Cara Membuat Minuman Jahe Yang Enak Dan Segar

Cara Membuat Minuman Jahe Yang Enak Dan Segar – Apa yang di pikiran kalian ketika mendengar kata “pedas”? Apakah itu yang mengandungi level kepedasan tertentu atau bahan, seperti tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan tertentu?. Meski beberapa di antara kita berpikir mengenai level kepedasan tertentu, seringkali cabai adalah tanaman pertama yang muncul di pikiran ketika kita mendengar kata “pedas”. Maklum, dengan capsicum yang dimilikinya, tanaman satu ini dapat menciptakan sensasi pedas yang “nano-nano” di lidah.

Sayangnya, cabai juga merupakan tanaman yang kuat rasanya, sehingga mengintimidasi untuk beberapa di antara kita yang memiliki masalah pencernaan. Karena itu, ada alternatif lain untuk rasa pedas yang tidak menyiksa, yaitu jahe.

Cara Membuat Minuman Jahe Yang Enak Dan Segar

Tidak seperti cabai, tanaman jahe telah terbukti meminimalkan rasa mulas yang dirasakan ketika sedang sakit perut, maag, atau mengalami masalah pencernaan lainnya. Dengan panas alami yang ditimbulkannya, tanaman jahe juga dapat meningkatkan vitalitas dan stamina seseorang. Dalam beberapa kasus, tanaman jahe juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti panas dalam, batuk-pilek, masalah pernafasan, dan sebagainya. Kita bisa menemukan aplikasi buah pada tanaman jahe pada berbagai macam jenis hidangan maupun minuman. Meski demikian, kita jauh lebih sering menemukan aplikasi jahe pada berbagai jenis minuman. 

Cara Membuat Minuman Jahe Yang Enak Dan Segar

Selain mudah dibuat, aplikasi jahe pada berbagai jenis minuman juga, seperti yang dikatakan berulang kali oleh juri sebuah acara masak yang terkenal, sudah pasti “meng-highlight” jahenya.Dalam artikel ini, kita akan melihat cara membuat minuman jahe yang enak dan segar. Secara umum, cara membuat minuman jahe terdiri dari cara membuat minuman jahe instan dan cara membuat dari jahenya secara alami. 

Dasar dari jahe instan adalah jahe bubuk. Takaran jahe bubuk yang dibuat biasanya satu sachet penuh. Sementara itu, ukuran air hangat biasanya 1/2 dari tinggi gelas atau cangkir yang kita gunakan. Tambahkan gula 1 sendok teh bila masih merasa kurang manis. Untuk membuat minuman jahe dasar yang terbuat dari jahe bubuk, kita cukup menyeduhnya dengan air hangat. Aduk-aduk hingga jahe bubuk melebur sepenuhnya dengan air hangat. Sajikan selagi hangat.

(Baca Juga: Yuk Kenali, Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan)

Sekadar informasi, resep minuman jahe bubuk dasar ini dapat langsung disajikan selagi hangat dengan air hangat tanpa adanya penambahan rasa maupun dengan penambahan rasa. Penambahan rasa dapat dengan menambahkan teh hitam celup, daun mint, atau madu.

Teh Hitam Celup

Teh Hitam Celup

Secara umum, teh hitam celup digunakan karena teh hitam celup memiliki karakteristik manis alami dan dapat dengan cepat menyerap rasa dari bahan minuman lainnya yang kita gunakan, seperti jahe bubuk. Jika menggunakan teh hitam celup, seduh teh terlebih dahulu dengan air hangat yang ukurannya 3/4 dari tinggi gelas atau cangkir yang kita gunakan.

Ingat, jangan menyeduh dengan mengayun-ayunkan teh celup seperti yo-yo, tetapi seduh dengan membiarkan teh hitam celup berendam dalam air hangat selama kurang lebih 3-5 menit. Setelah itu, angkat teh hitam celup, masukkan jahe bubuk, dan aduk-aduk hingga jahe bubuk melebur sepenuhnya dalam air hangat. 

 

Kombinasi daun mint dan madu cocok diaplikasikan pada minuman jahe instan dasar baik ketika kita mengalami masalah pernafasan maupun ketika kita mengalami batuk-pilek biasa. Lagipula, ketiga macam bahan ini, yaitu daun mint, madu, dan jahe, bermanfaat untuk mencegah peradangan dalam tubuh yang ditimbulkan oleh masalah pernafasan maupun persoalan batuk-pilek pada umumnya. Kita dapat menggunakan daun peppermint atau spearmint segar. Biasanya, 2 atau 3 helai daun cukup untuk kita taruh dan seduh bersama dengan jahe bubuk dalam air hangat selama kurang lebih 3 menit. Kendati demikian, daun peppermint atau spearmint cenderung langka dan mahal, jadi bila kita tidak memiliki akses ke kedua daun mint ini, kita dapat langsung skip ke madu.

Bila kita hendak menggunakan madu, gunakan madu yang sifatnya encer dan alami. Madu olahan dari bunga-bunga liar adalah alternatif yang baik dengan harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan madu yang merupakan obat jenis “over-the-counter”, tetapi dengan rasa manis yang lebih alami dibandingkan madu penggemuk atau jenis madu tertentu yang mengandungi berbagai substansi obat di dalamnya.

Bila kita menggunakan madu dalam campuran minuman jahe bubuk kita, maka kita tidak perlu menambahkan gula lagi. Hal ini dikarenakan sirup pada madu telah mengandungi gula, biasanya dengan kadar dan turunan gula yang cukup banyak. Karena itu, kita cukup menambahkan 1-2 sendok makan madu pada minuman jahe bubuk kita.

Dasar Membuat Minuman Jahe Bubuk

Cara Membuat Minuman Jahe Bubuk

Dasar cara membuat minuman jahe bubuk dengan madu sama seperti cara membuat minuman jahe bubuk dasar. Setelah selesai menyeduh jahe bubuk ke dalam air hangat, tambahkan 1-2 sendok makan madu. Aduk-aduk lagi hingga jahe dan madu tercampur seluruhnya dalam air hangat, dan sajikan selagi hangat.

Jahe bubuk pada aneka macam minuman jahe instan yang baru saja kita bahas dapat kita peroleh di supermarket, minimarket, atau warung terdekat dengan harga yang sangat terjangkau. Kendati demikian, bukan tidak mungkin bagi kita untuk meracik minuman jahe yang jahenya diproses secara alami.

Cara membuat minuman jahe yang jahenya diproses secara alami dimulai dengan mengupas jahe hingga bersih dari kulitnya. Setelah itu, parut jahe menggunakan alat pemarut atau cacah jahe menjadi potongan-potongan yang menyerupai debu. 

(Baca Juga: Ini Dia, Manfaat Olahraga Secara Rutin Yuk Cobain!)

Jika memarut jahe, maka proses membuat minuman jahe dapat dilanjutkan dengan menyeduh dengan air hangat 3/4 tingginya dari gelas, cangkir, atau poci minuman yang kita gunakan. Jika mencacah jahe, kita dapat melanjutkan proses dengan terlebih dahulu memproses jahe cacah ke dalam juicer selama beberapa detik atau hingga jahe menjadi lembut, setelah itu tambahkan 1-2 sloki air hangat ke dalam gelas atau cangkir saji.

Selanjutnya, kita dapat menyajikan minuman jahe parut atau cacah kita selagi hangat. Sama dengan minuman jahe yang terbuat dari jahe bubuk instan, kita dapat menambahkan satu sendok teh gula pasir bila merasa minuman jahe kurang manis. Sebagai alternatif yang lebih sehat, kita dapat mengganti satu sendok teh gula pasir dengan gula batu atau gula aren. 

Jika menggunakan gula batu atau gula aren, kita dapat memproses minuman jahe dengan dasar yang telah ditunjukkan sebelumnya. Bedanya, bila kita menggunakan juicer, proses selanjutnya adalah rebus air matang sekitar 330 cc ke dalam panci bersama dengan gula batu atau gula aren. 

Aduk-aduk menggunakan spatula atau sejenisnya hingga gula batu atau gula aren tercampur dengan jahe dan air matang. Setelah itu, tuang dalam poci berukuran besar atau pemanas minuman. Hidangkan selagi hangat. 

Minuman jahe yang melalui proses alami seringkali identik dengan harga yang mahal. Namun, itu semua dapat diakali asalkan kita mengetahui cara menanam jahe di rumah yang praktis dan pastinya membuat jahe bertumbuh lebih cepat. Kita akan belajar cara menanam jahe di halaman rumah pada artikel selanjutnya.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts