Bunda, Simak Yuk Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi Paling Aman

Ketika bayi diserang batuk, terkadang disertai dengan dahak yang mengganggu pernafasan si kecil, sehingga diharuskan mengenal cara mengeluarkan dahak pada bayi. Tenggorokan lega dan buah hati akan lebih nyaman.

Saat batuk, tidak sedikit yang kesakitan karena pernafasannya tertutup oleh dahak. Semua ibu pasti merasa cemas melihat kondisi tersebut. Dengan demikian, harus segera dikeluarkan. 

Tersumbatnya pernapasan akan membuat si kecil kesulitan bernafas. Mengingat tubuhnya masih kecil dan lemah, tidak sedikit bayi kehabisan nafas, mengalami kondisi serius hingga meninggal dikarenakan hal tersebut.

Mengenal Bahaya Dahak Pada Saluran Pernafasan

cara mengeluarkan dahak pada bayi

Lendir berlebihan terdapat di saluran nafas adalah dahak. Dikarenakan keberadaannya di saluran pernafasan, sehingga akan mengganggu tubuh menghirup oksigen. Terutama pada bayi bertubuh lemah.

Tubuh dan organ bayi sangat rentan terkena infeksi dikarenakan sistem kekebalan tubuhnya belum terbentuk sempurna. Termasuk adanya dahak ini dapat menyebabkan infeksi pada paru-paru sehingga membuatnya kesulitan bernafas. 

Apabila bayi kesulitan bernafas, asupan oksigen bisa berkurang sehingga bisa mematikan fungsi otaknya. Pada kondisi yang parah dapat menyebabkan meninggal. Dikarenakan organ dalamnya masih sangat lemah.

Dengan demikian, diharuskan mengetahui cara mengeluarkan dahak pada bayi agar membuatnya aktif kembali dan tidak sesak nafas. Setiap ibu tentunya senang melihatnya kembali aktif. 

Bayi mudah menangis dan rewel bila sesak nafas. Hal tersebut merupakan ekspresi atas ketidaknyamanannya karena bayi masih belum bisa bicara. Maka dari itu, ekspresi tersebut harus dipahami oleh ibu.

Membiarkan terus menangis berlarut-larut akan memperparah kinerja paru-paru. Oleh sebab itu sebaiknya dahak dikeluarkan terlebih dahulu maka harus mengenal cara mengeluarkan dahak pada bayi agar tidak mengganggu pernafasan. .

Dahak sangat penting dikeluarkan sebagai pertolongan sebelum kondisi berbahaya menyerangnya. Pasalnya jika tidak dikeluarkan, kondisi fatal seperti dijelaskan sebelumnya bisa terjadi pada buah hati.

Maka dari itu, jangan dianggap sepele karena kondisi serius terjadi pada tubuh buah hati. Kesehatan yang terganggu akan mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangan tubuhnya menjadi tidak berkembang.

(Baca Juga: Bunda, Simak Yuk Cara Menghilangkan Biang Keringat pada Bayi paling Aman)

Penyebab Bayi Berdahak Ini Penting Diketahui

Penting diketahui oleh orang tua beberapa hal yang menyebabkan bayi berdahak agar tepat mengobatinya. Pasalnya memiliki tubuh masih lemah dan tidak bisa mengeluarkan dahaknya sendiri pada usia tersebut. 

Virus, asma, batuk rejan, bronkiolitis adalah penyebab bayi berdahak. Bahkan bila udara yang berdebu terhirup membuatnya terbatuk-batuk serta berdahak. Hal tersebut dikarenakan kotoran bisa menginfeksi paru-parunya.

Terlepas dari penyebabnya dahak sangat mengganggu, maka diharuskan mengetahui cara mengeluarkan dahak pada bayi agar buah hati tidak merasa kesakitan lagi serta tidak nyaman dikarenakan hal tersebut.

Rasa tidak nyaman tersebut akan menyebabkan bayi tidak dapat tertidur pulas sehingga dapat mengganggu waktu istirahatnya sehingga bisa terjadi komplikasi penyakit penyerta yang mengganggu si kecil.

Mengenali penyebabnya merupakan bagian dari mengetahui cara mengeluarkan dahak pada bayi sehingga orang tua akan melakukan tindakan pertama yang penting diketahui agar segera mendapatkan pertolongan sebelum ke dokter.

Flu yang menyerangnya bisa menyebabkan berdahak karena virus tersebut akan menginfeksinya. Kenali tanda-tandanya yaitu terjadi penyumbatan pada hidung atau pilek, hingga batuk berdahak. Kondisi tersebut, dapat menghilangkan nafsu makan pada bayi. 

Dikarenakan tubuh bayi masih lemah sehingga dahak bisa saja terjadi karena menghirup udara kotor dan berdebu, serta asap rokok dan asap diakibatkan oleh adanya tungku pembakaran di dalam rumah. 

Apabila debu terhisap, dapat memasuki pernafasan serta menginfeksinya. Dengan demikian, sebaiknya untuk menjauhkan dari udara kotor tersebut sehingga bayi tidak akan terpapar debu dari udaranya.

Inilah Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi paling Mudah

Dikarenakan masih lemah, bayi akan kesulitan untuk mengeluarkan dahak, mereka tidak bisa melakukannya. Maka dari itu diperlukan bantuan orang tua agar dahak bisa dikeluarkan. Berikut cara yang paling direkomendasikan: 

Datang dan Konsultasikan dengan Dokter 

cara mengeluarkan dahak pada bayi - konsultasi ke dokter

Apabila mengganggu, sebaiknya segera datang dan konsultasikan ke dokter anak. Tindakan nebulizer atau terapi uap akan dilakukan oleh dokter anak. Berkonsultasi dengan dokter adalah cara mengeluarkan dahak pada bayi termudah tanpa membuatnya kesakitan. 

Mendatangi dokter dan berkonsultasi bisa segera diketahui apabila ditemukan kondisi serius sehingga dokter akan segera mengambil tindakan selain melakukan terapi uap agar buah hati bisa segera mendapatkan pertolongan.

Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi kesehatan buah hati agar mendapatkan tindakan yang tepat serta pengobatannya untuk mengobati penyakitnya. Termasuk sang ibu harus menceritakan riwayat kesehatan buah hatinya agar dipahami oleh dokter.

Membuat Uap Sendiri 

cara mengeluarkan dahak pada bayi - membuat uap sendiri

Terapi uap bisa dilakukan ibu di rumah dengan cara sederhana, yaitu baskom diisi air mendidih Melakukan cara ini bisa meneteskan kayu putih atau tidak. Bayi harus diposisikan agar nyaman menghirup uap tersebut.

Diharuskan untuk berhati-hati karena baskom berisi air panas dikhawatirkan si kecil bisa meraihnya Maka dari itu ibu sebaiknya menggendong buah hatinya saat melakukan terapi uap tersebut agar gerakannya bisa diawasi.

Melakukan terapi uap di rumah adalah trik paling mudah dan murah karena tidak diharuskan mengeluarkan biaya. Cukup menggunakan bahan dan barang yang ada di rumah tentunya dapat menghemat pengeluaran.

Punggung Bayi Harus Ditepuk-tepuk

cara mengeluarkan dahak pada bayi - menepuk punggung bayi

Apabila bayi merasa tidak nyaman karena hal tersebut, segera telungkupkan badannya lalu punggungnya ditepuk-tepuk. Dengan demikian, akan mengencerkan dahak sehingga mudah untuk mengeluarkannya. Cara ini tergolong mudah dilakukan.

Menelungkupkan bayi sebaiknya di dalam gendongan sang ibu, agar merasa nyaman. Kenyamanan pelukan ibu tersebut bagian dari obat pada si kecil agar bisa kembali sehat dengan cepat dikarenakan chemistrynya cukup kuat.

Hanya ibu yang dapat memahami perasaan si kecil. Termasuk dalam hal ini menepuk punggungnya sebaiknya tidak terlalu kuat dan tidak terlalu pelan. Pastikan buat bayi nyaman karena hal tersebut. 

(Baca Juga: Begini Cara Meningkatkan Imun Tubuh pada Bayi yang Tepat)

Manfaatkan Daun Sirih

cara mengeluarkan dahak pada bayi - daun sirih

Caranya ambil beberapa lembar daun sirih lalu panaskan di atas wajan atau di atas api langsung. Setelah hangat ditempelkan di bagian dada serta punggungnya agar hangatnya dapat melegakan tenggorokannya.

Selain praktis, buah hati tidak akan kesakitan bila melakukan cara ini bahkan membuatnya lebih nyaman. Hal tersebut dikarenakan efek aliran hangat dari daun sirih dapat melegakan tenggorokan. 

Terlebih bisa menemukannya dengan mudah di pasar tradisional atau jika memiliki tanamannya sendiri lebih baik karena cukup memetiknya di halaman rumah sehingga tidak harus mencarinya lebih lama.

Tubuh Si Kecil Dihangatkan

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, beberapa hal bisa menyebabkan batuk berdahak yang mengganggu. Salah satunya bronkliotis disebabkan oleh udara dingin. Oleh sebab itu, orang tua harus menghangatkan tubuhnya.

Berikanlah selimut yang hangat atau pakaian yang nyaman dan dapat menyerap keringat seta bisa menghangatkan sebagai cara mengeluarkan dahak pada bayi agar tidak merasa kedinginan karena dapat memperparah kondisinya.

Selain menggunakan selimut, penggunaan minyak essensial sangat disarankan agar membuat tubuhnya lebih hangat. Adapun minyak telon dan minyak kayu putih merupakan minyak essensial yang terdapat di Indonesia.

Bayi Kembali Sehat dan Aktif

Mengetahui dan mempraktekkan cara mengeluarkan dahak pada bayi dapat membuat buah hati merasa nyaman. Dengan demikian, mereka bisa tidur nyenyak dan makan lahap. serta kembali aktif seperti sedia kala. 

Maka dari itu, para ibu harus lebih responsif dengan mengenali ekspresinya agar bisa segera melakukan tindakan pertama untuk menolongnya. Pasalnya masih belum bisa berbicara dan mengeluarkannya sendiri. 

Si kecil bukanlah orang dewasa mini bisa diajak kerjasama melakukan sesuatu, termasuk mengeluarkan kotoran. Mengeluarkannya diperlukan bantuan orang tua. Dengan demikian, diharuskan lebih pengertian dan memahaminya. 

Apabila batuk menyerang buah hati kerap tidak mau minum ASI, maka pertumbuhannya dapat terganggu. Mereka akan rewel maka harus mengetahui cara mengeluarkan dahak pada bayi yang aman.

Orang tua akan lega bila melihat si kecil kembali aktif. Maka dari itu, penting sekali membuat mereka selalu sehat. Dengan demikian, pertumbuhannya tidak akan terganggu karena penyakit tersebut.

Dikarenakan masih masa pertumbuhan, sehingga tidak boleh sakit karena akan menghambat pertumbuhannya. Maka dari itu, pentingnya mengetahui cara agar mereka tetap sehat dan kembali aktif.

Aktifnya buah hati merupakan pertanda tubuhnya tidak mengalami gangguan. Maka dari itu, orang tua harus segera memberikan pertolongan pertama pada buah hati bila mengalami gangguan kesehatan terlebih bila menyerang pernafasan.

Pertanda penyakit serius bisa berupa dahak. Orang tua yang bijaksana diharuskan membantu buah hatinya agar mengeluarkan kotorannya tersebut, sehingga diharuskan mengenal cara mengeluarkan dahak pada bayi.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts