Tips Agar Puasa Tidak Pusing dan Cara Mengatasinya

Sakit kepala dan pusing sering kali muncul saat berpuasa dan sering menjadi masalah yang membuat seseorang memilih untuk batal. Namun ada beberapa tips agar puasa tidak pusing atau sakit kepala, cara itu juga bisa digunakan untuk mencegahnya. Sehingga puasa  Anda akan menjadi lancar tanpa keluhan seperti lemas, sakit kepala dan sebagainya saat menjalan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. 

Sakit kepala ketika sedang berpuasa bisa disebabkan oleh beberapa hal tertentu, terkadang sebagian orang memilih untuk mengkonsumsi obat penghilang pusing saat sahur. Tidak sedikit yang mengalami pusing lalu membatalkan puasa, karena tidak kuat melawan rasa pusing tersebut. Minum obat dianggap sebagai cara yang tepat untuk meredakan sakit pusing, tapi tidak bisa dilakukan secara sembarang. 

Hal ini karena ada banyaknya penyebab dari rasa pusing tersebut, seperti halnya hipoglisemia ( simtoma yang membuat rendahnya rasio gula darah dan berada di bawah kondisi normal). Serta beberapa hal lainnya yang mungkin bisa menjadi pemicu utama terjadinya pusing berlebih ketika berpuasa. Rasa pusing juga umumnya terjadi saat siang hari ketika cuaca terik, atau bahkan pada saat sore hari menjelang waktu berbuka. 

Cara Mencegah dan Mengatasi Pusing Saat Berpuasa

Saat berpuasa tentu saja Anda harus menahan rasa lapar dan haus yang dapat membuat tubuh terasa lemas terutama saat minggu awal Ramadhan. Selain itu tidak makan saat sedang puasa juga sering menimbulkan banyak keluhan, sakit kepala, lemas, dan sebagainya. Akan tetap ada tips agar puasa tidak pusing yang dapat membantu Anda untuk tetap berpuasa tanpa mengalami keluhan tersebut, adapun caranya adalah seperti berikut ini. 

 Tubuh Harus Terhidrasi

Tips agar puasa tidak pusing - Tubuh terhidrasi

Saat menjalankan ibadah puasa tubuh Anda harus tetap mendapatkan kebutuhan cairan yang cukup sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi sendiri merupakan salah penyebab umum yang membuat tubuh Anda menjadi lemas ketika beribadah puasa. Akhirnya tubuh akan menjadi cepat lemas dan juga pusing karena tubuh kekurangan banyak cairan, terlebih jika Anda harus melakukan banyak aktivitas. 

Untuk penting bagi Anda memperhatikan kebutuhan air, agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik tanpa merasa lemas. Anda bisa menjalankan tips agar puasa tidak pusing dengan minum air delapan gelas sehari, dengan pembagian dua gelas saat buka, dua gelas ketika bersahur, usai shalat tarawih, dan juga sebelum Anda tidur malam. Kebutuhan air yang cukup juga bukan hanya didapat dari air mineral tapi juga bisa dari buah-buahan yang kaya akan serat. 

(Baca Juga: Yuk Simak, 10 Tips Berpuasa Saat Asam Lambung Naik)

Tidur yang Cukup 

Tips agar puasa tidak pusing - Tidur yang cukup

Rasa pusing juga bisa disebabkan karena pola tidur yang berantakan atau tidak cukup, kurang tidur juga membuat tubuh Anda terasa lemas. Sehingga sangat penting untuk Anda mencukupi waktu istirahat Anda dengan tidur yang cukup untuk mencegah terjadinya sakit kepala. Tidur juga bisa membantu tubuh Anda menjadi lebih segar saat terbangun walaupun hanya tidur dengan waktu yang sebentar, tubuh akan lebih merasa segar dan meredakan rasa lelah pada tubuh. 

Jika rasa sakit kepala mulai menyerang, maka Anda bisa mengambil tindakan untuk tidur atau istirahat sejenak. Saat Anda tidur otak dan tubuh akan beristirahat dengan baik sehingga ketika Anda bangun tubuh akan merasa lebih baik. Anda juga beristirahat sejenak juga berguna sebagai tips agar puasa tidak pusing dengan mengistirahatkan pikiran dan tubuh agar menjadi lebih relax.  Dengan begitu rasa sakit kepala dan lemas akan menjadi cepat hilang tanpa harus batal karena minum obat. 

Batasi Konsumsi Gula Anda 

Tips agar puasa tidak pusing - Batasi konsumsi gula

Salah satu penyebab sakit kepala sering disebabkan oleh hipoglisemia yang membuat Anda merasakan sakit kepala dan pusing yang berlebihan. Hal ini tidak hanya menyerang orang yang menderita penyakit tertentu tapi juga terjadi saat kondisi simtoma yang merupakan penyebab rasio gula darah berada dibawah rata-rata. Seseorang yang merasakannya sering kali sulit meredakan  rasa sakit kepala yang menyerang. 

Sehingga tidak heran jika banyak yang memilih untuk membatalkan puasa karena tidak kuat untuk menahannya. Hal ini bisa disebabkan ketika menu sahur Anda mengandung banyak gula, yang mana kandungan gula tersebut bisa meningkat dengan sangat tajam kemudian segera turun sehingga menyebabkan kepala pusing. Sebaiknya saat sahur konsumsi makanan yang rendah gula untuk mencegah sakit kepala tersebut. 

Perhatikan Menu Sahur dan Berbuka 

Tips agar puasa tidak pusing - Perhatikan menu sahur dan berbuka

Ada banyak dari sebagian orang yang mengkonsumsi berbagai makanan saat sedang berbuka dan sahur tanpa memperhatikan beberapa hal. Walaupun semua makanan tersebut terlihat enak, namun belum tentu mengandung nutrisi dan vitamin bermanfaat yang baik untuk tubuh Anda saat sedang menjalani puasa. Mengingat bahwa nutrisi sangat dibutuhkan oleh tubuh maka Anda perlu untuk memilih menu makanan yang sehat untuk tubuh Anda saat sahur dan berbuka. 

Tips agar puasa tidak pusing yang mudah yaitu dengan mencoba mengkonsumsi sayuran, buah, yogurt dan makanan lainnya yang mengandung protein dan sebagainya untuk memenuhi nutrisi Anda. Hindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi dan juga makanan yang mengandung tepung, karena keduanya bisa membuat Anda lemas dan pusing. Selain itu Anda juga bisa memberi jeda makan setelah berbuka dan menghindari tidur setelah makan. 

Olahraga yang Cukup 

Tips agar puasa tidak pusing - Olahraga

Terkadang banyak yang melupakan olahraga saat sedang puasa, dengan alasan bisa membuat lelah dan sebagainya. Namun olahraga yang dilakukan saat Anda menjalankan ibadah puasa tentu memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Selain itu olahraga yang dilakukan juga tidak perlu terlalu berat, Anda bisa melakukan olahraga ringan yang tidak membuat Anda lelah. Olahraga juga bisa membantu tubuh Anda menjadi lebih bertenaga dan tidak mudah lemas. 

Olahraga yang dilakukan selama beberapa saat dengan melakukan gerakan-gerakan ringan bisa membantu mencegah terjadinya pusing. Hal ini karena tubuh akan terasa lebih tenang untuk menghindari rasa stress  serta membuat tubuh lebih bugar. Olahraga yang cukup bisa meningkatkan kualitas tidur Anda menjadi lebih baik serta membantu menjaga nafsu makan Anda ketika berpuasa. 

(Baca Juga: Penting untuk Dicatat! 8 Cara Berpuasa Untuk Penderita Maag)

Pijat Leher dan Pelipis 

 

Jika Anda terlanjur mengalami sakit kepala yang berlebih ketika berpuasa maka langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan memijat. Tips agar puasa tidak pusing ini bisa membantu Anda meringankan pusing ketika berpuasa tanpa harus membatalkan puasa. Langkah pertama adalah dengan memijat atau menggosok bagian leher dan pelipis Anda untuk menghilangkan rasa sakit tersebut. 

Cara ini sangat baik dan banyak dilakukan karena dapat meningkatkan aliran darah Anda serta meredakan sakit kepala yang mungkin disebabkan karena tegang. Memijat kedua bagian tersebut juga membantu Anda menjadi lebih relax karena, dan sangat ampuh untuk menghilangkan rasa pusing dengan cepat. Hal ini karena pijatan tersebut akan meringankan kerja otot pada daerah sekitar  kepala karena tegang. 

Kompres dengan Air Hangat 

Tips agar puasa tidak pusing -Kompres dengan air hangat

Saat kepala Anda mulai terasa pusing yang berlebih ketika sedang puasa, mengompresnya dengan air hangat akan membantu meredakannya. Cara ini merupakan langkah yang cukup sederhana namun sangat ampuh untuk meredakan sakit pada bagian kepala Anda karena pusing dan sebagainya. Pertama cobalah untuk meletakkan bantal pemanas atau bisa dengan kain yang hangat di bagian leher Anda. 

Selain itu Anda juga bisa mencoba meletakkannya di bagian pangkal tengkorak untuk membantu menghilangkan pusing Anda. Saat Anda mengalami pusing atau sakit kepala maka otot-otot di sekitar kepala Anda menjadi tegang, dengan menggunakan tips agar puasa tidak pusing ini akan membantu meredakan hal tersebut. Sehingga Anda akan merasa lebih baik setelah menggunakan cara ini. 

Biarkan Mata beristirahat dan Hindari Cahaya Berlebih

Tips agar puasa tidak pusing - Istirhatkan mata

Terkadang sakit kepala juga bisa disebabkan karena cahaya yang berlebih atau mata yang lelah karena menatap layar komputer. Cahaya dari komputer, ponsel dan atau jendela dan sebagainya yang terlalu terang akan membuat mata Anda terasa lebih cepat lelah. Hal inilah yang sering membuat kepala Anda terasa pusing dan juga sakit, untuk itu cobalah untuk berhenti sejenak dan beristirahat dari aktivitas Anda. 

Sebaiknya Anda menghindari cahaya yang terlalu silau dengan menutup tirai jendela Anda, atau menurunkan cahaya ponsel dan komputer Anda. Jika pusing masih dirasa mengganggu Anda bisa menutup mata Anda lalu istirahat sejenak, cara ini merupakan perawatan yang sangat efektif untuk menghilangkan pusing. Selain itu tips agar puasa tidak pusing ini juga bisa meredakan migrain, dan pusing karena otot yang tegang. 

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts