Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak di Kegiatan Sehari-hari

cara menjaga kesehatan mata

Mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan mata adalah suatu hal yang penting untuk dilakukan. Apalagi untuk para generasi muda, itu sebuah informasi penting untuk kelak di masa depan nanti. 

Saat ini zaman sudah semakin canggih dan teknologi digital semakin mudah untuk dijangkau. Bisa kita lihat dari adanya anak di bawah umur 10 tahun yang sudah memiliki gadget smartphone dan digunakan untuk dirinya sendiri. 

Hal ini bahkan sudah sangat umum ditemui tidak hanya di sekitar kita saja, seluruh dunia juga mengakui fakta tersebut jika anak di bawah umur banyak memilikinya. Padahal usia yang diperbolehkan untuk memiliki gadget sendiri adalah setidaknya di atas 15 tahun. 

Di Indonesia sendiri usia tersebut sudah diyakini cukup karena anak telah berada di fase keremajaan dan sudah memasuki bangku sekolah menengah atas. Seperti yang kita ketahui gadget adalah salah satu alat elektronik yang menggunakan layar bercahaya dan beradiasi. 

Tentu itu tidak baik bagi kesehatan mata jika tidak bisa mengontrol penggunaan. Cara menjaga kesehatan mata bisa dijadikan informasi penting yang perlu diketahui mulai sejak dini.

Namun untuk mengontrol penggunaan, orang tua bisa saja mengawasi dan membatasi anak dengan fitur kontrol orang tua. Sekedar informasi, fitur kontrol orang tua ini sangat dibutuhkan untuk dapat mengawasi dan membatasi penggunaan gadget pada anak.

Jadi setidaknya Anda mengetahui bagaimana fungsi dari fitur kontrol orang tua ini terlebih dahulu agar kedepannya nanti bisa membatasi penggunaan gadget pada anak. Fitur ini sudah bisa digunakan pada gadget khususnya smartphone dengan sambungan google.

Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan Kontrol Orang Tua

cara menjaga kesehatan mata

Fitur Kontrol orang tua bisa diterapkan secara langsung di gadget Anda dengan cara menghubungkan akun google terlebih dahulu. Cara kerjanya sangat sederhana yaitu Anda bisa membatasi gadget anak dari berapa lama mereka bisa menggunakan gadgetnya tersebut.

Akun google terhubung untuk tersinkronisasi secara langsung antar gadget anak dengan milik Anda pengawasnya. Google akan mengontrol gadget anak Anda secara langsung dan membatasinya jika dibutuhkan karena anak tidak bisa mengontrol penggunaannya.

Dengan begitu Anda bisa menjaga mata anak supaya tidak terjadi gangguan kesehatan khususnya mata minus. Sebenarnya fitur ini menjadi salah satu cara menjaga kesehatan mata yang baik untuk digunakan pada anak di bawah usia dan memiliki gadget sendiri.

Google mengembangkan fitur ini untuk dapat membantu para orang tua dalam mengatasi anak yang sangat suka menggunakan gadget khususnya untuk bermain game. Anda bisa menerapkan fitur ini dengan beberapa pengaturan di dalamnya.

Pengaturan yang dapat diterapkan dalam sistem kontrol orang tua adalah Anda bisa membatasi apa saja aplikasi di dalamnya. Sederhananya aplikasi bisa dikontrol secara langsung seperti seberapa lama penggunaan atau apa saja yang bisa digunakan dalam gadget.

Selain itu kontrol waktu lamanya penggunaan juga dapat diterapkan dalam gadget anak supaya bisa terkunci secara otomatis ketika batas waktunya sudah terpenuhi. Tentu ini bisa menjadi cara menjaga kesehatan mata terbaik di masa sekarang ini, yaitu dengan membatasi gadget pada anak.

Fungsi utama dari fitur ini bisa digunakan untuk membatasi waktu tertentu seperti jam malam gadget akan terkunci secara otomatis. Dijamin anak tidak akan dapat menggunakan gadget lagi karena semua kontrol sudah ada di tangan dengan menggunakan fitur ini.

(Baca Juga: Rawat Kesehatan Mental, Coba Lakukan Cara Sederhana Ini)

Pentingnya Mengetahui Cara Menjaga Kesehatan Mata

cara menjaga kesehatan mata - pentingnya mengetahui menjaga kesehatan mata

Kesehatan mata memang perlu dijaga supaya di masa depan nanti kesehatannya masih bisa terjaga dengan baik. Gangguan kesehatan pada mata yang sering ditemui di jaman sekarang ini adalah mata minus. 

Gangguan ini menyebabkan Anda tidak dapat melihat objek jauh atau objek terlihat tidak jelas. Tentunya bagi anak ini merupakan gangguan yang sangat merugikan karena akan mengganggu proses belajar. 

Cara mengatasinya memang sangat mudah yaitu cuma dengan menggunakan kacamata saja. Namun untuk jangka waktu panjang, kacamata akan menjadi barang penting di kehidupan Anda. 

Untuk itu penting bagi kita mengetahui cara menjaga kesehatan mata yang baik dan dapat diterapkan di kehidupan atau kegiatan sehari-hari supaya gangguan seperti mata minus dapat dihindari. 

Bagi para generasi tua, gangguan mata adalah masalah tersendiri yang menyulitkan. Kesulitannya dapat dirasakan saat bekerja di lingkungan luar. Kacamata memang menjadi objek untuk para pemilik gangguan mata minus. 

Selain kacamata, lensa juga dapat digunakan untuk memperbaiki masalah pada gangguan mata. Namun tidak baik jika digunakan dalam waktu lama. Lensa kontak dapat membahayakan mata jika digunakan dalam waktu lama karena bisa saja merusak syaraf. 

Hal ini disebabkan adanya kontak langsung antara lensa dengan mata. Pantangan dari pengguna lensa adalah harus menjaganya supaya mata tidak terlalu sering dikucek.

Mata dengan lensa kontak akan berbahaya jika terlalu sering dikucek karena adanya kontak langsung antara objek dengan mata. Cara menjaga kesehatan mata adalah informasi baik yang dibutuhkan untuk dapat membatasi atau bisa saja memperbaiki mata Anda.

Ada banyak cara bisa dilakukan untuk dapat menjaga kesehatan mata anak ataupun Anda. Bahkan cara ini sudah sering dibahas dan disebutkan dalam banyak pembahasan di bidang kesehatan. Tentu hal ini selalu diinformasikan supaya masyarakat dapat terus menjaga kesehatan khususnya pada mata.

Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Benar

Informasi ini sudah sering diberikan supaya para masyarakat selalu bisa mengontrol dan menjaga diri mereka sendiri dari masalah kesehatannya. Berikut ini beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata baik itu bagi generasi tua ataupun generasi muda sekalipun.

  • Rajin Berolahraga

cara menjaga kesehatan mata - olahraga

Kegiatan bermain gadget mungkin sudah menjadi kebiasaan di zaman sekarang ini. Namun selain dari menggunakan gadget Anda juga harus mengimbanginya dengan terus menjaga pola hidup sehat. 

Contoh sederhananya adalah dengan berolahraga secara rutin. Selain untuk menjaga pola hidup sehat, Anda juga dapat mengisi waktu selain dari terus bermain gadget. 

Dengan berolahraga Anda dapat terhindar dari radiasi layar gadget yang bisa mengganggu kesehatan pada mata. Olahraga seperti lari bisa menjadi jalan alternatif karena mudah dilakukan.

  • Makan Makanan Bergizi

cara menjaga kesehatan mata - makanan bergizi

Pola hidup sehat dalam informasi cara menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan makan makanan bergizi. Khususnya yang mengandung banyak vitamin A karena dapat meningkatkan kadar air dalam sistem sarafnya. 

Mata membutuhkan air mata untuk terus terlumasi. Mata kering dapat mengurangi kesehatan pada saat digunakan untuk melihat. 

Oleh karena itu Anda harus selalu mengkonsumsi makanan bergizi supaya nutrisi yang dibutuhkan dapat terpenuhi khususnya untuk menjaga kesehatan saraf pada mata.

  • Hindari Membaca di Cahaya Redup

cara menjaga kesehatan mata - membaca di cahaya redup

Membaca di cahaya redup dapat mengurangi kesehatan pada mata adalah fakta. Para dokter yang khususnya berada di bidang kesehatan mata mengatakan jika membaca di cahaya redup dapat terlalu membebani mata. 

Sehingga dapat menyebabkan masalah gangguan di sistem sarafnya. Selain membaca penggunaan gadget di cahaya redup juga dapat membebani mata sehingga harus dihindari. 

Jadi Anda juga harus mengedukasi anak supaya tidak membaca atau menggunakan gadget di cahaya redup karena itu akan mengurangi kesehatan pada bagian saraf mata.

(Baca Juga: Jangan Takut Gelap, Inilah 8 Manfaat Tidur Dengan Lampu Mati Bagi Kesehatan)

  • Jangan Terlalu Dekat dengan Layar Gadget

cara menjaga kesehatan mata - terlalu dekat saat bermain gadget

Selain penggunaan secara terus menerus, layar gadget juga berbahaya jika dilihat dalam jarak yang cukup dekat. Cara menjaga kesehatan mata ini menjadi hal yang paling sering diinformasikan pada generasi muda karena adanya bahaya pada radiasi di layar gadget.

Radiasi yang ditimbulkan dapat membuat mata menjadi mengalami gangguan pada saraf optik dan dapat menyebabkan mata minus. Gadget bisa berupa smartphone hingga layar komputer dan harus menjaga jarak. 

Ketika menggunakannya supaya tidak terkena radiasi secara langsung. Perlu diperhatikan, layar gadget ini sudah menimbulkan banyak korban pada generasi saat ini. 

Ada banyak anak muda di jaman sekarang yang menggunakan kacamata karena mengalami gangguan pada penglihatannya. Hal ini disebabkan karena mereka terlalu sering menatap layar pada gadget.

  • Hindari Terlalu Sering Melihat Paparan Cahaya

cara menjaga kesehatan mata - melihat paparan cahaya

Layar gadget tentu merupakan paparan cahaya yang langsung mengarah pada penglihatan Anda. Namun selain dari gadget, faktanya paparan cahaya langsung juga dapat mengurangi fungsi pada penglihatan. 

Paparan ini dapat berupa cahaya langsung dari matahari atau lampu. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan kacamata UV atau gelap untuk bisa mengurangi paparan langsung dari cahaya di sekitar. 

Hal ini sangat penting untuk diterapkan karena ada juga lingkungan yang menyebabkan Anda terus mengalami paparan cahaya secara langsung. Menjaga kesehatan mata adalah sebuah langkah pasti yang dapat diterapkan oleh Anda dan diarahkan pada generasi muda. 

Dengan terus mengedukasi dan membatasi setiap penyebabnya, Anda sudah berusaha dalam menerapkan cara menjaga kesehatan mata yang baik untuk generasi muda saat ini.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts