Tips Berpuasa saat Bekerja Agar Tetap Kuat Walau Pekerjaan Berat

Tips berpuasa saat bekerja merupakan salah satu cara andalan yang banyak dilakukan oleh setiap terlebih bagi mereka yang harus bekerja saat puasa. Ibadah puasa seharusnya dapat dilakukan tanpa mengganggu aktivitas dan pekerjaan yang Anda lakukan, serta perlu dijalani dengan semangat. Mengingat bahwa bekerja juga merupakan suatu hal yang dapat mendatang pahala, terutama jika dikerjakan saat berpuasa. 

 

Ibadah puasa di bulan Ramadhan juga merupakan kewajiban yang harus dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan tanpa alasan yang jelas (Uzur). Umumnya beberapa pekerjaan akan memberikan keringanan terutama untuk mereka yang melakukan pekerjaan berat. Namun tidak semua tempat kerja menerapkan hal tersebut, sehingga Anda harus tetap bekerja dengan baik walau sedang berpuasa.  

Tips Bekerja Saat Bekerja Tanpa Rasa Malas dan Lemas. 

Berpuasa bukan alasan untuk bermalasan, namun sebaliknya yaitu harus melakukan aktivitas seperti biasanya. Walaupun begitu, masih banyak yang mengeluh dan mencari solusi tepat untuk dapat bekerja saat puasa tanpa merasa mudah lemas. Berikut adalah beberapa tips berpuasa saat bekerja   yang bisa Anda lakukan untuk tetap bekerja walaupun sedang melakukan ibadah puasa. 

Niatkan dengan Ikhlas

Tips berpuasa saat bekerja - Niatkan dengan ikhlas

Ketika Anda melakukan suatu kegiatan maka niat merupakan salah satu bagian terpenting yang tidak boleh ditinggalkan. Niat yang disertai rasa ikhlas tanpa adanya keterpaksaan akan menguatkan pondasi dasar seseorang untuk melakukan semua kegiatannya dengan baik. Selain mampu menguatkan dan menjadi motivasi untuk lebih kuat dalam bekerja, segala sesuatu yang didasari dengan niat akan berbuah kebaikan. 

Tips berpuasa saat bekerja ini dapat dilihat saat Anda melakukan ibadah puasa walaupun harus dihadapkan dengan ujian dan godaan yang kuat dalam bekerja maka tidak akan mudah goyah. Sehingga apapun yang Anda lakukan saat berpuasa tidak membuat Anda lemas ataupun malas terutama saat bekerja. Niat juga dilakukan dengan keyakinan bahwa Anda dapat melakukan pekerjaan dengan baik tanpa malas karena berpuasa. 

(Baca Juga: Ingin Berat Badan Ideal? Ini Dia 10 Tips Puasa Agar Turun Berat Badan)

Bangun Lebih Awal saat Sahur

Tips berpuasa saat bekerja - Bangun lebih awal saat sahur

Jika Anda harus bekerja maka ada baiknya untuk bagun sahur lebih awal agar bisa memenuhi kebutuhan asupan makanan yang cukup. Bangun sahur yang terlambat akan membuat Anda makan dengan terburu-buru dan tidak dapat menentukan atau menyiapkan makanan yang baik. Akhirnya Anda mengkonsumsi makanan yang salah dan justru dapat memicu Anda kekurangan cairan yang membuat Anda lebih mudah lemas di siang hari. 

Selain itu bangun sahur lebih dulu akan membantu asupan nutrisi dan vitamin Anda menjadi lebih tercukupi. Sehingga mampu menjaga energi dalam tubuh agar tidak mudah lemas saat melakukan aktivitas berat seperti bekerja. Umumnya makanan yang dikonsumsi sebaiknya makanan yang tidak asin dan pedas serta menghindari minuman berkafein. 

Konsumsi Sayur dan Buah Saat Makan Sahur

Tips berpuasa saat bekerja - Buah dan sayur

Tips berpuasa saat bekerja selanjutnya yaitu dikarenakan saat  berpuasa tubuh akan lebih cepat terasa lemas karena kehilangan banyak tenaga sehingga penting bagi Anda dalam memperhatikan menu saat sahur. Sayuran dan juga buah-buahan merupakan makanan yang penting untuk dikonsumsi saat sahur, namun seringkali di sepelekan. Pasalnya sayur dan buah dapat membantu menambah energi dalam tubuh yang dibutuhkan saat berpuasa. 

Hal tersebut dikarenakan buah dan sayur merupakan makanan berserat yang lama untuk dicerna oleh tubuh. Sehingga tidak heran jika dapat membuat Anda merasa kenyang yang lebih lama, vitamin dan mineral yang terkandung juga sangat baik untuk metabolisme tubuh. Kandungan itu juga yang dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme energi agar tubuh tetap merasa fit selama Anda berpuasa. 

Penuhi Kebutuhan Air yang Cukup

Tips berpuasa saat bekerja - Kebutuhan air yang cukup

Air merupakan salah satu hal yang dibutuhkan oleh tubuh terutama jika Anda sedang melakukan ibadah puasa. Kebutuhan air yang cukup Akan membantu tubuh Anda untuk tidak mudah merasa lelah dan dehidrasi karena kekurangan cairan tubuh. Namun tips berpuasa saat bekerja mengenai kebutuhan air tersebut tidak didapatkan dengan benar maka tubuh akan merasa lemas, lesu dan juga dapat membuat kepala Anda terasa pusing. 

Jika sudah seperti itu tentu akan mengganggu aktivitas berpuasa Anda dan juga pekerjaan yang ada lakukan. Ada baiknya jika Anda mulai mengatur kebutuhan air Anda dengan benar sesuai yang dianjurkan pada umumnya yaitu delapan gelas sehari. Adapun pembagiannya dengan cara minum dua gelas masing-masing pada saat sahur, berbuka, sesudah sholat tarawih, dan  sebelum tidur malam. 

Manfaatkan Jam Istirahat dengan Baik

Tips berpuasa saat bekerja - Memanfaatkan istirahat dengan baik

Terkadang jam istirahat saat berpuasa sering kali terasa lebih cepat berlalu, untuk itu sebaiknya memanfaatkan jam istirahat Anda. Adapun yang dimaksud pada tips berpuasa saat bekerja ini dengan melakukan ibadah selain shalat wajib seperti mengaji Al-quran, berdzikir, ataupun tidur. Hal ini sangat baik dilakukan untuk membuat Anda merasa lebih tenang saat berada di kantor dan terhindar dari godaan yang dapat membatalkan puasa. 

Anda juga bisa beristirahat atau tidur sejenak di tempat kerja untuk memulihkan tenaga Anda dalam waktu yang sebentar. Anda bisa tidur selama 15-30 menit, walaupun hanya sebentar akan tetapi saat Anda terbangun tubuh akan merasa lebih segar. Sehingga energi Anda akan kembali pulih dan dapat bekerja tanpa merasa lelah karena kurang istirahat. 

Hindari Kafein Ketika Sahur

Tips berpuasa saat bekerja - Menghindari kafein ketika sahur

Umumnya para pria sering mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dengan tujuan untuk mencegah rasa kantuk. Sehingga banyak juga yang memilih untuk mengkonsumsinya saat sahur, namun tahukah Anda hal tersebut justru bukanlah hal yang tepat. Mengkonsumsi minuman berkafein saat sahur akan membuat Anda lebih cepat dehidrasi karena memicu proses pengeluaran urine. 

Sementara jika Anda mengkonsumsinya saat berbuka akan berpengaruh pada kesehatan lambung Anda. Adapun sebaiknya tips berpuasa saat bekerja ini dilakukan dengan menghindari minuman yang terdapat kandungan kafein di dalamnya baik pada saat buka atau sahur agar tubuh tetap sehat.  Minuman tersebut umumnya seperti kopi, teh, dan juga minuman bersoda lainnya  yang memicu kurangnya kesehatan Anda. 

Interaksi dengan Teman Tanpa Obrolan Batil 

Tips berpuasa saat bekerja - Interaksi dengan teman

Saat Anda mulai merasakan jenuh atau bosan saat bekerja tidak ada salahnya untuk berinteraksi dengan rekan kerja Anda. Mengobrol dengan teman akan membuat Anda terhibur sekaligus menyegarkan pikiran Anda sehingga pekerjaan akan terasa lebih mudah. Anda dapat berbagi cerita dan bercanda pada teman untuk saling bertukar pikiran agar rasa bosan serta lelah menjadi hilang. 

Namun Anda juga harus bisa memilih obrolan yang tepat saat berpuasa, mengingat bahwa puasa bukan hanya menahan lapar dan haus tapi dengan hal buruk. Hindari obrolan yang tidak baik seperti menggosipi orang lain, yang mana hal tersebut akan mengurangi pahala puasa Anda. Begitu juga dengan perkataan yang keluar dari mulut harus selalu dijaga agar tidak menyakiti orang lain, dan mengeluarkan kata-kata buruk lainnya. 

Tips Lain Untuk Berpuasa saat Bekerja

Jauhi Godaan di Tempat Kerja

Tips berpuasa saat bekerja selanjutnya yaitu menghindari semua godaan yang ada di tempat kerja Anda. Ada banyak godaan yang akan jumpai saat bekerja yang dapat membuat Anda tergoda seperti makanan dan sebagainya. Hal tersebut biasanya berasal dari teman kerja Anda yang sedang tidak berpuasa atau makanan yang dijual oleh orang lain di dekat kantor Anda.

(Baca Juga: 10 + Minuman yang Laris di Bulan Puasa, Mudah Dibuat dan Enak)

Kontrol Emosi dan Bersabar

Pada saat Anda melakukan pekerjaan dimanapun itu, tentu akan ada sesuatu yang membuat Anda merasa ingin marah karena suatu hal. Baik emosi yang disebabkan oleh pekerjaan yang terlalu menyulitkan, teman kerja, atau juga karena atasan Anda yang tentu akan membuat Anda kesal atau tidak terima. Emosi juga merupakan suatu ujian dalam berpuasa sehingga Anda dituntut untuk bisa mengontrol emosi yang dikeluarkan agar tidak berlebihan. 

Saat itulah kesabaran Anda akan diuji, pekerjaan yang menumpuk atau adanya selisih paham antara rekan kerja dan atasan akan membuat Anda merasa stress dan tidak terkendali. Perbanyak istighfar untuk menenangkan pikiran Anda dan bersabarlah agar Anda bisa mengatasi semuanya. Mengontrol emosi dan bersabar dalam menghadapi masalah di tempat kerja  membuat Anda menyelesaikan masalah dengan kepala dingin

Jangan Terlalu Sering Melihat Jam

Agar waktu bekerja menjadi tidak terasa sebaiknya dilakukan dengan fokus bekerja dan lebih menyibukkan diri sehingga waktu akan terasa terlupakan. Namun jika Anda terlalu sering melihat ke arah jam maka waktu akan terasa lebih lama dan membuat Anda tidak semangat bekerja karena ingin segera pulang. Walaupun tips berpuasa saat bekerja ini terlihat sepele namun ada banyak orang yang sering mengalaminya di tempat kerja. 

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts