Memahami Cara Mengurangi Mata Minus dengan Bahan – bahan Natural

cara mengurangi mata minus

Mata minus merupakan salah satu masalah mata yang menimpa banyak orang, sehingga wajar jika banyak yang mencari tahu cara mengurangi mata minus. 

Mata minus atau sering juga disebut sebagai rabun jauh membuat si penderita tidak bisa melihat objek jauh secara dekat. 

Peneliti mengemukakan bahwa ketika mata menderita rabun jauh, maka cahaya dari kornea tersebut jatuhnya di depan retina. Padahal, cahaya tersebut seharusnya jatuh tepat di retina, sehingga objek bisa terlihat dengan jelas. 

Pengobatan sementara untuk miopi lebih sering dilakukan dengan penggunaan kacamata, atau bisa juga dengan lensa kontak minus. Fungsi kacamata ini adalah untuk membuat cahaya jatuh tepat di retina, sehingga penglihatan jadi jelas kembali.

Namun kacamata tersebut sifatnya hanya mengurangi, bukan mengobati penyakit miopi. Anda harus tetap menggunakan kacamata jika ingin melihat objek secara jelas. Beberapa orang mungkin kurang suka dengan penggunaan kacamata.

Pengobatan medis lain yang dilakukan dalam menangani mata minus adalah dengan operasi. Saat ini sudah banyak metode operasi mata yang mampu memulihkan mata jadi normal kembali dan hasilnya permanen. Hanya saja operasi juga memiliki resiko nya sendiri.

Cara Mengurangi Mata Minus Permanen dengan Bahan Alami

Apakah mata minus sebenarnya bisa diobati secara permanen tanpa pengobatan medis? Pertanyaan ini mungkin banyak diajukan orang, dan jawabannya tentu saja bisa. Dengan mengkonsumsi bahan – bahan alami, rabun jauh bisa diobati.

Hanya saja prosesnya tidak secepat pengobatan medis. Anda harus bersabar mengobatinya serta tidak melakukan kebiasaan yang memperburuk penglihatan. Berikut ini kami rangkum beberapa bahan alami yang bisa mengurangi rabun jauh. 

Rutin Mengkonsumsi Wortel

cara mengurangi mata minus - wortel

Wortel merupakan jenis sayuran yang dikenal sangat baik untuk kesehatan mata. Pada wortel terdapat banyak kandungan beta-karoten yang sangat dibutuhkan tubuh. Beta-karoten ini fungsinya adalah untuk memproduksi vitamin A.

Wortel mudah didapatkan dan pengolahannya juga sangat gampang. Anda bisa mengonsumsinya mentah atau juga dengan menjadikannya sebagai jus. Konsumsi wortel secara rutin merupakan cara mengurangi mata minus paling efektif. 

Jika penyakit miopi Anda sudah terlampau parah, maka usahakan setidaknya meminum segelas jus wortel setiap harinya. Jika Anda konsisten, maka dalam waktu 3 bulan saja, minus pada mata Anda akan jauh berkurang. 

(Baca Juga: Cara Menurunkan Darah Tinggi, Pilihan Pengobatan Sederhana)

Mengkonsumsi Hati Sapi

cara mengurangi mata minus - Hati sapi

Jika Anda kurang suka mengonsumsi sayur – sayuran, maka masih ada cara mengurangi mata minus tanpa perlu memaksakan diri mengonsumsi sayur. Caranya adalah dengan rutin mengkonsumsi hati sapi.

Dibandingkan dengan wortel, hati sapi justru memiliki lebih banyak kandungan vitamin A. 100 gram hati sapi sudah mengandung 13,3 mikrogram vitamin A. Selain itu masih banyak kandungan nutrisi lainnya, seperti protein, karbohidrat, vitamin B, dan yang lainnya.

Anda bisa mengolahnya dengan cara memasak dengan hidangan lain. Hanya saja perlu dicermati bahwa hati sapi tinggi akan kolesterol. Jadi jika Anda memiliki masalah jantung, sebaiknya jangan berlebihan mengkonsumsinya. 

Mengonsumsi Ubi Jalar

cara mengurangi mata minus - ubi jalar

Ubi Jalar juga dikenal sangat baik untuk menyehatkan mata. Pada ubi jalar terdapat karotenoid yang bisa membuat penglihatan Anda semakin baik. cara mengurangi mata minus lewat ubi jalar sudah banyak diterapkan dan hasilnya sangat maksimal.

Satu buah ubi jalar ukuran normal biasanya memiliki vitamin A hingga 1.403 mikrogram. Jika Anda mengonsumsi satu ubi jalar saja perhari, maka kebutuhan akan Vitamin A sudah terpenuhi. Jika tidak suka dengan wortel, ubi jalar bisa dijadikan alternatif.

Bagi Anda yang ingin diet juga sangat cocok dengan ubi jalar. Ubi jalar mengandung karbohidrat, sehingga bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Agar khasiatnya maksimal, ada bisa mengkonsumsinya dengan cara dibakar atau juga dikukus. 

Meminum Jus Lidah Buaya

cara mengurangi mata minus - jus lidah buaya

Lidah buaya lebih sering dikenal sebagai obat penyubur rambut. Ternyata lidah buaya juga digunakan sebagai cara mengurangi mata minus. Alasannya karena pada lidah buaya terdapat kandungan Vitamin A dan antioksidan yang sangat dibutuhkan mata.

Tanaman Aloe Vera ini juga sangat efektif menangkal radikal bebas pada mata. Dengan rutin mengkonsumsi lidah buaya, maka produksi sel darah putih juga meningkat. Dengan demikian, selaput halus pada mata bisa terlindungi secara maksimal.

Pada pengobatan mata katarak, tidak jarang gel lidah buaya ini digunakan. Kornea mata juga dibuat semakin kuat olehnya. Agar hasil maksimal bisa Anda dapatkan, maka Anda bisa mengkonsumsi lidah buaya dengan mengolahnya menjadi jus.

Cara Mengurangi Mata Minus dengan Latihan Tertentu

Mengobati penyakit miopi juga bisa dilakukan dengan beberapa latihan tertentu. Mengonsumsi makanan sehat merupakan cara mengobati rabun jauh dari dalam. 

Agar proses penyembuhan semakin cepat, maka Anda juga perlu melatih atau mengobati fisik mata.

Beberapa peneliti menemukan bahwa dengan melakukan kebiasaan tertentu, mata minus bisa dikurangi. Jadi tanpa perlu menggunakan kaca mata, rabun jauh tetap bisa disembuhkan secara permanen. Beberapa kebiasaan berikut bisa Anda terapkan. 

Melakukan Senam Mata

cara mengurangi mata minus - senam mata

Senam mata dikenal sebagai salah satu cara mengurangi mata minus paling praktis. Senam mata artinya melatih mata untuk melihat objek jauh, sehingga cahaya dari kornea bisa kembali tepat jatuh di retina mata Anda.

Senam mata dilakukan dengan cara memfokuskan mata untuk melihat objek yang letaknya jauh. Minimal objek tersebut jaraknya 20 meter, lalu fokuskan pandangan untuk waktu yang cukup lama. Jika kegiatan ini rutin Anda lakukan, rabun jauh bisa dikurangi.

Umumnya mata rabun akibat mata terlalu dipaksa melihat objek dekat. Penggunaan ponsel dalam waktu lama, atau terlalu dekat menonton tv merupakan salah satu penyebab utamanya. Jadi jika mata dilatih melihat objek jauh, secara perlahan miopi bisa sembuh.

Menjemur Mata di Bawah Sinar Matahari

cara mengurangi mata minus - berjemur dibawah matahari

Menjemur mata di bawah sinar matahari selama beberapa menit juga dikenal efektif mengobati penyakit miopi. Mata juga membutuhkan asupan vitamin D, dan sinar matahari merupakan sumber vitamin D terbaik.

Di pagi hari saat sinar matahari belum terlalu terik, Anda bisa memejamkan mata lalu membiarkannya terpapar sinar matahari. Jika mata sudah terasa hangat, Anda bisa menghentikannya. Menjemur mata juga diyakini sebagai cara mengurangi mata minus yang aman.

Kebiasaan masyarakat yang sudah bergantung dengan komputer atau ponsel pintar membuat risiko terkena miopi sangat besar. Walaupun mata Anda belum minus, tidak ada salahnya rutin menjemur mata sebagai langkah pencegahan. 

(Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak di Kegiatan Sehari-hari)

Berolahraga

cara mengurangi mata minus - berolahraga

Terlalu sering beraktivitas di dalam ruangan juga membuat kesehatan mata berkurang. Mata perlu mendapatkan asupan cahaya yang cukup agar kerjanya maksimal. Jika Anda jarang melakukan aktivitas fisik, juga dapat membuat fungsi penglihatan berkurang.

Olahraga memang tidak ada kaitannya langsung dengan mata, tetapi berkaitan dengan penyakit tubuh lain. Jika Anda menderita obesitas maka fungsi penglihatan juga berkurang. Secara tidak langsung, berolahraga manfaatnya untuk seluruh organ tubuh.

Jadi jika ingin menerapkan cara mengurangi mata minus, jangan hanya melakukannya dengan mengonsumsi makanan sehat. Kekuatan fisik juga perlu dilatih dengan olahraga, sehingga kemampuan mata untuk sembuh semakin cepat. 

Rutin Istirahatkan Mata Saat Beraktivitas

cara mengurangi mata minus - istirahatkan mata

Banyak orang tidak sadar bahwa mereka terlalu sering memaksa mata bekerja berat. Duduk di depan komputer selama berjam – jam membuat mata harus bekerja ekstra. Belum lagi banyak juga orang yang memaksa mata bekerja dengan pencahayaan yang kurang.

Jika kesehatan mata Anda sudah mulai memburuk, maka selalu ingat untuk mengistirahatkan mata. Usahakan setiap 20 menit sekali melepaskan pandangan dari komputer. Mata perlu diberi waktu istirahat agar kondisinya pulih kembali.

Anda hanya perlu memandang tumbuhan hijau atau objek yang jauh selama 20 detik. Dengan demikian, mata bisa beristirahat sejenak, dan fungsi penglihatan tidak jadi berkurang. Walaupun sepele tetapi hal ini sangat penting dilakukan. 

Melatih Mata untuk Melihat Objek yang Bergerak Cepat

cara mengurangi mata minus - melatih mata

Biasanya ketika rabun jauh mulai menyerang, mata cenderung sulit melihat objek yang bergerak cepat. Hal ini tentu bisa menghambat aktivitas fisik Anda. Agar kondisinya pulih, maka Anda bisa melatih mata dengan melihat objek yang pergerakannya cepat.

Misalnya melihat kendaraan yang melintas di jalan raya, atau objek bergerak lainnya. Ketika mata aktif bergerak dan melihat objek, otot mata bisa terlatih. Dengan demikian risiko terkena rabun jauh bisa dikurangi.

Umumnya kebiasaan atau pola hidup tidak sehat menjadi penyebab berkurangnya fungsi penglihatan. Masyarakat modern sangat rentan terkena miopi karena sudah ketergantungan dengan produk teknologi.

Lebih baik mulai mengonsumsi makanan sehat kaya vitamin A serta melakukan aktivitas di luar ruangan, karena hal tersebut merupakan cara mengurangi mata minus paling efektif.

Total
8
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts