Persiapan Persalinan yang Wajib Kalian Persiapkan

persiapan persalinan

Pada saat ini banyak masyarakat mempertanyakan persiapan persalinan terutama bagi beberapa pasangan mudah dan baru saja ingin memiliki anak pertamanya. Hal ini perlu kalian perhatikan dengan seksama karena sebenarnya terdapat beberapa benda wajib untuk mempermudah proses persalinan tersebut.

Dengan mempersiapkan beberapa benda tersebut akan mempermudah proses persalinannya sehingga buah hati yang baru saja lahir dapat selamat karena mendapatkan perawatan terbaik dari orang tuanya. Selain buah hati sosok ibu juga memerlukan persiapannya sendiri terlebih pada tahapan pasca kelahiran.

Baca Juga : Daftar Makanan untuk Program Hamil Paling Efektif 

Salah satu alasan mengapa banyak orang membutuhkan persiapan persalinan terlebih dahulu karena sebenarnya proses ini terasa sangat menegangkan. Bagi sebagian orang menganggap proses kelahiran anak sangatlah menegangkan karena berkaitan dengan nyawa ibu maupun anaknya.

Terlebih bagi kalian yang baru mengalami peristiwa melahirkan anak untuk pertama kalinya bisa saja merasa kaget dan takut ketika menghadapinya secara langsung. Karena peristiwa ini terbilang sangat menegangkan sebagai orang tua kalian perlu mempersiapkan beberapa hal.

Dengan mempersiapkan beberapa hal tersebut dapat memperlancar proses kelahiran sang buah hati dengan lancar tanpa adanya hambatan. Jika kalian masih bingung tentang hal apa saja yang perlu orang tua persiapkan ketika menghadapi kelahiran anak pertamanya maka tidak perlu khawatir.

5 Persiapan Persalinan bagi Kelahiran Anak

persiapan persalinan

Sebagai orang tua terlebih jika belum pernah mengalami kelahiran anaknya pasti akan merasa bingung, cemas, bahkan khawatir ketika ingin menghadapi proses tersebut. Kejadian ini sudah sangat wajar bagi beberapa pasangan muda ketika ingin melahirkan anak untuk pertama kalinya.

Oleh sebab itu jika kalian juga merasa khawatir dan was was terhadap peristiwa tersebut maka sudah sangat wajar. Namun sebagai manusia pasti ingin melewati segala rintangan secara lebih mudah sempurna berdasarkan hal tersebut maka kalian perlu melakukan persiapan persalinan.

Dengan mempersiapkan berbagai hal terkait kelahiran sang buah hati secara tidak langsung juga bisa memperlancar proses kelahiran sehingga dapat berlangsung secara aman. Sebagai orang tua alangkah baiknya jika kalian sudah mulai mempersiapkannya mulai dari trimester bagian ketiga.

Dengan mempersiapkan beberapa persiapan persalinan mulai dari trimester bagian ketiga sebagai orang tua kalian akan memiliki banyak waktu. Sehingga ketika sang buah hati sudah lahir ke dunia ini semua peralatan yang kalian butuhkan sudah siap, tidak perlu bingung membeli barang persalinannya.

Selain barang-barang juga terdapat faktor lain seperti dukungan pasangan ketika ingin melahirkan buah hati, hal ini sangat memberikan faktor pendukung bagi ibunya. Selain itu juga terdapat hal lain yang perlu kalian persiapkan menjelang hari kelahiran sang buah hati.

Memilih Rumah Sakitnya

Tahapan persiapan persalinan pertama yang perlu kalian perhatikan sebagai calon orang tua adalah menentukan rumah sakit persalinan mana yang akan kalian gunakan. Oleh sebab itu, perlu sekali melakukan survey rumah sakit terlebih dahulu sehingga tidak merasa kerepotan nantinya.

Salah satu faktor yang perlu kalian perhatikan ketika ingin menentukan akan menggunakan rumah sakit mana adalah fasilitasnya. Karena setiap rumah sakit memiliki kebijakannya sendiri dan tentu saja akan berdampak pada fasilitas serta pelayanan terhadap pasien miliknya.

Sebagai ibu yang akan melahirkan sudah sewajarnya untuk mendapatkan fasilitas terbaik pada rumah sakit pilihan oleh sebab itulah sangat wajib melakukan survey. Tahapan persalinan bisa orang tua lakukan jauh hari sebelum hari kelahiran sehingga tidak kelabakan.

Selain fasilitas terdapat faktor penting dan juga menjadi perhatian oleh banyak orang hal itu adalah biaya. Setiap rumah sakit biasanya memiliki biaya berbeda dan bermacam-macam pilihan kelas, sehingga sebagai orang yang akan melahirkan perlu menimbang dan berpikir terkait biayanya.

Pastikan bahwa biaya persalinannya tidak terlalu mahal namun mendapatkan fasilitas atau pelayanan sangat lengkap. Hal ini termasuk salah satu persiapan persalinan wajib kalian lakukan dan membutuhkan banyak waktu, oleh sebab itu harus orang tua lakukan jauh hari.

Mempersiapkan Kebutuhan 

Tahapan penting lainnya adalah mempersiapkan berbagai kebutuhan yang akan orang tua gunakan saat tiba di rumah sakit nantinya. Berbagai kebutuhan ini tentu saja harus kalian persiapkan dari lama sehingga ketika bayi lahir sebagai orang tua tidak akan kelabakan untuk menyiapkannya.

Banyak calon orang tua belum mengetahui kebutuhan apa saja yang perlu dimasukan kedalam persiapan untuk persalinan di rumah sakit. Karena setidaknya sebagai orang tua kalian perlu mempersiapkan kebutuhan setidaknya minimal untuk dua hari satu malam penginapan.

Namun tidak jarang banyak kejadian ketika seorang ibu perlu menginap lebih dari dua hari oleh sebab itu juga bisa membawa backup kebutuhan cadangan ketika menghadapi hal itu. Beberapa kebutuhan yang perlu kalian persiapkan adalah perlengkapan untuk mandi dan sandal.

Selain itu bagi ibu perlu mempersiapkan pakaian yang mudah untuk mengeluarkan asi atau memiliki kancing depan. Hal ini perlu masuk ke dalam persiapan persalinan sehingga ibu tidak akan merasa kerepotan untuk menyusui anaknya menggunakan asi setelah melahirkan nanti.

Selain itu pastikan juga untuk membawa perlengkapan lainnya mulai dari stagen, bra khusus bagi ibu menyusui, pakaian dalam lainnya, pembalut nifas, serta makanan ringan. Namun pastikan untuk membawa makanan ringan yang mudah untuk mengkonsumsinya sehingga tidak merepotkan.

Mempersiapkan Perlengkapan Bayi

Persiapan persalinan selanjutnya dan juga tidak kalah pentingnya untuk orang tua persiapkan terlebih dahulu adalah perlengkapan bayi. Hal ini sangat perlu untuk kalian persiapkan secara detail karena sudah pasti akan berguna ketika sang buah hati telah lahir nantinya.

Namun sebagai orang tua yang baru saja akan memiliki buah hati terkadang merasa bingung mengenai hal apa saja yang perlu kalian persiapkan. Biasanya sebagai orang tua perlu untuk mempersiapkan kebutuhan bagi sang buah hati mulai dari set pakaian seperti baju dan celana.

Namun terkadang beberapa pakaian bagi bayi menjadi satu set seperti baju yang menyatu dengan celananya. Oleh sebab itu, persalinan ini bergantung pada kebutuhan orang tua, apakah ingin menggunakan jenis langsungan maupun terpisah bagi sang buah hatinya.

Selain itu jangan lupa juga perlu mempersiapkan sarung tangan dan kaki bagi bayi karena keadaan buah hati ketika baru saja lahir masih sangatlah lemah. Sehingga untuk membantu proses menghangatkan tubuhnya perlu untuk mempersiapkan sarung tangan dan kaki.

Sebagai orang tua juga wajib untuk memasukkan popok kedalam persiapan persalinan bagi anaknya. Kita sangat menyarankan untuk menggunakan popok cuci bagi bayi karena cara menggunakannya terbilang sangat mudah daripada popok sekali pakai walau harus rajin mencuci.

Mengetahui Metode Kelahiran

Umumnya sebagian besar orang tua terutama seorang ibu sangat memperhatikan metode melahirkan apa yang paling cocok ketika ingin melahirkan. Namun tidak jarang bagi ibu muda bingung dalam menentukan metode paling cocok untuknya karena belum mengetahui jenis metodenya.

Secara umum dalam melakukan persiapan persalinan ini kalian perlu memahami metode untuk melahirkan anak terlebih dahulu. Umumnya terdapat tiga metode berbeda jika ingin melahirkan seorang anak mulai dari normal, Caesar, hingga water birth menggunakan air.

Untuk metode normal sendiri bisa kalian lakukan seperti melahirkan pada umumnya ketika sang buah hati nantinya akan lahir melalui bagian vagina ibunya. Walau begitu untuk metode melahirkan ini juga perlu kehati-hatian dan perlu seorang dokter profesional untuk menanganinya.

Selain itu juga terdapat metode operasi Caesar hal ini sangat cocok bagi kalian yang merasa kesulitan untuk melahirkan dengan metode normal. Dengan metode ini nantinya perut ibu akan melewati tahap pembedahan terlebih dahulu sebelum mulai melahirkan bayinya.

Tahapan persiapan persalinan terakhir adalah metode water birth merupakan solusi terbaru bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan anaknya namun takut untuk merasakan rasa sakit. Dengan water birth ibu akan melahirkan menggunakan bantuan air sehingga meringankan rasa sakitnya.

Persiapkan Aktivitas Fisik dan Relaksasi Pikiran

Persiapan terakhir yang bisa kalian persiapkan sebelum menempuh tahapan kelahiran bayi adalah dengan mulai mempersiapkan aktivitas fisik maupun relaksasi pikiran pada ibunya. Hal ini sangat penting demi menjaga keselamatan ibu ketika akan melahirkan bayinya.

Seorang ibu hamil perlu mempersiapkan latihan fisik semasa kehamilan hingga sebelum persalinan tiba. Minimal seorang ibu bisa melakukan aktivitas fisik selama dua kali sehari selama minimal 30 menit.

Dengan melakukan persiapan persalinan ini akan membantu bagian panggul sehingga menjadi lebih sehat. Ketika pinggulnya lebih sehat akan memperlancar proses persalinan bagi ibunya maupun anaknya.

Selain mempersiapkan aktivitas fisik sebelum melahirkan seorang ibu juga perlu untuk menyiapkan kondisi pikirannya terlebih dahulu. Karena tidak jarang banyak ibu mengalami masalah mental setelah melahirkan anaknya.

Oleh sebab itu sebelum prose persalinan mulai sebagai seorang orang tua wajib untuk melakukan relaksasi pada pikirannya. Sehingga tidak terjadi permasalahan mental ketika melahirkan buah hati.

Baca Juga : Ketahui Penyebab Kehamilan Ektopik pada Wanita

Terdapat berbagai hal yang harus kalian persiapkan terlebih dahulu sebelum melahirkan anak. Terlebih sebagai orang tua muda sangat wajib untuk menyiapkan berbagai persiapan persalinan terlebih dahulu.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts