Penting, Ini Dia Cara Berpuasa Untuk Penderita Asam Lambung

Dalam artikel sebelumnya, kita telah membahas cara berpuasa yang aman untuk ibu menyusui sebagai salah satu kelompok orang yang kondisi kesehatannya rentan selama bulan puasa. Dalam artikel ini, kita akan membahas hal tentang cara berpuasa untuk penderita asam lambung. Mulas, mual, dan dalam beberapa kasus, sakit kerongkongan, adalah beberapa gejala penyakit asam lambung yang juga tergolong dalam salah satu penyakit perut.

Penyakit asam lambung dapat mengganggu puasa mengingat beberapa orang mengatakan penderita asam lambung harus makan makanan dan mengkonsumsi suplemen pada jam yang bukan jam berpuasa. Kabar gembiranya, masih ada harapan untuk penderita asam lambung dalam mengikuti puasa dengan penuh. Asal, penderita asam lambung wajib memperhatikan berbagai poin tentang cara berpuasa untuk penderita asam lambung. Berikut ini adalah cara berpuasa untuk penderita asam lambung yang perlu diperhatikan

Cara Berpuasa Untuk Penderita Asam Lambung

Perhatikan Makanan Dan Minuman Yang Harus Dimakan Dan Pantangannya

Cara berpuasa untuk penderita asam lambung - Makanan

Seperti kelompok orang lain yang memerlukan penanganan kesehatan khusus selama berpuasa, para penderita asam lambung harus memperhatikan beberapa keharusan dan pantangan dalam hal makanan dan minuman sahur, takjil, dan berbuka. Baik itu saat sahur, takjil, maupun berbuka, penderita asam lambung harus secara total menghentikan konsumsi apa pun yang asam dan pedas. Tidak terkecuali untuk sayuran, buah-buahan, dan hidangan berkuah yang rasa dominannya adalah asam dan pedas. 

Sayuran dan buah-buahan pun sebaiknya dijauhkan, sekalipun bentuknya jus atau dikonsumsi mentah. Hal ini karena sayur dan buah-buahan mengandung serat yang dikhawtirkan tidak dapat dicerna oleh lambung yang mengalami refluks pada tingkat asamnya.

(Baca Juga: Simak Yuk, 6 Macam Makanan Buka Puasa Rendah Kalori)

Sebaliknya, poin cara berpuasa untuk penderita asam lambung di sini adalah memperbanyak konsumsi gorengan, terutama untuk takjil. Gorengan dapat menetralisir asam dalam lambung, menahan sakit perut, mudah ditemui, dan rasanya pun enak. 

Untuk menu sahur dan berbuka, perbanyak makan daging ayam atau sapi yang diproses lunak. Penderita asam lambung juga wajib menjadikan bubur manis atau gurih setidaknya sekali dalam menu sahur, takjil, maupun berbuka harian mereka. Semua jenis makanan ini bersifat lunak, hangat, dan ramah di perut, sehingga cocok untuk penderita asam lambung. Minuman hangat seperti cokelat hangat dan susu jahe sangat berkhasiat dalam menetralkan asam lambung. Disarankan minum minuman hangat setelah takjil dan berbuka. Hindari minuman yang mengandungi es batu atau es krim karena sifat dinginnya dapat membuat lambung menjadi kaku. 

Berhati-Hati Dengan Konsumsi Obat Dan Suplemen

Cara berpuasa untuk penderita asam lambung - Obat-obatan

Obat dan suplemen hadir sebagai solusi untuk berbagai penyakit yang manusia alami, termasuk penyakit asam lambung. Banyak obat dan suplemen untuk asam lambung tersedia dengan harga yang murah dan dijual bebas di marketplace online maupun minimarket terdekat.

Namun, tidak semua obat dan suplemen cocok dalam menjalankan poin cara berpuasa untuk penderita asam lambung. Hal ini dikarenakan penderita asam lambung memiliki kebutuhan tersendiri mengenai obat dan suplemen sesuai dengan menu sahur, takjil, dan berbuka harian yang mereka atur. Memeriksa keamanan dan kandungan yang terdapat pada obat dan suplemen asam lambung boleh saja permulaan yang baik agar tidak mudah dibohongi oleh agen penjual obat dan suplemen yang hanya ingin keuntungan saja.

Namun, hal tersebut harus diimbangi dengan menyesuaikan ketentuan obat dan suplemen yang ada. Misalnya, apakah dikonsumsi sebelum atau sesudah makan, berapa kali konsumsi, dan sebagainya. Bila perlu, konsultasi dengan tenaga kesehatan. Jika hendak mengkonsumsi yang mengandung vitamin C, pastikan obat dan suplemen tersebut juga mengandungi madu, propolis, royal jelly, atau kandungan lain yang ramah untuk perut. Hindari vitamin C dosis tinggi karena jenis obat dan suplemen seperti ini dapat memperparah asam lambung.

Perbanyak Kegiatan Santai Berkonsentrasi Tinggi

Cara berpuasa untuk penderita asam lambung - Yoga

Saat menderita asam lambung, salah satu poin cara berpuasa untuk penderita asam lambung yang perlu diperhatikan adalah olahraga yang dilakukan setelah sahur dan sebelum takjil dan berbuka. Dalam hal ini, penderita asam lambung dilarang berolahraga terlalu berat. Berjalan-jalan mengitari kompleks rumah atau di sekitar rumah pun sebaiknya tidak terlalu lama. Hal ini dapat memicu angin berputar dalam lambung sehingga memperparah rasa mual, mulas, dan lain-lain karena asam lambung.

Sebaliknya, penderita asam lambung disarankan berolahraga mental yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Dengan kata lain, olahraga bagi penderita asam lambung selama bulan puasa seharusnya yang dapat melatih mental sambil rebahan, seperti mengisi TTS, memecahkan puzzle dan soal-soal matematika, dan lain-lain.

Membaca buku dan menonton TV juga merupakan kegiatan santai berkonsentrasi tinggi yang disarankan dalam poin cara berpuasa untuk penderita asam lambung. Ceramah dan buku rohani serta media-media yang menampilkan berita terkini dapat mencerdaskan sekaligus menjadi alternatif olahraga bagi penderita asam lambung.

Dengan melakukan berbagai macam kegiatan santai berkonsentrasi tinggi tersebut, penderita asam lambung akan mengalami BAB yang lebih lancar selama 2-3 hari pertama. Setelah itu, asam lambung akan mereda seiring dengan penerapan hidup sehat dan sebagainya.

Jauhkan Diri Dari Penyebab Stres

Cara berpuasa untuk penderita asam lambung - Stress

Di antara semua pemicu penyakit asam lambung, stres merupakan salah satu pemicu terbesarnya. Stres tidak mengenal waktu mengganggu orang, bahkan ketika menderita asam lambung di bulan puasa. Salah satu poin cara berpuasa untuk penderita asam lambung yang perlu kita ingat adalah penderita asam lambung harus ingat untuk tidak hanya tahan godaan fisik, yaitu makan dan minum, tetapi juga non-fisik seperti stres.

Oleh karena itu, penderita asam lambung harus mengenali hal-hal yang berpotensi membuat stres kambuh. Tidak cukup sampai di sana, para penderita asam lambung juga harus berupaya sekeras mungkin untuk menjauhkan diri dari penyebab stres. Menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas santai dan produktif adalah salah satu cara paling ampuh untuk menjauhkan diri dari penyebab stres. Meminta saran dari orang-orang yang berenergi positif juga dapat membantu dalam menjauhkan diri dari pikiran yang menyebabkan stres.

Memperbanyak doa, membaca ayat, menonton ceramah rohani, membantu penggalangan dana, dan membaca bacaan yang membangun, adalah beberapa cara lain yang ampuh untuk menjauhkan diri dari stres sambil membangun spiritualitas selama bulan puasa. 

(Baca Juga: Wajib Coba! Ini Dia 5 Minuman Buka Puasa Sehat)

Hati-Hati Dengan Permen

Cara berpuasa untuk penderita asam lambung - Permen

Sebagaimana ibu menyusui perlu cermat dalam susu yang mereka maupun bayi mereka konsumsi, para penderita asam lambung juga perlu berhati-hati dengan permen.  Dalam hal cara berpuasa untuk penderita asam lambung, permen dapat menjadi konsumsi takjil maupun bagian dari obat dan suplemen alami. Banyak orang mengatakan penderita asam lambung tidak boleh mengonsumsi permen karena rasa manisnya dapat membahayakan kondisi lambung. 

Sebagian benar, karena beberapa permen mengandung pemanis buatan yang dapat menyebabkan kanker, termasuk kanker lambung. Namun, ternyata, tidak semua permen manis tidak boleh penderita asam lambung konsumsi.

Selain mengandung gula, banyak permen yang mengandung sirup glukosa dan sirup jagung tinggi fruktosa. Meski terkenal meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, nyatanya dua turunan gula ini dapat penderita asam lambung konsumsi untuk menurunkan kelebihan asam pada lambung mereka.

Permen disukai oleh semua usia dan mudah didapat di minimarket dan warung terdekat, menjadikannya salah satu obat kuat ekonomis bagi penderita asam lambung. Lebih jauh, beberapa permen dirancang sebagai permen untuk kesehatan. Permen jahe dan permen herbal pelega tenggorokan merupakan dua jenis permen kesehatan yang dapat dikonsumsi penderita asam lambung. Dalam beberapa kasus, permen cokelat dan karamel pun dapat dikonsumsi penderita asam lambung.

Jauhi Ruangan Ber-AC

Cara berpuasa untuk penderita asam lambung - Ruangan AC

Hal lain yang harus diperhatikan penderita asam lambung saat berpuasa adalah menjauhi ruangan ber-AC, sekalipun sedang berada di dalam rumah. Sebisa mungkin, hindari ruangan ber-AC, terutama yang terlalu dingin dengan angin mengarah ke tubuh. Angin dingin dapat memicu lambung untuk menjadi kaku di dalam. Sebagai akibatnya, asam lambung dapat saja meningkat.

Jika kita memiliki kontrol pada remote AC, sebisa mungkin jangan menyalakan AC, apalagi di malam hari di atas pukul 12 malam. Jika memang harus menyalakan AC, jaga temperaturnya agar tidak di bawah 20 derajat Celcius dan arahkan angin AC ke benda selain tubuh kita.

 

Jadi, cara berpuasa untuk penderita asam lambung bukan hanya soal makanan dan minuman, tetapi juga soal kesehatan, pengaturan ruangan, dan lain-lain. Dengan menerapkan cara berpuasa yang aman untuk penderita asam lambung ini, dijamin puasa kita tetap penuh!

 

Total
13
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts