Rahasia Cara Meningkatkan Imun Tubuh Secara Alami 

Cara meningkatkan imun tubuh secara alami

Cara meningkatkan imun tubuh secara alami sangat dibutuhkan oleh semua orang. Apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini. Dengan imun tubuh yang baik, tentunya daya tahan tubuh pun akan lebih baik pula. Sementara itu, jika daya tahan tubuh menurun. Tentunya resiko tubuh untuk terkena beragam jenis penyakit pun akan meningkat lebih tinggi. Hal ini terbukti dari banyaknya masyarakat yang mulai terkena berbagai jenis penyakit. 

Dengan daya tahan tubuh yang tinggi. Tentunya Anda pun dapat menghindar dari beragam penyebaran penyakit berbahaya. Baik itu penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau bahkan oleh virus. 

 

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Bahan Alami

Bagi Anda yang ingin menjaga daya tahan tubuh dengan baik. Ada beberapa cara meningkatkan imun tubuh secara alami yang dapat Anda lakukan. Ingin tahu apa saja? Berikut penjelasannya : 

Ginseng 

 Cara meningkatkan imun tubuh secara alami - Ginseng

Ginseng dikenal sebagai salah satu jenis bahan alami yang mampu menjaga daya tahan tubuh dengan baik. Hal ini juga tidak lepas dari kandungan Ginsenoside yang dimilikinya. Selain menjaga daya tahan tubuh, zat tersebut juga hadir dengan beragam manfaat lainnya. 

Seperti halnya manfaat untuk atasi rasa lelah. Kemudian ia juga berusaha untuk atasi masalah lain. Seperti halnya penyakit kanker serta jantung dengan lebih mudah. 

(Baca Juga: Bunda, Ini 7 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Secara Alami untuk Ibu Hamil)

Jahe

Cara meningkatkan imun tubuh secara alami - Jahe

Selain ginseng ada pula jahe yang dapat digunakan dalam cara meningkatkan imun tubuh secara alami. Sebagai bahan alami berkhasiat tinggi, jahe dikenal dengan beberapa sifat yang dimilikinya. Seperti halnya sifat antibakteri, antiradang dan juga antioksidan. Dengan beberapa sifat yang dimilikinya tersebut, dinyatakan bahwa jahe pun dapat memperkuat daya tahan tubuh. 

Daun Meniran 

Cara meningkatkan imun tubuh secara alami - Daun Meniran

Cara meningkatkan imun tubuh secara alami yang berikutnya adalah dengan daun meniran. Bahan alami lainnya yang dikenal baik dalam menjaga sistem imun tubuh adalah daun meniran. Hal ini dibuktikan melalui berbagai penelitian yang dilakukan pada daun tersebut. Dari penelitian itu diketahui bahwa daun tersebut banyak mengandung zat antioksidan serta antiradang. 

Karena itulah selain digunakan sebagai anti radang, daun ini pun seringkali digunakan sebagai pemelihara kesehatan hati dan pencegah munculnya sel tumor. 

Royal Jelly

Cara meningkatkan imun tubuh secara alami - Royal Jelly

Royal jelly adalah jenis bahan alami lainnya yang juga dikenal baik dalam menjaga daya tahan tubuh. Hal ini berkaitan dengan kandungan asam lemak, asam amino, juga senyawa fenolik yang dimilikinya. Dengan beberapa senyawa tersebut, kerusakan yang muncul pada sel tubuh pun dapat diperbaiki. Tidak hanya itu royal jelly pun dikenal dengan kandungan antioksidan yang tentunya dapat memperkuat sistem imun. Karena itulah ia pun cukup sering digunakan sebagai asupan nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh. 

Selain beberapa bahan alami di bagian atas tadi. Masih ada lagi jenis bahan alami lainnya yang juga dikenal baik dalam menjaga sistem imun tubuh. Bahan alami tersebut diantaranya terdiri dari madu, bawang putih, kunyit, teh hijau dan lainnya. 

Cara Praktis Tingkatkan Daya Tahan Tubuh 

Selain beberapa cara di bagian atas tadi. Untuk mendapatkan daya tahan tubuh sehat, Anda juga dapat mengaturnya melalui pola hidup sehat. Hal tersebut dapat Anda mulai dengan melakukan beberapa langkah di bagian bawah ini : 

Cukupi Waktu Istirahat 

Cara meningkatkan imun tubuh secara alami - Beristirahat

Tidur adalah kegiatan istirahat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain berguna untuk mengisi kembali energi yang telah hilang. Tidur juga dapat membantu Anda dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Apabila Anda kurang tidur, tentunya tubuh pun akan lebih rentan terkena penyakit. Hal ini berkaitan dengan daya tahan tubuh yang ikut berkurang. Sehingga bakteri atau bahkan virus pun dapat menyerang tubuh dengan lebih mudah. 

Merujuk pada hal tersebut, tentunya penting bagi Anda untuk mencukupi waktu tidur. Seperti halnya tidur selama 7 hingga 9 jam setiap harinya bagi orang dewasa. Sedangkan pada anak-anak dibutuhkan waktu tidur sekitar 8 hingga 11 jam lamanya. 

Atasi Stress 

Cara meningkatkan imun tubuh secara alami - Atasi Stress

Stress dikenal sebagai salah satu penyebab utama dari munculnya masalah psikologis. Hal ini terbukti dari banyaknya gangguan depresi atau bahkan kecemasan yang berasal dari hal tersebut. Tidak hanya itu, stress juga cukup mempengaruhi kondisi daya tahan tubuh. Mengatasi stress merupakan salah satu cara meningkatkan imun tubuh secara alami.

Hal ini terbukti dari daya tahan tubuh yang lebih menurun ketika stress melanda seseorang. Untuk itu, agar sistem imun Anda terjaga dengan baik, maka pastikan untuk selalu mengelola stress dengan baik pula. Selain kesehatan mental yang lebih terjaga, kesehatan tubuh pun tentunya akan lebih terjaga pula. 

Rutin Berolahraga 

Cara meningkatkan imun tubuh secara alami - Berolahraga

Selain cara meningkatkan imun tubuh secara alami dengan beberapa langkah di bagian atas tadi. Hal lainnya yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah berolahraga. Selain menjaga daya tahan tubuh dengan baik, olahraga juga dapat memberikan berbagai manfaat lainnya. Manfaat tersebut berkaitan dengan konsentrasi yang lebih meningkat. Kemudian tidur yang dapat dilakukan dengan lebih nyenyak. Selain itu, berat badan tubuh pun tetap terjaga dengan lebih ideal. 

Ada banyak jenis olahraga yang dapat Anda lakukan secara rutin. Seperti halnya latihan fisik yang banyak dilakukan di tempat gym. Kemudian olahraga kardio yang terdiri dari lari, berenang, dan jenis olahraga lainnya. 

(Baca Juga: Manfaat Olahraga Jogging Untuk Jantung; Ketahui Dan Mulai Sekarang Juga!)

Konsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang 

Cara meningkatkan imun tubuh secara alami - Makanan dengan gizi seimbang

Selain pola hidup sehat, cara meningkatkan imun tubuh secara alami lainnya juga bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Dengan beragam jenis makanan bergizi yang Anda konsumsi, tentunya Anda pun akan mendapatkan asupan nutrisi yang baik. Hal ini terbukti dari terpenuhinya protein, vitamin C, vitamin A, zinc, omega 3 dan lainnya. 

Untuk nutrisi-nutrisi tersebut tentunya bisa Anda temukan pada berbagai macam jenis makanan. Dimulai dari ikan, telur, buah, sayur, kacang-kacangan dan juga beragam jenis makanan dari tanaman herbal lainnya. 

Hindari Rokok Serta Minuman Beralkohol 

Cara meningkatkan imun tubuh secara alami - Rokok dan Minuman Beralkohol

Cara meningkatkan imun tubuh secara alami yang terakhir adalah dengan tidak merokok dan minum minuman beralkohol. Untuk menjaga sistem imun tubuh dengan baik. Ada pula hal lainnya yang harus Anda hindari. Hal tersebut berkaitan dengan beberapa kebiasaan buruk yang dapat menurunkan sistem imun tubuh. Seperti halnya merokok, menghirup udara rokok atau bahkan mengkonsumsi alkohol. 

Selain menurunkan daya tahan tubuh. Beberapa hal tersebut juga mempermudah masuknya penyakit ke dalam tubuh. Dengan kata lain resiko munculnya penyakit akibat bakteri dan virus pun akan lebih mudah masuk ke dalamnya. Karena itulah untuk memperkuat tubuh. Sebaiknya Anda ikuti beberapa cara meningkatkan imun tubuh secara alami  di bagian atas tadi. Selain mudah untuk dilakukan, cara tersebut pun cukup efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh. 

Tidak hanya itu, bagi Anda yang ingin memperkuat daya tahan tubuh dengan bahan alami. Anda juga dapat mengolah beberapa bahan yang cukup sering digunakan sebagai minuman herbal. Seperti halnya bahan-bahan yang sering digunakan sebagai jamu, bumbu atau bahkan minuman teh herbal. 

Dengan menggunakan beberapa bahan alami tersebut. Bukan hanya tubuh Anda saja yang terjaga dengan lebih sehat. Pasalnya, sistem imun pun dapat ditingkatkan dengan lebih baik pula. 

Itulah kiranya penjelasan singkat dari cara meningkatkan imun tubuh secara alami  yang dapat penulis jelaskan kali ini. 

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts