Cara Menurunkan Darah Tinggi, Pilihan Pengobatan Sederhana

cara menurunkan darah tinggi

Perlu cara menurunkan darah tinggi yang benar karena masalah ini dapat menyebabkan masalah yang tidak terhitung jumlahnya. Mulai dari diabetes, stroke, penyakit jantung, gagal ginjal bahkan kematian, hipertensi adalah kondisi tanpa gejala tapi membahayakan.

Jalan untuk mengetahui bahwa Anda memiliki tekanan darah tidak normal tidak ada selain memeriksakannya secara teratur. Sesuai penelitian, hanya sekitar 30% orang mengetahui kondisi tekanan darah tingginya. 

Tekanan darah di dalam arteri jika terus dibiarkan tinggi tentu bisa dibayangkan efeknya dalam jangka panjang. Terlebih di era modern ini, orang rentan stress, kondisi ini membuat tekanan darah mengalami peningkatan jumlah kasus.

Normalnya, orang sehat memiliki tekanan darah 120/80, di atas nilai ini hingga 140/90 maka sudah dikategorikan berisiko hipertensi. Jika hasil pemeriksaan konstan diatas 140/90, maka perlu pengobatan cara untuk menurunkan darah tinggi serta bantuan dokter. 

Faktor Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Karena kebanyakan orang tidak sadar atau tahu mereka mengidap hipertensi, nampaknya lebih mudah menemukan cara menurunkan darah tinggi jika tahu bagaimana penyebab pastinya sejak awal, namun belum diketahui secara pasti.

Hanya diketahui kemungkinan yang menjadi penyebab tekanan darah tinggi, yakni beberapa faktor telah diidentifikasi ahli kesehatan mampu memicu peningkatan. Seperti konsumsi garam berlebihan, tidak rutin berolahraga, pola makan sembarangan, atau genetik.

Tidak berhenti di sini, ada faktor lain yang kemungkinan menambah peningkatan tekanan darah tinggi, seperti merokok, obesitas, stress, maupun konsumsi alkohol berlebihan. Studi terbaru juga menambahkan bahwa makanan kalengan juga ada kontribusi.

Namun karena hipertensi seringkali tidak terdeteksi tanpa pemeriksaan, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh selama bertahun-tahun sebelum gejala menjadi jelas. Jika hipertensi tidak dikontrol, maka akibatnya bisa fatal hingga komplikasi penyakit. 

Efek Tekanan Darah Tinggi di Tubuh

Karena hipertensi arteri menjadi rusak, perlu cara menurunkan darah tinggi segera agar kondisi arteri tetap kuat untuk membantu darah mengalir dengan bebas tanpa halangan. Hipertensi mengganggu aliran darah dan merusak pembuluh darah yang sehat.

Hipertensi menyebabkan arteri menjadi kencang dari kondisi seharusnya elastis. Kondisi memicu masalah lain seperti lemak akan tersimpan lebih mudah di sana dan mengganggu aliran darah. Adanya penyumbatan pada akhirnya mengundang serangan jantung atau stroke.

Kondisi hipertensi turut membuat jantung bekerja terlalu keras, sehingga tekanan yang meningkat di pembuluh darah ikut memaksa otot jantung memompa lebih sering. Jantung juga akan menggunakan kekuatan lebih dari seharusnya menyebabkannya rusak.

Organ jantung akan mengalami pembesaran, di mana kemudian meningkatkan risiko kegagalan hingga kematian jantung, serangan mendadak juga lebih tinggi. Sehingga cara menurunkan darah tinggi secara terkontrol penting untuk mencegah kerusakan organ vital. 

Tidak hanya itu, hipertensi juga mengganggu otak, karena bagian tubuh ini mengandalkan suplai darah dengan oksigen yang sehat agar mampu bekerja secara baik. Tekanan darah tinggi mengganggu suplai darah ini ke otak dan memicu kerusakan organ tersebut. 

Adanya kemacetan ini baik sementara atau signifikan selanjutnya merusak sel-sel otak hingga mati, keadaan yang muncul bisa berupa stroke. Hipertensi yang tidak terkontrol juga mempengaruhi daya ingat dan kemampuan belajar, mengingat, atau berbicara.

Sehingga sangat efektif jika secara rutin dan sejak dini Anda rutin memeriksa tekanan darah untuk mengobati serta mengontrol hipertensi. Hal itu tentu akan menolong dalam menurunkan risiko masalah lebih besar di masa depan.

(Baca Juga: Tips Mengolah Obat Darah Tinggi dari Sayur dan Buah-buahan)

Pencegahan Terhadap Tekanan Darah Tinggi

Jika Anda memiliki faktor risiko hipertensi, maka sangat wajib untuk segera mengambil langkah cara menurunkan darah tinggi untuk menurunkan dan komplikasinya. Mulai dengan perlahan beralih lebih banyak makan makanan dari tanaman.

Perbanyak dan terus tambahkan porsi sayuran dan buah Anda untuk menurunkan hipertensi. Hal ini sebaiknya juga diikuti dengan mengurangi porsi makan daging. Selanjutnya mengurangi makanan dengan gula, seperti yogurt, sereal, hingga soda. 

Makanan kemasan dan olahan di supermarket juga menyembunyikan banyak gula yang tidak perlu, jadi pastikan untuk membaca labelnya sebelum membeli dan meminimalkan untuk tidak mengkonsumsinya, ini bahkan tidak mengandung banyak nutrisi baik.

Cara menurunkan darah tinggi diperlukan deteksi hipertensi sejak dini, Anda sebaiknya datang ke kantor dokter untuk memeriksa tekanan darah. Atau bisa juga melakukannya sendiri dengan membeli alat pengukurnya dan memeriksa sendiri di rumah. 

Menjaga berat badan juga termasuk langkah signifikan menjaga tekanan darah tinggi. Artinya Anda harus menjaga asupan kalori, usahakan bahwa makanan yang masuk ke tubuh mengandung banyak sayuran dan buah. 

Kemudian putuskan untuk rutin melakukan aktivitas fisik dan berolahraga minimal lima kali seminggu. Dan selama melakukan semua usaha ini, pantau tekanan darah secara teratur. Ini adalah cara terbaik untuk mencegah komplikasi dan menghindari masalah besar.

Cara Menurunkan Darah Tinggi yang Tepat

Jika sudah mengalami kondisi hipertensi maka penanganan dengan obat untuk tekanan darah tinggi diperlukan. Orang melalui fase coba-coba dengan obat ini karena diperlukan beberapa percobaan untuk menemukan satu atau kombinasi paling tepat, contohnya berikut ini.

Beta-blocker

cara menurunkan darah tinggi - Beta Blocker

Beta-blocker, membuat jantung berdetak lebih lambat sehingga bekerja dengan kekuatan lebih sedikit. Ini mengurangi jumlah darah yang dipompa dari arteri sehingga menurunkan tekanan darah. Bisa memblokir hormon tertentu dan meningkatkan tekanan darah.

Diuretik

cara menurunkan darah tinggi - Diuretic

Diuretik, membantu ginjal menghilangkan kelebihan natrium dari tubuh. Ekstra cairan dalam aliran darah pergi ke urin dan membantu menurunkan tekanan darah. Karena kadar natrium tinggi dan kelebihan cairan dapat meningkatkan tekanan darah. 

Obat-obatan yang Umum

cara menurunkan darah tinggi - obat obatan umum

Obat lain yang juga umum dipakai ialah penghambat ACE, penghambat reseptor angiotensin II ARB, penghambat saluran kalsium, Agonis alfa-2, dan beberapa pengobatan tradisional. Harus diketahui bahwa cara menurunkan darah tinggi harus disertai perubahan pola hidup.

Gaya Hidup Sehat

cara menurunkan darah tinggi - Pola hidup sehat

Perubahan gaya hidup sehat dapat membantu mengontrol faktor-faktor penyebab hipertensi. Bisa dengan diet jantung sehat dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Penting juga untuk mengelola hipertensi untuk mengurangi risiko komplikasi.

Pentingnya Makanan Alami Penurun Tekanan Darah

Tingginya natrium penyebab darah tinggi dalam tubuh dapat dikurangi dengan mengkonsumsi kalium. Cara menurunkan darah tinggi ini bisa dilakukan dengan obat atau lebih alamiah dari asupan sayuran dan buah-buahan. Seperti beberapa makanan alamiah berikut ini. 

Pisang 

cara menurunkan darah tinggi - pisang

Pisang adalah daftar teratas dengan kandungan kalium dan mudah ditemukan serta sangat terjangkau. Makanan ini rendah natrium dan kaya kalium sehingga bagus dalam membantu menurunkan tekanan darah. 

Bayam 

cara menurunkan darah tinggi - bayam

Bayam juga makanan alami yang rendah kalori, tinggi serat, dan datang dengan nutrisi seperti kalium, folat, magnesium yang tinggi. Mineral dalam sayuran hijau ini berperan baik untuk menurunkan dan menjaga tingkat tekanan darah. 

Seledri 

cara menurunkan darah tinggi - seledri

Selanjutnya, seledri yang sudah luas dikenal untuk mengurangi tekanan darah tinggi sejak berabad-abad lalu. Cara menurunkan darah tinggi dengan makan minimal empat batang seledri setiap hari cukup efektif dan mudah. 

Fitokimia 

cara menurunkan darah tinggi - fitokimia

Fitokimia dalam sayuran ini mampu mengendurkan jaringan otot pada dinding arteri, memungkinkan peningkatan aliran darah hingga menurunkan tekanan darah. Anda juga tinggal mengolahnya menjadi jus siap minum bersama bahan lain. 

Oatmeal 

cara menurunkan darah tinggi - oatmeal

Oatmeal dengan serat tinggi dapat menjaga tekanan darah tetap sehat. Dengan kandungan natrium rendah, panganan ini juga cukup fleksibel diolah menjadi berbagai menu. Alpukat juga mampu bekerja untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. 

Semangka 

cara menurunkan darah tinggi - semangka

Selanjutnya, buah semangka yang mengandung asam amino, L-citrulline sudah terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Buah ini juga meningkatkan kesehatan jantung dengan kandungan serat, likopen, vitamin A, dan kaliumnya.

(Baca Juga: Buah untuk Menurunkan Darah Tinggi, Segera Rutin Makan!)

Bit 

cara menurunkan darah tinggi -bit

Bit si akar merah membawa banyak mineral yang dipercaya dapat merelaksasi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Segelas jus bit dengan nitratnya mampu menurunkan tekanan darah sistolik hanya dalam beberapa jam, apalagi rutin dikonsumsi.

Biji buah matahari

cara menurunkan darah tinggi - biji bunga matahari

Biji bunga matahari kaya akan vitamin E, asam folat, protein dan serat juga bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu termasuk sumber magnesium bagus, namun cara menurunkan darah tinggi harus dengan produk tanpa garam.2

jeruk

cara menurunkan darah tinggi - jeruk

Jeruk juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Selanjutnya wortel dengan kandungan kalium dan beta-karoten tinggi, ini efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengatur fungsi jantung dan ginjal. 

Pada intinya tekanan darah tinggi bisa diturunkan dengan menerapkan hidup sehat sehari-hari. Anda tidak bisa hanya mengandalkan diet dan makanan penurun tekanan darah atau konsumsi obat. 

Diperlukan semua aspek, mulai dari menghindari makanan dan aktivitas pemicu hipertensi, konsumsi makanan sehat maupun penurun tekanan darah, olah raga, berhenti makan junk food, tidak merokok atau konsumsi miras.

Melakukan gaya hidup seimbang sebelum terlambat termasuk pola tidur harus dikontrol untuk mengatur tekanan darah yang normal. Cara menurunkan darah tinggi juga perlu memeriksakan diri terlebih dahulu untuk mengecek kondisi sebelum terlambat.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts