Yuk Simak, 5 Kisah Sukses Tokoh Difabel Dunia Inspiratif

Tokoh Difabel Dunia Inspiratif

Tokoh Difabel Dunia Inspiratif – Tidak ada manusia yang sempurna di muka bumi ini, karena kesempurnaan hanyalah milik Tuhan Yang Maha Esa. Ketidaksempurnaan yang dimiliki manusia bisa saja berasal dari ketidaksempurnaan bentuk tubuh, bagian tubuh, sifat, perilaku, dan banyak yang lainnya. Meskipun, pada dasarnya manusia ingin menjadi makhluk yang sempurna. Akan tetapi, bila Sang Pencipta berkata lain, maka tidak ada yang bisa menolaknya. 

Begitu pula dengan orang-orang yang terlahir dengan memiliki cacat atau kekurangan sejak lahir, yang dengan kata lain difabel. Difabel yaitu orang-orang yang memiliki cacat fisik maupun fungsinya sejak lahir. Mereka seringkali terangsingkan dalam lingkungan kehidupan karena dianggap berbeda dari orang kebanyakan. 

Akan tetapi, mereka sebenarnya sama dan setara dengan manusia lainnya dan bahkan banyak dari mereka yang lebih hebat dari orang pada umumnya. Meski memiliki kekurangan, tak sedikit dari mereka yang menjadi orang hebat dan memiliki banyak kelebihan. Oleh karena itu, pada tanggal 3 Desember di setiap tahun, menjadi hari untuk memperingati hari difabel sedunia. 

Selain hebat dan memiliki banyak kelebihan, mereka juga seringkali menjadi inspirasi bagi orang lain karena kisah sukses mereka. Nah, di bawah ini adalah 5 kisah sukses dari tokoh difabel dunia inspiratif yang akan membuka mata dan pikiran Anda. Siapa sajakah tokoh-tokoh tersebut? Yuk, langsung simak saja ulasannya berikut ini.

Tokoh Difabel Dunia Inspiratif 

 1. Angkie Yudistia 

Tokoh Difabel Dunia Inspiratif - Angkie Yudistia

Kisah tokoh difabel dunia inspiratif yang pertama yaitu Angkie Yudistia. Angkie Yudistia adalah seorang wanita asal Indonesia yang memiliki kekurangan pendengaran sejak ia kecil. Meskipun ia memiliki kekurangan dan dianggap berbeda dengan orang kebanyakan, ia tak patah semangat untuk terus menuntut ilmu setinggi mungkin. 

Ia seringkali kesulitan memahami pelajaran yang disampaikan di sekolah karena kekurangan pendengaran yang ia miliki. Sehingga, Angkie pun harus berusaha lebih dalam belajarnya untuk memahami pelajaran tersebut. Selain itu, ia juga seringkali mendapat diskriminasi dan hinaan dari teman-teman di sekolahnya. 

Walau demikian, ia berhasil menyelesaikan sekolahnya hingga ke jenjang SMA. Ia pun melanjutkan studinya itu ke jenjang yang lebih tinggi di London School of Public Relations, sebuah perguruan tinggi internasional yang bergengsi. Tak hanya berhasil masuk di perguruan tinggi bergengsi saja, ia juga berhasil lulus dengan nilai IPK cumlaude di perguruan tinggi itu.

(Baca Juga: Orang Terkaya Di Dunia Yang Hidup Sederhana, Ini Dia Sosoknya)

Dari pengalamannya tersebut, kini Angkie mulai aktif menjadi relawan sosial tunarungu dan membagikan kisahnya untuk menginspirasi orang lain. Selain itu, ia juga aktif menuliskan ceritanya dengan tujuan agar membuat orang lain terinspirasi, khususnya para difabel agar tidak patah semangat dan terus berjuang. 

Dari kisah sosok Angkie ini, pelajaran yang dapat dipetik yaitu bahwa semua manusia pada dasarnya sama dan tidak perlu adanya diskriminasi. Sebaliknya, manusia yang lain harusnya saling mendukung dan membantu manusia lain yang memiliki kekurangan. Selain itu, manusia yang kekurangan bukan berarti tidak memiliki kelebihan, bahkan mereka bisa jadi lebih hebat dari orang kebanyakan. 

2. Nick Vujicic

Tokoh Difabel Dunia Inspiratif - Nick Vujicic

Kisah mengagumkan lainnya dari tokoh difabel dunia inspiratif yaitu Nick Vujicic yang berasal dari Australia. Nick Vujicic merupakan difabel yang tidak memiliki kaki dan juga tangan semenjak ia lahir. Hal ini disebabkan oleh sebuah syndrom yang dideritanya yaitu Tetra-amelia Syndrom. Syndrom ini mengakibatkan pertumbuhan bagian tubuh untuk alat geraknya tidak tumbuh. 

Seperti kebanyakan difabel, Nick Vujicic mengalami diskriminasi dan ejekan dari lingkungan sekitarnya. Ia pun merasa tertekan karena hal itu. Namun, ia akhirnya sedikit demi sedikit berhasil menghilangkan tekanan tersebut karena itu mampu hidup mandiri meski dengan kekurangan yang ia miliki. 

Nick juga berhasil merampungkan studinya hingga ke jenjang perguruan tinggi. Ia juga telah banyak menginspirasi banyak orang di seluruh dunia melalui seminar-seminar motivasi yang ia isi. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 25 negara yang ia kunjungi untuk memberikan seminar motivasi tersebut. 

Selain mengisi seminar motivasi, ia juga sedang mengembangkan sebuah organisasi nirlaba. Organisasi ini didirikan dengan tujuan agar orang difabel terus berkembang dan tetap semangat serta hidup mandiri. 

3. Anthony Robles

Tokoh Difabel Dunia Inspiratif - Anthony Robles

Kisah sukses dari tokoh difabel dunia inspiratif lainnya yaitu dari Anthony Robles yang berasal dari Amerika. Anthony Robles lahir pada 20 Juli 1988 dan merupakan seorang difabel dengan cacat fisik. Ia memiliki kekurangan dengan hanya memiliki satu kaki saja. Meski demikian, Anthony Robles berprofesi sebagai seorang pegulat profesional, sebuah profesi yang sejatinya mengandalkan fisik.

Banyak orang yang kagum akan kehebatannya dalam bergulat meski ia hanya memiliki satu kaki. Ia berhasil memenangkan banyak pertarungan internasional dan mengalahkan para lawannya yang tidak memiliki kekurangan fisik apapun. Oleh karena, ia menjadi tokoh difabel dunia inspiratif yang telah memotivasi banyak orang. 

Anthony Robles juga telah mendapatkan sebuah penghargaan sebagai Most Courageous Athlete Award pada tahun  2012. Selain berprofesi sebagai pegulat profesional, ia juga aktif sebagai pengisi seminar motivasi untuk para difabel agar selalu semangat dan tidak putus asa. 

4. Stevie Wonder

Tokoh Difabel Dunia Inspiratif - Stevie Wonder

Kisah tokoh difabel dunia inspiratif selanjutnya yaitu dari Stevie Wonder. Stevie Wonder adalah seorang penyanyi multitalenta yang berasal dari Amerika. Ia adalah seorang difabel dengan kekurangan penglihatan atau tunanetra sejak lahir. Kebutaan yang ia alami disebabkan oleh kelahiran 6 minggu lebih awal. Hal ini selanjutnya menyebabkan pembuluh darah di bagian mata nya tidak bekerja secara normal. 

Meski demikian, Stevie Wonder mempunyai bakat di dunia musik yang sangat mengagumkan. Awal karirnya pun dimulai pada tahun 1980an. Selain seorang penyanyi profesional, ia juga seorang multi instrumentalis. Oleh karena itu, ia juga dikenal sebagai pianis terkenal. Selain itu, ia juga seorang penulis lagu yang handal. 

(Baca Juga: Tips Penting Untuk Kamu Yang Sudah Berkeluarga, Mengatur Keuangan Rumah Tangga)

Pada usia 11 tahun, ia telah memiliki album pertamanya dengan lebih dari 30 lagunya menjadi hits pada masanya. Stevie Wonder telah berhasil menciptakan lebih dari 25 album dan memenangkan berbagai penghargaan. Salah satu penghargaan paling bergengsi yang ia memenangkan yaitu Grammy Award sebanyak lebih dari 20 kali. 

Terlepas dari kekurangan yang ia miliki, ia berhasil mencapai kesuksesan yang jarang dapat dicapai oleh orang yang tanpa cacat sekalipun. Oleh karena itu, ia menjadi salah satu tokoh difabel dunia inspiratif yang telah banyak memotivasi banyak orang di dunia. 

5. Helen Keller

Tokoh difabel dunia inspiratif lainnya yaitu Helen Keller, seorang wanita asal Amerika. Kisahnya sangat memotivasi banyak orang sehingga kisahnya dimuat dalam sebuah film berjudul The Miracle Worker. 

Seorang Helen Keller yang tunarungu dan tunanetra berhasil menjadi seorang dosen, aktivis politik dan juga penulis berkat bantuan dari gurunya, Anne Sullivan. Anne Sullivan membantu Helen Keller mengerti lingkungannya dengan mengajarkan bahasa yang dapat ia mengerti. 

Nah, itulah 5 kisah sukses tokoh difabel dunia inspiratif yang berhasil memotivasi banyak orang karena kesuksesan mereka dengan keterbatasan yang mereka miliki. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan menginspirasi, ya.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts