Tips Penting Untuk Kamu Yang Sudah Berkeluarga, Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Mengatur Keuangan Rumah Tangga – Seberapa besar penghasilan yang didapatkan jika tak tahu cara mengatur keuangan rumah tangga yang benar, maka uang akan habis tak berbekas. Kebutuhan rumah tangga bukan hanya sekedar makanan dan pakaian, ada keperluan lain yang perlu dipenuhi. Jangan lupa untuk menyisihkan uang untuk dana darurat, dana pensiun serta tabungan. Ini sebabnya mengatur keuangan menjadi begitu penting

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Lakukan Evaluasi Biaya Rumah

Mengatur Keuangan Rumah Tangga - Lakukan Evaluasi Biaya Rumah

Tidak bisa dipungkiri biaya cicilan rumah (kpr) memang menjadi pengeluaran yang cukup besar. Supaya gaji masih tersisa dan dapat memenuhi kebutuhan lain, disarankan untuk memilih cicilan rumah dengan persentase tidak lebih dari 25 persen dari total gaji bulanan.

Tips untuk menyiasatinya yakni dengan memilih kpr dengan cicilan yang paling kecil. Jika memang belum memiliki finansial yang kuat, lebih baik untuk memilih kontrakan dengan harga

Rencanakan Anggaran Belanja Bulanan

Mengatur Keuangan Rumah Tangga - Rencanakan Anggaran Bulanan

Salah satu penyebab mengapa keuangan begitu boros adalah karena anggaran belanja yang tidak memiliki patokan jelas. Sering membeli berbagai hal berdasarkan keinginan bukan karena kebutuhan. Alhasil, pengeluaran pun menjadi membengkak. Cara untuk mengatur keuangan rumah tangga yakni dengan membuat rencana anggaran bulanan secara jelas dan tertulis. Jadi bisa membedakan mana kebutuhan mana yang keinginan.

Belanjalah sesuai dengan rencana yang sudah dibuat. Sesuaikan jumlah pengeluaran belanja bulanan sedari awal, sehingga semua kebutuhan sudah terkendali dan tidak ada pemborosan lagi.

Tips untuk merencanakan anggaran adalah dengan membagi pengeluaran berdasarkan dua kebutuhan, yakni kebutuhan tersier dan kebutuhan primer.

(Baca Juga: Simak Yuk, Usaha yang Bisa Menghasilkan Uang Untuk Pelajar)

Contoh kebutuhan primer adalah biaya transportasi, biaya makanan, tagihan listrik, cicilan bulanan wajib. Sedangkan untuk kebutuhan tersier yakni anggaran yang diperuntukan untuk membeli baju, untuk hangout, maupun untuk traveling.

Perencanaan ini akan sangat membantu mengatur keuangan rumah tangga karena dapat mengontrol jumlah pengeluaran sedari awal. Apalagi estimasi besaran biaya juga sudah tampak sedari anggaran dibuat, dengan begitu kamu bisa mengetahui seberapa besar uang yang diperlukan tiap bulannya.

Tak ada Salahnya Membeli Barang Second

Mengatur Keuangan Rumah Tangga - Tidak ada Salahnya Membeli Barang Second

Supaya uang kebutuhan rumah tangga tak habis begitu saja, kamu bisa menyiasatinya dengan membeli barang second. Membeli barang bekas bukanlah hal yang memalukan, justru ini adalah cara cerdas dalam berhemat.

Selama barang masih layak dan bagus mengapa tidak membelinya. Bahkan, membeli barang seperti ini sangat menguntungkan. Kamu bisa mendapatkan barang dengan keadaan mulus dengan harga yang jauh lebih murah.

Tips untuk membeli barang bekas adalah melihat kondisi barang dengan seksama. Apakah barang tersebut memang masih dalam kondisi bagus atau tidak. Karena akan jadi percuma jika kamu membeli barang murah tapi mudah rusak. Banyak toko barang bekas yang menjual berbagai barang dengan kondisi masih apik. Jangan ragu untuk menawar, kamu bisa memperoleh harga terbaik. Tidak sedikit pula barang bekas yang jarang sekali digunakan sehingga kondisinya masih bagus.

Gunakan Alat Elektronik dengan Daya Listrik Rendah

Mengatur Keuangan Rumah Tangga - Gunakan Alat Elektronik Dengan Daya Listrik Rendah

Tips mengatur keuangan rumah tangga yang selanjutnya adalah menggunakan alat elektronik dengan daya listrik yang rendah. Selain untuk menyelamatkan bumi, hemat listrik juga bisa menjadi cara ampuh untuk mengatur keuangan rumah tangga. Biaya listrik bisa melonjak tinggi jika kamu tidak memilih peralatan elektronik dengan cermat. Pilihlah alat elektronik dengan daya listrik rendah. Kamu juga perlu cermat saat memilih AC jika hendak menggunakan pendingin ruangan. Walaupun harga elektronik seperti ini memiliki harga yang lebih tinggi, namun akan lebih menguntungkan jika diakumulasi dalam pemakaian jangka panjang.

Selain AC, kamu juga bisa menggunakan lampu led dengan daya listrik yang lebih kecil. Jangan lupa untuk mematikan berbagai peralatan elektronik saat tidak terpakai dan saat keluar rumah. Cara ini cukup efisien untuk menghemat pengeluaran biaya listrik tiap bulan.

Bijak Dalam Menggunakan Kartu Kredit

Mengatur Keuangan Rumah Tangga - Bijak Dalam Menggunakan Kartu Kredit

Adanya kartu kredit memang memudahkan untuk belanja. Bahkan adanya kartu ini dapat lebih membantu dalam mengatur keuangan rumah tangga, selama menggunakannya dengan benar dan cerdas. Misalnya, gunakanlah kartu kredit jika ada promo. Dengan cara ini, kamu bisa lebih banyak menyimpan uang.

Tapi, jangan lupa jika kartu kredit seperti pisau bermata dua, dimana kamu juga dapat terjebak dalam soal hutang. Ini sebabnya butuh kecerdasan untuk menggunakannya. Bahkan kartu kredit dapat membuat penggunanya jauh lebih konsumtif.

Tips menggunakannya adalah pastikan bahwa kamu konsisten dalam pengeluaran. Jangan tergoda untuk menggunakan kartu kredit untuk membayar berbagai keperluan kecuali ada promo. Jika tidak yakin, lebih baik untuk tidak menggunakan kartu ini.

Tak ada Salahnya membawa bekal makan

Makanan di lingkungan kantor memang memiliki harga yang cukup tinggi. Apalagi, jika kamu bekerja di gedung bertingkat di kota besar, sudah pasti harga makanannya akan lebih mahal. Kamu bisa menyiasatinya dengan membawa bekal makan siang. Selain lebih murah, bekal juga lebih higienis karena dibuat sendiri.

Meskipun sudah berhemat, pastikan uang jatah makan tidak digunakan untuk membeli hal yang tidak dibutuhkan. Masukan selisih uang makan pada tabungan. Dengan begitu, jumlah uang yang disimpan akan semakin bertambah. Kurangi jajan di luar. Jangan terlalu banyak minum kopi juga, selain boros, kopi juga tidak baik untuk kesehatan.

Gunakan Kendaraan Umum

Mengatur Keuangan Rumah Tangga - Gunakan Kendaraan Umum

Meskipun menggunakan motor lebih irit dibanding menggunakan transportasi umum, namun bukan berarti kemana-mana wajib menggunakan motor. Jika memang jaraknya dekat lebih baik berjalan kaki. Bukan hanya manfaat keuangan yang didapat tapi juga kesehatan. Duduk seharian membuat aktivitas fisik sangat jarang dilakukan. Oleh sebab itu, lebih baik mulai berjalan jika hendak mengunjungi tempat berjarak dekat.

Kurangi Nongkrong dan Pesan Makan Online

Mengatur Keuangan Rumah Tangga - Kurangi Nongkrong dan Pesan Makanan Online

Apa hubungannya nongkrong dengan mengatur keuangan rumah tangga? Tentu saja ada, kebiasaan nongkrong dapat lebih cepat menghabiskan uang. Kamu jadi sering jajan di luar, makan di mall karena nongkrong dengan teman-taman. Kurangilah gaya hidup boros seperti itu. Kamu akan merasakan perubahan pada kondisi finansial mu nantinya.

Meskipun nongkrong sudah dikurangi tapi jangan lupa untuk mengurangi pesan makan online selama di rumah. Pesan makan online dinilai lebih praktis. Namun, tentu saja lebih boros. Ada biaya tambahan yang perlu dibayarkan saat menggunakan jasa pesan makanan secara online tersebut.

Tips turunkan standar gaya hidup jika memang kondisi finansial tidak bisa mendukung gaya hidup yang selama ini kamu anut. Selain itu, lebih baik masak sendiri karena akan jauh lebih hemat dibanding kamu beli makan apalagi pesan online.

(Baca Juga: Persiapan Pernikahan Atta Aurel Yang Begitu Kontroversial)

Gunakan Paylater Dengan Cermat

Mengatur Keuangan Rumah Tangga - Gunakan Paylater Dengan Cermat

Mengatur keuangan rumah tangga selanjutnya adalah dengan bijak menggunakan pay later. Kini ecommerce memiliki fitur payleter yang membuat pelanggan dapat membeli barang namun membayar di bulan berikutnya, secara gampangnya disebut dengan berhutang. Meskipun menggiurkan, penggunaan pay later harus bijak. Gunakan hanya untuk memenuhi kebutuhan bukan keinginan.

Jangan sampai kamu menjadi begitu konsumtif sampai menumpuk hutang yang menggunung. Ingatlah, ada tagihan bulanan yang tetap perlu dibayarkan. Apalagi, sistem pay later ini juga memiliki sistem bunga. Semakin kamu lama membayar, semakin menumpuk pula jumlah hutang tersebut.

Mengatur keuangan rumah tangga memang merupakan hal yang lumayan susah dilakukan jika kita memiliki sifat yang konsumtif, karena itu mulai dari sekarang cobalan untuk menabung atau menahan diri untuk tidak membeli barang yang tidak terlalu penting. Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang mengalami kesulitan di bagian keuangan.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts