Penting untuk Dicatat! 8 Cara Berpuasa Untuk Penderita Maag

Cara berpuasa untuk penderita maag

Adakah cara berpuasa untuk penderita maag? Bentuk pertanyaan yang satu ini kerap kali dinyatakan para penderita maag. Apalagi memasuki waktu bulan puasa. Pada dasarnya penderita maag diwajibkan untuk makan dengan cara teratur. Dalam hal ini, waktu makan mereka umumnya telah dijadwal. Hal tersebut dilakukan agar maag yang diderita olehnya tidak mudah kambuh. 

Akan tetapi, saat bulan puasa tiba. Waktu makan diatur menjadi jadwal berbuka dan waktu sahur saja. Dengan demikian, ada perubahan waktu pada kebiasaan makan yang dilakukannya. Karena itulah, banyak penderita yang merasa khawatir akan hal tersebut. 

Sebelum menjawab mengenai cara berpuasa untuk penderita maag. Ada baiknya jika Anda mengenali apa yang dimaksud dengan masalah kesehatan maag itu sendiri. Dengan demikian, Anda pun bisa mendapatkan solusi yang lebih tepat untuknya. 

Apa itu Maag? 

Maag dikenal sebagai jenis penyakit lambung. Masalah ini juga dikenal dengan istilah lain yaitu gastritis. Maag sendiri dinyatakan sebagai bentuk peradangan yang terjadi pada bagian mukosa lambung atau area dinding bagian dalam. Jika dilihat dari gejala yang ditimbulkan, maag umumnya ditandai dengan rasa nyeri yang muncul pada bagian ulu hati. Selain itu, ada pula gejala lain, seperti kram perut, kembung, mual, ingin muntah, dan lainnya. 

Tidak hanya itu, penyebab sakit maag pun hadir dengan cukup beragam. Seperti halnya kebiasaan makan yang tidak teratur. Kemudian konsumsi obat pereda nyeri dalam jangka waktu lama, konsumsi makanan asam dan pedas, stress, infeksi bakteri dan lainnya. 

Cara Tepat Agar Tahan Berpuasa bagi Penderita Maag 

Setelah mengetahui informasi dasar mengenai penyakit maag. Berikut ini ada beberapa cara berpuasa untuk penderita maag yang dapat coba Anda ikuti. Ingin tahu apa saja? Simaklah penjelasannya berikut ini : 

Tidak Mengkonsumsi Makanan Secara Berlebih 

 Cara berpuasa untuk penderita maag - Makanan Pedas

Cara berpuasa untuk penderita maag berikutnya adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Ketika berpuasa, waktu makan lebih terbatas, yaitu hanya pada waktu berbuka dan sahur saja. Saat memasuki waktu sahur, makan menjadi kegiatan wajib bagi para penderita maag. Namun konsumsi makanan saat sahur tentunya tidak boleh dilakukan secara berlebih. 

Karena jika Anda mengkonsumsi makanan tinggi lemak, apalagi makanan tersebut berada dalam jumlah banyak. Tentunya hal tersebut akan memberikan efek yang berbahaya. Selain menjadikan perut kembung, beberapa orang juga dapat mengalami diare. Tidak hanya itu, hal tersebut juga dapat memicu terjadinya asam lambung yang meningkat. Dalam hal ini, asam lambung tersebut akan naik ke bagian atas hingga kerongkongan. Hal tersebut dikenal dengan istilah refluks. 

Bukan hanya waktu sahur saja, saat berbuka pun sebaiknya juga tidak dilakukan secara berlebih. Dalam hal ini, akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi air hangat atau bahkan teh manis terlebih dahulu. Dengan demikian kadar gula dalam tubuh pun akan kembali normal dengan mudah. 

(Baca Juga: Penting, Ini Dia Cara Berpuasa Untuk Penderita Asam Lambung)

Hindari Makan dan Minuman yang Memicu Sakit Maag 

 Cara berpuasa untuk penderita maag - Sakit Maag

Selain menjaga porsi makan, cara berpuasa untuk penderita maag selanjutnya adalah dengan menghindari makanan serta minuman yang dilarang. Seperti yang Anda tahu, penderita maag tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan serta minuman secara bebas. Karena ada beberapa jenis makanan serta minuman yang berbahaya untuknya. 

Seperti halnya beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan asam lambung, dimulai dari tomat, sawi, kol, brokoli, juga jenis makanan berlemak dengan rasa yang pedas. Tidak hanya itu, minuman pun juga sebaiknya Anda perhatikan. Karena ada pula beberapa jenis minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi penderita maag. Akan tetapi apa saja kiranya minuman yang tidak dapat dikonsumsi olehnya? Minuman tersebut di antaranya adalah minuman bersoda. Kemudian ada pula jenis minuman lain, seperti halnya kopi atau bahkan teh yang mengandung kafein. 

Konsumsi Makanan dengan Jenis Karbohidrat Kompleks

 Cara berpuasa untuk penderita maag - Makanan dengan Karbohidrat Kompleks

Selain menghindari berbagai jenis makanan yang dapat memicu kambuhnya penyakit maag. Tentunya sangat dianjurkan agar penderita maag mengkonsumsi jenis makanan yang tepat. Seperti halnya jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Jenis makanan tersebut dikenal sebagai makanan penunda rasa lapar. Hal ini berkaitan dengan efek berupa gula darah yang akan meningkat secara perlahan setelah mengkonsumsinya. Sehingga para penderita maag pun tidak akan menderita rasa lapar sekali pun dirinya tengah berpuasa. 

Hindari Konsumsi Rokok

 Cara berpuasa untuk penderita maag - Hindari Merokok

Cara berpuasa untuk penderita maag berikutnya adalah dengan tidak mengkonsumsi rokok. Rokok adalah salah satu jenis makanan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, baik itu laki-laki atau bahkan perempuan. Padahal efek yang ditimbulkan dari konsumsi rokok terbilang banyak. Bahkan beberapa diantaranya justru membahayakan. Salah satu bahaya tersebut dapat Anda lihat dari masalah tukak lambung, maag, kembung dan bahkan penyakit berbahaya lainnya. Karena itulah, akan lebih baik jika Anda menghindarinya. Apalagi jika Anda penderita maag, pastikan untuk tidak mengkonsumsi rokok selama berpuasa. 

Memberi Jeda Waktu Sebelum Tidur 

 Cara berpuasa untuk penderita maag - Tidur

Untuk para penderita maag, pastikan agar tidak langsung tertidur setelah mengkonsumsi makanan. Karena konsumsi makanan setelah tidur umumnya akan menaikan asam lambung dengan mudah. Sehingga penyakit maag pun akan kambuh dengan mudah. 

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya apabila setelah mengkonsumsi Anda duduk dalam posisi tegak. Selain itu, usahakan untuk tidak tertidur dalam waktu 2-3 jam setelah makan. Hal ini tidak hanya berlaku untuk proses konsumsi makanan berat saja. Dengan kata lain, setelah mengkonsumsi cemilan pun sebaiknya Anda tidak langsung tertidur. 

Hindari Stress 

Cara berpuasa untuk penderita maag - Stress

Stress dikenal sebagai salah satu pemicu dari hadirnya penyakit maag. Hal yang satu ini memang jarang disadari. Karena itulah cara berpuasa untuk penderita maag selanjutnya dapat Anda lakukan dengan mengatur stress secara baik. 

Patut untuk Anda ketahui bahwa ketika stress tidak dapat diatur dengan baik. Hal tersebut akan mempengaruhi bagian hipotalamus dalam mengaktifkan sistem hormonal. Sedangkan produk akhir yang ditimbulkan olehnya adalah munculnya hormon kortisol. 

Kortisol sendiri dikenal sebagai hormon yang berfungsi dalam membalikkan kondisi fisiologis tubuh dari keadaan normal. Seperti halnya peningkatan gula darah, denyut jantung, asam lemak yang ada dalam darah hingga turunnya produksi dari antibodi. 

Tidak hanya itu saja, hormon kortisol juga dapat meningkatkan produksi asam lambung. Hal ini terjadi karena kinerja dari bagian lambungnya itu sendiri yang mulai melambat. Karena itulah penyakit maag pun akan hadir dengan mudah. 

(Baca Juga: 6 Tips Puasa Saat Corona Yang Wajib Diterapkan)

Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan 

Cara berpuasa untuk penderita maag - Kebersihan

Selain beberapa cara berpuasa untuk penderita maag di bagian atas tadi. Pastikan pula untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitar Anda. Hal ini penting untuk dilakukan karena penyebaran bakteri dapat terjadi dimanapun Anda berada. Namun apa hubungannya penyebaran bakteri dengan masalah penyakit maag? Penyakit maag adalah salah satu jenis masalah kesehatan yang berkaitan dengan lambung. Sedangkan infeksi lambung sendiri umumnya terjadi karena adanya penyebaran bakteri H. pylori. 

Untuk penyebaran bakteri tersebut memang tidak diketahui secara pasti berasal dari bagian mana. Namun secara umum, hal tersebut biasanya berasal dari konsumsi makanan serta minuman yang telah terkontaminasi. Karena itulah kebersihan diri dan lingkungan pun patut untuk Anda jaga. 

Dalam hal ini, Anda dapat melakukan pencegahan dengan melindungi diri dari adanya infeksi saluran cerna. Seperti halnya rajin mencuci tangan hingga mengkonsumsi makanan yang telah matang. Dengan demikian, beragam masalah yang dapat memicu munculnya maag kronis pun dapat diatasi dengan mudah. 

Konsumsi Obat Maag 

Cara berpuasa untuk penderita maag - Konsumsi Obat Maag

Cara berpuasa untuk penderita maag paling akhir yang dapat penulis sampaikan adalah mengkonsumsi obat maag. Cara yang satu ini dikenal sebagai cara paling efektif dalam mengatasi masalah penyakit maag. Apalagi jika mengatur pola makan dengan baik sudah tidak memberikan efek kembali. 

Selama berpuasa, Anda dapat mengkonsumsi obat maag secara rutin. Seperti halnya di waktu malam sebelum tidur atau bahkan setelah selesai sahur. Dengan demikian puasa yang Anda lakukan pun akan bertahan dengan lebih kuat. 

Untuk pilihan dari obat maagnya itu sendiri terbilang beragam. Ada jenis obat maag yang berasal dari antasida dan umumnya dijual secara bebas serta ada pula jenis obat maag yang dapat dipesan dengan resep dokter. Namun jika masalah maag yang Anda hadapi sudah kronis, akan lebih baik jika dilakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Sehingga pemberian obat pun dapat dilakukan dengan lebih tepat. 

 

Saran penulis bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan seperti penyakit maag. Tidak ada salahnya untuk mencoba mengikuti beberapa cara berpuasa untuk penderita maag di bagian atas tadi. Namun pastikan pula untuk melakukannya dibawah pengawasan tenaga medis. 

 

Total
144
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts