Inspiratif! Ini Dia Orang-orang yang Sukses Tanpa Kuliah

Di era globalisasi saat ini, pendidikan yang tinggi dianggap sebagai jembatan utama untuk meraih kesuksesan. Dengan menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi, banyak orang percaya bahwa kesuksesan dapat diraih dengan mudah. Tetapi, ada saja orang-orang yang suksess tanpa kuliah.

Namun, di dunia ini, ada pula orang-orang yang ingin segera berkarir dan mengejar impiannya. Pendidikan yang tinggi bukan lagi menjadi impian, namun keyakinan, keteguhan dan kepercayaan dirilah yang mendorong banyak orang memilih jalan berbeda untuk sukses.

Berikut Adalah Orang-orang yang Sukses Tanpa Kuliah

Orang-orang yang sukses tanpa kuliah menjadi sebuah inspirasi tersendiri bahwa berjaya tidak harus selalu mengenyam bangku tinggi. Pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan informasi mengenai orang-orang yang bisa sukses tanpa kuliah. Siapa saja? simak penjelasan di bawah ini :

Bill Gates

Orang-orang yang sukses tanpa kuliah - Bill Gates

Siapa yang tidak mengenal Bill Gates? Sosok yang satu ini terkenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Bill Gates merupakan seorang pebisnis sekaligus programmer yang sukses dan berjaya. Semenjak remaja, ia telah memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap dunia programming.

Setelah SMA, ia memutuskan untuk kuliah di Harvard University. Namun, ia dikeluarkan lantaran kuliahnya terbengkalai dan terlalu fokus mengembangkan perusahaan perangkat lunak. Melalui perusahaan tersebut, Bill Gates menjadi orang terkaya dengan jumlah kekayaan senilai USD 80,4 miliar atau Rp. 1.045,2 triliun.

(Baca Juga: Orang Terkaya Di Dunia Yang Hidup Sederhana, Ini Dia Sosoknya)

Larry Ellison

Orang-orang yang sukses tanpa kuliah - Larry Ellison

Larry Ellison termasuk salah seorang yang sukses karena berkecimpung di bidang teknologi. Saat di bangku sekolah, ia populer karena pandai di pelajaran matematika dan IPA. Ellison pun sempat kuliah di University of Illinois, namun hanya bertahan sampai dua tahun saja.

Pada tahun 19977, ia membangun sebuah perusahaan hardware dan software yang bernama Oracle Corporation. Dari perusahaan tersebut, ia berhasil mengumpulkan kekayaan senilai USD 54,9 miliar atau Rp. 713.7 triliun.

Steven Spielberg

Orang-orang yang sukses tanpa kuliah - Steven Spielberg

Steven Spielberg merupakan salah satu orang-orang yang sukses tanpa kuliah dan memiliki pengaruh besar dalam sejarah perfilman global. Pasalnya, ia tergolong sebagai kreator berbakat yang telah menciptakan film-film laris seperti Schindler’s List, Jaws, jurassic Park, dan masih banyak lagi.

Spielberg sempat menjadi mahasiswa di California State University. Akan tetapi, nyatanya bakat Spielberg telah terendus oleh Universal Studio yang kemudian menggaetnya sebagai sutradara dengan masa kontrak tujuh tahun.

Ia pun memilih untuk hengkang dari kampus dan memanfaatkan kesempatan yang datang pada dirinya. Keputusannya pun membuahkan hasil yang cemerlang karena saat ini kekayaan Spielberg mencapai USD 3,6 miliar atau setara Rp. 46,8 triliun.

Michael Dell

Orang-orang yang sukses tanpa kuliah - Michael Dell

Michael Dell dikenal sebagai salah satu tokoh yang sukses tanpa gelar sarjana. Semenjak kecil, ia sudah terlihat berbakat menggeluti dunia bisnis. Ia mampu memperoleh penghasilan sendiri bahkan di usia yang sangat muda.

Dell termasuk orang yang open minded karena menginvestasikan hasil jerih payahnya ke sektor tambang dan saham. Selain itu, ia juga membeli komputer dari hasil keringatnya sendiri dan hal tersebut membuatnya semakin tertarik dengan dunia IT.

Setelah membeli komputer pertamanya tersebut, ia memberanikan diri mendirikan Dell setelah empat tahun lamanya. Saat itu, sebetulnya ia sedang mengenyam bangku pendidikan di University of Texas. Namun, karena bisnisnya berkembang pesat, ia pun memilih untuk tidak kuliah dan fokus membangun perusahaan.

Tidak rugi, pilihan Dell nyatanya membuahkan hasil yang manis. Saat ini, ia masuk ke dalam  jajaran orang-orang yang sukses tanpa kuliah. Kekayaannya pun mencapai USD 18,7 miliar atau setara Rp. 243.1 triliun.

Amancio Ortega

 Orang-orang yang sukses tanpa kuliah - Amancio Ortega

Orang-orang yang sukses tanpa kuliah selanjutnya datang dari pengusaha ritel brand Zara. Ia adalah Amancio Ortega yang merupakan pria kebangsaan Spanyol dan terkenal sebagai orang terkaya kedua di Eropa.

Bukan sekadar tidak lulus kuliah, rupanya Ortega juga tidak lulus SMA karena memilih untuk bekerja di suatu toko pakaian. Melalui pekerjaan tersebut, ia menjadi punya ketertarikan yang lebih dalam mempelajari tentang dunia fashion pakaian. Menginjak usia 38 tahun, barulah ia membuka toko Zara pertama kalinya di Galisia.

Hingga kini, produk retailnya telah mendunia dan digunakan oleh berbagai kalangan. Tidak tanggung-tanggung, kekayaan Ortega mencapai lebih dari USD 70,4 miliar atau setara Rp. 985 triliun.

(Baca Juga: Yuk Simak, 5 Kisah Sukses Tokoh Difabel Dunia Inspiratif)

Zhou Qunfei

 Orang-orang yang sukses tanpa kuliah - Zhou Qunfei

Zhou Qunfei adalah salah satu wanita sukses di dunia yang kekayaannya diraih bukan karena warisan. Qunfei bekerja sebagai CEO di salah satu perusahaan manufaktur kaca dan mendapatkan klien dari perusahaan-perusahaan besar seperti Samsung dan Apple.

Kesuksesannya diraih tidak secara instan. Saat remaja, Qunfei memutuskan keluar dari SMA dan bekerja di pabrik kaca. Sambil bekerja, ia mengikuti semacam pelatihan akuntansi dan menabung untuk mendirikan perusahaan kacanya sendiri.

Berkat kegigihannya untuk bertahan di saat-saat yang sulit, kini Qunfei menjadi salah satu orang sukses di dunia dengan kekayaan sebesar USD 6 miliar atau setara Rp. 84 triliun. Jumlah kekayaan ini kemungkinan besar akan terus bertambah dari tahun ke tahun.

Richard Branson

Orang-orang yang sukses tanpa kuliah - Ricard Branson

Orang-orang yang sukses tanpa kuliah berikutnya adalah Richard Branson. Branson memutuskan untuk drop out dari SMA karena menderita penyakit disleksia. Tidak putus asa, ia pun mencoba hal baru dengan membuka perusahaan media bagi anak-anak muda.

Branson merupakan orang yang gigih dan giat bekerja. Hal ini terbukti bahwa ia tidak hanya menekuni satu usaha saja, melainkan juga memiliki bisnis lain yang tak kalah mentereng.

Branson juga mendirikan perusahaan rekaman yang merupakan awal dari terbentuknya label Virgin Records. Hingga kini, label rekaman tersebut telah memiliki lebih dari 500 anak usaha mulai dari keuangan, hiburan, travel, telekomunikasi, dan masih banyak lagi. Dari berbagai usahanya tersebut, ia berhasil mengumpulkan kekayaan sebesar USD 3,9 miliar atau Rp. 54 triliun.

Sean Parker

Orang-orang yang sukses tanpa kuliah - Sean Parker

Orang-orang yang sukses tanpa kuliah berikutnya adalah Sean Parker. Sean Parker merupakan sosok yang sukses dan inspiratif bagi banyak orang. Pasalnya, ia merupakan salah satu lulusan SMA yang mampu meraup kekayaan hingga USD 2,7 miliar atau sekitar Rp. 40. Triliun. Bahkan, lelaki ini juga masuk ke dalam daftar orang terkaya versi Forbes yang menjadi angin segar di jagad dunia teknologi.

Secara umum, Parker dikenal sebagai “dewaweb” karena kejeniusannya dalam membangun jaringan web dan berkutat di komputer. Saat ini, kesibukannya antara lain sebagai  managing partner di perusahaan Founders Fund dan menjadi dewan direksi di Spotify. Ia pun juga  dikenal sebagai sosok yang dermawan dan mengalokasikan sebagian kekayaannya pada yayasan yang didirikannya sendiri, yakni Parker Foundation.

Demikianlah ulasan singkat mengenai orang-orang sukses yang tidak kuliah. Semoga pembahasan pada kali ini dapat memberikan inspirasi yang segar untuk kita semua. Pendidikan memang penting, akan tetapi tidak sepatutnya hal tersebut menjadi patokan bahwa sukses harus berpendidikan tinggi.

Orang-orang yang sukses tanpa kuliah di atas telah membuktikan bahwa untuk bisa sukses tidak harus selalu kuliah. Hal yang terpenting adalah melakukan pekerjaan yang Anda sukai dan tekuni dengan semaksimal mungkin agar bisa memperoleh kesuksesan yang manfaatnya tidak hanya dinikmati sendiri, tetapi juga dapat dirasakan oleh orang lain.

 

Total
4
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts