Bunda, Ini 7 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Saat Hamil Yang Aman dan Alami

Di masa pandemi seperti sekarang ini, informasi mengenai cara meningkatkan imun tubuh saat hamil mungkin bisa jadi informasi yang bermanfaat untuk bunda. Ya wanita hamil memang harus ekstra hati-hati menjaga kesehatan mereka. Ini karena yang ia lindungi kini tak hanya dirinya sendiri, namun juga calon buah hati yang sedang berada dalam kandungan.

Banyak wanita yang mengeluhkan mereka jadi gampang jatuh sakit saat sedang hamil. Biasanya banyak yang mengalami kelelahan, flu, demam atau beberapa penurunan kesehatan lain yang dialami bunda saat sedang mengandung. Hal ini wajar sebab menurut penelitian, imun tubuh wanita mengalami penurunan saat mereka sedang berbadan dua.

Mungkin sakit yang dialami bunda terbilang ringan seperti flu dan demam. Namun perlu diingat sekarang ini adalah masa pandemi dimana penurunan imun tubuh sedikit saja, bisa beresiko fatal baik untuk Anda dan calon buah hati. Karena itulah bunda butuh cara meningkatkan imun tubuh saat hamil, yang tak hanya bermanfaat untuk melindungi diri sendiri namun juga calon si buah hati.

Cara Meningkatkan Imun Tubuh Saat Hamil Yang Aman Dan Alami

Untuk meningkatkan imun tubuh di masa hamil tidak boleh sembarangan. Artinya Anda tidak boleh sembarangan mengkonsumsi multivitamin, atau obat-obatan dengan kandungan bahan kimia yang berbahaya. Ini karena Anda juga harus memperhatikan kesehatan bayi yang sedang berada dalam kandungan. Bunda tentu tak ingin bukan, calon buah hati terpapar bahan kimia berbahaya dari obat yang dikonsumsi?

Karena itulah berikut ini ada beberapa cara meningkatkan imun tubuh saat hamil yang alami dan aman, sehingga tidak beresiko untuk Anda dan si buah hati. Apa sajakah itu?

Istirahat yang cukup

cara meningkatkan imun tubuh saat hamil - Istirahat Yang Cukup

Ya istirahat jadi cara alami yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan dan imun secara alami. Perlu Anda ketahui salah satu penyebab penurunan imun tubuh adalah kurangnya istirahat. Anda mungkin masih bekerja dan melakukan aktivitas sehari-hari meski sedang hamil.

Ada kalanya kesibukan ini membuat Anda mengabaikan waktu untuk beristirahat. Karena itulah Anda kemudian jatuh sakit, sebab daya tahan tubuh menurun akibat kesibukan yang dijalani. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan daya tahan dan imun tubuh saat hamil, sebaiknya Anda memperbanyak istirahat dan mengurangi kesibukan selama mengandung.

(Baca Juga: 9 Rekomendasi Cemilan Sehat untuk Menambah Berat Badan)

Banyak mengkonsumsi makanan tinggi probiotik

cara meningkatkan imun tubuh saat hamil

Cara meningkatkan imun tubuh saat hamil selanjutnya adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan probiotik. Kandungan probiotik terdapat secara alami dalam makanan seperti yogurt. Makan yogurt dan mengonsumsi suplemen probiotik sama-sama memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda sehingga lebih mudah bagi tubuh Anda untuk melawan penyakit.

Yogurt sendiri dikenal sebagai salah satu superfood yang bermanfaat untuk melindungi dan menjaga pencernaan Anda. Sistem pencernaan yang sehat dipercaya menjadi faktor utama untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan pencernaan yang sehat, daya tahan tubuh menjadi lebih kuat untuk menghalau penyakit. Sangat direkomendasikan bagi bunda untuk mengkonsumsi plain yogurt, yang tidak mengandung pemanis tambahan di dalamnya.

Pastikan tubuh untuk selalu terhidrasi

cara meningkatkan imun tubuh saat hamil - Pastikan Tubuh Selalu  Terhidrasi

Seorang wanita hamil membutuhkan sekitar 2,5 liter air setiap hari, agar tubuh mereka tetap terhidrasi. Ketika tubuh terhidrasi, itu berarti sel-sel tubuh mendapatkan oksigen yang mereka butuhkan untuk tetap fit dan optimal. Air juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari tubuh dan menghasilkan getah bening, yang bermanfaat untuk mengedarkan sel darah putih dan nutrisi ke seluruh tubuh Anda.

Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi 8 sampai 12 gelas air setiap harinya. Selain air putih, bunda juga bisa memenuhi kebutuhan akan cairan tubuh dari buah yang memiliki kandungan air cukup banyak, atau mengkonsumsi jus buah alami yang tidak ditambahkan gula berlebih di dalamnya.

Mengkonsumsi makanan yang bergizi

cara meningkatkan imun tubuh saat hamil - Mengkonsumsi Makanan Yang Bergizi

Beberapa wanita hamil kerap mengkonsumsi makanan kurang sehat, dengan alasan mereka sedang ngidam. Beberapa bahkan menggunakan kehamilan sebagai alasan untuk mengkonsumsi junk food, makanan tinggi gula dan juga garam. Padahal makanan seperti ini tidak memiliki kandungan gizi sama sekali, dan justru akan sangat berbahaya jika dikonsumsi terlalu sering.

Meski sedang ngidam, ada baiknya Anda tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, yogurt, oatmeal, daging merah, telur dan ikan; menjadi salah satu cara meningkatkan imun tubuh saat hamil yang alami. Selain bergizi dan membantu meningkatkan imun tubuh, makanan-makanan sehat ini juga punya manfaat untuk meningkatkan tumbuh kembang otak bayi saat mereka masih berada dalam kandungan.

(Baca Juga: Tips Mengatasi Susah Tidur Untuk Kamu Yang Insomnia)

Hindari stress

cara meningkatkan imun tubuh saat hamil - Hindari Stres

Jangankan ibu hamil, orang biasa saja bisa mengalami penurunan imun tubuh yang signifikan saat mereka sedang mengalami stress. Padahal ibu hamil sangat rentan sekali mengalami stress, lantaran perubahan hormon dalam tubuh mereka. Jika dibiarkan, stress ini akan memicu penurunan daya tahan tubuh yang drastis dan bisa berbahaya bagi ibu dan bayinya.

Karena itu ibu hamil sangat disarankan untuk menghindari stress, sehingga kesehatan tubuh mereka masih bisa terjaga. Jika punya beban atau masalah, sebaiknya dibicarakan dengan pasangan, keluarga atau orang terdekat yang bunda percaya. Jangan Anda simpan sendiri sehingga membebani pikiran, dan menyebabkan Anda menjadi stress. Bunda juga bisa mengurangi stress dengan jalan-jalan, mendengarkan musik, mengkonsumsi coklat hitam atau menonton film dan acara tv kesukaan bunda. 

Tetap berolahraga

cara meningkatkan imun tubuh saat hamil - Tetap Berolahraga

cara meningkatkan imun tubuh saat hamil yang terakhir adalah dengan tetap berolah raga. Olahraga secara rutin bisa menjadi salah satu cara meningkatkan imun tubuh saat hamil yang bisa Anda coba di rumah. Saat hamil memang banyak wanita yang mager alias malas bergerak. Apalagi saat kandungan sudah semakin bertambah besar, sehingga menyulitkan gerak dan aktivitas bunda.

Padahal olahraga saat hamil juga memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Aktif bergerak atau menjalani olahraga ringan saat hamil meningkatkan sel darah putih, yang beredar ke seluruh tubuh untuk melawan infeksi. Selain bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh, aktivitas fisik saat hamil penting untuk menjaga berat badan yang sehat, menjaga stamina, dan mengurangi stres.

Jangan lupa untuk sering cuci tangan

cara meningkatkan imun tubuh saat hamil - Jangan Lupa Untuk Sering Cuci Tangan

Tentu saja ibu hamil sangat disarankan untuk sering mencuci tangan, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Terlebih lagi jika bunda sering melakukan aktivitas di luar rumah, dimana Anda mungkin sering menyentuh benda di tempat umum dan bersalaman dengan banyak orang.

Pastikan Anda untuk sering mencuci tangan, apalagi sebelum makan atau menyentuh wajah Anda. Jangan sampai bakteri atau virus yang melekat di tangan Anda menyebabkan Anda jatuh sakit, dan membahayakan calon si jabang bayi.

Itulah beberapa cara meningkatkan imun tubuh saat hamil. Selain beberapa tips diatas bunda juga bisa mencoba beberapa cara lain seperti sering berjemur untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, mendengarkan musik yang menenangkan atau melakukan yoga sebagai cara meningkatkan imun tubuh saat hamil.

Satu yang perlu diingat bahwa kesehatan bunda adalah hal yang paling utama, karena hal ini akan berpengaruh juga pada calon buah hati. Jadi cobalah cara meningkatkan imun tubuh saat hamil diatas untuk selalu sehat dan prima.

Total
3
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts