanya itu saja, sistem perakaran yang padat membuat tanaman bambu semakin kuat.

Menyerap Karbon Dioksida dengan Baik

Selain dapat mencegah erosi, benefit adanya tumbuhan bambu bagi lingkungan lainnya adalah mampu menyerap karbon dioksida (CO2) dalam jumlah cukup tinggi. Stomata pada daunnya lebih banyak dan rapat yaitu mencapai 500 per mm2.

Namun supaya tanaman ini bisa menyerap karbon dioksida dengan baik, syaratnya harus dirawat dengan sebaik mungkin. Jangan biarkan bambu tanpa dirawat karena akan mengalami stagnasi.

Sebagai Bahan Baku Industri

Manfaat pohon bambu bagi lingkungan, manusia, dan kesehatan selanjutnya adalah dijadikan sebagai bahan baku industri. Tumbuhan satu ini bisa diolah menjadi kertas, pulp, inti kayu lapis, hingga wood pallet.

Alasan mengapa buluh bagus dijadikan bahan pembuatan kertas adalah karena cepat pertumbuhannya dan bisa diputihkan. Selain itu karena harga kayu relative mahal, maka bulu atau air adalah alternatif yang tepat sebagai penggantinya.

Sedangkan tanaman ini dijadikan sebagai bahan pembuatan wood pallet karena kuat, ulet, mudah dibelah, mudah dibentuk, dan mudah digarap. Selain itu, harga yang murah bisa menjadi salah satu pertimbangannya.

Sebagai Bahan Makanan

Bambu menjadi salah satu tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan makanan. Salah satu yang sering diaplikasikan adalah sayur rebung.

Sayur ini berasal dari tunas muda yang muncul dari dalam tanah yang tumbuh dari rimpang/rhizoma. Umumnya makanan ini masih diselubungi pelepah daun.

Manfaat pohon bambu bagi lingkungan, manusia, dan kesehatan selain diolah menjadi sayur rebung, bambu juga dapat diolah menjadi keripik dan tepung. Jika kalian ingin membuat makanan dari bambu, alangkah lebih baik pilih yang jenis ater atau betung.

6 Jenis Bambu yang Tumbuh di Indonesia

Manfaat Pohon Bambu
Manfaat Pohon Bambu

Khusus di Indonesia, kalian pasti sering menemukan tanaman yang satu ini bukan? Tidak hanya di desa saja, bahkan di kota pun juga ada. Beberapa jenis tanaman bambu berikut ini tumbuh di Indonesia yang tersebar di berbagai provinsi yaitu:

Petung

Petung adalah salah satu jenis bambu yang banyak ditemukan di Pulau Jawa, Sumatra, Sulawesi hingga kepulauan Nusa Tenggara. Saat dewasa, tingginya mencapai 20 meter dengan diameter antara 12 sampai 20 cm.

Dendrocalamus Asper kerap dijadikan sebagai bahan bangunan karena diameternya besar dan kokoh. Selain itu, manfaat pohon bambu bagi lingkungan, manusia, dan kesehatan ini juga cocok dijadikan bahan pembuatan sayur rebung.

Bambu Cendani

Bambu satu ini memiliki ciri batang kuat, tumbuh lurus dan tidak melengkung. Saat masih muda, batangnya berwarna hijau dan ketika dewasa berubah menjadi kuning kehijauan.

Sedangkan diameter batangnya termasuk kecil, yaitu hanya 7 cm saja. Tanaman jenis ini mampu tumbuh dengan baik di daerah dingin atau lembab kerap dijadikan bahan pembuatan kerajinan tangan.

Bambu Bali

Sesuai dengan namanya, tumbuhan bambu yang satu ini berasal dari daerah Bali. Pohonnya mampu tumbuh hingga 12 meter dengan diameter sekitar 7 cm.

Batangnya berwarna kuning cerah dengan garis-garis hijau. Sementara itu daunnya berwarna hijau dan semakin lama berubah menjadi kuning saat beranjak dewasa. Pohon bambu Bali bisa tumbuh optimal di lingkungan beriklim tropis dengan permukaan tanah teratur.

Bambu Hitam

Sesuai dengan namanya, bamboo yang satu ini berwarna hitam pada bagian batangnya. Pohon satu ini memiliki nama latin Gigantochloa atter. Manfaat pohon bambu bagi lingkungan, manusia, dan kesehatan bagian batangnya ini kerap digunakan untuk pembuatan furniture, alat tangkap ikan, dan juga bahan bangunan tradisional.

Bambu Apus

Bambu Apus mempunyai ciri batangnya yang sering tertutup bulu-bulu hitam atau cokelat. Selain itu, batangnya kuat dan lurus.

Pohon yang mampu tumbuh hingga 22 mater ini umumnya bisa tumbuh di wilayah dataran rendah yang lembap dan panas. Banyak dimanfaatkan untuk bahan baku kerajinan anyaman karena seratnya.

Bambu Kuning

Jenis bambu yang satu ini secara tampilan cukup menarik sehingga kerap dijadikan sebagai tanaman hias. Selain itu, bambu kuning juga dijadikan bahan pembuat kertas dan kerajinan tangan, salah satunya adalah vas bunga.

Baca Juga : Berikut Manfaat Daun Kemangi yang Baik untuk Kesehatan

Tidak hanya itu saja, manfaat pohon bambu bagi lingkungan, manusia, dan kesehatan untuk jenis satu ini lainnya adalah bisa dijadikan sebagai obat penyakit kuning atau liver. Selain keempat jenis tersebut, masih banyak jenis-jenis lainnya seperti cangkoreh, tutul, gendang, andong, dan lain sebagainya.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts