Inspiratif, Inilah Kisah Orang-orang Sukses Yang Dulunya Miskin

Orang-orang sukses yang dulunya miskin

Motivasi bisa didapat darimana saja, salah satunya mungkin kamu dapatkan dengan mengetahui kisah orang-orang sukses yang dulunya miskin ini. Ya kehidupan memang tidak ada yang tahu bagaimana jalannya. Ada yang memang beruntung karena lahir di keluarga berada dan kaya raya. Namun ada juga yang harus mengalami pahit getirnya kehidupan, lantaran mereka lahir dari keluarga sederhana dan bahkan kurang mampu. 

Banyak orang mencapai kesuksesan dengan kerja keras dan semangat pantang menyerah mereka. Ini artinya kita tidak bisa menyerah pada takdir. Bukankah Tuhan mengatakan, Dia tak akan merubah nasib hambaNya jika hambaNya itu tidak berusaha? Terlahir miskin bukan berarti jadi kendala kita tidak bisa meraih kesuksesan dan juga kemakmuran.

Seperti kisah orang-orang sukses yang dulunya miskin ini. Siapa sangka mereka yang sempat dihina, direndahkan dan juga disepelekan; kini menikmati kesuksesan dan kekayaan sebagai buah kerja keras mereka selama ini. Dan bukan hanya mereka, Anda pun bisa merasakannya juga. Deretan kisah orang-orang sukses yang dulunya miskin ini mungkin bisa jadi inspirasi untuk Anda. Siapa saja mereka?

 Berikut Adalah Deretan Orang-orang Sukses yang Dulunya Miskin

Chairul Tanjung

Orang-orang sukses yang dulunya miskin - Chairul Tanjung

Siapa yang tidak kenal dengan tokoh pengusaha yang satu ini? Chairul Tanjung yang mendapatkan julukan sebagai Bos Media ini ditaksir memiliki kekayaan mencapai 4,7 miliar dollar Amerika atau setara dengan 53,1 triliun Rupiah. Pria yang sukses membawahi sejumlah media ini tidak merasakan sukses begitu saja. Jatuh bangun kehidupan pernah dirasakan oleh bapak dua anak ini.

Chairul Tanjung lahir dari keluarga sederhana yang tinggal di rumah petak kawasan Gang Batu Tulis. Karena sang ayah di PHK, Chairul kecil harus hidup sederhana di rumah sempit yang diisi oleh 8 anggota keluarga. Semenjak kecil, pria lulusan Universitas Indonesia itu telah diajari kerja keras oleh orangtuanya. Segala macam pekerjaan pernah dilakoni oleh Chairul mulai dari tukang foto copy, berjualan kaos dan banyak pekerjaan serabutan lain. 

(Baca Juga: Yuk Simak, 5 Kisah Sukses Tokoh Difabel Dunia Inspiratif)

Meski begitu Chairul Tanjung tidak menyerah apalagi soal pendidikan. Baginya, pendidikan adalah modal utama yang dibutuhkan untuk merubah nasib seseorang. Hal itupun terbukti lantaran kini sosoknya yang semula dipanggil sebagai “anak singkong”, menjadi salah satu pengusaha sukses dan terkaya di Indonesia. 

 

Jeff Bezos

Orang-orang sukses yang dulunya miskin - Jeff Bezos

CEO dan pemimpin perusahan e-commerce Amazon ini meraih predikat sebagai manusia terkaya di dunia ini. Bezos ditaksir memiliki kekayaan mencapai 191 miliar dollar Amerika atau setara dengan 2.588,6 triliun Rupiah. Bezos memang dikenal sebagai sosok pengusaha tangguh yang pantang menyerah, dan selalu melakukan inovasi pada bisnisnya.

Jeff Bezos masuk dalam daftar orang-orang sukses yang dulunya miskin, karena pernah merasakan meniti karir dari bawah sekali. Sebelum bergelimang harta seperti sekarang ini, bapak 4 anak ini harus memulai bisnisnya dari nol. Bezos lahir di  Albuquerque, New Mexico dari keluarga imigran miskin yang berasal dari Denmark. Sama seperti Chairul Tanjung, Bezos bertekad menyelesaikan pendidikannya meski harus bersusah payah dan menjalani berbagai pekerjaan.

Pernah sebelum sukses seperti sekarang ini, pria bernama lengkap Jeffrey Preston Bezos ini menjadi seorang koki amatir di sebuah restoran cepat saji. Profesi ini dijalani Bezos saat dia masih SMA. Saat mendirikan Amazon pun, Bezos memulainya dari garasi kecil di rumahnya. Namun berkat kerja keras dan semangatnya, kini Amazon menjadi salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia. 

Raffi Ahmad

Orang-orang sukses yang dulunya miskin - Raffi Ahmad

Dari jagat hiburan kita memiliki sosok Raffi Ahmad, yang namanya masuk dalam daftar selebritis terkaya di tanah air. Suami artis Nagita Slavina ini diperkirakan memiliki kekayaan mencapai 400 miliar Rupiah. Bisnis yang dijalani oleh Raffi pun menggurita mulai dari fashion, kuliner hingga properti.

Sebelum sukses dan jadi kaya raya seperti sekarang ini, Raffi pernah mengalami pahit getirnya meniti karir dari nol. Sudah berkecimpung di dunia entertainment sedari remaja, Raffi mengaku lahir dari keluarga yang sederhana. Kehidupan keluarganya bertambah sulit saat sang ayah wafat, meninggalkan dirinya dan sang adik yang masih belia.

Raffi sempat mengalami hanya dibayar nasi bungkus saat casting. Dia juga naik turun bajaj dan bus untuk pergi syuting. Bahkan Raffi mengaku pernah dijauhi teman-temannya lantaran terpuruk dan tidak punya uang. Dikenal sebagai sosok yang bisa merubah segala sesuatu menjadi sumber uang, Raffi Ahmad pun kini menjelma sebagai sosok pengusaha dan entertainer sukses tanah air.

Jack Ma

Orang-orang sukses yang dulunya miskin - Jack Ma

Pendiri perusahaan e-commerce Alibaba, Jack Ma pernah menduduki peringkat sebagai orang terkaya nomor satu di Tiongkok. Pria yang lahir di Hangzhou, Zhejiang, 56 tahun yang lalu itu diperkirakan memiliki kekayaan sebesar 61.4 miliar dollar Amerika atau sekitar 155,1 triliun triliun Rupiah. Jack Ma sendiri adalah epitome orang-orang sukses yang dulunya miskin, dan kini menikmati kekayaan berlimpah berkat kerja kerasnya.

Jack Ma lahir ditengah keluarga miskin yang sempat ditolak untuk masuk sekolah manapun, lantaran nilai matematikanya yang kurang memuaskan. Ma kecil mengendarai sepedanya selama 40 menit untuk menuju hotel, dimana ia bisa bertemu dengan orang asing dan belajar bahasa Inggris. Kepahitan hidup berkali-kali dialami oleh pria bernama asli Jack Ma Yun ini. Pernah ia ditolak untuk bekerja sebagai karyawan di restoran cepat saji. Ma mengaku pernah memasukan lamaran ke 30 perusahaan sekaligus, namun semua menolak dirinya.

Ia pun putar haluan menjadi guru bahasa Inggris karena kemampuan bahasa asingnya yang diatas rata-rata.  Awal mula Jack Ma tertarik mendirikan Alibaba, karena ia tidak berhasil menemukan apa yang ia cari di internet. Kemudian dengan bantuan teman, ia pun mendirikan sebuah website yang bisa menerjemahkan bahasa Mandarin. Website inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya Alibaba, yang kini ditaksir memiliki omzet hingga 185 triliun per tahunnya.

(Baca Juga: Orang Terkaya Di Dunia Yang Hidup Sederhana, Ini Dia Sosoknya)

Oprah Winfrey

Orang-orang sukses yang dulunya miskin - Oprah Winfrey

Membicarakan kisah orang-orang sukses yang dulu miskin, tak lengkap rasanya tanpa memasukan nama ratu talkshow Oprah Winfrey. Forbes bahkan pernah menyebut sosok kelahiran Kosciusko, Mississippi, 67 tahun yang lalu itu sebagai wanita terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai 2,7 miliar dollar Amerika atau sekitar 56 triliun Rupiah.

Oprah adalah contoh orang-orang sukses yang dulunya miskin, dan pernah merasakan saat hidupnya benar-benar terpuruk. Saat kecil, Oprah harus rela memakai gaun yang terbuat dari karung kentang warisan sang nenek. Oprah kecil mengalami kekerasan seksual yang membuatnya jadi sosok pemberontak. Saat umurnya baru 14 tahun, Oprah hamil namun ia mengalami keguguran. Oprah kemudian tinggal bersama dengan ayah tiri yang mendidiknya dengan keras bak seorang militer.

Nasib Oprah berubah saat ia mengawali karier sebagai seorang penyiar radio. Punya bakat humor alami, suara khas dan juga blak-blakan; Oprah menjelma sebagai sosok presenter yang akhirnya memiliki acara TV sendiri. Oprah kemudian menjadi seorang wanita sukses kaya raya, saat jadi presenter acara Oprah Winfrey Show.

Orang-orang sukses yang dulunya miskin diatas memiliki kesamaan, pantang menyerah dan bekerja keras. Jadi kamu pun bisa merasakan hal yang sama, asalkan memiliki semangat itu.

Total
23
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts