Gaji Selalu Habis? Tips Mengatur Keuangan Ini Harus Dicoba!

Tips mengatur keuangan sangat penting bagi Anda yang baru memulai kerja. Sebab, jika tidak pandai dalam mengaturnya, maka jangan heran gaji Anda akan habis tanpa tahu kemana. Parahnya lagi, jika Anda sampai tidak memiliki tabungan cadangan untuk masa depan. padahal, memiliki tabungan sangat penting untuk kebutuhan yang mendadak. Hal tidak terduga kerap terjadi sewaktu-waktu.

Oleh sebab itu, mulai sekarang Anda harus mulai peduli mengenai pengelolaan keuangan yang baik. Cara pengelolaan keuangan di bawah ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk mengelola keuangan yang baik.

Memiliki Rekening Lebih dari Satu

 tips mengatur keuangan - rekening bank

Memiliki rekening lebih dari akan memudahkan Anda dalam mengatur segala transaksi. Jangan sampai menggunakan rekening untuk menabung dan bertransaksi yang sama.  Sebab, akan mengacaukan pengelolaan keuangan Anda. Pengeluaran uang tidak akan terkontrol. Anda akan menggunakan uang yang sudah direncanakan untuk ditabung. 

Hingga tanpa terasa Anda menggunakan semua uang tersebut. Berikut ini manfaat dari tips mengatur keuangan dengan memiliki tabungan lebih dari satu :

Uang Lebih Mudah Dikontrol

Kebutuhan keuangan Anda tidak hanya satu jenis saja, tapi terdapat beberapa kebutuhan. Anda dapat membuat rekening sesuai dengan kebutuhan keuangan yang ingin dipisahkan. Misalnya, kesehatan, pendidikan, kebutuhan harian. Dengan demikian, setiap pengeluaran dan pemasukan dapat dengan mudah terkontrol. Anda tidak perlu lagi bingung uang tiba-tiba habis tanpa tahu untuk apa.

(Baca Juga: Tips Penting Untuk Kamu Yang Sudah Berkeluarga, Mengatur Keuangan Rumah Tangga)

Mempermudah Untuk Hemat

Untuk kebutuhan sehari-hari Anda dapat menggunakan satu rekening terpisah. Jatah jumlah uang per bulannya dari uang gaji Anda. Usahakan uang tersebut harus cukup hingga satu bulan ke depan. Hindari penggunaan uang dari rekening lain. Dengan begitu, Anda akan lebih hemat. Yang terpenting adalah Anda harus disiplin dalam proses penerapannya.

Uang Tabungan Aman

Dengan melakukan tips mengatur keuangan satu ini, uang tabungan Anda akan aman. Karena rekening tabungan terpisah dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari. Uang tabungan tidak akan terpakai untuk kebutuhan lainnya. 

Usahakan Anda tidak memiliki aplikasi banking untuk rekening tabungan. Hal ini bertujuan agar Anda tidak gatal menggunakannya karena akses yang mudah. Jadi, jadikan rekening tersebut hanya sebagai penampung.

Mengatur Keuangan dengan Menyisihkan Gaji

Menyisihkan gaji untuk ditabung sangat penting. Anda harus menyisihkannya langsung setelah menerima gaji agar tidak dipakai untuk yang lain. Idealnya, Anda harus menyisihkan 10 % gaji. Hal ini harus dilakukan setiap bulan. Misalnya gaji Anda adalah Rp5.000.000, maka setiap bulannya Anda wajib menyisihkan Rp500.000. Uang tersebut tidak boleh digunakan kecuali sangat mendesak.

Sisa dari uang gaji dapat Anda bagi-bagi untuk kebutuhan lain, misalnya adalah kesehatan, liburan, dan kebutuhan sehari-hari. Meski jumlah yang ditabung setiap bulannya tidak banyak, tapi akan sangat membantu. Tapi, jika penghasilan bulanan anda terbilang besar dan tidak ngepas UMR, maka gunakan tips mengatur keuangan di bawah ini :

  • 50% untuk kebutuhan sehari-hari, Anda dapat menggunakannya untuk makan, uang transport, internet, dan jajan. Usahakan cukup hingga gajian berikutnya.
  • 30% untuk menabung, jumlahnya harus konsisten dan Anda harus disiplin. Uang tabungan ini dapat dialokasikan untuk kesehatan, kebutuhan mendesak, bahkan pendidikan.
  • 20% untuk liburan. Walau bagaimanapun, Anda tidak boleh terus menerus bekerja. Tapi juga harus berlibur. Hal ini penting untuk kesehatan mental, sehingga produktivitas Anda tetap terjaga.

Pola penyisihan uang, tergantung dari kebutuhan dan penghasilan Anda. Yang harus ditekankan adalah Anda harus mengkalkulasi kebutuhan bulanan terlebih dahulu. Sehingga dapat memperkirakan jumlah ideal untuk menabung.

Mencatat Setiap Pengeluaran Keuangan Bulanan

 tips mengatur keuangan - mencatat pengeluaran bulanan

Pencatatan ini sangat penting dilakukan agar Anda mengetahui penggunaan uang selama satu bulan. Sehingga, Anda tidak akan merasa uang tiba-tiba habis. Dari catatan tersebut, Anda juga dapat melakukan evaluasi.

Evaluasi ini menyangkut kebutuhan Anda selama sebulan. Anda dapat menentukan pola konsumsi, pengeluaran terbanyak, dan hal yang tidak perlu untuk dibeli. Sehingga, di bulan berikutnya Anda dapat mengelola keuangan dengan lebih baik.

Dengan catatan tersebut, Anda juga dapat melakukan perencanaan belanja bulanan. Selain itu, Anda dapat menganalisis penyebab keuangan jebol. Berikut ini tips mengatur keuangan dengan cara pencatatan yang dapat Anda ikuti:

Catat Menggunakan Buku Keuangan Pribadi

Pencatatan menggunakan buku banyak digunakan oleh banyak orang. Selain lebih mudah dibuat dan nyaman dilihat, buku juga dapat disimpan untuk waktu lama. Sehingga, Anda dapat membuka kembali catatan keuangan lama. Tapi, terkadang ada transaksi yang luput dari pencatatan. Biasa saja Anda lupa dengan transaksi yang terjadi sepanjang hari tersebut. Selain itu, terkadang catatan tidak rapi dan ambigu.

Catat Menggunakan Ponsel

Kini sudah banyak bermunculan aplikasi pencatat keuangan. Anda dapat menggunakan salah satunya untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi setiap saat. Cara ini lebih mudah dari pencatatan manual. Karena Anda setiap hari pasti membawa ponsel, sehingga pencatatan akan lebih rinci dan rapi. Anda juga bisa mengeceknya setiap saat dan melakukan evaluasi dengan cepat.

Catat Menggunakan Excel

Jika skala transaksi Anda sudah besar, maka pencatatan menggunakan excel sangat membantu. Anda dapat mengolah data keuangan dengan leluasa karena fiturnya lebih lengkap.

Menemukan Penghasilan Tambahan yang Menjadi Solusi Terbaik

 tips mengatur keuangan - penghasilan tambahan

Jika pendapatan Anda saat ini masih rendah dan belum memungkinkan untuk melakukan tips mengatur keuangan, maka mencari penghasilan tambahan merupakan solusi terbaik. Memang akan sedikit sulit dalam menemukan pekerjaan sampingan.

Namun, ini akan sangat membantu finansial Anda. Jangan pilih pekerjaan sampingan yang dapat mengganggu pekerjaan utama Anda. Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa pekerjaan sampingan yang mudah tapi menguntungkan:

Reseller

Penghasilan dari seorang reseller sangat menguntungkan. Jika Anda berhasil menjual banyak barang, maka keuntungan Anda juga akan semakin banyak. Pilih barang yang banyak dicari oleh orang lain, misalnya keluarga, teman-teman, dan orang di lingkungan Anda.

Dengan meningkatnya penghasilan yang Anda peroleh, maka tips mengatur keuangan dapat dilakukan dengan mudah.

Freelancer

Banyak jenis pekerjaan freelance, Anda dapat menyesuaikan dengan passion dan keahlian yang Anda miliki. Beberapa inspirasi yang dapat Anda lakukan diantaranya adalah menulis, desain grafis, atau editing video.

(Baca Juga: Simak Yuk, Usaha yang Bisa Menghasilkan Uang Untuk Pelajar)

Menjadi Blogger

Menjadi blogger dapat menghasilkan banyak keuntungan. Dengan memanfaatkan iklan yang dapat tayang di blog, Anda berpeluang menghasilkan uang melimpah. Hal yang harus diperhatikan saat membuat blog adalah topik.

Pilih topik yang paling banyak dicari dan digemari banyak orang. Buat tampilan blog semenarik mungkin dan tentunya kontennya berkualitas.

Jangan Sering Menggunakan Kartu Kredit

 tips mengatur keuangan - kartu kredit

Kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit memang tidak dapat dipungkiri sangat menggiurkan. Anda dapat membeli banyak barang sesuka hati tanpa khawatir saldo tabungan saat itu. Sebab, pembayarannya dapat dilakukan saat gajian. Tapi, tindakan ini sangat berbahaya bagi keuangan. Anda akan sangat konsumtif dan bahkan menggunakan kartu kredit untuk hal yang tidak perlu.

Bahkan karena penggunaannya yang berlebihan, gaji bulanan Anda bisa langsung habis seketika untuk membayar. Parahnya lagi, bahkan bisa minus dan menjadi hutang. Oleh sebab itu, hindari penggunaan kartu kredit sebisa mungkin. Saran kami, jika Anda ingin benar-benar berhasil mengelola keuangan, maka jangan pernah membuat kartu kredit. Terlebih lagi kalau Anda tipe orang yang tidak dapat mengendalikan keinginan.

Tips Mengatur Keuangan dengan Investasi

Banyak orang yang hanya fokus menabung tanpa peduli mengenai investasi. Meski memiliki risiko kerugian, namun melakukan investasi jauh lebih menguntungkan daripada menabung.

Bahkan jika Anda paham dan menentukan jenis investasi yang tepat, maka kerugian tidak akan terjadi. Banyak jenis investasi yang dapat Anda pilih saat ini, misalnya adalah obligasi, emas, properti, bahkan saham. Berikut ini adalah keuntungan berinvestasi jika dibandingkan dengan menabung:

Saldo Uang Akan Terus Bertambah

Jika Anda menabung, uang dalam tabungan hanya akan berjumlah sesuai dengan yang ditabung. Sedangkan jika Anda berinvestasi, maka uang tersebut akan bertambah banyak sesuai dengan profit perusahaan. Alasannya adalah uang yang Anda investasikan dikelola oleh perusahaan. Sehingga, akan ada keuntungan yang juga dibagikan untuk Anda. Oleh sebab itu, jumlahnya akan terus bertambah.

Jika Anda berinvestasi dalam bentuk emas dan properti, nilai keduanya akan terus naik sepanjang waktu. Hampir tidak mungkin emas dan properti turun harga Berinvestasi menjadi tips mengatur keuangan jangka panjang efektif.

Tidak Terdampak Inflasi

Karena uang yang diinvestasikan terus berputar sebagai modal usaha, maka nilainya akan mengikuti perkembangan mata setiap saat. Jika ada kenaikan nilai mata uang, maka uang yang diinvestasikan otomatis bertambah juga. Berbeda halnya dengan menabung biasa. Uang tidak akan mengikuti perkembangan inflasi. Saat nilai mata uang naik, maka nilai mata uang Anda tidak akan ikut naik.

Uang Investasi Lebih Bermanfaat

Uang yang Anda investasikan kepada perusahaan atau umkm akan menjadi modal bagi mereka. Terlebih lagi jika wadah investasi yang Anda gunakan menunjang perusahaan dalam negeri. Maka secara langsung Anda berperan dalam pembangunan perekonomian negara. Jika Anda hanya menabung uang, maka uang tersebut tidak akan berputar dan bermanfaat untuk orang lain.

Pengelolaan keuangan memang terdengar sederhana. Padahal, praktiknya sangat rumit dan banyak tantangan. Oleh sebab itu, tips mengatur keuangan bulanan di atas dapat dijadikan referensi.

Total
2
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts