Bagaimana Memilih Nama Bayi Laki-laki Paling Tepat?

Menentukan nama bayi laki-laki memang bisa membuat pusing kepala orang tua. Ada berbagai aspek wajib diperhatikan agar nama yang diberikan pada keturunan dapat merepresentasikan niat baik orang tua.

Jika dilihat dari aspek budaya memang hampir semua peradaban memiliki cara tersendiri dalam menamai keturunannya. Ada yang menggunakan lokasi bersejarah, dewa, hingga bahasa khusus.

Keragaman tersebut tidak lepas dari kebiasaan manusia dalam menafsirkan segala sesuatu. Manusia suka merepresentasikan segala kejadian di dunia melalui bahasa pribadinya sendiri. Salah satu yang jarang disadari adalah penamaan keturunan.

Di Jawa misalnya, banyak orang tua melakukan semedi untuk mencari pencerahan terkait dengan pemilihan nama. Kegiatan tersebut tentu sebagai salah satu cara mencari penafsiran tepat dalam kehidupannya.

Kebudayaan arab lebih menyukai representasi tubuh atau benda untuk menamakan sesuatu. Misalnya saja, ada orang dengan nama hajar memiliki arti batu. Tentu saja orang tua memiliki tujuan tertentu merepresentasikan keturunannya sebagai batu.

Dua contoh tersebut hanyalah sebagian kecil bagaimana orang-orang mencari panggilan paling cocok bagi keturunannya. Di Indonesia sendiri sekarang penamaan anak sudah cukup bervariasi.

Mulai dari menggabungkan nama kedua orang tua, hingga meniru panggilan orang lain. Namun ada beberapa cara yang akan dijabarkan agar Anda tidak menyesal memberikan panggilan pada keturunan Anda.

Perlu dicatat, apapun penamaan yang diberikan orang tua selalu bagus jika memiliki tujuan baik. Jadi Anda sebenarnya tidak perlu terlalu memusingkan masalah pelabelan pada manusia yang baru saja lahir.

Memilih Nama Bayi Laki-laki Berdasarkan Tokoh Legenda

nama bayi laki-laki - bayi laki-laki berdasarkan legenda

Setiap orang bebas menamakan keturunannya apapun sesuai kemauan, tidak terkecuali dari tokoh legenda. Hal ini banyak dilakukan dari berbagai peradaban dunia, mulai dari yunani hingga nusantara, berikut ini contohnya.

  • Atlas

Atlas adalah salah satu pilihan paling tepat bagi orang tua yang menginginkan anaknya tumbuh menjadi orang kuat. Atlas sendiri merupakan dewa dari mitologi yunani pemilik kekuatan besar.

Dia sering digambarkan sebagai pria yang memikul dunia di pundaknya. Menurut para filsuf Atlas merupakan dewa yang memiliki tanggung jawab menyangga dunia dewa dan manusia untuk menjaga kestabilannya.

  • Dylan

Berasal dari dy (dewa) dan llanw (laut) dalam bahasa Wales kuno. Dylan adalah dewa lautan dengan kekuatan membuat ombak dan angin laut agar para nelayan dapat berlayar.

Bagi orang tua yang menginginkan putranya menjadi seorang pelaut dylan dapat menjadi rekomendasi nama bayi laki-laki paling pas digunakan. Di Indonesia sendiri dylan sudah sering dipakai menjadi dilan.

  • Ari

Dalam bahasa semit utara ari memiliki arti singa, ini sering diidentikkan pada tokoh pemberani. Kata tersebut juga sering digunakan sebagai penamaan tokoh di daerah jazirah arab hingga timur tengah.

Di Indonesia panggilan ari memang sering digunakan, namun jarang para orang tua mengetahui etimologi sebenarnya. Bagi Anda yang menginginkan putra gagah berani dapat memilih ari sebagai namanya.

Di Indonesia penggunaan karakter legenda sebagai panggilan kepada keturunan adalah hal wajar. Jadi dengan referensi lebih jauh terkait sejarah dunia Anda bisa mencari lebih banyak pilihan.

(Baca Juga: Begini Cara Meningkatkan Imun Tubuh pada Bayi yang Tepat)

Rekomendasi Nama Bayi Laki-laki Berdasarkan Tempat

nama bayi laki-laki - bayi laki-laki berdasarkan tempat

Masih belum banyak orang tua di Indonesia yang menamakan anaknya sesuai dengan sebuah tempat. Padahal orang kaukasia sudah sering menjadikan tempat bersejarah sebagai nama putranya, berikut ini contohnya.

  • Chelsea

Ini adalah salah satu kota yang menjadi nama artis populer di dalam negeri. Chelsea merupakan sebuah kota terletak di britania raya. Kota ini menjadi populer karena memiliki tim sepakbola besar.

Bagi penggemar sepakbola tidak ada salahnya menamakan anaknya chelsea. Tidak hanya untuk laki-laki saja, chelsea juga bisa digunakan untuk anak perempuan. Jadi bisa memberikan pilihan lebih fleksibel bagi pencarinya.

  • Afton

Bagi ras kaukasia afton sering menjadi panggilan bagi anak perempuan. Namun bagi kaum bedouins (timur tengah) afton justru digunakan sebagai pilihan populer nama bayi laki-laki.

Dalam bahasa bedouins afton memiliki arti sungai atau sumber air. Bagi budaya mereka sungai adalah tempat sakral dan hanya orang tangguh yang dapat bebas menggunakannya.

  • Rio

Sekali lagi sungai memang menjadi pilihan nama bagi para pria. Dalam bahasa latin rio memiliki arti sungai. Banyak pria tampan latin menggunakan rio sebagai identitasnya.

Di Indonesia sendiri rio sudah cukup sering digunakan para orang tua untuk menamakan anaknya. Jadi jika Anda ingin memiliki putra yang tumbuh menjadi pria tampan tidak ada salahnya memilih rio.

Rekomendasi Nama Bayi Laki-laki dengan Tema Api

nama bayi laki-laki - bayi laki laki

Banyak orang tua menginginkan putranya tumbuh sebagai pemberani. Api adalah salah satu simbol keberanian yang sering dipakai untuk melambangkan keberanian. Berikut ini merupakan rekomendasi nama bertema api.

  • Anwar

Panggilan satu ini memang sering digunakan oleh orang tua muslim. Namun dari sisi etimologis anwar adalah bahasa aramaic memiliki arti api yang berkilauan. Aramaic adalah turunan dari bahasa arab.

Pada zaman kerajaan persia, anwar sering digunakan sebagai panggilan putra bangsawan. Biasanya orang dengan panggilan anwar memiliki keberanian tinggi dan berparas tampan.

  • Shaleh

Jika dilihat dari sisi etimologis shaleh adalah kata dengan arti api yang membara. Dalam sejarah Islam nama tersebut juga identik dengan tokoh penting dalam perjuangan penyebarannya.

Panggilan ini tidak terbatas hanya untuk muslim saja, shaleh tetap bisa digunakan siapa saja. Apabila Anda ingin memiliki putra dengan tekad dan semangat membara tidak ada salahnya memilih shaleh sebagai nama bayi laki-laki.

  • Tito dan Brando

Tito berasal dari bahasa Italia yang memiliki arti api. Tito memang sudah cukup banyak digunakan orang Indonesia dalam menamakan putranya. Jika Anda ingin variasi dari bahasa Italia tentu ada pilihan lain.

Brando juga memiliki arti sama yaitu api. Perbedaannya adalah sifat dari api tersebut. Tito sering digunakan untuk mencerminkan api yang tenang. Sedangkan brando digunakan untuk merepresentasikan api yang berkobar.

Pilihan tersebut tentunya dapat dijadikan sebagai rekomendasi tambahan. Anda bisa mencari bahasa lain yang memiliki arti kurang lebih sama. Memang api cukup populer digunakan sebagai panggilan pria.

Nama Bayi Laki-laki Pembawa Keberuntungan bagi Keluarga

nama bayi laki-laki - Bayi laki- laki

Tidak jarang para orang tua berharap agar keturunannya dapat memberikan keberuntungan bagi keluarga. Terdapat beberapa rekomendasi penamaan anak laki-laki yang dapat dijadikan pilihan tepat.

Felix

Felix berasal dari bahasa latin dengan arti yang diberkahi. Memang pada awalnya felix sering digunakan oleh warga biasa agar kelak anaknya dapat merubah nasib keluarga.

Seiring berjalannya waktu, felix justru identik dengan putra pedagang kaya Italia. Nama ini dipercaya oleh penduduk dapat mengubah nasib seseorang menjadi lebih beruntung.

  • Ezra

Diangkat dari bahasa ibrani dengan arti pertolongan. Ezra identik dengan tokoh yang sering menolong. Dalam sebuah legenda ezra adalah salah satu nama pahlawan yang menolong kota dari bencana.

Di Indonesia ada beberapa tokoh populer dengan nama ezra mulai dari musisi hingga pesepakbola. Jadi jika Anda menginginkan putra yang berguna tidak ada salahnya memilih ezra sebagai nama bayi laki-laki.

  • Matthew

Di Indonesia sering diubah menjadi mateus, nama ini memiliki arti berkah tuhan. Mateus memang lebih identik digunakan oleh keluarga nasrani dalam negeri. Namun siapa saja sebenarnya bisa menggunakannya.

Memang mateus identik dengan pribadi yang suka menolong. Biasanya pria bernama matthew atau mateus sering aktif dalam membantu sesama. Jadi pemilihan nama ini bisa membawa keberuntungan bagi siapa saja.

Menginginkan anak menjadi pembawa berkah bagi umat manusia memang keinginan orang tua. Oleh karena itu pemilihan nama juga harus diperhitungkan agar dapat menjadi pegangan sifatnya di masa depan.

(Baca Juga: Bunda, Simak Yuk Cara Menghilangkan Biang Keringat pada Bayi paling Aman)

Nama Bayi Laki-laki Berdasarkan Calon Profesi

 nama bayi laki-laki - bayi laki-laki

Tidak sedikit orang tua yang memberikan nama anaknya sesuai dengan profesi masa depan. Bagi Anda yang ingin agar putranya memiliki nama identik dengan profesi, berikut ini adalah beberapa rekomendasinya.

  • Malik

Sering digunakan oleh orang arab, namun secara etimologi malik berasal dari afrika utara. Bagi Anda para orang tua yang menginginkan anaknya menjadi seorang pemimpin, malik dapat menjadi pilihan tepat.

Untuk beberapa suku tertentu di Afrika Utara Malika merupakan sebutan khusus bagi penguasa wilayah. Malik juga tidak boleh diberikan sejak lahir karena merupakan sebuah gelar kebesaran.

  • Deniz

Terkadang orang tua menginginkan agar putranya menjadi seorang penjelajah. Melakukan hal luar biasa dan berkontribusi besar pada dunia. Deniz dapat menjadi rekomendasi paling tepat.

Deniz sebenarnya berasal dari bahasa Turki dengan arti ombak lautan. Namun penduduk sering menggunakan istilah ini untuk menggambarkan seseorang yang suka berpetualang.

  • Samir

Menjadi pembalap memang bukan keinginan semua orang tua pada anaknya. Namun tidak ada salahnya jika Anda menginginkan nantinya buah hati tercinta bertanding di arena balap.

Samir adalah nama paling pas untuk para pembalap. Kata ini diambil dari bahasa hindi dengan arti angin. Samir sering digunakan untuk melambangkan pria yang tangkas dan cepat saat bertarung.

Memilih nama untuk buah hati memang bisa menggunakan tema apa saja. Hal paling penting adalah tujuan baik dari orang tua sendiri terhadap putranya. Tidak masalah apapun nama bayi laki-laki yang dipilih selama dapat membawa kebaikan.

Total
146
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts