Penting Untuk Disimak, Ini Dia Posisi Duduk yang Benar Saat Menggunakan Komputer

Postur tubuh merupakan salah satu hal penting yang akan mempengaruhi posisi ketika berdiri, duduk, maupun ketika tidur. Menjaga postur tubuh aritnya harus melatih badan untuk berada dalam posisi yang benar termasuk saat duduk. Posisi yang baik adalah ketika tekanan yang diberikan pada ligamen dan otot saat beraktivitas tidaklah berat atau seminimal mungkin.

Postur tubuh sendiri bisa menjaga sendi serta tulang untuk tetap berada di posisi yang semestikan dan dapat difungsikan atau digunakan dengan baik. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer.selain mempengaruhi postur tubuh nantinya, posisi duduk juga akan menimbulkan rasa nyeri dan kaku pada bagian tertentu. Untuk mencegahnya, berikut cara yang benar saat duduk di depan komputer.

Posisi Duduk yang Benar Saat Menggunakan Komputer

Ada beberapa posisi yang dapat disarankan untuk dilakukan ketika duduk didepan komputer, sehingga tak akan berpengaruh buruk pada tubuh.

1. Duduk dengan Tegak

posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer - Duduk yang tegak

Posisi duduk ketika menggunakan komputer yang pertama adalah dengan duduk dengan memposisikan pinggang di bagian belakang kursi. Yang perlu diperhatikan adalah paha tetap pada posisi lurus dengan jarak lebih rendah dibanding pinggang. Jangan lupa, posisikan punggung untuk menyender dengan sudut seratus derajat.

(Baca Juga: 5 Laptop Gaming Terbaik 2021 dan Paling Direkomendasikan!)

2. Duduk Dekat Keyboard

posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer - Duduk dekat keyboard

Memposisikan badan dengan keyboard adalah hal wajib yang perlu dilakukan. Dengan begitu kamu tidak akan kesusahan saat mengetik maupun melihat layar komputer. Namun, perlu diingat untuk memposisikan keyboard tersebut di depan tubuh, bukan dalam posisi menyamping.

3. Atur Posisi Keyboard Senyaman Mungkin

posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer - Atur posisi keyboard senyaman mungkin

Posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer selanjutnya adalah pastikan pundak dalam posisi yang rileks. Jangan lupa, posisikan sikut lebih leluasa untuk bergerak, jangan dibatasi oleh sesuatu. Pastikan untuk menempatkan sikut secara terbuka dan pergelangan tangan pun disarankan dalam keadaan lurus.

4. Atur Kemiringan Dari Keyboard

posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer - Atur kemiringan dari keyboard

Jangan lupa untuk memanfaatkan kaki keyboard dengan maksimal. Kaki keyboard sendiri berguna untuk mengatur kemiringan, sesuaikan dengan posisi duduk kamu.  Saat posisi duduk cukup tinggi, tempatkan keyboard cukup jauh dari pergelangan tangan. Jika kamu duduk dalam posisi rendah, maka lebih baik posisikan keyboard agak miring ke depan.

5. Pakai Arm Rest

posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer - Pakai arm rest

Ketika mengetik terlalu lama, pergelangan tangan akan sakit dan lebih mudah lelah. Untuk mengatasinya kamu perlu posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer. Ada baiknya menggunakan Arm yang tepat pada keyboard. Palm rest sendiri merupakan gundukan yang posisinya ada di depan keyboard, gunanya supaya pergelangan tangan tetap nyaman saat menggunakan keyboard.

6. Atur Posisi Monitor Dengan Tepat

posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer -Atur posisi layar dengan tepat

Bukan hanya pergelangan tangan, leher juga bisa terasa tak nyaman jika duduk dalam posisi yang kurang nyaman. Solusinya adalah dengan mengatur monitor dengan tepat. Disarankan untuk meletakan monitor di depan wajah, dengan begitu leher tidak terlalu terbebani dengan kepala. Posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer ini akan membuat tubuh tetap nyaman meskipun kamu berada di depan layar selama berjam-jam.

7. Posisikan Sumber Ketikan di Tempat yang Tepat

posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer - posisikan sumber ketikan dengan nyaman

Seringkali media cetak digunakan sebagai sumber yang akan diketik kembali pada laptop atau komputer. Usahakan untuk meletakan kertas maupun buku tersebut di bawah layar. Tujuannya untuk meminimalisir gerak pada area leher maupun area tubuh lain ketika bekerja. Dengan begitu, leher tidak akan cepat lelah.

8. Gunakan Tempat Mouse dan Keyboard

posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer - menggunakan tempat mouse dan keyboard

Kebanyakan orang menyepelekan tempat mouse dan keyboard. Padahal fungsinya dapat membuat posisi ketika duduk di depan komputer menjadi lebih baik. Pasalnya, dengan digunakannya alat tersebut dapat membuat keyboard lebih tersangga. Dengan begini, tangan akan lebih nyaman ketika saat mengetik. Apalagi, penggunaan mouse dan mengetik akan jauh lebih lama.

(Baca Juga: Daftar Laptop Terbaik 2021 Harga 5 Jutaan)

9. Jangan Lupa Istirahat

posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer - jangan lupa istirahat

Hal yang tidak boleh dilupakan saat melakukan posisi duduk yang tepat ketika menggunakan komputer adalah ambil jeda untuk istirahat. Kamu bisa jalan-jalan, berdiri hingga melakukan peregangan. Istirahatkan tubuh dan mata sebentar dapat membantu badan tidak cepat lelah dan tetap prima.

10. Renggangkan Jari Serta Pergelangan Tangan

posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer -regangkan jari

Posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer yang tak boleh dilewatkan adalah meregangkan pergelangan tangan serta jari. Disarankan sekitar 6 kali dalam sehari. Caranya, tekuk tangan ke bawah lalu ke atas hingga bagian pergelangan tangan terasa tertarik. Hal ini penting untuk dilakukan guna menghindari risiko terjadinya carpal tunnel syndrome pada pengguna komputer. Carpal tunnel syndrome merupakan keadaan dimana tangan terasa kesemutan, dan mati rasa.

Mengapa Postur Tubuh saat Duduk di Depan Komputer Penting?

Ada beberapa alasan mengapa penting melakukan posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer. Berikut bahasannya:

1. Membantu untuk Menjaga Tulang Serta Bagian Persendian

Saat duduk dalam posisi yang benar, tidak akan menyebabkan otot menjadi terhimpit. Selain itu, postur duduk yang baik saat menatap layar komputer juga akan menurunkan risiko gangguan pada persendian. Selain itu juga akan menurunkan risiko terjadinya artritis degeneratif. Dengan posisi duduk yang benar nyeri persendian pun akan berkurang.

2. Menurunkan Risiko Cedera

Posisi duduk ketika menggunakan komputer yang benar juga akan mengurangi tekanan yang terjadi di ligamen. Dengan begitu, risiko terjadinya cedera juga akan lebih minim.

3. Otot Dapat Bekerja dengan Lebih Efisien

Beraktivitas maupun bekerja dengan posisi duduk ketika menggunakan komputer yang benar dapat membuat mencegah kelelahan pada otot karena penggunaan energi yang lebih efisien. Gangguan pada otot, nyeri punggung dan penggunaan otot secara berlebih juga dapat lebih diminimalkan. Guna mempertahankan postur yang baik, dibutuhkan kekuatan serta kelenturan otot, serta gerakan sendi yang baik.

Tips Menjaga Postur Tubuh yang Baik

Setelah mengetahui posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer, kamu juga perlu tahu beberapa tips menjaga postur tubuh yang baik. Dibutuhkan komitmen untuk menjalankannya, tapi hal ini sebanding dengan manfaat yang akan diperoleh. Berikut beberapa tips yang bisa dipraktekan untuk menjaga postur tubuh ideal.

  • Olahraga ringan 3 kali seminggu selama 30 menit
  • Ubah posisi duduk dan jangan berada dalam posisi duduk sama dalam jangka waktu lama
  • Jika menggunakan telepon dalam jangka waktu cukup lama, lebih baik gunakan handsfree supaya otot di area leher tidak terlalu tertekan. Hindari untuk menerima telepon dengan menjepitnya di antara telinga dan bahu sembari menatap layar komputer.
  • Ketika menggunakan komputer, posisikan mata sejajar dengan layar. Fungsinya untuk mengurangi tekanan pada punggung dan leher.
  • Hindari berjalan condong ke satu sisi, berjalanlah yang tegak.

Itulah ulasan mengenai posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer dan betapa pentingnya melakukan hal tersebut. Postur tubuh yang baik akan berpengaruh pada kesehatan. Jangan sampai posisi yang salah saat duduk di depan komputer akan berpengaruh buruk pada kesehatan di masa mendatang.

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts