Yuk Kenali, Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan – Bawang merah merupakan bumbu dapur yang pasti digunakan oleh semua orang untuk memasak. Tanaman ini sudah sangat familiar di indonesia. Bawang merah memiliki memiliki jenis yang bermacam-macam, tetapi memiliki kandungan manfaat yang hampir sama. Masih banyak yang menggunakan bawang merah untuk mengobati masuk angin. Karena bawang merah dipercaya mampu menghangatkan dan meringankan sakit. 

(Baca Juga: Beberapa Cara Mencegah Penyakit Jantung)

Bawang merah juga telah dimanfaatkan untuk kesehatan sejak zaman dulu. Tanaman ini dipercaya bisa menguatkan tubuh dan menambah nafsu makan. Dari hasil penelitian mengungkapkan bahwa thiosulfinate, senyawa yang terkandung dalam bawang merah dapat membunuh banyak bakteri umum, termasuk Salmonella typhi, Pseudomonas Aeruginosa, dan Escherichia coli.

Banyaknya kandungan senyawa kimia atau zat gizi di dalam bawang merah membuat tanaman ini diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan. Dan berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari bawang merah untuk kesehatan.

 Beberapa Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan :

1. Membantu Menurunkan Kolesterol

Membantu Menurunkan Kolestrol

Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang pertama adalah untuk menurunkan kolestrol. Senyawa sulfida methylallyl dan asam amino sulfur yang terkandung di dalam bawang merah membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Salah satu penelitian menunjukan  bahwa wanita yang kelebihan berat badan dengan polycystic ovary syndrome, dengan membandingkan antara yang mengkonsumsi banyak bawang merah dan yang mengkonsumsi sedikit bawang merah. Dan hasilnya, orang yang mengkonsumsi banyak bawang merah kolesterolnya turun jauh. Diet yang banyak mengandung bawang merah dapat menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh.

2. Melancarkan Pernapasan

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Manfaat  bawang merah untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu memperlancar sistem pernapasan. Kamu bisa menggunakan bawang merah sebagai obat antiradang. Karena dipercaya dapat membantu memperlancar pernapasan. 

3. Mengatasi Radang Tenggorokan

Mengatasi Radang Tenggorokan

Selain bermanfaat sebagai obat anti radang yang baik untuk sistem pernapasan. Ternyata bawang merah juga bisa membantu mengatasi infeksi atau peradangan di tenggorokan. Quercetin yang terkandung dalam bawang berfungsi mengurangi sakit radang tersebut. 

4. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat bawang merah yang satu ini tidak perlu kamu aplikasikan ke mata secara langsung. Cara mengaplikasikannya cukup rajin mengkonsumsi bawang merah. Kandungan sulfur pada bawang merah akan merangsang produksi protein, yakni glutathione. Mempunyai peran sebagai antioksidan dan kombinasi vitamin E dari bawang merah pula, sangat baik menjaga kesehatan mata.

(Baca Juga: Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Wajah)

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Manfaat bawang merah bagi kesehatan yang selanjutnya akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh dalam menyerang virus, kuman, dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Semua jenis bawang termasuk bawang merah dipercaya dapat meningkatkan imunitas supaya terhindar dari penyakit. 

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan Kualitas Tidur

Jika kamu susah untuk tidur, cobalah untuk mulai mengkonsumsi bawang merah. Kandungan probiotik yang ada di dalam bawang dapat meningkatkan kualitas tidur dan meringankan stres. Selain itu bakteri baik yang terkandung di dalam bawang dapat merangsang kinerja otak kamu.

7. Memperlancar Asi

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Setiap wanita yang habis melahirkan pasti akan merasakan khawatir ketika ASI-nya tidak lancar. Bagaimana tidak, rasa takut sebagai orang tua pertama kali dan keinginan untuk mencukupi asupan gizi sang bayi harus terpenuhi. Kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi bawang merah mentah yang bisa memberikan efek nyata untuk memperlancar produksi ASI(air susu ibu).

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat bawang merah bagi kesehatan selanjutnya adalah membantu menyehatkan jantung. Bawang merah dapat mengontrol tekanan darah tinggi, serta membuka arteri yang tersumbat. Hal ini dapat mencegah terjadinya resiko serangan jantung koroner. stroke, hingga gagal ginjal. Terutama zat quercetin yang terkandung dalam bawang akan memberikan efek penting bagi tubuh, termasuk menurunkan tekanan darah tinggi.

9. Menurunkan Demam

Menurunkan Demam

Bawang merah ternyata bermanfaat bagi bayi untuk menurunkan demam. Cukup dengan mencampurkan parutan bawang dengan minyak kelapa dan sedikit asam dan balurkan ke seluruh tubuh secara merata. Khususnya di bagian punggung dan perut sehingga bisa menghangatkan badan. 

10. Mengobati Luka

Mengobati Luka

Bawang merah dapat digunakan untuk mengatasi luka pada tubuh. Caranya adalah kamu hanya perlu mengiris-iris bawang merah kemudian mencampurnya dengan minyak kelapa dan garam. Panaskan semua bahan hingga mendidih. Sehabis itu, dinginkan bahan yang telah dicampur dan oleskan secara rutin. Dengan begitu, luka di tubuh akan cepat kering dari luar dan dalam.

11. Meningkatkan Imun

Kekebalan pada tubuh saat mengkonsumsi bawang merah bisa meningkatkan dan mencegah dari berbagai penyakit, seperti flu, demam, hingga bronkitis. Caranya kamu cukup menambahkan bawang merah dengan makanan yang kamu makan setiap harinya. 

12. Membantu Tulang Lebih Padat

Mempunyai peran penting sebagai penopang tubuh, tentunya kita berusaha melakukan berbagai cara untuk menjaga tulang tetap baik. Apalagi jika yang memiliki riwayat keluarga osteoporosis, pasti memiliki kekhawatiran yang lebih tinggi. Selain menambah konsumsi minuman yang kaya akan kalsium, memakan bawang merah mempunyai manfaat baik untuk membantu meningkatkan kepadatan tulang.

Itulah beberapa macam manfaat bawang merah mentah bagi kesehatan yang sangat baik untuk mulai dikonsumsi. Dan buat kamu yang sedang mencari referensi tentang lifesyle, kesehatan, hingga otomotif kamu bisa mengunjungi https://bergforcongress.com/ Tetap jaga kesehatan karena kesehatan merupakan hal yang penting di dalam kehidupan.

Total
2
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts