Apa Itu Penyakit Tidak Menular? Tetapkah Berisiko?

Apa Itu Penyakit Tidak Menular? Tetapkah Berisiko?
Apa Itu Penyakit Tidak Menular? Tetapkah Berisiko?

Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti Namanya, yaitu suatu penyakit yang tidak akan menyebar melalui penularan. Hal ini karena penyebabnya bukan berasal dari virus, bakteri atau sejenisnya.

Baca juga : Apa Itu Penyakit Ain? Sepele Tapi Berbahaya

Penyakit ini lebih sering disebabkan karena faktor pola makan atau gaya hidup seseorang yang tidak baik untuk kesehatan sehingga tidak akan bisa ditularkan. Tingkat sakitnya juga beragam tergantung dari seberapa buruknya pola hidup tersebut.

Oleh karena itu, meskipun tidak menular akan tetapi sangat penting untuk mengetahui seberapa buruk dampak dari penyakit ini. Apalagi jika sudah menyerang organ vital yang bisa berakibat fatal.

Mengenali Apa Itu Penyakit Tidak Menular

Mengenali Apa Itu Penyakit Tidak Menular
Mengenali Apa Itu Penyakit Tidak Menular

Akibat dari perilaku dan pola hidup penduduk yang kian hari semakin tidak sehat, maka trend penyakit menular telah bergeser menjadi penyakit yang tidak menular. Bahkan WHO, dominasi masalah kesehatan masyarakat saat ini adalah PTM.

Penyakit ini juga menjadi salah satu faktor utama penduduk meninggal dari berbagai kalangan usia. Penyakit yang diderita paling banyak contohnya adalah stroke, hipertensi, kanker, diabetes mellitus dan penyakit jantung.

Penyakit tidak menular itu sendiri merupakan sakit dalam tubuh yang tidak akan bisa ditularkan ke orang lain melalui media apapun. Sebab, penyakit ini bukan karena perkembangbiakan jamur, bakteri, virus atau sejenisnya.

Melainkan, penyakit ini akan dating dalam jangka waktu yang lama dan menggerogoti tubuh sedikit demi sedikit sehingga efeknya tidak akan langsung dirasakan saat itu juga. Mungkin pada mulanya kalian akan merasakan gejala ringan sehingga sering mengabaikannya.

Padahal bisa jadi gejala yang ringan tersebut merupakan peringatan diri dari penyakit yang tidak menular di masa depan. Jadi, sebisa mungkin untuk tidak mengabaikan setiap gejala sakit yang dirasakan.

Sebab, penyakit ini bisa diibaratkan seperti racun yang menumpuk dan akan menjadi berbahaya di suatu hari nanti. Contohnya adalah serangan jantung tiba-tiba yang bisa disebabkan oleh pola makan tidak baik.

Penyakit tidak menular yang paling sering menyerang adalah penyakit kronis seperti kanker, diabetes, penyakit paru atau masalah pernapasan, jantung dan lain sebagainya yang menyerang organ vital tubuh.

Jadi, bisa dikatakan jika penyakit ini justru lebih berbahaya karena sekalinya terdampak, akan susah untuk sembuh dan bugar total. Bahkan, penyakit kronis tersebut bisa sekali menyerang dan penderitanya langsung meregang nyawa saat itu juga. 

Penyebab Adanya Penyakit Tidak Menular

Penyebab Adanya Penyakit Tidak Menular
Penyebab Adanya Penyakit Tidak Menular

Mengenai penyakit ini ada beberapa hal yang bisa memicu dan meningkatkan risikonya selain dari gaya hidup seseorang. Diantaranya adalah karena genetic, faktor lingkungan seperti tinggal di daerah dengan polusi yang tinggi dan faktor usia.

Penyakit ini juga bisa disebabkan karena gaya hidup tidak sehat seperti kebiasaan merokok, kurang olahraga, kebiasaan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, terlalu sering mengkonsumsi junk food, gula berlebihan dan sejenisnya.

Tentunya faktor-faktor penyebab tersebut tidak akan langsung kita rasakan melainkan berjangka panjang. Jika kebiasaan kalian adalah memiliki gaya hidup tidak sehat setiap hari, maka dalam beberapa tahun ke depan dampaknya baru bisa dirasakan.

Tentunya dampak yang dirasakan berupa penyakit tidak menular ini dan berujung kesehatan akan susah untuk kembali normal. Sebab, penyakit tersebut menyerang organ vital manusia.

Jenis-Jenis Penyakit yang Tidak Menular Risiko Tinggi

Jenis-Jenis Penyakit yang Tidak Menular Risiko Tinggi
Jenis-Jenis Penyakit yang Tidak Menular Risiko Tinggi

Dari sekian banyaknya penyakit saat ini, ada beberapa penyakit yang tidak menular tetapi memiliki risiko sangat tinggi bahkan terhadap kematian. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Diabetes Mellitus

Diabetes adalah salah satu penyakit tidak menular dan cukup menjadi masalah di Indonesia. Penyakit ini termasuk kronis dan disebabkan oleh kadar gula darah pada tubuh terlalu tinggi.

Untuk diabetes ini bisa disebabkan karena keturunan atau gaya hidup yang tidak baik. Misalnya adalah sering mengonsumsi makanan dan minuman dengan pemanis yang berlebihan.

Perlu diketahui juga bahwa diabetes yang sudah akut akan memicu komplikasi atau penyakit lain seperti gagal ginjal, sakit jantung, infeksi bahkan kebutaan. Oleh karena itu, diabetes sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.

  • Penyakit Jantung

Masalah berbahaya selanjutnya adalah munculnya penyakit kardiovaskular, yaitu gangguan yang terjadi pada pembuluh darah khususnya di jantung. Penyakit ini sangat berbahaya dan bisa membuat penderitanya meninggal mendadak.

Bahkan penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia setelah stroke. Selain itu, sakit jantung erat kaitannya dengan penyakit kronis lainnya seperti obesitas, tekanan darah tinggi dan aterosklerosis.

  • Kanker 

Penyakit tidak menular lainnya adalah kanker yang termasuk dalam kategori penyumbang kematian tertinggi setelah stroke dan jantung. Namun, kanker yang paling berbahaya dan sering menyebabkan kematian adalah kanker paru-paru pada pria.

Penyebab terbesarnya karena kebiasaan hidup yang tidak baik, yaitu menjadi pecandu berat rokok. Setelah itu, kanker serviks dan payudara pada wanita menjadi penyebab kematian tertinggi berikutnya.

  • Gagal Ginjal

Salah satu penyumbang kematian tertinggi di Indonesia adalah penyakit gagal ginjal. Memang ada berbagai jenis sakit ginjal namun yang menjadi penyebab kematian tertinggi adalah ginjal kronis.

Seseorang yang menderita ginjal kronis diharuskan untuk melakukan cuci darah secara rutin. Penanganan ini bahkan harus dilakukan seumur hidup dan jika telat sedikit saja, maka nyawa akan menjadi taruhannya.

Cara Menyembuhkan Penderita Penyakit Tidak Menular

Cara Menyembuhkan Penderita Penyakit Tidak Menular
Cara Menyembuhkan Penderita Penyakit Tidak Menular

Lantas bagaimana cara untuk menyembuhkan penyakit ini? Tentunya ada satu hal yang perlu kalian ketahui bahwa penyakit yang tidak menular ada banyak macamnya dan tentunya cara penyembuhannya pasti berbeda.

Contohnya adalah untuk ginjal kronis, maka harus dilakukan perawatan secara berkala dan rutin, yaitu cuci darah. Namun, hal ini akan berbeda dengan penderita diabetes yang lebih menekankan kepada perbaikan pola makan dan mengurangi gula.

Kemudian, jika kalian tengah menderita salah satu dari penyakit yang tidak menular tersebut, maka sudah pasti harus memeriksakan diri ke dokter spesialis. Tentunya cara ini dilakukan supaya segera mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Penyakit tidak menular tidak bisa didiagnosis mandiri. Meskipun kita bisa mengontrol mandiri dengan melakukan pengecekan gula darah, kolesterol, tekanan darah dan sejenisnya secara rutin.

Jadi, apabila ketika melakukan self care dan mendapati salah satunya tinggi, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan lanjut. Akan lebih baik apabila penyakit tersebut bisa dideteksi sejak dini sehingga akan mengurangi risikonya.

Cara Mencegah Penyakit Golongan Tidak Menular

Cara Mencegah Penyakit Golongan Tidak Menular
Cara Mencegah Penyakit Golongan Tidak Menular

Bisakah penyakit yang tidak menular seperti ini bisa dicegah? Tentunya semuanya bisa dicegah karena penyebab utamanya adalah gaya hidup yang tidak sehat. Jadi, tentu cara pertama yang perlu dilakukan adalah memperbaiki pola hidup.

Ada istilah untuk mencegah penyakit tidak menular, yaitu menerapkan perilaku cerdik dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mengecek kondisi kesehatan secara berkala dan sangat direkomendasikan supaya kalian bisa mengetahui perkembangan kesehatan tubuh yang terkini. Cara ini sangat efektif untuk melakukan deteksi dini khususnya bagi orang dengan risiko tinggi.
  2. Cara kedua dengan mengenyahkan asap rokok atau menghindari kebiasaan merokok. Jika Kalian adalah pecandu rokok, maka sebaiknya kurangi dan jika bisa dihentikan sejak sekarang.
  3. Rajin aktivitas fisik seperti berolahraga secara rutin juga perlu dilakukan untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Setidaknya lakukan 10 menit dalam satu hari dan rutin untuk menjaga tubuh.
  4. Kemudian melakukan diet dengan menjaga asupan tubuh. Konsumsi makanan dengan kalori yang seimbang sehingga tubuh bisa semakin fit dan kebutuhan nutrisi terpenuhi secara sempurna.
  5. Lakukan istirahat yang cukup karena tubuh memiliki batas untuk bekerja. Ketika tubuh sudah memberikan sinyal lelah, maka kalian harus istirahat dengan benar supaya bisa kembali bugar.
  6. Cara terakhir untuk mencegah penyakit tidak menular adalah dengan mengendalikan stress. Pikiran yang tidak terkendali dan membuat mental kacau bisa menimbulkan berbagai penyakit kronis.

Cara-cara tersebut merupakan langkah yang harus kalian lakukan untuk menjaga kondisi tubuh. Mengendalikan pikiran untuk tetap berpikir positif, rajin berolahraga dan menerapkan pola hidup yang sehat akan mengurangi risiko penyakit kronis.

Sebab, pola hidup yang tidak sehat akan membuat beberapa fungsi tubuh menjadi berkurang. Seperti paru-paru dan jantung akan cepat rusak dan mengalami penyumbatan karena rokok dan makanan yang tidak sehat.

Baca juga : Cara Menurunkan Kadar Asam Urat secara Mandiri

Beberapa hal di atas merupakan pengetahuan dasar yang perlu kalian lakukan untuk mencegah penyakit tersebut. Penyakit tidak menular juga bisa dilakukan skrining mandiri dengan mengecek gula darah, tekanan darah, indeks massa tubuh dan lain sebagainya.

 

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts