Simak Yuk, 15 Buah Sehat Untuk Kulit Sehingga Tampak Cerah dan Alami

Kulit cerah dan kenyal memberikan dampak kesehatan yang positif pada tubuh. Selain itu, Anda akan tampil lebih percaya diri karena tekstur kulit tersebut. Selain produk kecantikan yang dipakai dari luar, kulit membutuhkan nutrisi yang mengandung vitamin dan mineral. Untuk keperluan tersebut, Anda tidak perlu ribet mencari makanan berharga mahal. Sebaliknya, buah sehat untuk kulit dapat ditemukan dengan mudah di sekitar.

Daftar Buah Sehat Untuk Kulit

Buah memiliki kandungan air, antioksidan, dan vitamin yang mampu menjaga tekstur sel pada kulit. Jika rajin makan buah setiap hari, Anda akan merasakan perbedaan signifikan. Kulit lebih lembab karena mudah menyerap dan mengatur air. Selain itu, wajah juga tampak bersih dari minyak berlebih dan kotoran. Inilah salah satu dampak dari konsumsi buah dan efeknya tampak langsung di kulit. Apa saja buah yang sehat agar kulit cerah, simak daftar berikut ini.

Alpukat

 Buah sehat untuk kulit - Alpukat

Alpukat masuk daftar utama bagi diet kesehatan terutama yang ingin menurunkan berat badan. Buah ini memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi yan sesuai kebutuhan tubuh. Anda dapat mengkonsumsi di pagi hari sebagai diet.

Tomat

 Buah sehat untuk kulit - Tomat

Buah sehat untuk kulit yang lain adalah tomat. Untuk buah ini, Anda sudah pasti tidak kesulitan menemukannya. Tomat tersedia di berbagai tempat dan harganya terjangkau. Selain itu, produk tomat selalu ada sepanjang tahun karena kebutuhan yang sangat tinggi. Pada umumnya, konsumsi buah ini untuk kebutuhan masakan dan sayuran. Namun, masyarakat mulai mencoba tomat sebagai menu khusus diet dan hasilnya sangat mengesankan. Setelah rajin makan buah tersebut, kulit menunjukkan efek cerah dan lentur terutama di area tangan. Tomat juga dapat sebagai masker untuk wajah.

(Baca Juga: Simak Yuk,8 Jenis Minuman Sehat Untuk Ginjal)

Jambu biji

 Buah sehat untuk kulit - Jambu Biji

Jambu biji bukan hanya baik untuk pencernaan tetapi cocok mengatasi masalah kulit. Beberapa produk kesehatan secara khusus menggunakan bahan dari buah ini. Mereka melakukan ekstraksi dan menjadi produk jadi. Tentu saja, Anda akan memperoleh hasil lebih baik ketika konsumsi secara langsung. Jambu mengandung vitamin, antioksidan, dan mineral khusus. Jika dimakan berdasarkan jadwal teratur, Anda akan melihat efeknya secara langsung pada wajah dan kulit.

Pepaya

 Buah sehat untuk kulit - Pepaya

Jika membahas kesehatan kulit, buah pepaya wajib masuk daftar buah sehat untuk kulit. Anda dapat menggunakan buah ini dengan dua cara. Pertama, konsumsi harian untuk meningkatkan imunitas dan mendapatkan vitamin agar kulit melakukan regenerasi dengan cepat. Cara berikutnya yaitu menggunakan pepaya untuk keperluan luar. Apapun cara yang dipilih, tujuan akhir tetap sama yaitu kulit cerah, kenyal, dan tampak alami. Buah ini kadang masih mengandung getah yang terasa pahit. Saat mengupas bagian kulit, pastikan memberikan porsi lebih agar Anda tidak merasakan semangka dengan rasa yang pahit tersebut.

Pisang

 Buah sehat untuk kulit - Pisang

Pisang termasuk buah yang memiliki banyak fungsi. Saat ingin diet, tambahkan pisang untuk mengganti konsumsi karbohidrat. Buah ini sangat kaya akan mineral, zat antioksidan, dan vitamin. Makan pisang akan membantu tubuh lebih bugar dan sehat. Hal ini sudah pasti menjadikan pisang sebagai buah sehat untuk kulit.

Timun

 Buah sehat untuk kulit - Timun

Banyak orang menyangka timun merupakan sayur. Sebenarnya, timun termasuk buah jika menggunakan definisi biologi yang asli.  Buah ini sangat cocok bagi yang ingin mendapatkan kulit cerah dan alami. Anda dapat memakainya di bagian luar seperti masker wajah atau konsumsi langsung. Buah ini memiliki rasa segar dan tidak terlalu kuat. Fungsi lain yaitu mampu mengurangi resiko darah tinggi. Anda sering melihat orang yang makan satu lalu didampingi timun. Tujuannya agar darah tidak naik mendadak.

Semangka

 Buah sehat untuk kulit - Semangka

Rasa segar semangka tidak diragukan lagi mampu menarik perhatian. Di musim panas, konsumsi buah ini memberikan kesegaran di tubuh. Anda mungkin jarang menemukannya di musim dengan suhu rendah. Semangka mengandung nutrisi, mineral, dan vitamin yang berguna bagi tubuh. Seperti buah lainnya, konsumsi teratur buah ini akan meningkatkan tekstur kulit. Selain dimakan, ada cara lain menerapkan semangka untuk kulit. Anda menggunakan alat untuk mengambil bagian dalam lalu tempatkan di wajah. Tunggu beberapa jam hingga kulit terasa segar dan dingin lalu bersihkan.

Jeruk

Buah sehat untuk kulit - Jeruk

Buah sehat untuk kulit perlu mengandung vitamin C agar kulit elastis dan cerah. Cara mudah mendapatkannya adalah jeruk. Anda dapat menemukan buah ini dengan harga terjangkau. Konsumsi jeruk secara teratur akan memberikan asupan vitamin yang cukup. Selain C, jeruk juga memiliki vitamin lain seperti A, K, dan beberapa tipe B. Jeruk terdiri dari beberapa jenis dan Anda pilih yang biasa dikonsumsi. Artinya, produk jeruk tersebut tersedia di pasar atau supermarket. Selain jeruk, ada lagi opsi lain yaitu lemon. Jika Anda bingung membedakan lemon dan jeruk, lebih baik menggunakan jeruk sebagai konsumsi buah bagi kesehatan kulit.

Apel

Buah sehat untuk kulit - Apel

Anda mencari buah yang aman dan selalu siap sedia kapan saja. Pilihan terbaik adalah apel yang dapat dikonsumsi setiap hari. Ada anggapan bahwa satu apel per hari akan mengurangi resiko kesehatan. Hal seperti ini ternyata benar sebab penelitian menunjukkan bahwa buah ini memiliki kandungan yang sangat penting bagi tubuh manusia. Tentu saja, dampak juga terkait kulit dengan hasil cerah dan alami. Anda dapat menambahkan apel sebagai bagian dari diet dan lakukan di siang dan malam. Kombinasi beberapa buah termasuk apel sehingga lebih ada variasi.

Blueberry

Buah sehat untuk kulit - Blueberry

Blueberry juga cocok bagi yang ingin kulit cerah. Buah ini bukan dari Indonesia sehingga ketersediaan di pasar terbatas. Anda perlu membeli di musim yang tepat. Terlepas dari hal tersebut, kandungannya sangat tinggi terkait mineral dan vitamin. Konsumsi secara berkala akan membantu proses pengeluaran racun pada kulit. Opsi lain yang masih satu keluarga berry yaitu strawberry.

(Baca Juga: Berdiet Sehat Dengan 10 Sayur yang Baik Untuk Asam Lambung)

Mangga

Buah sehat untuk kulit - Mangga

Buah tropis sangat cocok untuk dikonsumsi kapan saja. Anda dapat menemukan beberapa yang selalu tersedia sepanjang tahun. Contohnya adalah mangga yang mengandung vitamin dan mineral. Mangga termasuk salah satu rekomendasi buah sehat untuk kulit. Konsumsi secara teratur akan memberikan dampak nyata pada kulit. Fungsi mangga adalah memberikan nutrisi dan menjamin pengaturan air hingga minyak sehingga kulit tampak kenyal dan cerah.

Anggur

Buah sehat untuk kulit - Anggur

Anggur juga penting bagi tubuh karena kandungan gizi dan nutrisi yang signifikan. Secara umum, Anda akan menemukan beberapa vitamin seperti C, A, dan K di buah ini. Selain itu, konsumsi anggur juga mampu mengurangi hipertensi. Perlu Anda ketahui, makan anggur dan konsumsi produk olahan seperti wine akan berdampak lain. Sebaiknya, pilih yang masih alami belum mengalami perubahan fermentasi dan lainnya sehingga dampak kesehatan sangat terasa.

Delima

Buah sehat untuk kulit - Delima

Delima juga masuk daftar buah yang memberikan efek kesehatan kulit. Anda dapat melakukan konsumsi secara reguler atau dicampur dengan yang lain sebagai selingan. Buah ini mengandung antioksidan yang menghambat radikal bebas dari udara luar. Selain itu, kulit akan mengalami proses pengaturan air yang optimal. Dampak tersebut menjadikan buah ini layak dikonsumsi secara teratur.

Nanas

Buah sehat untuk kulit - Nanas

Buah sehat untuk kulit berikutnya yaitu nanas. Rasanya yang segar dan sedikit masam membuat nanas sangat cocok untuk kesehatan. Secara umum, Anda akan mendapat vitamin dan beberapa nutrisi yang berguna mengatur sel di kulit. Selain itu, konsumsi regular buah ini akan membantu proses peremajaan kulit. Di lain pihak, Anda perlu cek mengenai alergi dan buah ini tidak cocok untuk ibu hamil. Selama dikonsumsi secara teratur dan berimbang, dampak nanas pada kulit sangat signifikan.

Melon

Buah sehat untuk kulit - Melon

Selanjutnya, Anda dapat memilih buah melon saat ingin mendapatkan dampak kesehatan pada kulit. Konsumsi melon secara teratur akan meningkatkan kekebalan tubuh dan proses peremajaan kulit lebih cepat. Melon termasuk buah yang cukup mudah ditemukan dan harga terjangkau.

 

Daftar buah sehat untuk kulit yang baru saja dijelaskan dapat digunakan sebagai referensi. Anda mengenal mayoritas buah tersebut karena tersedia di Indonesia. Selain itu, masih banyak opsi buah lain misalnya kelengkeng, rambutan, kiwi, dan lainnya. Secara umum, setiap buah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Zat tersebut menjadi bahan untuk meningkatkan kesehatan kulit termasuk membentuk tekstur yang cerah dan kenyal agar tampak alami.

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts