Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Alami, Yuk Ikutan

Cara menjaga kesehatan ginjal secara alami

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Alami – Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran vital dalam menjaga stabilitas dan kondisi tubuh. Hal ini karena organ tubuh yang satu ini berfungsi sebagai penyaring zat beracun yang berpotensi menimbulkan penyakit. Oleh karena itu, ginjal perlu dirawat dengan baik untuk menghindari berbagai risiko penyakit.

Agar kondisi ginjal tetap stabil dan tanpa masalah apapun, ada beberapa upaya yang bisa anda lakukan. Beberapa cara menjaga kesehatan ginjal secara alami tersebut diantaranya sebagai berikut:

Berikut Adalah Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Alami :

Menjalani Pola Makan yang Sehat

 Cara menjaga kesehatan ginjal secara alami  - Menjaga Pola Makan yang Sehat

Agar ginjal selalu  dalam kondisi normal dan stabil, Anda bisa mengerjakannya dengan menjalani pola makan yang sehat. Perlu diketahui bahwa salah satu penyebab ginjal bermasalah adalah ketika Anda menjalani pola makan yang kurang teratur.

Penyakit yang bisa timbul ketika pola makan tidak teratur diantaranya yaitu tekanan darah tinggi dan diabetes. Ketika penyakit tersebut menyerang tubuh, maka cepat atau lambat imbasnya juga akan berdampak pada ginjal. Maka dari itu, agar terhindar dari berbagai penyakit organ dalam tersebut, sebaiknya Anda menjaga pola makan yang sehat dan teratur.

(Baca Juga:Ini Dia, 10 Manfaat Air Jahe Untuk Kulit Cantik Anda)

Beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi secara teratur diantaranya seperti buah ceri, apel, sayur kol, terong, lobak dan lain-lain.

Batasi Asupan Garam

 Cara menjaga kesehatan ginjal secara alami  - Batasi Asupan Garam

Cara menjaga kesehatan ginjal secara alami yang berikutnya yaitu dengan membatasi asupan garam setiap harinya. Hal ini karena garam mengandung banyak sodium yang dapat membuat tekanan darah naik.

Apabila tekanan darah naik secara tiba-tiba, maka hal tersebut berpotensi merusak pembuluh darah dan memperlambat kinerja ginjal. Bahkan, penyakit hipertensi pun juga bisa menjadi faktor utama penyebab gagal ginjal.

Maka dari itu, cara menjaga kesehatan ginjal secara alami yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membatasi asupan garam. Sebagai gantinya, ada rempah-rempah lain yang bisa Anda gunakan, salah satunya yakni bawang.

Bawang adalah salah satu bumbu dapur yang mempunyai kandungan quercetin yang mampu meningkatkan fungsi ginjal menjadi lebih stabil. Sehingga, hal ini juga dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan ginjal.

Rajin Minum Air Putih

 Cara menjaga kesehatan ginjal secara alami  - Rajin Minum Air Putih

Cara menjaga kesehatan ginjal secara alami yang selanjutnya adalah dengan rajin minum air putih. Sering kali, minum air putih menjadi aktivitas yang disepelekan oleh banyak orang. Hal ini karena banyak orang yang lebih memilih minum minuman kemasan untuk mengobati rasa dahaga. Padahal, jika jarang minum air putih, hal ini akan berdampak buruk pada kondisi ginjal anda.

Minum air putih sebaiknya dilakukan sebanyak 7-8 gelas setiap harinya. Hal ini akan meringankan kinerja ginjal, sehingga organ tubuh tersebut tidak perlu bekerja keras untuk melakukan proses penyaringan darah.

Rajin Berolahraga

 Cara menjaga kesehatan ginjal secara alami  - Rajin Berolahraga

Semua orang pasti tahu bahwa berolahraga secara rutin akan sangat berdampak baik bagi kondisi tubuh. Hal ini bukan rahasia lagi, mengingat dengan berolahraga, maka berbagai penyakit dapat anda hindari dengan cara yang alami.

Dengan rajin berolahraga, maka anda telah berupaya untuk menjaga kesehatan ginjal anda. Hal ini karena dengan berolahraga, maka kadar glukosa dan kolesterol dapat dikontrol dengan baik. Sehingga, hal ini dapat mencegah berbagai penyakit yang dapat menyerang ginjal anda.

Olahraga yang perlu dilakukan secara rutin tidak harus olahraga yang berjenis berat, seperti voli, maraton, atau yang lainnya. Anda bisa melakukan jenis olahraga yang ringan seperti bersepeda, berlari, senam, dan lain-lain. Cara menjaga kesehatan ginjal secara alami ini terbukti ampuh untuk menghindarkan ginjal dari berbagai penyakit kronis.

(Baca Juga:9 Rekomendasi Cemilan Sehat untuk Menambah Berat Badan)

Diet Rendah Protein

 Cara menjaga kesehatan ginjal secara alami  - Diet Rendah Protein

Cara menjaga kesehatan ginjal secara alami yang berikutnya adalah dengan menjalani program diet rendah protein. Protein memang bermanfaat bagi tubuh, akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan, maka akan berdampak buruk bagi tubuh, utamanya pada ginjal.

Hal ini karena protein yang dikonsumsi akan dicerna dan dilarutkan menjadi asam amino dengan bantuan enzim di dalam tubuh. Selanjutnya, pencernaan protein akan terjadi muali dari lambung sampai ke usus.

Kemudian, asam amino yang telah dicerna akan dibawa oleh darah dan didistribusikan ke organ tubuh yang memerlukan. Perlu diketahui bahwa jumlah asam amino yang diperlukan oleh tubuh berbeda-beda kadarnya.

Jika protein sudah selesai dicerna, maka sisanya akan diurus oleh ginjal dan dibuang melalui urine. Semakin banyak protein yang dicerna, maka semakin banyak pula asam amino yang harus difilter oleh ginjal. Akibatnya, ginjal akan bekerja lebih keras, sehingga rentan membuat organ tersebut rusak.

Maka dari itu, konsumsilah makanan yang mengandung protein sewajarnya saja. Dengan begitu, ginjal bisa bekerja secara normal dan risiko berbagai penyakit organ dalam dapat terhindarkan.

Tidak Sembarangan Minum Obat/Vitamin

Cara menjaga kesehatan ginjal secara alami  - Tidak sembarangan Minum Obat/ Vitamin

Cara menjaga kesehatan ginjal secara alami berikutnya adalah dengan tidak sembarangan mengkonsumsi vitamin atau obat. Minum obat memang dapat menyembuhkan penyakit, akan tetapi jika sampai salah pilih obat, maka hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan ginjal. Selain itu, mengkonsumsi obat-obatan secara terus-menerus juga mampu merusak ginjal anda.

Oleh karena itu, ada baiknya jika mengkonsumsi obat atau vitamin dilakukan berdasarkan resep dari dokter. Dengan begitu, anda bisa menjaga kesehatan ginjal untuk jangka waktu yang lama.

Batasi Minum yang Mengandung Alkohol

 Cara menjaga kesehatan ginjal secara alami - Batasi Minum Yang Mengandung Alkohol

Alkohol merupakan jenis minuman yang memiliki dampak besar bagi tubuh jika dikonsumsi secara terus-menerus. Berbagai kerusakan dapat terjadi apabila anda tidak membatasi konsumsi alkohol.

Tentunya, efek alkohol akan sangat terasa imbasnya, terutama bagian tubuh organ dalam seperti jantung atau ginjal. Ginjal dapat mengalami penurunan fungsi karena efek diuretik pada alkohol yang mampu menghambat aliran urine serta cairan tubuh.

Bukan hanya itu, ginjal juga akan sulit mengelola kalium, klorida dan ion natrium pada tubuh. Sehingga, efeknya adalah tubuh akan mengalami ketidakseimbangan cairan elektronik dan berpotensi menyebabkan dehidrasi.

Berhenti Merokok

 Cara menjaga kesehatan ginjal secara alami - Berhenti Merokok

Cara menjaga kesehatan ginjal secara alami yang terakhir adalah dengan berhenti merokok. Merokok adalah salah satu aktivitas yang sudah menjadi kebiasaan bagi beberapa kalangan, utamanya  kaum laki-laki. Banyak orang yang mengetahui bahwa merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Akan tetapi, tidak sedikit orang yang mengabaikan dampak buruk tersebut dan memilih untuk tetap menjadikan kegiatan merokok sebagai kesehariannya. Padahal, rokok mengandung berbagai bahan berbahaya yang sangat tidak baik untuk kondisi tubuh, utamanya bagi ginjal.

Dengan rutin merokok, maka jantung akan bekerja lebih keras, sehingga hal ini meningkatkan risiko terjadinya hipertensi pada tubuh. Tentunya, hipertensi juga akan mempengaruhi kinerja ginjal menjadi kurang stabil. Oleh karena itu, untuk menjaga kondisi ginjal anda, sebaiknya hindari rokok sedini mungkin agar kondisi kesehatan anda dapat tetap terjaga.

 

 

Itu dia penjelasan mengenai cara menjaga kesehatan ginjal secara alami. Pastinya, berbagai cara yang telah dijelaskan di atas sangat simpel dan bisa dilakukan setiap hari dengan mudah. Selalu utamakan kesehatan ginjal anda untuk memperoleh tubuh yang bugar. Semoga pembahasan pada kali ini bermanfaat bagi anda.

Total
28
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts