Kenali 16 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Apa saja sih Manfaat Jahe? Sebagai salah satu tanaman rimpang yang dikenal dengan banyak khasiat, sudah dapat dipastikan bahwa manfaat yang dimilikinya pun cukup banyak. Hal ini juga tidak lepas dari berbagai kandungan zat berkhasiat yang dimilikinya. Bagi Anda yang ingin tahu apa saja manfaat dari tanaman tersebut, pastikanlah untuk menyimak uraian penjelasan berikut ini.

Mengenal Jahe Sebagai Jenis Tanaman Obat-obatan Tradisional

Jahe termasuk dalam jenis tanaman yang sering digunakan sebagai bahan obat tradisionall. Hal ini tentunya berkaitan dengan penggunaannya yang dapat dijadikan sebagai obat-obatan alami. Tidak hanya itu, jika dibandingkan dengan penggunaan bahan kimia, jahe juga dikenal dengan minimnya efek samping yang ditimbulkan.Karena itulah, lebih banyak orang yang memilih untuk menggunakannya.

Beberapa kandungan zat berkhasiat yang ada di dalam jahe itu terdiri dari beragam jenis vitamin dan mineral. Seperti halnya jenis vitamin C serta berbagai vitamin B atau B kompleks. Sedangkan untuk kandungan mineral,Anda bisa menemukan Kalsium, Magnesium, Fosfor, Folat, Zinc, Zat besi dan berbagai macam kandungan mineral lain di dalamnya.

Dalam penggunaannya sebagai bahan obat herbal serta tradisional. Jahe tidak hanya bekerja pada salah satu bagian tubuh saja. Dengan kata lain, setiap anggota tubuh yang mengalami masalah dapat ditanganinya dengan baik. Karena itulah penggunaan jahe pun seringkali ditujukan untuk menjaga kesehatan kulit, menjaga berat badan dan juga menjaga kesehatan anggota tubuh lainnya.

Manfaat Jahe Dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah berbagai macam Manfaat Jahe yang dapat Anda rasakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Baik itu dalam menjaga kesehatan kulit, berat badan hingga kesehatan anggota tubuh lainnya.

  • Sehatkan saluran cerna

manfaat jahe - saluran cerna

Jika dilihat dari segi historis, Manfaat Jahe yang pertama tentunya berkaitan dengan masalah saluran cerna. Pasalnya jahe sendiri sering digunakan sebagai obat untuk perut kembung, masalah sembelit, hingga asam lambung yang meningkat akibat stress dan lainnya

  • Atasi rasa mual dan ingin muntah

manfaat jahe - rasa mual ingin muntah

Manfaat lainnya yang dapat dihadirkan oleh jahe adalah mengatasi rasa mual serta ingin muntah. Hal tersebut berkaitan dengan aroma yang dihasilkannya. Dengan aroma khas yang dimilikinya, jahe dapat memberikan efek tenang, sehingga ia pun seringkali digunakan untuk menghilangkan mual.

  • Menjaga kesehatan otak

manfaat jahe - menjaga kesehatan otak

Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan otak, maka cobalah untuk mulai mengkonsumsi jahe. Pasalnya jahe dapat menghambat peradangan yang muncul di bagian otak. Dengan demikian, fungsi otak pun dapat berjalan dengan baik. 

Tidak hanya itu, fungsi otak pun akan bekerja dengan lebih meningkat juga menghindari berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengannya. Seperti halnya stress oksidatif yang dapat menimbulkan penyakit demensia dan lainnya.

(Baca Juga: Ini Dia, 10 Manfaat Air Jahe Untuk Kulit Cantik Anda)

  • Mengatasi migraine

manfaat jahe - mengatasi migrain

Untuk Anda yang memiliki masalah migraine, cobalah untuk melakukan terapi jahe. Hal ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi jahe secara rutin. Pasalnya dalam sebuah penelitian telah terbukti, bahwa mereka yang memiliki masalah migraine merasa jauh lebih baik setelah mengkonsumsi jahe.Selain itu, penggunaan jahe pun tidak menimbulkan efek samping berbahaya baginya.

  • Melindungi kulit dari sinar UV

manfaat jahe - melindungi kulit dari sinar UV

Selain beberapa manfaat di bagian atas tadi, jahe juga dikenal baik dalam menjaga kesehatan kulit. Hal ini berkaitan dengan kemampuannya dalam menyerap sinar UV. Sinar UV sendiri dikenal sebagai salah satu penyebab utama dari rusaknya DNA. 

Akan tetapi, dengan mengkonsumsi jahe, produksi antioksidan dalam tubuh akan bekerja dengan lebih baik. Karena itulah perlindungan kulit dari sinar UV pun terjaga dengan lebih maksimal.

  • Menjaga tekanan darah

manfaat jahe - Tekanan darah

Manfaat jahe sebagai salah satu bahan alami yang dapat menjaga tekanan darah diketahui setelah penelitian dilakukan di Thailand. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa jahe dapat digunakan untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Hal tersebut dinyatakan bagi mereka yang menderita masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi.

  • Kontrol gula darah

manfaat jahe - kontrol gula darah

Dengan fungsi jahe yang berperan aktif dalam proses metabolisme lipid serta karbohidrat. Tidak heran jika kemudian ia dapat digunakan untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Bahkan penggunaannya pun dapat menjaga kadar gula tersebut agar tetap stabil. 

Merujuk pada hal tersebut, penggunaan jahe pun dikenal baik bagi penderita diabetes. Utamanya dalam menghindari kerusakan mata atau bahkan masalah komplikasi lainnya.

Manfaat Lainnya yang Bisa Didapatkan Dari Jahe 

  • Berkhasiat bagi penderita osteoporosis

Bagi mereka yang memiliki masalah osteoporosis, kini kesehatan tulang bisa mereka dapatkan dengan lebih mudah. Hal ini berkaitan dengan adanya penelitian yang menyatakan bahwa ekstrak jahe dapat digunakan untuk mengobati osteoporosis.

  • Kurangi nyeri sendi dan otot

Jahe juga dikenal dengan manfaatnya yang baik dalam mengurangi rasa nyeri, baik itu nyeri yang terjadi pada bagian sendi atau bahkan otot. Hal ini terbukti melalui penelitian yang dilakukan pada atlet. Dalam penelitian tersebut terlihat bahwa mereka yang telah menggunakan jahe selama 6 minggu mengalami penurunan rasa nyeri. Berbeda halnya dengan atlet lain yang tidak mengkonsumsinya. .

  • Menjaga kesehatan kardiovaskular

Salah satu zat aktif yang terdapat di dalam jahe adalah 6-gingerol. Zat yang satu ini dikenal dengan manfaatnya yang baik dalam mengatur tekanan darah dan juga mendukung kesehatan kardiovaskular. Dengan demikian, kesehatan jantung Anda pun dapat terjaga dengan lebih baik.

  • Mengurangi peradangan

Peradangan termasuk dalam salah satu masalah kesehatan yang sangat mengganggu. Ada banyak bentuk peradangan yang dapat terjadi pada tubuh Anda. Salah satu di antaranya adalah peradangan yang terjadi pada kulit wajah. Dengan menggunakan jahe yang memiliki sifat anti inflamasi, peradangan tersebut tentunya dapat ditangani dengan mudah.

(Baca Juga: Cara Membuat Minuman Jahe Yang Enak Dan Segar)

  • Sembuhkan alergi

Sebagai salah satu obat tradisional, jahe seringkali digunakan untuk menghilangkan rasa gatal pada bagian permukaan kulit. Namun bukan hanya itu saja, jika Anda mengkonsumsinya secara rutin, jahe juga dapat digunakan untuk menghindari alergi dengan mudah.

  • Cegah terjadinya kanker usus

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika, jahe yang dikonsumsi secara rutin dapat menjaga saluran cerna dengan baik. Bahkan ia juga dapat menghindarkan Anda dari masalah kanker usus dengan mudah.

  • Melegakan tenggorokan

Konsumsi jahe dikenal dengan efek hangat yang ditimbulkannya, Karena itulah ia dapat digunakan untuk mengatasi masalah tenggorokan. Seperti halnya tenggorokan yang gatal akibat masalah saluran pernafasan dan lainnya.  

  • Menjaga sistem kekebalan tubuh

Dikenal dengan beragam kandungan zat berkhasiat di dalamnya, Baik itu kandungan vitamin serta mineral yang tinggi, tidak heran jika kemudian jahe memiliki sifat antioksidan. Karena itulah, mengkonsumsinya pun dapat menjadikan sistem kekebalan tubuh Anda berada dalam kondisi yang sangat baik.

  • Mencegah terjadinya kebotakan

Untuk Manfaat Jahe yang satu ini memang jarang diketahui orang. Padahal bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok, tentunya jahe pun dapat Anda jadikan sebagai solusi tepat. Pasalnya jahe dapat merangsang folikel pada bagian permukaan kulit kepala. Dengan demikian, pemeliharaan dari setiap helai rambut pun akan jauh lebih kuat dan menyehatkan.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai berbagai Manfaat Jahe yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts