Kenali Sakit Pada Pinggang yang Menyerang Anak Muda!

Kenali Sakit Pada Pinggang yang Menyerang Anak Muda!
Kenali Sakit Pada Pinggang yang Menyerang Anak Muda!

Masih berumur 20 tahunan tapi sering merasa sakit pada pinggang seperti orang tua? Jangan abaikan begitu saja, karena bisa menyebabkan penyakit lainnya hingga mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Wajib mengenalnya lebih dalam lagi.

Baca Juga: Tempat Traveling Paling Indah untuk Dikunjungi!

Di era modern seperti sekarang ini, memang anak muda sangat semangat untuk melakukan pekerjaannya. Mereka sangat totalitas hingga tidak kenal waktu bahkan mengabaikan rasa sakit yang dialami tubuh sendiri.

Padahal, ketika tubuh telah memunculkan rasa sakit, misalnya sakit pada pinggang, itu menandakan tubuh perlu istirahat. Selain itu juga vitamin dan olahraga. Gejala sakit yang terjadi pada pinggang memang tidak hanya dialami orang tua saja.

Anak muda jaman sekarang sering merasakan sakit pada bagian pinggang karena pola hidupnya buruk. Hal tersebut dikarenakan kesibukan yang mereka jalani. Untuk tahu lebih jelasnya, bisa simak penjelasan berikut.

Faktor dan Gejala Sakit Pada Pinggang Usia MudaKenali Sakit Pada Pinggang yang Menyerang Anak Muda!

Sebelum mempelajari lebih jauh lagi, mari ketahui dulu pengertian sakit pada bagian pinggang. Jadi, penyakit satu ini sebenarnya umum terjadi oleh siapa saja. Tidak hanya orang tua, bahkan anak usia remaja dan 20-an, sering sekali mengalaminya.

Biasanya terjadi dimulai dari tulang rusuk, atau daerah lumbar. Rasa sakit yang terjadi berlangsung cukup lama dan sangat mengganggu aktivitas pengidapnya. Bahkan hanya untuk menunduk saja, sudah sangat sakit.

Belum lama ini bahkan muncul trend baru di kalangan anak muda yang mengalami kesakitan di area pinggang atau tulang belakang, yaitu Pemuda Jompo. Artinya, masih muda tapi terlihat tua karena sering mengeluh sakit di bagian pinggang.

Lalu, apa faktor yang membuat hal tersebut bisa terjadi di usia muda? Padahal umumnya akan menyerang ketika sudah memasuki umur 30-an, tapi kenapa di umur 20-an bisa terjadi?

  • Kelebihan Berat Badan

Hal itu bisa terjadi karena kelebihan berat badan. Memang ketika berat badan bertambah, akan sangat rentang mengalami sakit pinggang. Maka dari itu, dianjurkan oleh dokter untuk melakukan diet.

  • Sering Mengangkat Benda Berat

Lalu yang kedua bisa diakibatkan karena sering mengangkat benda-benda berat. Jadi, ada bagian otot tertarik atau bagian tulang bagian belakang menjadi lemah. Usahakan, kurangi membawa benda berat atau minta tolong pada orang lain.

  • Pola Hidup Kurang Sehat

Bisa juga karena pola hidup kurang sehat. Sering begadang, mengkonsumsi junk food, hingga jarang berolahraga. Itu juga bisa menjadi penyebabnya.

  • Terlalu Lama Duduk

Dan terakhir karena faktor terlalu lama duduk. Apalagi posisi duduk sudah sangat salah, misal melengkung ke depan, itu sangat mudah memicu adanya sakit pada pinggang.

Jika faktornya ada 3, gejala yang timbul akibat penyakit ini ada beragam. Tergantung dari sumber penyebabnya. Terkadang juga rasa sakitnya hanya berpusat pada satu titik. Namun, ada juga menyebar hingga sulit bangun.

Jadi, gejala akan timbul biasanya pinggang terasa kaku, pegal dan bahkan seperti ditusuk. Kemudian ada juga nyeri menjalar dari bagian pantat hingga kaki. Itu sangat parah sekali.

Gejala lainnya adalah kesakitan pada malam hari, situasi akan memburuk ketika sedang membungkuk, mengangkat benda berat bahkan berjalan. Paling parahnya lagi tegang saat berdiri hingga tungkai kaki terasa lemah atau mati rasa.

Jenis Kondisi Sakit Pada Pinggang yang Dianggap Serius

Kenali Sakit Pada Pinggang yang Menyerang Anak Muda!
Kenali Sakit Pada Pinggang yang Menyerang Anak Muda!

Berdasarkan faktor dan gejala di atas, tipe seperti apa sakit pada bagian pinggang yang Anda alami selama ini? beruntung bila hanya berlangsung satu hari dan bisa ditahan seharian. Namun, ketika sudah sulit berdiri hingga tungkai lemas, perlu diwaspadai.

Karena jenis penyakit satu ini bisa dianggap sangat serius bila jenis kondisinya dianggap parah. Sampai pengidapnya saja, seperti sulit menahan rasa sakit itu. 

Meski masih muda, penyakit kronis yang berpusat pada tulang belakang atau pinggang, memang bisa saja terjadi. Untuk kali ini, kami akan membagi 2 jenis kondisi pada sakit yang ada di pinggang, yaitu :

  • Sakit di Pinggang Jenis Angkut

Untuk sakit pada pinggang satu ini, biasanya terjadi secara tiba-tiba oleh penderitanya. Dan hal tersebut terjadi karena beberapa penyebab, seperti :

Penyakit radang panggul akut. Biasanya terjadi karena terdapat bakteri masuk ke organ reproduksi wanita. Bisa disembuhkan dengan obat anti bakteri.

1. Bisa juga karena penyakit usus buntu. Ini merupakan kantong bentuknya sebesar jari serta menghubungkan ke usus besar. Rasa sakitnya muncul dari perut bawah bagian kanan hingga pinggang.

2. Ada juga disebabkan kram usus. Penyebabnya karena kurang makanan serat, ada juga penggunaan obat-obatan, hingga gangguan pencernaan.

3. Dan terakhir kondisi dimana penderita memiliki kista ovarium. Yaitu kantong cairan, terletak di bagian ovarium.

  • Sakit Di Pinggang Jenis Kronis

Sakit pada pinggang seperti ini dianggap cukup parah. Karena dapat berlangsung hingga 6 bulan atau lebih hingga berkelanjutan. Rasa sakitnya lebih parah dari nyeri saat menstruasi. Biasanya, hal tersebut terjadi karena penyebab :

1. Endometriosis. Yaitu situasi di mana jaringan lapisan yang harusnya di dalam dinding rahim, malah ini berada di luar rongga.

2. Penyakit radang panggul. Hal ini karena ada bakteri menyerang organ reproduksi wanita.

3. Dan sindrom iritasi usus. Yaitu gangguan pencernaan serta ditandai adanya diare, kram perut, kembung hingga konstipasi.

Indikasi Penyakit Bila Tulang Belakang Sakit di Usia Muda

Kenali Sakit Pada Pinggang yang Menyerang Anak Muda!
Kenali Sakit Pada Pinggang yang Menyerang Anak Muda!

Terkadang kita yang sudah lelah bekerja, lama duduk di depan komputer, ketika bangun pinggang dirasa sakit. Maka, untuk meredakannya bisa dengan memutar pinggang. Bisa juga minum air putih banyak.

Akan tetapi, cara tersebut tidak akan cukup bila rasa sakit pada pinggang semakin menjadi. Seperti penjelasan di atas, kondisi rasa sakit terjadi di pinggang, bisa saja karena penyebab suatu penyakit kronik atau akut.

Jika memang tidak bisa diatasi sendiri, apalagi sudah terjadi 6 bulan lebih berturut-turut, jangan diam saja. Langsung ke dokter. Bahkan jangan menunggu 6 bulan, 1 bulan saja, sudah harus konsultasi ke dokter secara langsung.

Siapa tahu ada indikasi penyakit lain yang ditunjukkan dengan rasa sakit pada punggung hingga pinggang. Berikut ini beberapa indikasi penyakitnya.

Pertama, otot tegang. Jika pada bagian tulang belakang Anda sakit tapi masih muda, itu bisa saja karena otot tegang. Kondisi seperti ini bisa karena mengangkat benda berat, olahraga porsi berlebih, hingga pergerakan mendadak hingga otot terpelintir.

Kedua, penyakit diskus degeneratif. Ini letaknya di antara banyak tulang, fungsi utamanya adalah menjaga tulang belakang agar terus berada di posisi benar. Jika diskus antar tulang mengalami kerusakan, sudah pasti akan mengalami peradangan, hingga kekakuan otot.

Ketiga, hernia nukleus pulposus (HNP). Kondisi seperti ini adalah suatu keadaan dimana sebagian atau keseluruhan nukleus pulposus malah menonjol ke dalam kanalis spinalis. Untuk lebih ringkasnya, banyak yang mengatakan ini adalah saraf terjepit.

Dan keempat, Spondilolistesis. Hal ini disebabkan karena trauma pada tulang belakang hingga mungkin cedera. Hal ini memang sering dialami oleh anak muda bila mengalami nyeri pada pinggang.

Cara Mengatasi Sakit Pada Pinggang Agar Tidak Mengganggu Aktivitas

Kenali Sakit Pada Pinggang yang Menyerang Anak Muda!
Kenali Sakit Pada Pinggang yang Menyerang Anak Muda!

Beberapa penjelasan diatas, mungkin ada sesuatu yang relate dengan kondisi kesehatan Anda sekarang ini. mungkin saja sakit pada bagian pinggang karena pola makan kurang baik, bekerja hingga lupa waktu untuk tidur. Lalu, berakhir tidak ada waktu berolahraga.

 Di usia muda dengan fisik masih sangat baik, tentu tenaga juga harus kuat. Bila sedikit-sedikit pinggang mengalami sakit, memang julukan Pemuda Jompo bisa disematkan kepada Anda. 

Agar bisa menghindari penyakit jompo satu ini sebenarnya cukup mudah dilakukan. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Jika sakit pada pinggang sudah parah, biaya, waktu dan tenaga pasti akan habis.

Sebelum terlambat, memang Anda harus melakukan beberapa tips berikut agar pinggang jarang mengalami kesakitan, yaitu :

  1. Rajin-rajinlah untuk melakukan aktivitas, jangan diam terus. Minimal 20 menit saja setiap hari untuk olahraga, pasti bisa mengurangi rasa sakit tersebut. Lakukan jenis olahraga yang disukai atau mudah untuk Anda lakukan.
  2. Kurangi mengangkat beban terlalu berat. Semisal pekerjaan sendiri mengharuskan mengangkat beban berat, sekarang ada banyak alat penopang yang mempermudah mengangkat benda tersebut.
  3. Jaga pola makan untuk bisa mewujudkan berat badan ideal. Memang untuk melakukan diet cukup sulit dilakukan. Akan tetapi, demi mengurangi nyeri pada pinggang, memang berat badan harus dikurangi.
  4. Penuhi asupan kalsium dan juga vitamin D. Ada banyak makanan dan minuman mengandung kalsium dan vitamin yang bagus untuk kesehatan tulang.
  5. Bila rasa nyeri pada pinggang mulai menyerang, bisa mengompresnya dengan air hangat serta air dingin secara bergantian. Tujuannya agar memperlancar peredaran darah lagi.
  6. Hindari terlalu banyak berbaring, seperti poin pertama, harus lebih banyak bergerak serta melakukan aktivitas.
  7. Hindari juga terlalu lama duduk. Misalnya ketika sedang bekerja, beri waktu sebentar sekitar 5-10 menit untuk melakukan peregangan. Sehingga nyeri pada tulang belakang juga bisa dihindari.

Baca Juga: Inilah Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan Rumah Tangga!

Setelah mengenal lebih jauh tentang jenis penyakit seperti ini, jangan abaikan begitu saja. Meski ketika dikompres sakit pada pinggang langsung sembuh, Anda juga perlu mengubah pola hidup agar rasa sakit tersebut tidak menimbulkan penyakit berbahaya.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts