Beberapa Cara Mencegah Penyakit Jantung

Beberapa Cara Mencegah Penyakit Jantung – Jantung merupakan salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah, dan jantung sendiri terletak di rongga dada sebelah kiri. Di dalam tubuh manusia jantung dibagi menjadi 4 ruas yaitu Atrium atas kanan dan kiri danVentrikel bawah kanan dan kiri.Ada satu penyakit yang berhubungan dengan jantung dan sangat berbahaya yaitu serangan jantung. Serangan jantung merupakan kondisi dadurat medis, yang dimana gangguan kesehatan ini terjadi saat pasokan darah ke jantung tiba-tiba terhambat. Minimnya pasokan darah ke jantung dapat merusak otot jantung sampai mengancam jiwa.

Ada salah satu penelitian mengatakan penyebab serangan jantung utamanya adalah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner merupakan kondisi dimana pembuluh darah utama pemasok darah ke jantung tersumbat oleh plak berupa timbunan kolestrol. Dilansir dari WHO menunjukan bahwa 70 persen kematian di dunia di sebabkan oleh penyakit tidak menular. Dan 45 persen dari seluruh kematian tersebut terjadi karena penyakit jantung. Hal ini membuat kita harus lebih sadar dalam mencegah penyakit jantung dengan melakukan gaya hidup yang sehat.

Berikut Adalah Beberapa Cara Mencegah Penyakit Jantung:

Mengontrol Tekanan Darah

Mengontrol Tekanan Darah

Salah satu cara untuk mencegah penyakit jantung adalah dengan cara mengontrol tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi bisa menjadi faktor utama penyakit jantung. Kamu harus Rrutin memeriksa tekanan darah secara berkala agar bisa terus terkontrol. Kamu bisa melakukan pemeriksaan ini setidaknya setahun sekali, tetapi jika kamu memiliki riwayat darah tinggi maka kamu harus memeriksanya secara rutin. Kamu juga harus menjaga pola hidup yang benar akan kondisi tekanan darah kamu stabil.

Mengontrol Gula Darah

Beberapa Cara Mencegah Penyakit Jantung

Orang yang memiliki penyakit diabetes memiliki resiko lebih besar terkena serangan jantung. Ini disebabkan seiring berjalannya waktu, gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengendalikan jantung serta pembuluh darah. Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan diabetes secara rutin untuk mengendalikannya.

(Baca Juga: Tips And Trick Traveling Di masa Pandemi)

Diet Jantung Sehat

Diet Jantung Sehat

Melakukan diet jantung sehat bisa melindungi jantung kamu. Tekanan darah dan kolestrol ,serta mengurangi resiko diabetes tipe-2. Dalam diet jantung yang sehat , kamu harus lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah, daging, kacang-kacangan, serta biji-bijian utuh. Sementara itu, batasi atau kurangi asupan garam, gula, karbohidrat, alkohol agar jantung kamu tetap sehat.

Menjaga Kolestrol Agar Tetap Normal

Beberapa Cara Mencegah Penyakit Jantung

Kadar kolestrol yang tinggi bisa menyumbat arteri dan meningkatkan resiko kamu terkena penyakit arteri koroner dan serangan jantung. Penting untuk kamu menjaga kadar kolestrol dan trigliserida tetap terkendali. Maka kamu harus melakukan pemeriksaan kadar kolestrol secara rutin. Perubahan gaya hidup mungkin akan direkomendasikan jika kamu ingin menurunkan kolestrol.

Berhenti Merokok

Beberapa Cara Mencegah Penyakit Jantung

Hal utama yang harus kamu lakukan dalam mencegah penyakit jantung adalah dengan berhenti merokok. Bahan kimia dalam rokok tentu bisa merusak jantung dan pembuluh darah. Di samping itu, asap rokok juga bisa mengurangi oksigen dalam darah sehingga dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung karena jantung menjadi bekerja lebih keras untuk memasok oksigen ke seluruh tubuh. Sebab itu, berhentilah merokok karena dapat menurunkan resiko kamu terkena penyakit jantung. Bahkan jika kamu bukan perokok, kamu harus menghindari paparan asap rokok agar kamu tidak menjadi perokok pasif.

Batasi Minum Alkohol

Batasi Minum Alkohol

Mengkonsumsi alkohol yang terlalu banyak dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat meningkatkan kalori ekstra pada tubuh sehingga berat badan bisa naik. Kedua kondisi itu dapat memicu terjadinya penyakit jantung. Dalam mencegah penyakit jantung, jangan minum alkohol lebih dari 2 gelas perhari.

Tidur Yang Cukup

Beberapa Cara Mencegah Penyakit Jantung

Perlu kamu ketahui jika orang yang kurang tidur memiliki resiko lebih tinggi mengalami obesitas, hipertensi, dan serangan jantung. Jadi setiap orang butuh waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Sebagian besar orang dewasa membutuhkan setidaknya 7 jam untuk tidur. Kamu harus mengatur jadwal tidur kamu serta patuhi kapan waktu untuk bangun dan pergi tidur di waktu yang pas setiap harinya.

(Baca Juga: Beberapa Tempat Wisata Di Bogor Yang Patut Untuk Di Kunjungi)

Mengendalikan Stres

Mengendalikan Stres

Stres sering kali dikaitkan dengan penyakit jantung karena bisa meningkatkan tekanan darah. Stres yang berlebihan bahkan bisa memicu terjadinya serangan jantung. Oleh sebab itu, kamu harus bisa mengendalikan stres yang sedang alami. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengendalikan stres yaitu dengan cara meditasi,mendengarkan musik,berolahraga,menonton film komedi, hingga berkumpul dengan teman. Dan lakukanlah apapun yang kamu sukai.

Rajin Berolahraga

Beberapa Cara Mencegah Penyakit Jantung

Melakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit setiap hari bisa membantu kamu mencegah penyakit jantung. Aktivitas ini bisa membuat kamu mengontrol berat badan sehingga mengurangi peluang untuk memiliki tekanan darah tinggi,diabetes, hingga kolestrol yang dapat memicu penyakit jantung. Kamu dapat melakukan aktivitas fisik seperti jogging, berenang, atau bersepeda. Pastikan kamu tidak melakukannya secara berlebihan.

 

Total
2
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts