Panduan Mendukung dan Mengasah Hobi Anak untuk Masa Depan

Mengasah hobi anak

Kemampuan dalam mengasah hobi anak merupakan skill wajib yang harus dimiliki orang tua zaman ini. Terutama melihat perkembangan dunia di mana orang dengan kemampuan khusus lebih dibutuhkan dalam dunia kerja. Tapi tentunya tidak selalu berhasil sehingga perlu dukungan terbaik juga buat anak karena kadangkala punya hobi berubah-ubah. Ada panduan yang bisa mendukung sekaligus mengasah hobi supaya berguna untuk masa depan.

Proses Awal Mencari Kegiatan Kesukaan Anak Paling Efektif

Sebelum memutuskan menggiring anak menuju hobi atau kegiatan khusus, teliti dulu lebih detail. Banyak hal harus kita komunikasikan supaya tidak salah. Hasilnya kerja keras kita pada buah hati berjalan baik.

1. Perbanyak Komunikasi

Mengasah hobi anak - Perbanyak komunikasi

Untuk trik mengasah hobi anak, yang pertama yakni memperbanyak melakukan komunikasi dulu. Tentu kita tidak tahu apa yang disukai sebelum membicarakannya. Bisa saja meski terlihat diinginkan, tapi tidak tertarik.

Misalnya buah hati suka menonton pertandingan badminton. Bukan berarti ingin menjadi atlet, bisa saja hanya suka menonton. Jadi, kita perlu kejelasan lebih lanjut sebelum memberi arahan pada buah hati kita.

2. Memberi Pujian

Mengasah hobi anak - Memberi pujian

Menurut penelitian dan hasil voting dari banyak orang tua, ternyata selalu memberi pujian memberi dampak bagus. Nantinya kedua belah pihak bakal lebih dekat. Maka dari itu mau bercerita tentang kesulitan.

Bahkan kemungkinan besar tetap dekat sampai dewasa karena hubungan bagus dari kecil. Tetap bisa saling mendukung meski saat dewasa hubungan kurang lengket. Pujian sendiri menjadi bukti kalau kita menyayangi anak.

(Baca Juga: 9 Etika Berbicara saat Makan untuk Diajarkan pada Anak)

3. Cari Informasi Lewat Perkataan Anak

Mengasah hobi anak - Cari leat perkataan anak

Selanjutnya dalam mengasah hobi anak, perlu informasi dalam setiap pembicaraan. Hal ini sebenarnya dapat ditemukan waktu kita berbicara. Jangan pernah berhenti bertanya setiap harinya meski tidak langsung.

Jadi, kalau sedang terpisah harus bertanya tentang kabar hari ini. Sebenarnya tidak perlu berupa kegiatan sekolah ataupun kondisi yang membuat stres. Hanya tanya tentang kejadian ringan hari ini sudah cukup.

4. Berikan Waktu Berkreasi

Mengasah hobi anak - Biarkan anak berkreasi

Semua orang tua wajib biarkan anak melakukan kreasi terhadap pola pikirnya sedari keci. Misalnya saja waktu mereka bermain dengan mainan kesayangan. Inilah alasan fungsi mainan memang ada sehingga harus diberikan.

Kalau perlu jangan berhentikan kegiatan bila masih senang. Apalagi waktu buah hati sedang berpikir untuk mengembangkan otaknya dengan baik. Selain itu kalau dihentikan bisa saja marah atau kesal pada kita.

Trik Mengeluarkan Skill dan Kemampuan Buah Hati

Hal pertama yang mampu mendukung anak untuk mencari tahu skill yaitu mendalami seni. Paling basic menggambar dan mewarnai. Tapi disini harus diselingi lagi dengan pembelajaran konsep warna, bentuk sampai tema. Kurang lebih sama dengan langkah mengasah hobi anak berupa bermain alat musik di mana penting mengenalkan sedari awal. Kita bisa ajak menonton pertunjukan musik atau berkunjung ke studio musik terdekat.

Lalu tanyakan apakah ingin belajar tentang salah satu alat musik atau mempelajari teknik menjadi vokalis. Kalau terlalu mahal kita tidak perlu membelikan nya langsung. Kalau benar-benar tertarik baru bisa dibelikan. Tentu saja berguna buat masa depan, baik saat berhubungan sama teman atau mencari pekerjaan dalam bidang entertainer. Selain itu hal ini sama saat menyukai akting sebagai kegiatan utama paling disukai.

Selain bidang seni dan akting, tidak ada salahnya memberi kegiatan olah tubuh. Misalnya olahraga berkuda dan bela diri. Berkuda banyak disarankan karena melatih otak dan pikiran ditambah mengenalkan tentang hewan. Tapi jika ingin mengasah kemampuan anak yang lebih sederhana, maka boleh memperbanyak mengajak anak naik gunung atau bersepeda santai. Tujuannya supaya mandiri dan kondisi fisik kuat serta pantang menyerah.

Selanjutnya Anda bisa mengajak buah hati supaya ikut dalam les dance yang disukai anak sekarang. Sangat direkomendasikan apalagi ternyata mengikuti les menari menurut beberapa orang tua lebih baik dibandingkan olahraga. Kelebihan lainnya ikutan les dancing yaitu diajarkan tentang kelenturan, keseimbangan, keindahan dan sebagainya. Nantinya saat sudah besar bisa bergerak dengan bagus. Ditambah kesehatan jiwa raga dapat diperoleh bahkan sejak dini.

Cara Mengasah Hobi Anak Agar Bermanfaat

Sebagai orang tua, Anda harus memahami bahwa diri sendiri merupakan orang yang harus selalu menjadi pemberi dukungan paling besar. Misalnya saja pada masa awal anak mengikuti kegiatan tertentu saat itu. Pasti kita harus mendukung supaya dia pantang menyerah. Hal ini contohnya dapat dilakukan saat mengikuti lomba atau persaingan dengan orang lain. Supaya semangat, usahakan terus menonton pertandingannya dalam lomba apapun.

Menjalankan hobi bersama-sama juga bisa menjadi dukungan terbaik untuk buah hati tercinta. Untuk contoh paling mudah adalah membuat gawang mini untuk sepakbola di halaman rumah. Tidak perlu ke tempat lain. Selain itu tambahkan peralatan lain seperti ring basket beserta alat olahraga lainnya. Lalu bertanding melawan anak. pasti seru dan mendekatkan satu sama lain. Jadi, berguna mempererat hubungan sama buah hati.

Dalam proses mengasah hobi anak, perlu Anda ketahui kalau memberi reward ternyata sangat penting. Pastinya jika sudah menekuni salah satu hobi, artinya dia serius dan bekerja keras sampai tujuannya tercapai. Maka dari itu dalam kondisi apapun supporter harus mendukung dengan ucapan sampai memberi hadiah. Mungkin menurut orang cukup memalukan apabila dilakukan. Tapi ternyata bisa membuat buah hati tidak kehilangan arah.

(Baca Juga: Kenali Yuk Cara Mengatasi Demam Pada Anak, dari Penyebab Hingga Penanganan)

Selain itu sebagai orang tua, Anda wajib tambahkan pembelajaran sosial. Misalnya seperti tanggung jawab, setelah anak menyelesaikan hobi atau kegiatan yang telah dilakukan. Ditambah kalau sesudah bermain, harus membereskan sendiri. Terakhir, Anda perlu juga mengajarkan tentang pentingnya totalitas. Hal ini bisa diberikan dengan cara mencari tahu tujuan utama mengikuti kegiatan yang disukai untuk apa. Tanyakan mau dibawa serius atau tidak.

Menabung untuk Masa Depan Anak

Tips jika Anda ingin menabung buat mendukung anak di masa depan yakni buat rekening khusus. Tentu saja sebelumnya wajib punya tabungan biasa dimana bakal dipakai buat kebutuhan sehari-hari. Selanjutnya perlu menambahkan lagi berupa tabungan khusus untuk anak yang berisi harapan untuk masa depan. Maka dari itu perlu diisi setiap bulan dalam jumlah tetap. Tujuannya agar jumlah bisa banyak.

Uang untuk mengasah hobi anak tidak boleh sedikit melainkan berjumlah besar. Apalagi kemungkinan kebutuhan masa depan lebih besar. Meski mungkin ingin mandiri, tetap wajib kita dukung secara penuh. Selanjutnya Anda perlu mempelajari tentang asuransi pendidikan. Di mana akan berguna demi membuat buah hati bisa mengambil pendidikan tertinggi. Bahkan kita tidak perlu khawatir memberi pendidikan sampai kuliah sekalipun.

Biar lebih tenang di masa depan, sebagai orang tua perlu melakukan investasi demi memperbanyak aset. Tapi perlu pilih yang aman saja, misalnya boleh mencoba berinvestasi uang. Pelajari detail, jangan tertipu. Selain itu sebenarnya lebih aman melakukan investasi emas. Apalagi jika kita perhatikan nilai naik atau turunnya jelas tanpa ada interupsi suatu pihak. Makanya penjualan bisa kapan saja waktu sedang bagus.

Langkah menabung buat anak selanjutnya pasti berupa deposito. Dapat dilakukan apabila takut di masa depan tidak mampu membayar segala macam kebutuhan anak. Maka dari itu disarankan bisa melakukan deposito aman.

Langkah Bila Anak Sudah Dewasa

Disini sebenarnya terbilang cukup krusial. Di mana bisa menyesuaikan sama hobi yang ingin dijadikan profesi masa depan. Misal ingin menjadi atlet, dari SD atau SMP ikutkan anak seleksi tingkat kota.  Lebih efektif meningkatkan nama atau skill sehingga dapat dijadikan perwakilan lomba. Bila semakin dewasa, harus bersekolah khusus sesuai cita-cita. Bahkan mungkin melakukan homeschooling sehingga membutuhkan banyak biaya.

Memang bisa dibilang mengasah hobi anak untuk lebih serius butuh banyak modal. Selain perjuangan berupa moral, perlu sokongan biaya cukup besar. Agar tidak terlalu membebani, boleh mencari jalur beasiswa saja. Sementara itu bila menginginkan menjadi orang dengan profesi terpelajar seperti guru atau dokter, langkahnya cukup beda. Disini harus lebih serius dari sebelumnya terutama dalam belajar. Perjuangan dan biaya pasti tinggi.

Tapi anak zaman sekarang umumnya menginginkan cita-cita seperti idolanya. Terutama menjadi artis, baik aktor ataupun penyanyi. Tidak ada salahnya menginginkan terkenal dan menghasilkan uang banyak asal serius. Selain itu anak zaman sekarang ingin menjadi konten kreator seperti Youtuber. Karena mampu menghasilkan, maka boleh didukung. Tapi pembuatan konten harus diawasi apalagi jika masih dibawah umur.

Perlu diketahui bila sang buah hati semakin besar, kemungkinan perkembangan pikiran dan keinginan sudah jauh berbeda. Jadi, sebagai orang tua harus memastikan proses mengasah hobi anak dibarengi dengan kebahagiaan hidup.

 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengasah hobi anak, dan untuk anda para orang tua harus sebisa mungkin mengenali karakter anak sedini mungkin agar tahu bakat dan hobi anak akan menjuru kemana. Selamat Membaca!

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts