Ingin Wajah Tetap Cantik? Manfaat Air Mawar Perlu Diketahui

manfaat air mawar

Bunga mawar bukan hanya cantik dijadikan sebagai hiasan, namun manfaat air mawar ternyata juga sangat baik untuk kesehatan kulit dan wajah. Jika diolah dengan baik dan dipakai secara teratur larutan air mawar tersebut dapat membuat Anda tetap awet muda. 

Bunga mawar mudah tumbuh di Indonesia, dan ragam jenisnya juga sangat banyak. Kelopak bunga mawar tersebut jika diolah dan disuling, maka akan menghasilkan air mawar. Air tersebut sangat kaya akan antioksidan, vitamin A dan E, antiinflamasi serta antiseptik.

Untuk kesehatan wajah, air mawar sudah digunakan sejak lama. Peneliti mengemukakan bahwa pada abad pertengahan, orang – orang Timur Tengah sudah rutin menggunakannya sebagai pengobatan dan ramuan kecantikan.

Bahkan beberapa produk kecantikan yang dijual di pasaran juga memuat kandungan mawar tersebut di dalamnya. 

Selain aromanya yang wangi, ternyata rose water ini juga kaya akan manfaat. Jika Anda ingin mendapatkan kulit wajah yang sehat dan cerah, manfaatkan rose water ini secara maksimal. 

Manfaat Air Mawar Bagi Kulit Wajah

Wanita secara umum ingin menjaga kesehatan kulit wajah tetap cantik. Menjelang umur 40-an, kulit wajah mulai muncul rona, flek, dan juga kerutan. Wajah yang tidak terawat dengan baik membuat penampilan Anda jadi tampak lebih tua.

Para wanita pasti jauh lebih percaya diri jika kulit wajah mereka tetap kencang dan  bersinar. Bahkan ada yang sampai rela mengeluarkan biaya besar untuk perawatan wajah tersebut. Beberapa wanita lain bahkan ada juga yang sampai melakukan operasi wajah.

Sebenarnya Anda bisa mendapatkan wajah yang cerah dan sehat tanpa perlu membeli banyak produk kecantikan. Kuncinya adalah melakukan perawatan secara rutin dengan air mawar. Berikut ini beberapa khasiat yang dihasilkan rose water tersebut.

Mengurangi Peradangan Pada Kulit

manfaat air mawar - peradangan pada kulit

Para peneliti sudah membuktikan bahwa manfaat air mawar adalah sangat baik mengurangi peradangan pada kulit. Iritasi atau peradangan di wajah bisa terjadi akibat penggunaan kosmetik yang kurang tepat.

Beberapa kaum wanita mungkin memiliki kulit sensitif, sehingga tidak cocok dengan produk kosmetik tertentu. Sebagian besar wanita mungkin tidak percaya diri jika tampil tanpa riasan. Ketika kulit mengalami iritasi, tentu harus hati – hati memilih produk kosmetik.

Agar Anda bebas memakai segala merek kosmetik, maka rutin gunakan rose water. Minyak air mawar tersebut sifatnya inflamasi, jadi iritasi pada wajah bisa diobati. Cukup oleskan beberapa tetes minyak, peradangan bisa langsung sembuh.

(Baca Juga: Ini Dia, 10 Manfaat Air Jahe Untuk Kulit Cantik Anda)

Mengobati Jerawat dan Bekas Jerawat

manfaat air mawar - jerawat dan bekas jerawat

Ketika gadis remaja mengalami perubahan hormon, maka jerawat umumnya bermunculan di wajah. Jerawat tersebut tentu sangat mengganggu, apalagi ketika tidak sengaja pecah. Bisa saja bekas jerawat mengurangi kecantikan wajah.

Jerawat juga bisa timbul ketika datang bulan, kurang istirahat, dan penyebab lainnya. Walaupun kecil, kehadiran jerawat jelas sangat mengganggu. Beberapa kaum wanita mencoba menutupi jerawat dengan riasan yang tebal.

Jika Anda tahu manfaat air mawar, maka tidak lagi khawatir dengan jerawat. Rose water bisa membuat jerawat hilang dalam semalam saja. 

Bahkan jika jerawat sudah membekas, masih bisa dibersihkan secara maksimal. Sifat antibakteri rose water cocok membunuh kuman penyebab jerawat. 

Mencegah Penuaan Dini

manfaat air mawar - penuaan dini

Setiap orang pasti mengalami penuaan, tetapi jika penuaan terjadi terlalu cepat tentu sangat mengkhawatirkan. Penampilan bisa jauh berubah jika tanda – tanda penuaan sudah mulai muncul pada kulit wajah.

Rutin menggunakan air mawar adalah cara terbaik mencegah penuaan dini. Beberapa air mawar ada yang dibuat menjadi minyak esensial. Minyak ini memiliki antioksidan yang bisa mencegah kulit kusam, kering, dan juga penuaan.

Sudah banyak yang membuktikan manfaat air mawar efektif mencegah penuaan dini. Orang yang rutin mengolesi rose water ke wajah, memiliki kulit yang lebih sehat, cerah dan bersinar. Agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya lakukan pijatan saat mengoleskan rose water. 

Cocok Sebagai Pembersih Riasan

manfaat air mawar - membersihkan make up

Riasan wajah jika terlalu sering digunakan efeknya kurang baik bagi kesehatan kulit. Untuk itu sangat dianjurkan ketika hendak tidur riasan wajah harus dibersihkan. 

Di pasaran memang produk khusus yang dijual untuk membersihkan riasan tetapi yang bagus harganya mahal.

Jika Anda rutin menggunakan riasan yang tergolong berat, maka harus tahu manfaat air mawar. Salah satu khasiat utama rose water adalah sangat cocok untuk membersihkan riasan. Hasil yang diberikan tidak kalah dengan produk kosmetik ternama.

Kulit bisa bersih dengan cepat tanpa takut timbul iritasi. Meskipun riasan yang di wajah tebal, air mawar mampu membersihkannya hingga ke dasar kulit. Wajah cantik bisa tetap segar berkat penggunaan air mawar secara rutin.  

Mencerahkan Kelopak Mata

manfaat air mawar - mencerahkan kelopak mata

Beban kerja yang berat atau kurang istirahat membuat bagian bawah kelopak mata jadi menghitam. Kelopak mata tersebut tidak bisa Anda tutupi dengan riasan saja, karena tetap saja wajah dibuat kusut olehnya.

Jika Anda harus begadang sehingga tidak cukup waktu beristirahat, maka lebih baik mulai rutin gunakan rose water. Ahli kecantikan sudah mengutarakan bahwa manfaat air mawar sebagai pencerah wajah sudah terbukti.

Mengoleskan air mawar pada kelopak mata bisa membuat mata jadi lebih cerah dan bersinar. Mata yang cerah membuat aura kecantikan Anda jadi terpancar. Jadi tidak perlu menggunakan kosmetik mahal untuk menghadirkan wajah cantik dan cerah. 

Efektif Menghidrasi Kulit

manfaat air mawar - menghidrasi kulit

Dehidrasi pada kulit bisa terjadi akibat cuaca atau juga perawatan yang kurang tepat. Tentu merasa tidak nyaman ketika kulit kering dan keasamannya tidak seimbang. Air mawar dikenal sangat ampuh dalam menghidrasi kulit serta menjaga keseimbangan ph kulit.

Cukup dengan mengoleskan air mawar ke wajah secara rutin, maka ph wajah jadi seimbang. Cara pembuatan air mawar tersebut juga cukup sederhana. Ambil kelopak mawar, lalu tempatkan di mangkuk yang diisi air.

Didihkan air dengan kelopak mawar tersebut, lalu lakukan penyulingan terhadap uap airnya. Atau Anda juga bisa memeras rebusan kelopak mawar tersebut, lalu menggunakan hasil perasannya untuk perawatan wajah. Manfaat air mawar semakin terasa ketika rutin digunakan. 

(Baca Juga: Berbagai Manfaat Energi Matahari Bagi Makhluk Hidup)

Mengobati Luka Bakar dari Paparan Matahari

manfaat air mawar - luka bakar akibat matahari

Paparan sinar UV secara langsung ke wajah bisa membuat kulit wajah jadi terbakar. Jika terus dibiarkan tentu bisa membuat kerusakan dan peradangan. Biasanya dianjurkan untuk menggunakan tabir surya ketika Anda beraktivitas di luar ruangan.

Jika Anda tidak cocok menggunakan tabir surya, maka rose water bisa dimanfaatkan sebagai gantinya. Air mawar dikenal sangat efektif melindungi wajah dari sinar matahari langsung. Bahkan jika wajah sudah terbakar sinar matahari, rose water masih bisa menyembuhkannya.

Manfaat air mawar tidak main – main karena luka bakar akibat paparan sinar matahari juga dapat disembuhkan secara cepat. Anda bisa menyemprotkan air mawar tersebut atau juga menggunakan minyak esensialnya sehingga luka bakar bisa disembuhkan.  

Menjadi Toner Wajah

 manfaat air mawar - menjadi toner wajah

Sebagian besar produk kosmetik menggunakan ekstrak air mawar sebagai tonernya. Karena khasiatnya memang sangat ampuh serta sudah digunakan sejak abad pertengahan. Tentu manfaatnya lebih terasa jika Anda menggunakan bahan alaminya secara langsung.

Anda bisa mengolah air mawar menjadi toner sehingga bisa digunakan setiap saat. Produk kosmetik mengandung banyak campuran kimia, sehingga tidak dianjurkan dipakai secara berlebihan. Toner dari air mawar tidak memiliki efek samping. 

Jadi Anda tidak perlu ragu menggunakannya secara berlebihan. Di pasaran sudah banyak yang menjual ekstrak kelopak mawar. Tetapi jika ingin merasakan manfaat air mawar secara maksimal, lebih baik Anda sendiri yang mengolahnya. 

Sebagai Penyempurna Riasan

 manfaat air mawar - penyempurna riasan

Air mawar juga cocok disandingkan dengan produk kosmetik lain. Rose water ini akan menjadi penyempurna riasan Anda. Jadi ketika wajah sudah ditutupi make up, Anda bisa menyemprotkan rose water sebagai penyempurna.

Fungsi utamanya adalah untuk membuat wajah tetap segar dan riasan bisa terjaga sepanjang hari. Atau Anda juga bisa menggunakannya sebelum menggunakan riasan wajah. Saat wajah masih polos, semprotkan rose water sebagai dasarnya. 

Anda tidak perlu menggunakan produk pelembab wajah tambahan. Cukup dengan menyemprotkan rose water ke seluruh wajah, sudah bisa menjaga kelembapan dan kesegarannya sepanjang hari. Rose water mudah didapatkan serta mudah diolah.

Membuat kulit wajah tetap cantik dan bersinar tidak perlu perawatan mahal. Bahan – bahan alami jauh lebih baik menjaga kesehatan wajah. Air mawar misalnya memiliki banyak khasiat untuk mempercantik wajah.

Mulai dari sekarang, lebih baik merawat wajah dengan bahan – bahan alami, agar tidak menimbulkan efek samping dan mencegah penuaan dini. Manfaat air mawar untuk kecantikan wajah sudah dibuktikan oleh ahli kecantikan. 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts