Berbagai Manfaat Madu Asli ini Harus Anda Ketahui!

manfaat madu asli

Apa Itu Madu?

Madu merupakan cairan alamiah yang banyak mengandung zat gula yang dihasilkan oleh lebah dar inektar bunga dan rasanya manis. madu memiliki ciri-ciri kimia yang menarik. Madu juga bisa digunakan sebagai bahan tambahan pangan. Contohnya untuk pemanggangan makanan. Madu mempunyai cita rasa yang berbeda daripada gula dan pemanis lainnya. Sejarah penggunaan madu oleh manusia sudah cukup lama. Dari jaman dahulu, manusia menggunakan madu untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa. Aroma madu juga bergantung pada sumber nektar yang diambil lebah.

Manfaat Madu Asli sudah terkenal sejak jaman dahulu. Cairan kental dari lebah ini menjadi salah satu bahan obat terkemuka di berbagai literatur pengobatan tradisional. Jadi, tidak hanya lezat tapi juga bermanfaat.

Berbagai Macam Manfaat Madu

Berbagai penelitian mengenai madu kini sudah dilakukan. Hasilnya menyatakan bahwa madu memang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Bahkan pada jumlah yang tidak berlebihan, madu sangat baik untuk penderita diabetes. Madu kaya akan antioksidan, gula, serta berbagai vitamin penting. Kandungan nutrisi yang beragam dan memiliki khasiat tersebut, merupakan alasan madu memiliki manfaat besar seperti berikut ini:

Manfaat Madu Asli untuk Imunitas

manfaat madu asli - Manfaat madu untuk imunitas

Madu merupakan bahan alami yang terbukti dalam menjaga imunitas atau kekebalan tubuh. Sebab di dalam madu terkandungan antioksidan dan senyawa flavonoid yang berperan penting kekuatan sistem imun.

Tidak hanya dapat menyembuhkan beberapa penyakit, tapi juga dapat mencegah Anda dari berbagai penyakit. Dengan mengkonsumsi madu asli secara rutin, maka Anda dapat memperkuat tubuh meski dalam musim pancaroba.

Beberapa madu memiliki fitonutrien yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang lain. Sehingga, efeknya sebagai penguat daya tahan tubuh juga lebih baik. Berikut ini adalah jenis madu asli yang efektif meningkatkan imunitas tubuh Anda. 

  • Madu Clover

Madu ini berasal dari lebah yang menghisap nektar dari bunga semanggi. Ciri-ciri dari madu ini memiliki warna yang lebih bening dan rasanya floral. Kandungan flavonoid dan asam fenolik madu ini sangat tinggi. Sehingga, madu clover berperan sebagai antioksidan kuat dan dapat mempertahankan kekuatan sel, menangkal radikal bebas, dan tentunya meningkatkan imunitas tubuh. 

Tidak hanya itu, kandungan senyawa asam fenoliknya yang tinggi juga dapat membantu fungsi paru-paru dan jantung. Madu dari bunga semanggi ini baik diminum setiap hari pada saat pagi dan malam.

  • Madu Buckwheat

Madu buckwheat dihasilkan oleh lebah yang mengkonsumsi nektar bunga gandum kuda. Madu yang dihasilkan memiliki kadar antioksidan sangat tinggi. Bahkan, dapat meningkatkan antioksidan dalam darah.

Sehingga tubuh Anda dapat terhindar dari paparan radikal bebas dan bakteri patogen lainnya. Tubuh menjadi semakin sehat karena selnya semakin kuat. Untuk mendapatkan manfaat madu asli ini, Anda harus rutin mengkonsumsinya.

  • Madu Akasia

Seperti namanya, madu ini diproduksi dari nektar bunga akasia. Warna khas madu ini adalah kuning muda dan rasanya manis dengan sensasi floral. Kandungan fruktosanya lebih tinggi dari glukosa, sehingga aman untuk penderita diabetes.

Madu akasia memiliki kandungan flavonoid yang dapat membubuh bekteri patogen dalam tubuh. Sehingga, sangat baik untuk menjaga imunitas dan mencegah tubuh dari berbagai penyakit.

  • Madu Manuka

Madu yang ditemukan di semak manuka ini memiliki efek antibakteri paling tinggi. Madu ini mampu mempertahankan tubuh dari segala jenis infeksi dan peradangan. Sangat dianjurkan dikonsumsi setiap hari.

  • Madu Bunga Liar

Madu ini berasal dari nektar berbagai macam bunga liar di alam bebas. Wild flower honey juga dikenal karena kandungan antioksidan madu yang tinggi dan bermanfaat untuk imunitas tubuh Anda.

  • Madu Asli Sebagai Sumber Energi 

Madu memiliki kandungan glukosa dan fruktosa yang merupakan sumber energi bagi tubuh. Baik glukosa maupun fruktosa dapat menghasilkan tenaga dengan cepat. Anda akan kembali bertenaga hanya dengan makan 17 gram madu.

Selain kandungan kedua jenis gula alaminya, madu juga memiliki kandungan mineral baik. Mineral tersebut adalah kalsium, potasium, dan zat besi yang berguna untuk memelihara kesehatan otot dan tulang.

Manfaat lainnya adalah Anda tidak akan mudah merasa lelah dengan terpenuhinya mineral tersebut. Sehingga, badan Anda akan bugar lebih lama meski dibawa untuk beraktivitas berat.

(Baca Juga: 9 Rekomendasi Cemilan Sehat untuk Menambah Berat Badan)

Manfaat Madu Asli Meredakan Batuk

manfaat madu asli - manfaat madu untuk meredakan batuk

Madu dapat digunakan untuk meredakan batuk kering dan batuk berdahak. Karena sifat dan khasiat yang dimilikinya. Rasa madu yang manis akan merangsang pengeluaran saliva dan dapat membasahi tenggorokan. Sehingga, tenggorokan yang gatal karena kering dan memicu keinginan batuk dapat teratasi. Selain itu bentuk sediaan madu yang lengket dan agak kental dapat menenangkan tenggorokan Anda.

Sifatnya ini dikombinasikan dengan khasiat madu yang terbukti sebagai anti mikroba dan anti peradangannya. Sehingga, menghasilkan efek yang bahkan lebih cepat dari obat batuk biasa. Madu mengandung hidrogen peroksida (H2O2), konsentrasinya yang ideal efektif membunuh bakteri dalam tubuh. Bakteri-bakteri di tenggorokan yang menginfeksi Anda, dapat dibasmi dengan konsumsi madu.

Radang akibat batuk juga akan reda dalam beberapa hari. Menurut berbagai penelitian, madu dapat menyembuhkan batuk hingga dua hari lebih cepat dari obat biasa. Pada gejala ringan, bahkan bisa langsung sembuh.

Manfaat Madu Asli Menyembuhkan Luka

manfaat madu asli - manfaat madu untuk menyembuhkan luka

Sudah disinggung sebelumnya bahwa di dalam madu terkandung banyak senyawa antibakteri, yaitu hidrogen peroksida dan nitrogen monoksida. Dengan demikian, madu dapat mencegah infeksi pada luka. Selain dapat mencegah infeksi, madu juga dapat mempercepat penyembuhan luka. Hal ini disebabkan karena pH madu tergolong rendah berkisar 3,2 – 4,5. Rendahnya pH madu berfungsi untuk mencegah pembentukan enzim protease.

Jika pembentukan enzim protease pada luka terus terjadi, maka protein pada jaringan yang terluka akan terus dipecah. Sehingga, penyembuhan luka akan semakin lambat. Dengan mengoleskan madu pada luka, maka dapat mencegah protease terbentuk. Kandungan gulanya yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah pembengkakan luka. Cara kerjanya adalah dengan menarik air pada jaringan yang terluka. Kemudian, akan merangsang getah bening menuju ke luka tersebut.

Sehingga, penyembuhan akan lebih cepat. Ditambah lagi madu dapat merangsang pembentukan kolagen dan mencegah pembentukan keloid. Jadi, bekas luka akan tersamarkan. Penggunaan madu asli ini dapat dapat diberikan untuk luka lecet, luka bakar ringan, jenis luka tertutup, dan beberapa jenis luka diabetes.

Manfaat Madu Asli untuk Pencernaan

manfaat madu asli - manfaat madu untuk pencernaan

Di dalam madu asli terkandung probiotik aktif. Probiotik ini dapat melawan bakteri jahat yang mempengaruhi flora usus dan menyebabkan berbagai gangguan pencernaan. Sehingga, pencernaan kembali sehat. Dengan demikian, madu dapat digunakan sebagai obat alami jika Anda mengalami diare ringan. Serta, dapat digunakan untuk mengurangi gejala diare parah. Mengkonsumsi madu secara teratur dapat menyehatkan pencernaan Anda.

Madu Asli Bermanfaat untuk Jantung

manfaat madu asli - manfaat madu untuk jantung

Madu memiliki berbagai nutrisi yang berguna untuk jantung. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa madu dapat memelihara kesehatan jantung. Bahkan, bisa meringankan gejala penyakit jantung. Berikut ini peran madu asli terhadap kesehatan jantung Anda:

  • Mencegah tekanan darah tinggi karena kandungan antioksidannya dapat menghalangi penyumbatan pembuluh darah. Sehingga, aliran darah lancar dan tekanannya normal.
  • Menurunkan kolesterol buruk karena dapat menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh. trigliserida merupakan penyebab tingginya kadar kolesterol.
  • Mengurangi risiko serangan jantung terjadi tiba-tiba. Hal ini dikarenakan baiknya tekanan darah dan mencegah adanya plak yang disebabkan oleh kolesterol menyumbat pembuluh darah. Selain serangan jantung, Anda juga dapat terhindar dari penyakit stroke.

Cukup konsumsi madu dua sendok makan sehari pada pagi dan siang hari, maka kesehatan jantung Anda akan menjadi lebih baik. Anda juga dapat melarutkan madu dengan air hangat dan campuran lemon.

(Baca Juga: Ini Dia, 10 Manfaat Air Jahe Untuk Kulit Cantik Anda)

Manfaat Madu Asli untuk Kulit

manfaat madu asli - manfaat madu untuk kulit

Anda pasti sudah mengetahui mengenai manfaat madu yang satu ini. Madu dapat menjaga kesehatan kulit Anda karena kandungan antimikroba dan antioksidannya yang tinggi. Antimikroba dapat melawan bakteri penyebab iritasi dan jerawat pada kulit Anda. Sedangkan antioksidan dapat melawan berbagai radikal berbeda yang berisiko merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Madu juga sangat ampuh untuk melembabkan kulit, sehingga kulit akan terhidrasi dengan baik. Kulit yang lembab akan lebih awet muda dan tidak mudah keriput. Jadi, Anda akan terlihat awet mudah. Madu juga dapat dimanfaatkan sebagai scrub alami yang dapat mengangkat sel kulit mati. Dijamin kulit Anda akan terlihat glowing dan bersih. Madu juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka.

Dengan secara rutin mengoleskan madu pada bekas luka, maka lama kelamaan bekas luka tersebut akan semakin samar. Tapi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentu Anda harus bersabar. Hal ini disebabkan madu adalah bahan alami. Yang artinya, efeknya tidak akan secepat produk kimia di pasaran. Namun, penggunaan madu jelas lebih sehat dan aman.

Manfaat Madu Asli untuk Bibir

manfaat madu asli - manfaat madu untuk bibir

Karena memiliki sifat yang melembabkan dan menghaluskan, madu juga sangat bermanfaat untuk bibir pecah-pecah. Anda dapat mengoleskannya ke bibir dan membiarkannya semalaman saat tidur. Maka, Anda akan merasakan manfaatnya yang luar biasa pada pagi hari. Bibir lebih lembut dan tidak pecah-pecah lagi. Selain itu, Anda dapat memanfaatkannya sebagai scrub. Caranya sangat mudah.

Cukup campurkan satu sendok teh madu dan satu sendok teh gula pasir. Kemudian, gosokkan secara lembut ke permukaan bibir. Kegiatan ini dapat mengangkat sel kulit mati di bibir Anda. Sehingga, bibir akan terlihat lebih segar dan cerah. Bahkan bisa memperbaiki bibir gelap. Asalkan Anda melakukannya dengan rutin.

Sekarang Anda dapat menggunakan madu untuk mengatasi masalah kesehatan di atas. Manfaat madu asli ini akan bekerja maksimal jika digunakan secara rutin.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts