14 Tips Bepergian Saat Lebaran yang Harus Dicermati Agar Perjalanan Nyaman

tips bepergian saat lebaran

Momen lebaran adalah saat yang sangat dinanti-nanti terutama oleh umat muslim di Indonesia. Liburan panjang sering dijadikan ajang untuk pulang kampung maupun untuk berlibur ke berbagai tempat wisata. Namun, bepergian ketika lebaran harus dilakukan dengan penuh persiapan. Ada beberapa tips bepergian saat lebaran yang harus disiapkan agar liburan tetap dan aman nyaman.

Mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum bepergian saat lebaran sangat penting dilakukan mengingat ada banyak orang yang juga bepergian saat lebaran. Alhasil, jalanan akan menjadi sangat macet dan menguras banyak energi. 

14 Tips Bepergian Saat Lebaran yang Aman dan Nyaman

1. Membawa Barang Seperlunya Saja

tips bepergian saat lebaran - membawa barang seperlunya

Membawa barang seperlunya saja merupakan tips awal yang harus kamu pertimbangkan. Jangan membawa barang terlalu banyak karena tentu akan sangat merepotkan kamu di perjalanan. Usahakan untuk membawa barang yang benar-benar dibutuhkan. Misalnya jika kamu akan pergi berwisata ke suatu tempat, maka sesuaikan jumlah pakaian yang dibawa dengan lama berlibur.

Selain itu bawalah peralatan perawatan diri dengan ukuran kecil agar tidak memenuhi tas atau koper yang dibawa.

2. Mempersiapkan Kendaraan Sebaik Mungkin

 tips bepergian saat lebaran - mengecek kendaraan

Tips bepergian saat lebaran yang satu ini sangat penting dan tidak boleh terlewatkan. Apalagi bagi kamu yang bepergian menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Sebelum berangkat bepergian baik pulang kampung ataupun wisata, cek dengan seksama performa kendaraan kamu.

Sebaiknya bawa kendaraan untuk service menyeluruh di bengkel kepercayaanmu. Teknisi akan mengecek kondisi kendaraan secara menyeluruh untuk memastikan performa kendaraan mumpuni untuk dibawa berkendara. Selain mempersiapkan kendaraan, kamu harus memastikan tangki kendaraan masih dalam kondisi terisi penuh agar tidak perlu mengisi ulang tangki saat di jalan.

(Baca Juga: Ini Dia 5 Tips Aman Berkendaraan Saat Mudik Lebaran)

3. Sebaiknya Persiapkan Perlengkapan Otomotif 

 tips bepergian saat lebaran - perlengkapan mobil

Meski kamu sudah membawa kendaraan pribadi untuk di service ke bengkel secara menyeluruh, sebaiknya tetap bawa perlengkapan otomotif untuk berjaga-jaga. Perlengkapan otomotif yang sebaiknya dibawa mencakup kunci, obeng dan ban serep. Tujuannya untuk mengatasi hal-hal yang mungkin terjadi selama di perjalanan agar tidak membawa dampak buruk bagi kenyamanan. 

4. Persiapkan Bekal Makanan Tahan Lama

tips bepergian saat lebaran - bawa bekal

Sebaiknya persiapkan beberapa bekal makanan tahan lama jika akan bepergian di musim lebaran. Pasalnya, pada umumnya jalanan menuju tempat wisata ataupun pulang kampung tentu dipadati oleh banyak wisatawan atau pemudik. Alhasil kamu tentu akan kesulitan untuk terus mampir ke warung makan.

Oleh karena itu tips bepergian saat lebaran berikutnya yang harus dilakukan adalah mempersiapkan beberapa bekal makanan tahan lama. Kamu bisa membawa bekal makanan instan seperti biskuit, snack ringan, roti ataupun makanan lainnya yang dapat langsung dimakan dan tahan lama. 

5. Persiapkan Uang Tunai yang Cukup

tips bepergian saat lebaran - persiapkan uang tunai

Meski kamu mempunyai banyak dana yang tersedia di ATM ataupun melalui dompet digital, jangan pernah pergi dengan tangan kosong. Usahakan untuk tetap membawa sejumlah uang tunai di dompet untuk kebutuhan mendesak. Disarankan agar kamu menyimpan uang tersebut tidak dalam satu tempat untuk menghindari adanya kondisi darurat. 

6. Pastikan Nutrisi Cukup

tips bepergian saat lebaran - pastikan nutrisi cukup

Tips bepergian saat lebaran yang tidak kalah penting adalah memastikan bahwa kamu tetap dalam kondisi sehat dengan mengkonsumsi minuman dan makanan yang mencukupi. Sangat penting untuk memastikan bahwa tubuh tetap mendapatkan cairan yang cukup selama di perjalanan. 

Apalagi mengingat momen bepergian kamu lakukan ketika lebaran sehingga kamu dapat bebas minum kapan saja. Perbanyak air minum untuk menghindari masalah seperti sakit kepala, nyeri otot, insomnia, nyeri kaki dan sebagainya yang timbul akibat tubuh kekurangan cairan. 

Tips Bepergian Lainnya Saat Lebaran yang Harus Dicermati

7. Pastikan Mendapat Tidur yang Cukup Sebelumnya

Jangan bergadang sebelum melakukan perjalanan jauh. Pastikan kamu memperoleh waktu tidur yang cukup sebelum bepergian. Tidur adalah waktu istirahat terbaik yang berfungsi untuk mengembalikan tenaga yang hilang. Selain itu, tidur yang cukup akan membantu mengembalikan imunitas tubuh sehingga tubuh terhindar dari berbagai serangan penyakit. 

Banyak orang yang justru menghabiskan waktunya untuk begadang sebelum bepergian karena harus mengepack barang. Padahal, hal tersebut justru dapat menyebabkan kamu cepat lelah dan sakit kepala karena tubuh masuk angin akibat kurang tidur. 

(Baca Juga: 17+ Tips Travel Saat Saat Pandemi, Pastikan Semua Aman Dan Hasrat Liburan Tetap Tersalurkan)

8. Peraturan Perjalanan

Salah satu tips bepergian saat lebaran yang banyak diabaikan oleh orang adalah peraturan perjalanan terutama di masa pandemi seperti hari ini. Peraturan perjalanan yang harus diperhatikan seperti syarat membawa Surat Keterangan sehat yang dikeluarkan oleh klinik kesehatan terpercaya. 

Selain itu kamu juga harus memperhatikan waktu berlaku surat keterangan tersebut. Pada umumnya waktu yang berlaku adalah selama 3 hari sampai seminggu. 

9. Memakai Pakaian yang Nyaman dan Tidak Membuat Gerah

Selain memastikan kamu membawa seluruh barang yang dibutuhkan, jangan lupakan pakaian apa yang akan kamu kenakan saat bepergian. Apabila perjalanan yang akan kamu tempuh sangat panjang dengan kondisi jalanan macet, maka pastikan kamu mengenakan pakaian yang tidak membuatmu gerah.

Gunakan pakaian yang nyaman seperti kaos, celana katun dan dilengkapi jaket terutama untuk kamu yang berkendara dengan roda dua. Usahakan untuk tidak mengenakan pakaian ketat karena akan membuat kamu tidak bebas bergerak. 

10. Jangan Bepergian Dekat Masa Lebaran

Banyak orang yang baru bepergian baik untuk pulang kampung ataupun berwisata di masa dekat lebaran. Padahal, bepergian di masa terlalu dekat lebaran akan menyebabkan kamu terjebak macet dalam waktu lama di jalanan. Alhasil kamu pun tidak bisa menikmati waktu bersantai saat di perjalanan. 

Duduk dalam waktu terlalu lama di jalanan bisa menyebabkan berbagai gangguan seperti gangguan kesehatan hingga gangguan otot pegal dan sebagainya. Jika memungkinkan, sebaiknya kamu bepergian jauh-jauh hari sebelum lebaran untuk menghindari kemacetan puncak di jalan. Apabila memang tidak bisa pergi jauh-jauh hari, kamu bisa pergi setelah masa puncak lebaran. 

11. Jangan Ragu untuk Beristirahat Saat di Perjalanan

Banyak orang yang memaksakan diri untuk bepergian di saat lebaran dan ingin segera sampai ke lokasi tujuan. Alhasil, kebanyakan dari mereka tidak beristirahat sedikitpun ketika mengendarai kendaraan dan terlalu memaksakan diri. Padahal, perilaku memaksakan diri ketika di perjalanan dapat berakibat negatif pada kesehatan. 

Rasa lelah dan kantuk yang dipaksakan bisa menimbulkan bahaya bukan hanya untuk kamu tapi juga orang yang berada dalam satu kendaraan denganmu. Sebaiknya menepi dan beristirahat sebentar apabila merasa kantuk dan lelah. Cukup ambil istirahat selama kurang lebih 30 menit untuk memulihkan energi.

12. Memahami Kondisi Medan Jalanan Sebelum Pergi

Tips bepergian saat lebaran lainnya yang harus kamu pahami dan persiapkan dengan seksama adalah mencari tahu terkait kondisi medan jalanan sebelum bepergian. Memahami dengan seksama kondisi medan jalanan sangat penting terutama jika kamu melewati jalanan yang masih sangat asing dan berada di tempat terpencil.

Pasalnya, kebanyakan tempat terpencil di tanah air mempunyai medan jalanan yang ekstrim dengan jalan rusak dan berkelok tajam. Cari tahu kondisi jalan baik saat pagi dan malam hari. Terkadang ada jalanan yang belum dilengkapi pencahayaan mencukupi di malam hari dan menyebabkan jalan menjadi sangat berbahaya untuk dilalui saat malam. 

Dengan memahami karakteristik daerah yang akan dilalui, kamu akan lebih siap ketika melakukan perjalanan. Hal ini juga sangat dibutuhkan agar kamu tidak panik dan kaget saat melalui rute tersebut.

13. Persiapkan Peta 

Apabila kamu baru pertama kali melewati suatu rute untuk menuju suatu tempat, pastikan bahwa kamu juga membawa peta. Meski sekarang sudah ada peta online, namun pada kondisi tertentu peta tersebut tidak dapat digunakan terutama jika kamu melewati jalanan terpencil yang susah sinyal. 

Belum lagi jika smartphone  kamu kehabisan daya baterai tentu akan menjadi sangat sulit untuk mencari rute jalan jika hanya mengandalkan peta online.

14. Bawa Cadangan Power Bank

Jangan hanya mengandalkan daya baterai bawaan dari smartphone saja. Kamu yang berkendara dengan kendaraan roda dua tentu kesulitan untuk mengisi daya ketika berada di perjalanan. Sebaiknya bawa power bank untuk berjaga-jaga jika daya baterai smartphone kamu habis saat masih di perjalanan. 

Sebelum bepergian juga sebaiknya kamu memastikan daya baterai smartphone dan daya power bank sudah terisi penuh. 

Pastikan kamu melakukan setiap tips di atas sebelum bepergian agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

Total
32
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts