11 Tips Hemat Saat Lebaran Agar Tidak Boros Keuangan

Momen lebaran menjadi momen berkumpul bersama keluarga tercinta di kampung halaman. Namun sayangnya, keinginan untuk menghabiskan waktu semaksimal mungkin bersama keluarga di momen lebaran membuat pengeluaran tidak terkontrol. Untuk kamu yang kerap boros saat lebaran, kamu wajib mengetahui tips hemat saat lebaran yang ada di artikel ini.

Dengan mengikuti setiap tips hemat saat lebaran berikut, diharapkan kamu tetap dapat menyisihkan sebagian uang gaji setelah hari raya dan tidak menyedot uang tabungan kamu. Apalagi kamu harus membeli pakaian lebaran, membeli kue dan makanan saat hari raya, membeli tiket mudik dan membagikan uang THR ke sanak saudara.

11 Tips Hemat Saat Lebaran yang Wajib Diikuti

1. Buat Daftar Pengeluaran

tips hemat saat lebaran - Catatan Pengeluaran

Bagi beberapa orang, membuat daftar pengeluaran mungkin sudah biasa dilakukan. Namun sayangnya tidak semua orang melakukan hal ini hingga menyebabkan pengeluarannya sering membengkak tidak terkendali terutama di hari raya. Agar kamu tetap bisa berhemat meski ketika hari raya, pastikan kamu membuat daftar pengeluaran yang harus dilakukan saat hari raya.

Saat menuliskan daftar pengeluaran, bagikan tabel daftar pengeluaran itu ke beberapa kategori seperti pengeluaran pasti atau wajib yang tidak bisa ditunda, pengeluaran primer, pengeluaran opsional, dana cadangan, dan tabungan. Saat menuliskan daftar pengeluaran ke dalam beberapa kategori, kamu dapat menyisihkan sejumlah dana untuk pengeluaran wajib dan sisanya untuk lainnya.

Salah satu contoh pengeluaran pasti dan wajib seperti membayar tagihan listrik, tagihan air, tagihan paket data atau pulsa dan berbagai kebutuhan lainnya. Sementara pengeluaran primer meliputi makan, minum, dan sebagainya.2

2. Gunakan Opsi Transportasi Paling Ramah di Kantong

tips hemat saat lebaran - Kereta Api

Apabila kamu memutuskan untuk berangkat menggunakan opsi transportasi umum, maka pastikan kamu memilih opsi yang termurah jika ingin berhemat. Ada beberapa jenis opsi transportasi yang tersedia bergantung lokasi tujuan, waktu keberangkatan dan waktu sampai di tujuan dan sebagainya.

Apabila lokasi tujuan mudik kamu cukup jauh namun masih ada dalam satu pulau maka kamu bisa memilih beberapa jenis transportasi seperti bus, travel, kereta api, ataupun pesawat. Opsi pesawat tentu mempunyai kelebihan dari segi kecepatan dan anti macet, namun biaya untuk pesawat tentu sangat mahal. Oleh karena itu kamu bisa memilih opsi terhemat menurut kamu.

(Baca Juga: Ini Dia 5 Tips Aman Berkendaraan Saat Mudik Lebaran)

3. Jangan Mudah Tergoda oleh Potongan Harga

tips hemat saat lebaran - Diskon

Tidak dapat dipungkiri bahwa momen lebaran adalah momen dimana banyak masyarakat menghabiskan dana nya untuk berbelanja. Masyarakat akan menghabiskan dana nya untuk berbagai hal saat lebaran seperti baju baru, sepatu baru, makanan, dan sebagainya. Oleh karena itu momen ini dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk memberikan diskon gede-gedean saat lebaran.

Diskon besar-besaran tentu akan membuat kamu tergiur untuk membeli semua barang yang ditawarkan. Membeli barang saat diskon tentu tidak salah, namun pastikan kamu tidak berlebihan saat berbelanja. Pastikan kamu hanya membeli barang yang benar-benar kamu butuhkan saja. Kamu bisa berbelanja mengikuti daftar pengeluaran yang sudah dibuat sebelumnya.

Pastikan barang yang kamu beli adalah yang memang dibutuhkan dan tidak akan terbuang percuma. Sebenarnya momen diskon besar-besaran ini adalah momen terbaik untuk berhemat selama barang yang kamu beli adalah barang yang memang akan digunakan.

4. Kurangi Intensitas ke Mall

tips hemat saat lebaran - mall

Momen libur lebaran adalah momen yang paling sering dimanfaatkan masyarakat untuk berwisata ke berbagai tempat termasuk bersantai di mall. Bersantai di mall dengan berbagai pilihan restoran, tempat belanja dan tempat hiburan menjadi opsi yang paling disenangi. Sayangnya, terlalu sering berkunjung ke mall justru akan membuat pengeluaran kamu membengkak.

Pasalnya, saat kamu berkunjung ke mall kamu tentu akan tergiur melihat berbagai penawaran diskon yang diberikan terutama saat lebaran. Alhasil, pengeluaran kamu justru lebih besar untuk membeli berbagai barang yang tidak dibutuhkan dan mengakibatkan kebutuhan utama kamu tidak tercukupi.

5. Masak Sendiri Saja

tips hemat saat lebaran - masak

Makan dan kulineran di luar memang sangat menyenangkan apalagi untuk kamu yang memang malas memasak. Tapi, apabila kamu ingin lebih hemat saat lebaran, kamu sebaiknya mengubah kebiasaan makan di luar ini dan masak sendiri saja di rumah. Masak sendiri di rumah menjadi tips hemat saat lebaran yang paling jitu.

Dengan memasak sendiri di rumah apalagi untuk kamu yang sudah berkeluarga maka tentu pengeluaran akan berkurang. Kamu pun bisa menghemat lebih banyak pengeluaran jika memasak sendiri. Belum lagi memasak sendiri tentu akan lebih menjamin kesegaran dan kesehatan makanan yang dihasilkan untuk keluarga.

6. Usahakan Menghemat Penggunaan Listrik

tips hemat saat lebaran - menghemat penggunaan listrik

Tagihan listrik termasuk ke dalam kebutuhan utama yang tidak dapat ditunda-tunda. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menghemat pengeluaran listrik. Kami bisa menghemat tagihan listrik dengan cara mengurangi pemakaiannya. Sebenarnya ada beberapa cara menghemat listrik yang bisa dilakukan seperti mencabut semua kabel listrik peralatan elektronik yang tidak digunakan.

Kabel charger smartphone termasuk ke dalam salah satu kabel listrik yang sering kali tidak dicabut dari terminal meski setelah selesai digunakan. Meski terlihat remeh, namun kebiasaan buruk satu ini bisa menyebabkan tagihan listrik keluarga kamu membengkak.

7. Gunakan Transportasi Publik

tips hemat saat lebaran - Trasnportasi publik

Apabila kamu lebih sering menggunakan transportasi pribadi atau menggunakan transportasi online untuk bepergian, cobalah sekali-kali memilih menggunakan transportasi publik. Menggunakan transportasi publik dapat menghemat lebih banyak pengeluaran terutama untuk perjalanan jarak sedang atau bahkan jauh di daerah Jabodetabek. Kamu bisa memilih menggunakan angkutan umum seperti kereta listrik, busway dan lainnya.

8. Cari Promo Tiket Murah

tips hemat saat lebaran - Tiket promo

Agar biaya transportasi kamu lebih murah, sebaiknya carilah promo tiket murah yang ditawarkan melalui website travel. Pada beberapa kesempatan biasanya akan ditawarkan tiket murah beserta diskon yang cukup menggiurkan. Apabila sudah tertera harga yang murah jangan ragu-ragu untuk segera membeli karena promo diskon mempunyai masa berlaku selama beberapa waktu saja.

(Baca Juga: Bosan Dirumah Saat Lebaran? Ini Dia Rekomendasi Tempat Wisata Sepi Saat Lebaran yang Patut Dikunjungi)

9. Berhemat Selama Bulan Puasa

tips hemat saat lebaran - Berhemat saat puasa

Agar saat lebaran kamu bisa hemat, sebaiknya kebiasaan hemat tersebut harus dimulai sejak bulan Ramadhan. Ada beberapa cara hemat yang bisa kamu lakukan selama bulan puasa seperti makan makanan sederhana dan tidak berlebih-lebihan. Kamu juga bisa berhemat dengan cara memasak makanan sendiri baik untuk sahur serta berbuka puasa. Dengan berhemat ketika bulan puasa, maka akan ada lebih banyak dana yang kamu simpan dan bisa digunakan ketika lebaran tiba.

10. Buat Kue Lebaran Sendiri

tips hemat saat lebaran - Buat kue lebaran sendiri

Selain memasak makanan untuk keluarga sendiri di rumah, tips hemat saat lebaran lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat kue-kue lebaran sendiri. Apabila kamu belum memiliki banyak pilihan resep kue kering ataupun kue basah untuk disajikan saat lebaran, kamu bisa mencari resep-resep kue lebaran di website dan saluran Youtube.

Membuat kue lebaran sendiri di rumah tentu akan menghemat lebih banyak dana karena kamu hanya perlu membeli beberapa bahan-bahan saja seperti tepung terigu, telur, mentega, gula dan sebagainya. Kamu bisa mengolah seluruh bahan tersebut menjadi kue lebaran yang menarik selera.

Selain lebih menghemat pengeluaran, memasak kue lebaran sendiri dapat mempererat hubungan antara anggota keluarga. Kamu bisa merencanakan momen memasak kue lebaran sebagai waktu untuk mendekatkan antara anggota keluarga.

11. Cat Rumah Sendiri

tips hemat saat lebaran - mengecat rumah

Selain membeli baju baru, salah satu ciri khas perayaan lebaran di tanah air adalah dengan mengecat dinding rumah. Memberi tampilan baru ke rumah akan membuat suasana lebaran terasa semakin meriah dan berbeda. Jika meminta tukang untuk mengecat rumah tentu akan membuat kamu harus menghabiskan lebih banyak dana untuk membayar jasa mereka.

Jika kamu memang sedang penghematan, sebaiknya kamu mengecat sendiri saja dinding tembok rumah. Kelebihan mengecat dinding rumah sendiri selain sebagai salah satu tips hemat saat lebaran adalah kamu bisa mempererat rasa kekeluargaan dan kerja sama antara anggota keluarga. Kamu juga bisa berkreativitas mengkombinasikan beberapa pilihan warna seperti yang diinginkan.

Momen hari raya lebaran menjadi momen yang sangat dinanti umat muslim Indonesia. Ada banyak hal yang biasa dilakukan mulai dari silaturahmi ke sanak keluarga, berlibur, pulang kampung dan sebagainya. Kegiatan tersebut seringkali menyebabkan keuangan menjadi bangkrut. Oleh karena itu, pastikan kamu mengikuti setiap tips hemat saat lebaran yang telah dijabarkan di atas.

Total
47
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts