Penting! Ini Dia Gejala Flu yang Perlu Anda Waspadai

gejala flu

Anda perlu mengenali gejala flu agar bisa langsung diobati segera. Flu sendiri tidak bisa diremehkan dan dianggap rendah karena komplikasinya dapat membahayakan bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenali penyakit ini agar diberi tindakan.

Apakah Anda pernah mengalami flu? Penyakit ini umumnya sudah pernah dialami setiap orang. Terlebih karena penyakit ini cenderung bisa menyebar atau menular dari satu orang ke yang lainnya. Namun, tentunya jika diberi perawatan yang baik, Anda tidak perlu khawatir.

Namun, jangan pernah menganggap flu ini sebagai penyakit yang biasa saja. Anda tetap harus pergi ke dokter ketimbang hanya istirahat dan membiarkannya di rumah. Ini karena flu dianggap mempunyai risiko yang tinggi jika tidak mendapat penanganan serius.

Perlu diingat kalau meskipun sudah mengkonsumsi obat flu, ini tidak sepenuhnya mengobatinya. Karena obat-obatan tersebut hanya meringankan gejala flu, bukan untuk mengatasi penyebab awalnya. Jadi, sangat disarankan untuk berhati-hati jika mengalaminya.

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Flu

gejala flu

Seperti yang disebutkan sebelumnya kalau setiap orang pastinya sudah mengenal atau mengalami penyakit ini. Tetapi masih sedikit yang mengetahui arti dari flu itu. Dengan tidak mengetahui penyebabnya atau jenisnya, ini tentu sangat membahayakan diri dan orang lain.

Pada dasarnya, flu atau yang dikenal dengan nama panjang influenza adalah penyakit yang menyerang pernapasan dan dapat menularkan ke sesama. Penyakit ini juga disebabkan oleh virus yang berdampak menyebabkan penyakit yang serius. Virus ini dapat menyerang beberapa bagian dalam tubuh kita.

Infeksi virus ini nantinya akan mengakibatkan gangguan pada bagian hidung, tenggorokan, hingga paru-paru. Maka dari itu, ketika ada gejala flu pada tubuh, pekerjaan sehari-hari kita akan terganggu. Terutama karena kita akan merasa tidak enak badan, hingga batuk parah.

Virus yang menyerang kita ini dapat bertahan hidup hingga 30 hari. Jadi, sangat penting untuk kita mengetahui cara untuk tidak menyebarkannya. Apalagi ketika terkontaminasi dengan virus ini, badan kita menjadi tidak dapat berfungsi seperti yang semestinya.

Apa Saja Jenis-jenis Flu yang Ada?

Tanpa kita sadari, banyak jenis virus yang menyebabkan berbagai jenis flu. Tidak semua virus ini disebabkan dan ditularkan oleh manusia, bisa jadi hewan yang menularkannya. Jadi, gejala flu itu juga berbeda-beda, contohnya adalah seperti:

Flu Burung

Jenis flu yang pertama adalah flu burung yang bisa ditularkan oleh unggas. Meskipun awalnya unggas bisa terkontaminasi juga karena manusia, tetapi unggas bisa menjadi media untuk menyebarkannya ke manusia lain.

Gejala flu burung ini hampir sama dengan jenis flu lain. Tetapi karena ditularkan oleh unggas, jenis flu ini harus diatasi oleh dokter atau perawat khusus karena berisiko tinggi. Jadi, ketika terkena flu, harus mengetahui dulu jenis flunya.

(Baca Juga: Waspadai, Gejala Penyakit Jantung Ini Perlu Diperhatikan)

Flu Babi

Peternakan biasanya identik dengan hewan yang disebut dengan babi. Mungkin kita sudah sering melihatnya, tetapi tanpa disangka hewan ini dapat membuat virus influenza sendiri. Karena biasanya ditularkan oleh babi, maka virus ini disebut flu babi.

Gejala flu babi ini umumnya adalah bersin-bersin, demam tinggi, batuk kering dan berdahak, hidung tersumbat, dan mata kemerahan. Bahkan, penyebaran virus ini juga cenderung cepat dan berbahaya karena bisa tinggal di tempat yang kita sentuh.

Virus yang diberi nama H1N1 ini ditularkan dari hewan ternak yang nantinya menyebar dari satu orang ke orang lain. Penyebab yang paling sering terjadi adalah karena memasak daging babi dengan salah sehingga masuk pencernaan ketika makan.

Influenza Tipe A

Karena disebabkan oleh virus influenza tipe A, maka influenza ini disebut dengan tipe A. Jenis influenza ini dipercaya merupakan yang paling banyak dialami oleh pengidap influenza daripada jenis lain. Bahkan 75 persen pengidap influenza adalah jenis A.

Banyaknya kasus ini adalah penularannya yang sangat mudah. Ketika batuk dan bersin, akan keluar virusnya. Jadi, jika berada dalam radius 1-2 meter besar kemungkinannya akan tertular baik kepada hewan ternak, unggas hingga manusia.

Gejala flu yang paling sering terlihat adalah batuk, hidung berair dan tersumbat, demam yang membuat sakit kepala, menggigil badan tidak merasa sehat. Tipe influenza ini akan bertahan sekitar 1 hingga 2 minggu lamanya.

Influenza Tipe B

Influenza atau flu tipe B ini merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus yang membuat flu terlihat lebih parah. Bahkan, komplikasinya bisa membuat pneumonia, bronkitis, asma, hingga serangan jantung untuk yang sudah tipe parahnya.

Infeksi virus ini hanya menyebar antar sesama manusia, berbeda dengan yang tipe A. Lebih parahnya lagi, virus tipe B ini banyak menyerang orang tua. Apalagi jika berada di tempat tertutup yang banyak memiliki kotoran lumpur seperti barak tentara.

Influenza Tipe C

Jenis influenza selanjutnya adalah yang tipe C, dimana tipe ini dianggap sebagai yang memiliki gejala paling ringan dan tidak menyebabkan jarang menimbulkan keluhan berat. Bahkan, virus ini dianggap tidak menyebar dari satu orang ke orang yang lain.

Meskipun dianggap sebagai yang paling ringan, tidak berarti kita bisa meremehkannya. Akan jauh lebih baik jika dibantu dan ditangani oleh dokter. Jika tidak, penyakit seperti pneumonia dan bronkitis berisiko terjadi pada pasien.

Apa saja Gejala Flu yang Sering Dijumpai

Virus ini menyerang semua orang tanpa memandang usia, jenis kelamin, dan lainnya. Jadi, kita perlu mengetahui gejalanya agar tidak menyebarkannya ke orang lain lagi. Oleh karena itu, gejala yang paling sering dijumpai ketika mengidap influenza antara lain:

Demam

gejala flu - demam

Flu umumnya sangat identik dengan demam. Demam disini biasanya bisa mencapai suhu 38 derajat celcius keatas. Jadi, dengan demam ini pasien yang mengidap flu akan menjadi linglung dan kemudian membuat kepala menjadi sangat sakit.

Sering Batuk dan Bersin

gejala flu - batuk dan bersin

Pernahkah Anda mengalami bersin hingga menjadi yang membuat Anda lelah? Atau batuk yang kering dan berdahak secara berlebihan? Ini mungkin karena Anda terkena gejala flu yang membuat semuanya menjadi parah, terutama flu tipe A.

Kelelahan

gejala flu - kelelahan

Kelelahan yang dialami mungkin saja diakibatkan karena influenza. Terlebih lagi pada saat mengalami influenza, tubuh akan terasa kaku dan sulit bergerak. Ketika bergerak, tubuh cenderung menjadi susah untuk digerakkan.

Hidung tersumbat dan berair

gejala flu - hidung tersumbat

Hidung tersumbat dan berair dikenal juga dengan sebutan pilek. Bahkan, gejala ini yang paling sering dialami oleh pengidapnya adalah pilek ini. Jadi, momen dan situasi ini adalah yang paling menyiksa karena membuat sulit bernafas.

(Baca Juga: Kenali Yuk Cara Mengatasi Demam Pada Anak, dari Penyebab Hingga Penanganan)

Badan Nyeri dan Lemas

gejala flu

Selain menyerang saluran pernafasan, flu juga bisa membuat seluruh badan terasa nyeri. Bahkan, dalam beberapa kondisi flu bisa membuat pembengkakan pada area leher. Nyeri pada badan seperti ini akan membuat produktivitas jauh lebih kurang.

Cara Mengatasi dan Mencegah Timbulnya Gejala Flu

Setelah mengetahui gejalanya, pastinya Anda ingin mengetahui cara menghindarinya. Namun, apabila sudah ada virus ini pada tubuh Anda, jangan takut. Ikuti cara dibawah ini agar terhindar dan dapat sembuh dari flu, caranya antara lain:

Paracetamol

Jenis obat yang paling sering digunakan untuk menyembuhkan penyakit flu adalah tipe paracetamol. Ini dikarenakan obat ini mempunyai kandungan yang dapat menurunkan risiko dan kadar penyakit flu dan penyakit lainnya.

Namun perlu diingat bahwa, obat tidak menyembuhkan penyakit secara langsung. Tetapi lebih ke penanganan untuk mengatasi gejala flu yang timbul. Jadi, Anda masih perlu untuk berkonsultasi ke dokter untuk penyembuhan.

Istirahat dan Minum air yang Cukup

Ketika terkena flu, badan akan terasa berat dan sulit digerakkan. Maka itu juga bisa digunakan sebagai waktu istirahat agar penyakit ini lebih cepat disembuhkan. Namun, selalu dibarengi dengan minum air yang cukup setiap saatnya.

Air sangat berguna untuk tubuh. Pastikan agar selalu terhidrasi untuk menetralkan bakteri dan virus yang ada di tubuh kita. Jadi, apabila ingin sembuh atau terhindar dari Flu, perlu untuk selalu mengkonsumsi air biar selalu sehat.

Rajin Mencuci tangan

Tangan yang kotor merupakan tempat tumbuh dan berkembang biar segala jenis virus penyakit. Maka dari itu, sering-sering untuk cuci tangan dapat membantu tubuh terhindar dari penyakit dan gejala flu.

Cuci tangan juga penting untuk menggunakan sabun dan mencuci sela-sela tangan. Jika tidak berada di tempat yang menyediakan layanan cuci tangan, Anda bisa membawa hand sanitizer untuk membantu membersihkan tangan.

Jika tidak ingin menyebarkan virus kepada orang lain, pastikan agar Anda selalu menutup mulut saat bersin ataupun batuk. Anda bisa menggunakan media penutup seperti tisu, lap, atau bisa juga dengan selalu menggunakan masker.

Beberapa penyakit mungkin bisa dianggap remeh, tetapi tidak dengan penyakit akibat infeksi virus ini. Anda harus selalu berhati-hati dan memperhatikan apa saja yang terburuknya. Apalagi gejala flu sendiri akan membuat Anda sangat tersiksa.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts