Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Manfaat bawang putih untuk kesehatan sudah populer sejak lama. Bumbu masakan yang membuat aroma menjadi sedap tersebut rupanya memang serba guna. Pemanfaatannya sudah dilakukan secara turun temurun sejak zaman dahulu. 

Sebagai salah satu bumbu masakan populer, Anda bisa mendapatkan rempah ini dengan sangat mudah. Belum banyak orang yang memanfaatkan bumbu ini untuk kesehatan tubuh dengan maksimal. Nah, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsinya?

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

manfaat bawang putih untuk kesehatan

Salah satu jenis rempah yang paling banyak digunakan oleh ibu-ibu di tanah air ini memang bisa membuat cita rasa masakan menjadi lebih nikmat. Rasanya sangat khas dan dapat digunakan untuk berbagai jenis masakan.

Selain itu, berikut beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan yang belum banyak diketahui.

Menyehatkan jantung

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang berperan penting. Penyakit kronis pada jantung yang sering diderita adalah kardiomiopati yang merupakan jenis penyakit kronis pada organ tersebut.

Berbagai penelitian telah dilakukan terkait permasalahan ini. Dan ternyata, kandungan minyak pada rempah ini terbukti bisa membuat jantung menjadi lebih sehat. Namun, pengaplikasiannya tentu saja harus diimbangi dengan olahraga rutin dan teratur.

Mengatasi Hipertensi

Manfaat bawang putih untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi dan menurunkan kolesterol. Berbagai riset telah dilakukan untuk membuktikan manfaat satu ini.

Konsumsi ekstrak rempah ini dalam pemakaian yang tepat ternyata bisa membuat seseorang mengalami perbaikan kolesterol. Penurunan tekanan darah tinggi secara signifikan juga terjadi dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada Ankara University.

(Baca Juga: Yuk Kenali, Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan)

Mencegah Alzheimer

Bawang putih menjadi salah satu rempah dengan kandungan antioksidan tinggi di dalamnya. Kandungan tersebut nyatanya bisa mencegah dan menurunkan risiko dari berbagai macam penyakit, termasuk Alzheimer serta Demensia.

Kandungan antioksidan di dalamnya mampu menangkal radikal bebas. Akhirnya, kolesterol dan tekanan darah tinggi bisa diturunkan. Maka, risiko kedua penyakit tersebut dapat dihindari.

Mencegah kerusakan pada bagian hati

Kebiasaan buruk mulai dari mengkonsumsi alkohol dalam jangka panjang nyatanya bisa membuat kerusakan pada organ hati. Hal tersebut dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi bawang putih.

Pada penelitian yang dilakukan di sebuah Universitas di China, kandungan dalam rempah ini dinyatakan bisa melindungi hati. Kandungan tersebut bisa melawan stress oksidatif dimana hal tersebut disebabkan karena etanol.

Meningkatkan kesehatan tulang

Setiap orang yang memiliki tulang yang kuat dan sehat akan membuat hidupnya menjadi lebih berkualitas. Konsumsi rempah ini dengan cara dikeringkan akan membuat penurunan defisiensi estrogen yang bisa membuat seseorang mengalami osteoporosis.

Nah,lengkap sekali bukan? Anda bisa mengkonsumsinya dengan takaran pas sehingga manfaat bawang putih untuk kesehatan benar-benar bisa didapat. Lalu, apakah rempah ini juga berkhasiat untuk kecantikan?

Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan

Rempah yang sangat berkhasiat ini rupanya tidak hanya berkhasiat untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat. Namun lebih jauh lagi, bawang putih juga bisa membuat Anda memiliki tubuh yang lebih cantik.

Ada beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan kulit yang bisa didapatkan. Berikut beberapa diantaranya.

Membuat kulit nampak seperti remaja

Setiap orang tentunya ingin memiliki kulit yang tampak selalu muda dan remaja. Tidak perlu menggunakan skincare berbahan dasar kimia. Anda bisa menggunakan bawang putih yang alami dan aman.

Haluskan beberapa rempah ini dan campurkan saja pada sedikit air. Oleskan pada area wajah dalam waktu seminggu sekali. Anda akan mendapatkan kulit yang lebih muda bercahaya.

Mengatasi Stretch Mark

Stretch Mark merupakan garis belang karena kulit retak. Ini bisa terjadi pada wanita setelah melahirkan atau pada seseorang dengan berat badan tubuh berlebih. Jika Anda mengalaminya, gunakanlah bumbu masak ini.

Caranya mudah, campurkan sari bawang putih dengan minyak zaitun. Gunakan untuk memijat pada bagian stretchmark dalam beberapa menit. Lakukan perawatan secara teratur agar bisa mendapatkan hasil maksimal.

Mengurangi bekas jerawat

Manfaat bawang putih untuk kesehatan kulit lainnya adalah untuk mengurangi bekas jerawat. Jerawat yang timbul pada area wajah memang akan meninggalkan bekas. Bekas tersebut membuat banyak orang merasa tidak percaya diri.

Rempah ini memiliki sifat anti bakteri serta anti inflamasi. Oleskan saja pada bagian bekas jerawat yang sudah mengering. Penggunaan secara rutin akan bisa membantu mengurangi bekas jerawat dalam waktu cukup cepat.

Mengatasi Komedo

Pernahkan Anda merasa kesal karena komedo yang nangkring pada area wajah? Jika tidak rajin dibersihkan, ini akan membuat berbagai macam permasalahan pada kulit wajah.

Haluskan beberapa siung bawang putih dan oleskan pada bagian komedo di wajah. Usap dan gosok dengan lembut agar cairan pada rempah tersebut bisa mengangkat komedo. Jangan menggosok terlalu lama karena bisa menimbulkan rasa perih.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Rambut

manfaat bawang putih untuk kesehatan - bawang putih untuk kesehatan rambut

Wah, ternyata rempah sekaligus bumbu masakan ini memang memiliki segudang manfaat bagi manusia. Tidak hanya menyehatkan tubuh serta mempercantik kulit, namun bawang putih bisa dimanfaatkan dalam hal perawatan rambut.

Perawatan rambut sering dilakukan oleh banyak orang di salon kecantikan. Namun kini, Anda dapat melakukan perawatan sendiri di rumah dengan mudah menggunakan rempah bawang putih. Berikut beberapa khasiat untuk Anda dapatkan.

Membuat rambut menjadi lebih subur

Manfaat bawang putih untuk kesehatan rambut adalah untuk menyuburkan serta menyehatkan. Rambut rontok dan mudah patah menjadi salah satu hal yang dialami oleh banyak orang.

Kini, Anda bisa menggunakan bumbu masakan tersebut untuk membantu menyuburkannya. Rawatlah kulit kepala dengan menggunakan minyak rambut dari campuran bawang putih.

Rendam saja bawang putih segar. Kemudian, irislah atau parut dan campurkan pada minyak kelapa. Aplikasikan pada bagian kulit kepala. Biarkan 30 menit dan bilaslah hingga bersih. Lakukan secara teratur untuk dapatkan hasil maksimal.

(Baca Juga: Pahami Yuk, Beragam Manfaat Minyak Zaitun untuk Tubuh)

Mengatasi Ketombe

Pernahkan Anda mengalami ketombe dalam jumlah banyak? Tidak hanya membuat penampilan menjadi kurang sempurna, namun ketombe akan membuat Anda merasa gatal dan ingin terus menggaruk.

Untuk mengatasi hal tersebut, dapatkan manfaat bawang putih untuk kesehatan rambut secara tepat. Caranya mudah saja, haluskan bawang putih dan campur dengan madu. Gunakanlah ramuan tersebut untuk memijat kulit kepala sebelum keramas.

Mengatasi rambut rontok

Permasalahan rambut rontok memang sering dialami oleh banyak orang. Jika hal ini mengintai Anda, gunakan parutan bawang putih untuk memijat kulit kepala ketika Anda melakukan keramas.

Kandungan vitamin C dalam rempah tersebut ternyata memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan batang rambut. Selain itu, kandungan zat besi dalam bawang putih juga bisa membuat aliran peredaran darah ke kulit kepala menjadi lebih lancar. 

Penggunaan Bawang Putih untuk Masker Wajah

manfaat bawang putih untuk kesehatan - masker menggunakan bawang putih

Salah satu manfaat bawang putih untuk kesehatan wajah bisa dilakukan dengan cara membuatnya menjadi masker. Kandungan mineral, vitamin, dan antioksidan di dalamnya memang benar-benar berkhasiat.

Kandungan flavonoid serta vitamin E dan A juga sangat ampuh dalam membuat kulit menjadi lebih sehat. Cara pembuatan masker bawang putih untuk kesehatan wajah dan rambut sangat mudah untuk dilakukan. Berikut bahan-bahan yang harus dipersiapkan :

  • Bawang putih 
  • Madu

Cara pembuatannya adalah sebagai berikut :

  • Hancurkanlah 1 hingga 2 siung bawang putih. Lakukan secara benar agar bawang putih benar-benar halus.
  • Campurkan bawang putih yang sudah halus tersebut dengan 1 sendok madu
  • Simpanlah dalam wadah dan bisa digunakan untuk dijadikan masker

Masker bawang putih dan madu memang terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai macam permasalahan pada kulit wajah dan mempercantik rambut. Untuk menggunakannya pada area wajah, Anda bisa langsung mengaplikasikannya pada kulit berjerawat.

Penggunaan disarankan tidak terlalu lama. Anda hanya perlu menunggu waktu kurang lebih 5 menit saja. Jika digunakan terlalu lama, ini akan menimbulkan sensasi kulit panas dan terbakar pada wajah.

Jangan lupa, bersihkan kembali masker bawang putih menggunakan air hangat. Lap dengan memakai handuk bersih. Penggunaan masker bawang putih yang rutin dan teratur akan membuat kulit menjadi lebih berseri dan bebas dari bekas jerawat.

Sebagai salah satu bahan masakan populer, Anda bisa dengan mudah mendapatkan rempah ini. Manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat, kulit menjadi lebih halus dan lembut. Ragam manfaat bawang putih untuk kesehatan tersebut bisa Anda buktikan sekarang.

Total
86
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts