7 Tips Jadi Penulis Artikel Online, dari Rumah Bisa Kerja!

penulisa artikel online

Menjadi seorang penulis artikel online saat ini bukan hanya sekedar hobi saja, tapi bisa menjadi peluang agar mendapatkan penghasilan. Bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai sumber pendapatan utama. 

Sesuai dengan namanya, penulis artikel merupakan kegiatan membuat tulisan-tulisan dengan berbagai tema yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembacanya. Menariknya, menjadi seorang penulis sangat mudah dengan banyaknya platform online yang mewadahi. 

Tidak sedikit situs-situs besar menawarkan kesempatan bagi para penulis lepas untuk menuangkan tulisannya dan mendapatkan royalty dari banyaknya viewers. Apakah Anda tertarik ingin mencoba peluang ini?

Cara menjadi penulis artikel yang bekerja secara online sebenarnya cukup mudah. Namun pekerjaan ini membutuhkan kemampuan menulis dengan baik dan benar. Oleh karena itu, dalam pembahasan kali ini Kami ingin berbagi tips-tips menjadi content writer online sukses.

Cara dan Tips Menjadi Penulis Artikel Online Sukses

Content writer saat ini menjadi pekerjaan lepas dengan bayaran cukup menjanjikan. Bayangkan, Anda bisa mendapatkan uang tanpa harus capek-capek ke kantor, bergulat dengan macetnya jalanan hingga harus rela tidak punya banyak waktu untuk keluarga.

Bagi yang suka menulis atau memang tertarik untuk menekuni profesi satu ini, mulai aja dulu. Kami berikan beberapa tips agar Anda bisa menjadi seorang penulis artikel yang sukses dan berpenghasilan besar, berikut diantaranya:

1. Pahami Skill Penulis Artikel Online

penulis artikel online - pahami skill penulisan artikel online

Jika Anda berminat ingin menjadi seorang content writer online maka harus memahami skill apa saja harus dimiliki. Berikut beberapa diantaranya:

Memiliki kemampuan menulis dengan baik dan bagus

Seorang penulis konten artikel dituntut untuk memiliki kemampuan membuat tulisan sesuai dengan PUEBI (Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Tidak hanya itu saja, Anda juga harus memiliki pemikiran luas sehingga mampu membuat tulisan secara menarik dan kreatif.

  • Memahami SEO (Search Engine Optimization)

Selain memiliki kemampuan menulis, content writer akan dibayar tinggi jika memahami tentang SEO. Teknik tersebut bertujuan untuk menjangkau banyak audience. Terlebih kebanyakan perusahaan-perusahaan sekarang membutuhkan jasa content writer dengan spesialisasi SEO.

  • Mampu melakukan riset kata kunci atau keyword

Menulis artikel secara online berkaitan dengan keyword yang digunakan untuk menganalisis informasi apa paling banyak dibutuhkan oleh audiens. Sehingga tulisan yang dibuat oleh content writer sesuai kebutuhan pembacanya, dengan kata lain jumlah audiens-nya juga akan banyak.

  • Up to date dengan perkembangan zaman

Penulis juga harus paham dengan trend dan perkembangan zaman. Anda harus mengikuti topik-topik terbaru yang sedang diperbincangkan oleh khalayak ramai. Dengan tulisan yang kekinian tersebut juga akan membuat pembaca merasa relatable.

  • Memahami audiens

Kesuksesan seorang penulis diukur dari banyaknya pembaca yang menyukai tulisan mereka. Oleh karena itu, tentukan terlebih dahulu target pembaca artikel Anda. Hal itu bertujuan untuk menentukan gaya tulisan seperti apa yang paling sesuai untuk pembaca.

Mengetahui cara menggunakan tools 

Seorang penulis artikel online juga dituntut untuk mengetahui cara menggunakan tools-tools yang mendukung pekerjaan mereka. Seperti diantaranya tools untuk mencari keyword, menganalisis konten, menganalisis pembaca dan lain sebagainya

(Baca Juga: 10 Bisnis yang bisa Dilakukan Sambil Bekerja Sebagai Pekerjaan Sampingan)

2. Fokus pada Karir yang Diinginkan

penulis artikel online - Fokus pada karir yang diinginkan

Tentukan terlebih dahulu karir seperti apa yang Anda inginkan saat menjadi seorang penulis. Secara umum ada dua pilihan, menulis untuk platform sendiri atau menjadi freelancer orang/perusahaan lain.

Masing-masing dari pilihan tersebut tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Misalnya jika Anda memutuskan untuk menjadi freelancer maka akan mendapatkan gaji atau bayaran dari setiap tulisan. Bahkan tidak sedikit perusahaan rela membayar mahal jasa penulisan konten.

Namun pekerjaan tersebut akan memaksa Anda untuk bekerja sesuai deadline, aturan, target, serta dituntut untuk membuat tulisan sebaik mungkin karena biasanya berkaitan dengan tujuan komersial. 

Berbeda jika menulis untuk blog sendiri yang biasanya lebih bebas. Hanya saja, Anda akan lebih kesulitan untuk mendapatkan penghasilan tetap jika menulis artikel online untuk blog pribadi. Kecuali pada blog besar dan telah tertaut Google AdSense.

Bagi yang masih bingung menentukan karir penulis artikel online seperti apa, mungkin beberapa penjelasan berikut bisa memberikan penjelasan untuk Anda:

Content writer: secara umum merupakan pekerjaan menulis untuk Website milik orang lain. Biasanya topik artikel telah ditentukan sehingga penulis hanya tinggal membuat tulisannya saja.

Copywriter: penulis yang fokus untuk membuat tulisan-tulisan berkaitan dengan marketing atau penjualan. Misalnya seperti kita jumpai pada tagline iklan, media sosial, brosur, dan lainnya. Sehingga kemampuan untuk memahami psikologi manusia sangat dibutuhkan oleh seorang copywriter.

Blogger: jika mau lebih bebas maka bisa menjadi seorang blogger untuk menulis di web pribadi. Anda dapat menggunakan platform blogspot maupun WordPress yang gratis. Namun jika ingin mendapatkan penghasilan dari blogger maka disarankan memakai hosting dan domain sendiri.

Translator: sesuai dengan namanya, pekerjaan ini menuntut Anda untuk menguasai paling tidak satu bahasa asing. Seorang translator akan membuat tulisan artikel dengan menerjemahkan dari bahasa asing ke Indonesia maupun sebaliknya.

3. Temukan Platform Online Terbaik

penulis artikel online - Temukan platfrom online terbaik

Namanya juga seorang penulis artikel online, tentu saja Anda harus menentukan platform mana yang akan digunakan untuk bekerja. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, hal ini berkaitan dengan keputusan dari karir apa yang diinginkan.

Bagi para pemula, biasanya lebih memilih untuk bekerja sebagai penulis dari perusahaan lain. Disini Anda bisa memilih website dari perusahaan-perusahaan besar dan ternama agar mendapatkan penghasilan yang layak.

Model perusahaan seperti ini juga bervariasi, ada yang bergerak di bidang komersial, jurnalistik atau informatif biasa. Jika belum memiliki skill menulis marketing dalam jurnalistik, bergabung di website informatif mungkin bisa jadi pilihan paling tepat.

Berapa bayaran yang diterima dari penulis artikel online? Mengenai penghasilan sangat bervariasi, tergantung dari perusahaan mana Anda bekerja. Tipe pembayarannya juga dibedakan menjadi dua, yakni berdasarkan viewers artikel atau dari akan dibayar per artikel yang dibuat.

4. Ikuti Seminar, Workshop dan Pelatihan Menulis

penulis artikel online - Ikuti seminar atau webinar

Tidak ada salahnya Anda mengikuti kegiatan-kegiatan seperti ini agar dapat meningkatkan kemampuan dalam membuat tulisan artikel. Apalagi bagi yang memang serius untuk menggeluti pekerjaan ini dan menjadikannya sebagai sumber penghasilan utama, maka wajib memiliki pelatihan.

Dengan mengikuti pelatihan juga akan membuat kredibilitas Anda sebagai penulis semakin terpercaya. Karena biasanya setelah pelatihan akan mendapatkan sertifikat. Anda dapat memasukkan sertifikat tersebut dalam portofolio untuk melamar pekerjaan sebagai content writer.

Terlebih di tengah pandemi seperti sekarang, ada banyak pelatihan yang bisa diikuti secara online. Jadi dari rumah saja Anda bisa menambah skill atau kemampuan dalam membuat tulisan artikel. Menarik sekali bukan?

5. Perbanyak Aktivitas Membaca Buku

penulis artikel online - perbanyak membaca buku

Keinginan untuk menjadi seorang penulis profesional harus dibarengi dengan usaha dalam meningkatkan kualitas Anda. Salah satunya dengan memperbanyak membaca buku orang lain yang telah berpengalaman di bidang penulisan.

Dengan memperbanyak membaca buku juga akan membantu Anda mengetahui standar penulisan para profesional. Setiap penulis buku memiliki gaya tulisan berbeda-beda dimana Anda manfaatkan untuk mendapatkan referensi tulisan artikel seperti apa yang banyak disukai pembaca.

Selain itu, semakin sering membaca buku turut memberikan kontribusi dalam memperbanyak kosakata tulisan Anda. Sehingga artikel yang dibuat tidak terkesan monoton dan membosankan.

(Baca Juga: Simak Yuk, Usaha yang Bisa Menghasilkan Uang Untuk Pelajar)

6. Bergabung di Komunitas Penulis

penulis artikel online - bergabung di komunitas penulis

Jangan ragu untuk menggali ilmu dari penulis-penulis artikel lainnya yang telah berpengalaman. Salah satunya dengan bergabung di komunitas penulis seperti banyak tersedia di media sosial, seperti grup di Facebook, Instagram atau WhatsApp.

Bergabung di komunitas juga akan memudahkan Anda untuk mendapatkan informasi yang up to date seputar dunia kepenulisan. Terlebih bagi yang sedang mencari pekerjaan sebagai penulis freelance, biasanya di forum seperti ini menyajikan informasi tersebut.

7. Menulis Artikel Setiap Hari

penulis artikel online - Menulis artikel setiap hari

Tips yang ke-7 untuk menjadi penulis artikel online sukses yaitu Anda harus terbiasa melakukannya setiap hari. Mulailah sekarang juga untuk menjadikan kegiatan tersebut sebagai kebiasaan Anda, paling tidak menulis satu artikel online setiap hari.

Akan lebih baik jika memiliki blog atau website sendiri, sehingga lebih mudah untuk menuangkan ide apapun yang ingin Anda tuliskan dalam bentuk artikel. Tapi jika memang tidak punya blog, memanfaatkan situs-situs freelancer dimana menawarkan layanan penulis lepas.

Tahukah Anda, para freelancer content writer online banyak yang mendapatkan penghasilan mulai dari ratusan ribu hingga jutaan setiap bulannya. Semakin rajin menulis maka kemampuan Anda akan makin terasah sehingga tidak sulit untuk membuat tulisan dari berbagai jenis tema.

Tertarik dengan profesi ini? Jadikan hobi Anda sebagai kegiatan yang menghasilkan uang. Dari rumah saja Anda bisa menjadi seorang penulis artikel online sukses.

Total
7
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts