5 Cara Mengatasi Badan Lemas dengan Mudah dan Cepat

cara mengatasi badan lemas

Meski kondisi ini dianggap sepele, namun mengetahui cara mengatasi badan lemas sangat penting. Sebab jika berlangsung terlalu sering, tentunya sangat mengganggu kegiatan keseharian Anda.

Badan lemas adalah ketika kondisi tubuh Anda tidak bertenaga. Kondisi ini disebabkan oleh banyak faktor. Umumnya, kondisi ini tidak akan berlangsung lama. Namun, Anda harus tetap waspada.

Sebab, badan lemas juga sering menjadi gejala gangguan kesehatan. Simak pembahasan selengkapnya untuk lebih memahami mengenai badan lemas dan cara mengatasinya. Sehingga, Anda tidak menyepelekannya lagi.

Faktor Penyebab Badan Lemas yang Berbeda

Setiap penderita badan lemas, memiliki penyebab berbeda. Hal ini dikarenakan kondisi tersebut adalah efek dari penyebab utamanya. Secara garis besar, terdapat dua faktor utama penyebabnya yaitu fisik dan psikis.

Kedua faktor tersebut dapat dijabarkan lagi secara lebih rinci dan spesifik, seperti berikut ini agar Anda dapat menentukan cara mengatasi badan lemas yang paling tepat.

Faktor Fisik

cara mengatasi badan lemas - faktor fisik

Faktor fisik ini erat kaitannya dengan kondisi kesehatan Anda. Sebab, tubuh akan menjadi lemas saat terserang penyakit. Gejala ini biasanya disertai dengan demam atau tidak enak badan.

Namun beberapa penyakit, tidak menimbulkan gejala demam atau tidak enak badan. Mereka hanya mempengaruhi kekuatan tubuh Anda. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat menyebabkan gejala demikian.

  • Anemia atau kekurangan sel darah merah, sehingga tubuh tidak mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi secara maksimal. Hal ini menyebabkan Anda pucat dan lemas.
  • Kekurangan gizi yang berguna untuk memberikan energi dan pembentukan sel-sel dalam tubuh.
  • Kadar gula darah di bawah batas normal. Sel-sel membutuhkan glukosa sebagai sumber energi, saat kadarnya turun, fungsi tubuh juga akan menurun dan menjadi lemas.
  • Gangguan tidur, baik kekurangan atau kelebihan tidur. Kedua kondisi tersebut akan menurunkan fungsi tubuh.
  • Menstruasi, kondisi ini sangat lumrah terjadi. Sebab, saat menstruasi Anda akan kehilangan banyak darah. 

Cara mengatasi badan lemas ini harus menggunakan pertolongan medis untuk mengatasi penyebab utamanya. Setidaknya, Anda harus didiagnosa terlebih dahulu.

(Baca Juga: Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja, Yuk Simak Baik-Baik)

Faktor Psikis

cara mengatasi badan lemas - faktor psikis

Untuk faktor psikis, sangat erat kaitannya dengan kondisi mental tertentu. Tidak jarang ketika menghadapi berbagai masalah akan merasa lemas, karena Anda secara emosional memang kelelahan. Beberapa keadaan mental yang dapat menyebabkan badan lemas diantaranya adalah:

  • Depresi, gangguan kesehatan mental ini sangat umum dialami saat Anda mendapat berbagai macam masalah hidup. Perasaan menjadi sedih dan tidak ingin melakukan apapun.
  • Gangguan kecemasan atau panic attack akan membuat penderitanya merasa lemas secara tiba-tiba saat menghadapi masalah yang mengancamnya.
  • Stress juga dapat menyebabkan badan menjadi lemas. Hal ini karena Anda terlalu dituntut baik dalam pekerjaan atau kehidupan sosial.
  • Mood swing, gangguan ini sangat berpengaruh terhadap kondisi hati penderitanya. Saat mood menjadi buruk, mereka akan merasa lemas dan enggan melakukan apapun. Bahkan emosi meluap jika terus dipaksa.

Cara mengatasi badan lemas pada kasus ini, Anda harus mengatasi penyebabnya dengan berkonsultasi kepada psikolog. Sebab jika diabaikan, Anda akan semakin terlarut-larut dan berisiko menyakiti diri sendiri.

Gejala Umum yang Sering Dialami Ketika Badan Lemas

Secara pribadi, Anda pasti akan langsung mengetahui jika tubuh sendiri sedang lemas. Namun jika hal ini dialami oleh orang lain, maka akan cukup sulit mengetahuinya. Oleh sebab itu, kami akan memberikan gejala umum kondisi ini.

Sehingga, Anda bisa memberikan penanganan dan pengertian kepada orang tersebut. Terlebih lagi jika mereka adalah orang terdekat Anda. Berikut ini adalah gejalanya:

  • Bibir kering dan pucat, gejala ini bisanya yang paling nampak saat seseorang mengalami badan lemas.
  • Berkeringat dingin dan tidak seaktif biasanya.
  • Memiliki respon yang kurang cepat dan terlihat tidak termotivasi dalam menjalankan harinya.
  • Penderita juga akan sulit berkonsentrasi dan nampak selalu mengantuk di siang hari.
  • Perubahan mood penderita sangat cepat, serta tidak mampu mengontrol emosinya sendiri.

Cara Mengatasi Badan Lemas dengan Mudah

Selain berusaha untung mengatasi sumber penyebab badan lemas, Anda juga dapat mengembalikan tenaga dengan berbagai cara. Namun, tentunya Anda harus konsisten melakukannya hingga badan pada kondisi normal.

Sehingga, Anda bisa kembali produktif dan mampu menjalankan berbagai aktivitas secara maksimal. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda praktikan untuk mengatasi badan lemas:

Makan Makanan Bergizi

cara mengatasi badan lemas - makanan bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi merupakan upaya penting untuk mengatasi badan lemas. Seperti yang diketahui, kebanyakan badan lemas disebabkan karena kurangnya energi atau adanya malnutrisi.

Sehingga, Anda harus memperbaikinya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Berikut ini adalah jenis makanan yang direkomendasikan untuk Anda yang sedang lemas.

  • Pisang, buah satu ini dikenal mampu menyuplai energi yang besar dan cepat kepada tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan magnesium, serat, vitamin, dan karbohidrat pada pisang yang tinggi.
  • Oatmeal, makanan ini kaya akan serat dan protein untuk menjaga tubuh tetap berenergi. Cara mengatasi badan lemas menggunakan oatmeal sangat aman untuk penderita diabetes karena indeks glikemiknya rendah.
  • Pepaya, memiliki kandungan vitamin C dan glukosa yang mudah diserap oleh tubuh. Sehingga, energi dalam tubuh lebih cepat terbentuk.
  • Bayam, kadar kalium dan nutrisi penghasil energi yang terdapat di dalamnya mampu mengatasi lemas dengan ampuh. Sehingga, Anda akan kembali bertenaga.
  • Daging merah kaya akan mineral, protein, dan juga zat besi. Kandungan nutrisi tersebut mampu memperbaiki sel-sel tubuh dan menjadikannya lebih bertenaga.

Selain makanan di atas, masih banyak lagi makanan yang dapat meningkatkan mengatasi lemas. Pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi.

(Baca Juga: Cara Mengatasi Diare Pada Anak Tanpa Menggunakan Obat)

Melakukan Olahraga Ringan Secara Rutin

cara mengatasi badan lemas - olahraga

Cara mengatasi badan lemas berikutnya adalah dengan berolahraga. Kegiatan ini mampu memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh. Sehingga, nutrisi dan oksigen dalam darah bisa diserap secara maksimal.

Dampaknya adalah seluruh sel tubuh dapat berfungsi dengan baik. Anda akan merasa lebih berenergi dan segar.

Memenuhi Kebutuhan Cairan

cara mengatasi badan lemas - air putih

Cairan dalam tubuh berguna untuk membantu proses metabolisme, salah satunya adalah pembentukan energi. Kurangnya cairan tubuh, tentunya akan menghambat proses tersebut. Sehingga Anda akan merasa lemas dan tidak berenergi. 

Oleh sebab itu, salah satu cara mengatasi badan lemas Anda harus mengonsumsi air putih dengan cukup. Jumlah minimalnya adalah 2 liter per hari atau 8 gelas perhari. Jangan sampai Anda mengalami dehidrasi.

Menjaga Pola Tidur

cara mengatasi badan lemas - tidur

 

Pola tidur yang kurang baik menjadi salah satu penyebab utama badan lemas. Tidur merupakan momen penting bagi tubuh untuk mengembalikan energinya. Pada saat tidur juga terjadi proses peremajaan sel.

Sehingga, setelah bangun Anda akan merasa lebih segar. Biasakan tidur selama 7 – 8 jam per harinya. Jika kurang dari waktu tersebut, tubuh akan menjadi lemas karena kekurangan istirahat.

Mengonsumsi Vitamin

cara mengatasi badan lemas - mengonsumsi vitamin

Vitamin atau suplemen makanan mengandung berbagai zat yang diperlukan oleh tubuh. Sebab, beberapa vitamin dan mineral tidak dapat terpenuhi jika hanya mengandalkan makanan yang dikonsumsi.

Oleh sebab itu, diperlukannya suplemen tambahan sebagai cara mengatasi badan lemas. Berikut ini adalah vitamin dan mineral yang dibutuhkan jika Anda sering merasa lemas:

  • Vitamin D yang berguna untuk mencegah kelelahan otot. Terutama bagi Anda yang mengalami obesitas, konsumsi vitamin D harus diperhatikan.
  • Vitamin B mampu memberikan energi pada setiap sel. Biasanya, suplemen makanan sudah menyediakan kandungan B kompleks untuk memberikan manfaat lebih lengkap.
  • Kreatin bermanfaat untuk meningkatkan kinerja fisik tubuh.
  • Zat besi berguna untuk membantu pembentukan sel darah merah, sehingga Anda dapat terhindar dari anemia.
  • L-theanin atau asam amino dalam teh ini berfungsi untuk membantu pembentukan energi dalam tubuh.

Cara Mudah Mencegah Badan Lemas

Setelah berhasil mengatasi badan lemas, tentu Anda tidak ingin kondisi tersebut kembali lagi. Oleh sebab itu, Anda harus mencegahnya kembali. Terdapat beberapa cara dalam mengatasi badan lemas, yaitu:

  • Biasakan sarapan setiap pagi dengan menu bergizi, kaya akan serat dan vitamin. Misalnya telur, susu, buah, dan lainnya.
  • Rutin mengkonsumsi madu, sebab glukosa dalam madu mudah diserap dalam tubuh. Sehingga, Anda akan memperoleh energi lebih cepat dan tahan lama.
  • Beristirahat secara cukup merupakan salah satu cara mengatasi badan lemas sekaligus mencegahnya. Jangan paksakan tubuh Anda jika memang sudah merasa lelah.
  • Lakukan liburan atau me time untuk memperbaiki kesehatan mental Anda. Sehingga, pikiran lebih segar dan mood menjadi lebih baik.
  • Rutin mengkonsumsi suplemen makanan meski tubuh sudah kembali normal. Apalagi, bila Anda sering mengalami lemas.
  • Cek kesehatan secara rutin untuk memantau dan diagnosa dini terhadap gangguan kesehatan yang mungkin terjadi.

Tubuh memang sangat rentan mengalami berbagai gangguan kesehatan. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui cara menjaganya sebaik mungkin. Salah satunya adalah cara mengatasi badan lemas.

Total
2
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts