Cara Menurunkan Gula Darah, Hormon Insulin Berperan Besar

cara menurunkan gula darah

Penderita diabetes perlu cara menurunkan gula darah agar metabolisme tubuhnya dapat berjalan dengan normal. Karena jika aliran darah dipenuhi glukosa sepanjang waktu, berbagai masalah besar akan menyerang kesehatan tubuh. 

Insulin sebagai hormon yang bertugas mengatur penyerapan glukosa ini adalah faktor kunci yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Tubuh manusia menghasilkannya secara alami, tetapi ketika menjalankan pola hidup tidak sehat, maka hormone ini tidak terkontrol. 

Kondisi diabetes tipe 2 adalah keadaan di mana tubuh mengalami insulin resisten membuat glukosa tinggi dalam darah karena insulin tidak memerintahkan mereka masuk ke dalam sel. Akhirnya sel-sel kelaparan tidak bisa bekerja menghasilkan energi. 

Meskipun pada kenyataannya gula darah manusia akan berubah-ubah sepanjang waktu, namun ada rentang normalnya, sehingga dibutuhkan cara menurunkan gula darah yang efektif agar metabolisme tidak terganggu. 

Glukosa ini adalah molekul sederhana yang sangat diperlukan tubuh agar kita bisa tetap hidup, sel-sel dalam tubuh manusia bertahan dengan mengubahnya menjadi energi. Ketika dalam prosesnya tidak berjalan lancar, keseluruhan proses metabolisme akan terganggu. 

Bagaimana Insulin Berpengaruh Terhadap Gula Darah

cara menurunkan gula darah

Makanan dan pola makan sehat adalah cara menurunkan gula darah paling efektif. Faktor ini juga berperan untuk menjaga keadaannya tetap stabil dan normal. Orang yang sehat dengan pola makan seimbang tentu jarang menderita diabetes tipe 2 maupun insulin resisten. 

Meskipun postur atau berat tubuh tidak satu-satu penanda, namun orang dengan kelebihan berat badan akan lebih tinggi kondisi resistensi insulinnya. Karena insulin tetap tinggi dalam metabolisme membuat nilainya berlebih sehingga sel menjadi resisten. 

Semakin lama, tubuh membutuhkan kadar insulin yang lebih banyak agar glukosa dapat masuk ke dalam sel. Ini yang dialami para penderita diabetes tipe 2 sehingga mereka memerlukan suntikan insulin sebagai cara menurunkan gula darah di tubuhnya.

Jika diperhatikan, sebenarnya yang menjadi pemicu masalah di sini adalah insulin yang jumlahnya sangat banyak, khususnya bagi penderita yang hampir tidak membiarkan insulinnya berkurang kadarnya.

Hormon ini akan muncul dan bekerja setiap kali kita memasukkan makanan atau ke dalam tubuh. Makanan dengan kandungan karbohidrat dan gula tinggi biasanya akan membuat insulin yang muncul lebih banyak. 

(Baca Juga: Rahasia Cara Meningkatkan Imun Tubuh Secara Alami)

Ketika Anda sudah tidak memasukkan makanan dalam kurun waktu yang lama, biasanya insulin akan berkurang dan kembali normal, kemudian keluar lagi setelah ada masuk makanan. Yang menjadi masalah jika hormone tersebut terus tinggi kadarnya.

Kontrol terhadap hormon ini adalah cara menurunkan gula darah paling pertama yang harus dilakukan untuk mencegah diabetes. Agar dia tidak terus tinggi, maka makanan yang dikonsumsi sebaiknya diperhatikan dan tidak makan sepanjang waktu.

Melakukan puasa menurut penelitian akhir-akhir ini akan membantu menyembuhkan insulin resisten dan terakhir membantu mengontrol diabetes. Gula dalam darah menjadi terjaga sehingga metabolisme tetap lancar karena sel lebih sensitif dengan insulin.

Kenaikan Insulin Dipengaruhi pada Makanan

cara menurunkan gula darah - kenaikan insulin

Ketika ada makanan yang masuk ke tubuh, insulin akan meningkat, namun perbedaan kenaikan ini akan berbeda antar makanan. Cara menurunkan gula darah bisa dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan gula rendah serta serta tinggi. 

Kandungan gula yang tinggi, terlebih tanpa kandungan serat akan cepat membuat insulin meningkat, maka glukosa segera bisa terserap oleh sel dalam tubuh. Namun ini juga membuat mereka cepat berkurang dan akibatnya mudah lapar karena gula darah sudah menurun. 

Inilah akan membuat frekuensi maupun banyaknya kalori yang dimakan akan meningkat. Jika diulang lagi mengonsumsi makanan tinggi gula dan sejenisnya, maka insulin semakin berkuasa dan tubuh kelebihan banyak kalori sehingga obesitas tidak terhindarkan.

Cara menurunkan gula darah memerlukan pemahaman akan kandungan dan kualitas setiap diet yang masuk ke mulut Anda. Sebaiknya perbanyak kandungan serat, protein, lemak baik, maupun karbohidrat kompleks untuk menghindari peningkatan insulin terlalu tinggi.

Cara ini membuat Anda kenyang lebih lama dan gula darah terjaga, tidak naik turun dengan cepat. Kebiasaan demikian membuat tubuh terhindar dari diabetes. Di tengah kesibukan dan maraknya junk food di mana-mana memang perlu keinginan kuat secara pribadi.

Anda perlu terus memantau diet dengan memastikan kandungan di dalamnya apakah memberi sel nutrisi yang tepat, juga memastikan bahwa kadar gula darah terkendali. Memiliki pola pikir bahwa kandungan nutrisi dalam makanan Anda yang terutama. 

Gula darah tidak terkontrol dapat mengundang berbagai masalah, namun harus diingat bahwa penyebabnya adalah insulin tidak terkontrol. Diabetes dapat dihindarkan jika hormone ini tidak dibiarkan terus-terusan melonjak.

Mengingat diabetes merupakan penyakit pembawa sejuta masalah bagi jutaan umat manusia, maka penyebab utamanya yang harus diselesaikan. Cara menurunkan gula darah bisa dengan menyembuhkan insulin resisten sehingga sel dalam tubuh kembali sensitif. 

Jika ini sudah dicapai maka gula dalam darah bisa terserap kembali karena insulin akan bekerja sesuai tugasnya sehingga kadarnya kembali normal. Untuk menghindari penyakit diabetes memenjarakan Anda seumur hidup, maka mencegahnya adalah cara terbaik.

Penderita juga bisa memperbaiki kondisinya dengan menyelesaikan insulin resisten tersebut dengan mengubah pola makan. Intinya mencegah insulin melonjak secara mendadak, maka makanan alami yang kaya serat dengan gula rendah adalah pilihan terbaik. 

cara menurunkan gula darah - menurunkan berat badan

Untuk mengontrol gula dalam darah dan insulin melonjak tinggi memang ada banyak caranya, menurunkan berat badan menjadi ideal adalah salah satu cara yang tepat. Karena kelebihan atau bahkan kondisi obesitas memicu tubuh lebih rentan menderita resistensi insulin.

Kembali lagi bahwa cara menurunkan gula darah memerlukan pola makan sehat serta membantu mendapatkan berat ideal. Diet seimbang, terlebih makan banyak sayuran dan buah-buahan merupakan cara termudah, di samping menghindari junk food.

Perbanyak makan buah dan sayuran, protein tanpa lemak dan sumber lemak baik akan menjaga metabolisme lebih lancar serta berat ideal. Makanan yang harus dihindari adalah kaya dengan kandungan lemak trans, makanan kalengan berpengawet, dan pastinya gula. 

Karbohidrat bukan musuh dalam menurunkan berat badan, tetapi pilih jenis kompleks, ini kaya akan serat dan tidak banyak diproses seperti karbohidrat olahan. Di dalam lambung, mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga gula darah lebih stabil.

Kacang yang diolah dengan baik juga mengandung lemak tidak jenuh, protein dan berbagai vitamin maupun mineral untuk menurunkan kolesterol, peradangan dan insulin resisten. Memasukkan almond, kenari, atau kacang mete dalam diet baik bagi gula darah.

(Baca Juga: Inilah 10 Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi, Terbukti Manjur!)

Selain itu, menambahkan jahe dalam masakan atau minuman harian dapat membantu metabolisme. Cara menurunkan gula darah ini juga mengontrolnya karena kandungan di dalam jahe mampu meningkatkan serapan glukosa ke dalam sel otot.

Menurunkan badan secara sederhana bisa dicapai jika kalori yang digunakan tubuh lebih banyak dari kalori masuk. Maka selain Anda memperhatikan makanannya, penting untuk menambahkan aktivitas untuk membakar lebih banyak kalori.

Melakukan olah raga, terlepas dari jenisnya tentu sangat membantu di sini. Untuk mengeluarkan simpanan energi di dalam sel lemak Anda harus dilakukan secara alami. Olahraga dan menjaga keseimbangan pola makan merupakan jalan paling sehat.

Cara Menurunkan Gula Darah, Pola Hidup Sehat Penting

cara menurunkan gula darah - hidup pola sehat penting

Berbicara mengenai gula darah yang tinggi, Anda harus tahu bahwa kondisi ini harus dijaga sepanjang hidup. Artinya diperlukan kebiasaan, bukan temporal saja. Jadi dibutuhkan pola hidup seimbang secara menyeluruh. 

Bisa mulai dengan sarapan berenergi tinggi dan makan malam sederhana untuk mengontrol lonjakan gula darah sepanjang hari. Penelitian mengungkapkan, makan tinggi kalori saat sarapan dan rendah kalori saat malam, kadar glukosa berkurang signifikan sepanjang hari.

Olahraga dengan teratur juga cara menurunkan gula darah dan menjaga kadarnya tetap normal. Mengendalikannya juga dapat dicapai melalui gerakan otot karena membutuhkan pemanfaatan insulin. Jalan kaki sekitar 30 menit per hari dapat mengurangi risiko diabetes. 

Menjaga diet, berolahraga, menghindari stress, hingga tidur secara teratur harus menjadi kebiasaan semua orang agar gula darah terkontrol. Semua aspek kehidupan sehari-hari memberi pengaruh dalam proses yang terjadi dalam tubuh.

Jika ingin terhindar atau mengurangi risiko diabetes, maka sebaiknya utamakan pola hidup sehat. Jauhi rokok dan kebiasaan minum alkohol, serta mulai memperhatikan setiap kandungan makanan yang Anda masukkan ke mulut. 

Mulai dengan mencintai tubuh serta pikiran Anda, karena mencegah akan jauh lebih mudah dilakukan. Semua masalah seperti diabetes ini dapat dihindarkan ketika setiap pribadi menghargai kesehatannya. 

Lingkungan dan kebiasaan Anda secara menyeluruh jika dikendalikan dengan baik merupakan kunci tubuh sehat. Cara menurunkan gula darah dimulai dari bagaimana Anda sarapan hingga kembali tidur, melakukan aktivitas dan makan akan berdampak langsung bagi tubuh.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts