Buah untuk Menurunkan Darah Tinggi, Segera Rutin Makan!

Makan buah untuk menurunkan darah tinggi mampu membantu jutaan orang penderita hipertensi di dunia ini. Menurut para ahli, Kalium dapat membantu menurunkan hipertensi dengan mengurangi efek garam dalam tubuh, kandungan ini ada dalam buah secara natural. 

Hipertensi menggambarkan keadaan tekanan darah yang terjadi di dinding arteri lebih tinggi dengan frekuensi lebih dari biasanya. Ada jutaan kasus yang dilaporkan dengan tekanan darah lebih tinggi dari 140/90, penanda hipertensi. 

Kondisi ini akan dianggap parah jika mencapai di atas 180/90. Tekanan darah tinggi jarang memunculkan pertanda, atau orang biasanya tidak merasa ada gejala apa-apa, sehingga dapat berkembang lebih risiko hingga berpotensi penyakit jantung ataupun stroke. 

Menambahkan buah yang dapat menurunkan darah tinggi seperti pisang, alpukat, dan sejenisnya ke makanan akan membantu terkontrol. Mengingat hipertensi mampu mengancam kesehatan tubuh bahkan berisiko serangan jantung, perlu serius menanganinya. 

Buah untuk Menurunkan Darah Tinggi, Kaya Kalium

Hipertensi dapat diatur dengan melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup lainnya. Menghilangkan makanan dengan lemak trans, garam dan gula dalam jumlah tinggi dari makanan akan membantu menjaga tekanan darah, terlebih dengan kondisi tersebut.

Ada juga makanan tertentu yang dapat ditambahkan oleh pengidap hipertensi ke dalam diet hariannya untuk mengurangi atau mengatur tekanan darah. Selain harus menghindari makanan yang terlalu asin. 

Orang dewasa sehat harus mengkonsumsi potasium sebanyak 4.700 mg setiap hari, guna mengatur tekanan darah dan menjaganya agar tetap sehat. Selain itu, sebaiknya meningkatkan asupan kaliumnya, jika tekanan darahnya diatas 120/90.

Efek Kalium secara efektif bisa mengurangi efek garam dalam makanan yang dikonsumsi terlebih pemicu meningkatnya tekanan darah. Dengan kata lain mengonsumsi mineral kalium ini, maka natrium dalam tubuh bisa berkurang, terlebih efek negatifnya. 

Mineral ini bahkan berperan baik untuk melindungi jantung dan ginjal dari masalah. Kandungan ini terdapat dalam bahan makanan natural seperti buah dan sayuran. Ini menjadi asupan rekomendasi bermanfaat bagi orang berisiko atau pengidap darah tinggi.

(Baca Juga: Cara Menurunkan Gula Darah, Hormon Insulin Berperan Besar)

Berbicara mengenai buah, ada banyak jenis yang mengandung kalium, namun beberapa jenis buah yang dapat menurunkan darah tinggi berikut ini memiliki kandungan kalium terbaik dan paling umum yang dapat Anda konsumsi untuk mengatur tekanan darah.

  • Jeruk

buah untuk menurunkan darah tinggi - Jeruk

Tergolong buah untuk menurunkan darah tinggi paling populer, banyak tersedia dan banyak dikonsumsi masyarakat serta jeruk kaya akan potasium/kalium. Dalam 100 gram, buah ini juga mengandung vitamin C tinggi, selain itu terdapat sebanyak 181 mg kalium. 

Dengan makan buah utuh secara langsung atau menambahkannya ke dalam salad dan jus Anda akan membantu untuk mengendalikan tekanan darah. Disarankan untuk tidak mengonsumsi jusnya saja, karena jeruk akan kehilangan konten nutriennya. 

Jus jeruk terlebih yang Anda beli di toko adalah produk olahan dengan tambahan gula, ini bahkan akan menambah bahaya untuk keadaan hipertensi jika sering dikonsumsi. Makanan manis juga memperburuk kesehatan tubuh.

  • Pisang 

buah untuk menurunkan darah tinggi - Pisang

Juga termasuk salah satu buah terbaik untuk menambah potasium dalam tubuh, pisang mengandung sebanyak 358 mg kalium, per 100 gramnya. Buah untuk menurunkan darah tinggi ini serba bisa untuk diolah menjadi berbagai panganan setiap saat. 

Mulai dari makanan berat hingga cemilan, pisang membantu tubuh lebih sehat. Anda dapat menambahkannya ke dalam smoothie dan milkshake, atau dikonsumsi dalam potongan roti panggang atau hanya dikonsumsi secara utuh. 

Makan pisang pagi hari untuk tambahan oatmeal Anda akan membantu untuk mengatur tingkat tekanan darah. Namun tidak masalah juga untuk mengkonsumsinya di waktu apapun sepanjang hari. 

  • Aprikot 

buah untuk menurunkan darah tinggi - Apricot

Buah ini masuk dalam daftar terbaik dan bagus untuk dikonsumsi secara rutin jika Anda ingin menurunkan tekanan darah. Buah aprikot mengandung sebanyak 259 mg potasium dalam porsi 100 gram, jumlah yang cukup tinggi tidak kalah dari pisang.

Untuk cara makannya, buah untuk menurunkan darah tinggi selain dimakan secara utuh, dagingnya juga sering diolah menjadi selai. Bisa juga dimasak menjadi tambahan dalam panganan seperti toping kolak hingga buah di atas oatmeal sebagai sarapan nikmat.

Intinya, makan apricot bebas saja mau bagaimanapun caranya, selama tidak menambahkan terlalu banyak gula atau garam serta bahan merugikan kesehatan tubuh lainnya. Melihat nutrient dan kaliumnya memang bagus untuk hipertensi, layak untuk dikonsumsi rutin.

  • Alpukat 

buah untuk menurunkan darah tinggi - Alpukat

Beberapa momen terakhir ini, obsesi milenial dengan alpukat ini nampaknya bukan tanpa alasan. Buah gurih dan lembut ini kaya akan manfaat kesehatan termasuk untuk mengatur tekanan darah, fungsi ini hanyalah salah satu kelebihan alpukat.

Buah untuk menurunkan darah tinggi ini banyak juga dipakai untuk berbagai sistem diet dan memang berguna dengan baik. Setidaknya alpukat mengandung kadar kalium yang bahkan lebih tinggi dari pisang yaitu 458 mg per 100 gram. 

Anda bahkan kalau sedang makan di restoran, lebih mudah untuk menemukan menu berbahan alpukat. Bisa diolah berbagai jenis rasa dan enak juga dikonsumsi setiap saat. Alpukat mulai dari pagi hingga malam akan memberi banyak manfaat.

  • Tomat 

buah untuk menurunkan darah tinggi - Tomat

Meski bagi sebagian orang buah ini dianggap sayur dan memang banyak dikonsumsi layaknya sayuran, tomat secara teknis merupakan buah. Tomat juga umum dikonsumsi di seluruh dunia dan ternyata banyak manfaat kandungannya.

Dalam seporsi buah untuk menurunkan darah tinggi ini, 100 gramnya terdapat kandungan 237 mg potassium, jumlah yang cukup tinggi mengingat buah ini banyak airnya. Jadi cukup nikmat untuk dikonsumsi utuh atau dibuat jadi olahan lainnya. 

Anda bisa menambahkan tomat hampir pada semua olahan makanan atau sebagai buah. Membuat menjadi sup, atau bahkan ditambahkan ke kari dan pasta, tomat rasanya sangat nikmat. Namun, pastikan olahan tomat Anda rendah garam agar efek kaliumnya tidak hilang.

  • Jambu Biji 

buah untuk menurunkan darah tinggi - Jambu Biji

Buah tropis ini memang sarat dengan manfaat kesehatan dan terbilang mungkin kurang dihargai dengan khasiat tersebut. Jambu biji lebih kaya daripada jeruk, dalam hal vitamin C maupun kalium. 

Meskipun orang menganggap jambu biji kurang menarik, buah untuk menurunkan darah tinggi ini mengandung 417 mg kalium per 100 gramnya. Mengonsumsinya bisa setiap hari di jam apapun dengan ditambah ke jus, koktail / mocktail, dan salad buah. 

  • Delima 

buah untuk menurunkan darah tinggi - Delima

Buah unik ini, yang biasanya digunakan adalah biji merah cerahnya merupakan buah cukup familiar akhir-akhir ini. Sering dibuat untuk tambahan bagus untuk salad, smoothie, roti panggang, bahkan bisa juga untuk kari dan sup. 

Delima juga kaya nutrisi dan vitamin, ini mengandung 236 mg potasium per 100 gramnya. Jadi melihat Anda bisa makan dengan banyak olahan, delima mungkin merupakan salah satu buah tersehat untuk dimasukkan ke dalam diet hipertensi demi tekanan darah yang sehat.

(Baca Juga: Simak Yuk, 15 Buah Sehat Untuk Kulit Sehingga Tampak Cerah dan Alami)

  • Kiwi

buah untuk menurunkan darah tinggi - Kiwi

Buah kiwi adalah buah bermanfaat lainnya yang mungkin orang belum terlalu banyak tahu akan kandungan kaliumnya. Buah hijau berbulu ini, mengandung kalium sebesar 312 mg dalam 100 gram dagingnya, kandungan mineral untuk kesehatan tekanan darah cukup tinggi.

Untuk mengkonsumsinya, nampaknya buah untuk menurunkan darah tinggi ini bisa ditambahkan untuk semua makanan kesukaan, baik sarapan hingga cemilan Anda. Dimasukkan kedalam olahan salad, smoothie, atau topping menu sarapan, bebas makan di musim apapun.

Makan secara utuh secara rutin juga tidak sulit sama sekali, di samping rasa manis buah tropis ini akan membantu menjaga tekanan darah Anda. Jangan lupa makan atau minum lebih rutin untuk kesehatan tubuh. 

Mengontrol Tekanan Darah Harus Hidup Sehat

Untuk menjelaskan penyebab hipertensi, ahli mungkin akan sepakat karena konsumsi garam yang berlebihan, kurang olahraga, dan pola makan tidak sehat serta kecenderungan genetik. Faktor lain bisa jadi karena merokok, alkohol, obesitas dan stres. 

Tetapi yang pasti, Anda wajib mengontrol tekanan darah tinggi, karena peningkatan yang tidak tertangani dapat memiliki konsekuensi bencana pada kesehatan. Selain menambah konsumsi buah untuk menurunkan darah tinggi, penting untuk mengurangi garam, ini wajib. 

Sebaiknya penderita dan orang berisiko tekanan darah tinggi menghindari stress. Ini memang meningkatkan tekanan dan jika dibiarkan juga dapat menyebabkan beberapa jenis kerusakan kardiovaskular. 

Kemudian berolahragalah agar tetap bugar dan tekanan darah tetap dalam tingkat normal. Menjaga pola tidur tidak bisa dilupakan untuk seluruh kesehatan tubuh. Anda membutuhkannya untuk memperbaiki sistem dan beristirahat. 

Perbanyak juga mengkonsumsi sayuran berdaun hijau disertai aktivitas fisik setiap hari mampu secara signifikan memperbaiki gejala hipertensi dan menurunkan tekanan darah. Jauhkan kebiasaan makan junk food dan ganti dengan konsumsi buah serta sayuran. 

Ketika kondisi tekanan darah Anda cukup serius, mungkin dibutuhkan konsultasikan dengan spesialis atau dokter untuk informasi maupun penanganan lebih lanjut. Obat dan pola hidup maupun konsumsi buah untuk menurunkan darah tinggi akan membantu. 

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts