4 Manfaat Puasa yang Jarang Diketahui bagi Kesehatan

Apa saja manfaat puasa yang jarang diketahui? Puasa atau shaum artinya menahan atau mencegah, yang juga termasuk dalam salah satu Rukun Islam. Umat muslim akan menahan diri dari perbuatan yang dapat membatalkan puasa seperti makan atau minum. Mereka harus menahan dirinya dari matahari terbit sampai terbenam. 

Nyatanya puasa tidak hanya menahan haus dan lapar. Alih-alih memperburuk kondisi tubuh, justru puasa memiliki banyak manfaat yang mungkin kita baru ketahui. Ada beberapa manfaat puasa yang jarang diketahui yang akan kita bahas hari ini. 

Manfaat Puasa Bagi Organ Tubuh

manfaat puasa yang jarang diketahui - manfaat puasa bagi organ tubuh

Salah satu manfaat puasa yang jarang diketahui adalah dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menyatakan bahwa fungsi neurotropik pada otak akan bekerja maksimal selama kita berpuasa. Efeknya lebih banyak sel akan diproduksi oleh tubuh untuk otak, yang kemudian membuat fungsi otak menjadi optimal. Selain itu, manfaat lain adalah kelenjar adrenal yang sedikit memproduksi kortisol, hormon ini berfungsi untuk menurunkan stres.

Organ lain yang bekerja lebih baik ketika berpuasa adalah organ reproduksi. Ternyata hormon yang mengatur perilaku seksual tidak hanya testosteron dan estrogen, namun ada juga kelenjar yang disebut kelenjar hipofisis. Dan di masa ketika berpuasa sel-sel di kelenjar ini akan beregenerasi dan diremajakan yang tentu saja berpengaruh kepada kesehatan alat reproduksi dan sel urogenitalis. 

Puasa di bulan Ramadhan juga membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol. Hal ini baik untuk jantung. Para kardiolog di UEA menemukan bahwa ketika berpuasa, profil lipid orang-orang membaik, yang artinya ada penurunan kolesterol di dalam darah. Jantung sehat meminimalkan risiko serangan jantung, penyakit jantung, juga stroke. Puasa juga akan memberi rangsangan terhadap seluruh organ, jaringan, dan sel tubuh. Efek ini pastinya akan meningkatkan, memulihkan, dan menghasilkan fungsi organ dengan lebih baik.

(Baca Juga: 9 Tips Berpuasa Agar Tidak Lemas dan Tetap Fit Selama Ramadhan)

Puasa untuk Kesehatan

manfaat puasa yang jarang diketahui - puasa untuk kesehatan

Selain untuk organ, puasa juga membantu kita untuk menghilangkan kebiasaan buruk seperti makan makanan manis yang tentu saja akan berpengaruh terhadap kesehatan. Selama puasa, bisa saja asupan makanan tinggi gula akan kita kurangi, yang kemudian membuat tubuh kita beradaptasi, dan kecanduan makanan manis akan perlahan hilang. 

Pada waktu berpuasa metabolisme tubuh kita juga akan bekerja lebih efisien. Tubuh juga akan lebih efektif menyerap nutrisi yang ada. Hal ini dipicu adanya hormon adiponektin yang biasanya diproduksi pada waktu makan larut malam dan puasa. Hormon ini membantu otot menyerap nutrisi lebih baik. 

Manfaat puasa yang jarang diketahui adalah dengan berpuasa, tubuh kita akan mampu untuk detoks. Di waktu-waktu ketika berpuasa, tubuh akan membantu kita untuk detoks sistem pencernaan, membiarkannya beristirahat untuk mencerna makanan. Ketika berpuasa juga tubuh kita akan efektif membakar lemak untuk dijadikan energi, dan dalam waktu yang sama membuang racun berbahaya. Proses ketosis untuk membakar kalori akan lebih cepat terjadi. Maka lemak berlebih di organ penting kita seperti ginjal dan hati akan dibakar, dan membuat organ bisa bekerja lebih optimal.

Mulai dari awal berpuasa, ternyata bisa membantu kita menurunkan gula darah hingga lebih dari 30%. Efeknya memang tubuh akan terasa lebih lemas, tapi tenang saja kadar gula darah tetap akan stabil selama kita berpuasa. Apabila kadar gula darah di tubuh kita terlampau tinggi, hal ini akan mengubah struktur kolagen, melemahkan ketahanannya dan kekuatannya. Karena berpuasa bisa mengurangi kadar gula darah dalam tubuh, maka secara tidak langsung akan membantu perawatan kulit kita juga.  Dengan begitu berpuasa juga akan menghambat penuaan, membuat kulit terasa awet muda, dan memperpanjang umur.

Puasa juga akan membantu tubuh mengurangi peradangan. Jika kita terbiasa makan makanan tidak sehat, tubuh akan terus terpapar radikal bebas yang bisa mengakibatkan peradangan. Gorengan, alkohol, gula rafinasi, pengawet, atau karbohidrat olahan adalah makan-makanan yang bisa membuat tubuh bekerja lebih keras untuk detoks. Dengan berpuasa, tubuh mampu beristirahat sejenak, mengatur hormon, yang kemudian membantu tubuh menangkal racun dan radikal bebas lebih efektif.

Selain itu, berpuasa membantu kita mengontrol tekanan darah. Di hari-hari awal berpuasa badan terasa lemas, juga tidak sedikit yang mengalami penurunan tekanan darah. Tentu saja hal ini kabar baik bagi mereka yang punya kecenderungan tekanan darah tinggi. Tekanan darah rendah bisa jadi diakibatkan dari berkurangnya asupan garam yang terbuang lewat ekskresi tubuh. 

Terakhir, manfaat puasa yang jarang diketahui yaitu puasa dapat mengurangi produksi protein yang berbahaya bagi tubuh. Dengan puasa dan pembatasan kalori, maka produksi sitokin inflamasi juga akan terhambat. Hal ini mempunyai dampak positif, salah satunya menghambat penuaan otak. 

Hikmah Puasa Ramadhan

manfaat puasa yang jarang diketahui - hikmah puasa ramadhan

Puasa Ramadhan memiliki makna lebih dari menahan haus dan lapar. Hikmah ibadah ini adalah untuk meningkatkan kualitas ibadah kita juga bisa menjadi pelajaran untuk mempertebal iman. Hikmah puasa Ramadhan lainnya adalah menambah ketakwaan. Di bulan suci ini, umat diajak untuk beribadah dengan khusuk dan semakin mendekatkan diri dengan Allah SWT. Dan melalui zikir, puasa juga bisa dijadikan sarana untuk mengingat kebaikan Allah. 

Berpuasa ketika Ramadhan juga bisa dijadikan latihan untuk terus konsisten di jalan Allah dan menjadi istiqomah. Manfaat puasa yang jarang diketahui adalah mencegah maksiat. Puasa bisa dijadikan tameng bagi diri kita agar tidak mudah melakukan maksiat. Dengan berpuasa, masing-masing umat diminta untuk menahan diri dari godaan setan dan hawa nafsu. Puasa juga melatih kepedulian. Dengan tidak makan dan minum dalam waktu tertentu, orang akan merasa haus dan lapar, dan bisa merasakan penderitaan orang-orang lain yang tidak seberuntung dirinya. Dengan begini harapannya umat manusia akan lebih peka untuk saling membantu. 

Puasa juga dapat mengontrol emosi. Puasa akan dihitung sah apabila bisa menahan hawa nafsu termasuk emosi di dalamnya. Tentu saja berpuasa bisa kita jadikan latihan untuk lebih banyak bersabar. Hikmah lain berpuasa adalah rela menerima takdir yang Allah SWT berikan. Berpuasa membuat kita bersyukur lebih atas segala nikmat yang Tuhan beri. Berpuasa di kala Ramadhan juga bisa kita jadikan ajang untuk menjalin tali persaudaraan atau silaturahmi. 

(Baca Juga: Pahami Yuk Tentang Jenis Jenis Puasa Dan Manfaatnya)

Cara Agar Puasa Bermanfaat

manfaat puasa yang jarang diketahui - Cara agar puasa bermanfaat

Puasa akan menjadi ibadah yang bermanfaat apabila kita tahu benar tujuan utamanya. Puasa bukan berarti kita kemudian bermalas-malasan. Justru ketika berpuasa kita diajak untuk semakin menghormati tubuh kita juga berpikir kembali mengenai tujuan hidup kita. Ada beberapa tips yang bisa kita ikuti agar puasa kita semakin sehat dan produktif. 

Agar puasa kita menjadi sehat dan bermanfaat jangan lupa untuk cukup minum air putih ketika sahur dan berbuka. Hal ini mencegah kita dehidrasi, sekaligus membantu menjaga kesehatan ginjal, tekanan darah, juga mengobati sakit kepala. Tubuh dehidrasi akan membuat kita lemas sepanjang hari, dan bisa mempengaruhi mood kita. Untuk menjaga asupan air, tetap minum 2 liter air per hari. Jika perlu minum di malam hari di antara waktu tidur, atau bisa juga mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan air. 

Selama berbuka atau sahur, sebaiknya hindari makanan manis yang kaya gula. Gula seperti ini hanya akan bertahan menjadi energi sepanjang 2 jam saja, selebihnya kita akan merasa lemas karena kadar gula darah kita menurun. Baiknya konsumsi makan yang punya karbohidrat tinggi seperti nasi merah, kentang, juga pasta, ditambah makanan dengan protein tinggi. 

Cara lain agar puasa kita sehat, perhatikan porsi ketika kita berbuka puasa. Banyak orang yang merasa karena sudah menahan haus dan lapar selama seharian lalu sah-sah saja memakan apapun ketika berbuka. Tanpa disadari hal ini justru membuat tubuh kaget, perut kembung, kelelahan, dan akhirnya mengantuk. Jadi, atur porsi makan setelah berbuka puasa. Porsi yang ideal adalah seperempat piring protein, seperempat piring karbohidrat, dan setengah piring sayuran. 

Dan agar tubuh tetap fit dan bugar, lakukan olahraga ringan. Pilihlah jenis olahraga kategori ringan seperti yoga atau jalan kaki. Mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyiram tanaman, menyapu, mencuci juga termasuk dalam aktivitas fisik ringan. Lakukan olahraga ini setiap hari agar puasa kita bermanfaat. Jangan lupa konsultasikan ke dokter apabila Anda memiliki masalah kesehatan. Berikut manfaat puasa yang jarang diketahui.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts